Rancangan Yang Tepat Untuk Membuat Topeng Adalah?

Rancangan Yang Tepat Untuk Membuat Topeng Adalah
KOMPAS.com – Topeng merupakan salah satu bentuk kerajinan yang bisa dibuat dari berbagai bahan. Topeng dalam kesenian sering digunakan sebagai salah satu atribut untuk menari, pementasan drama, atau lain sebagainya. Topeng juga sering dimanfaatkan sebagai pajangan atau hiasan, karena mengandung nilai keindahan yang tinggi.

Sehingga dapat menimbulkan kepuasan batin bagi pemiliknya. Untuk pembuatan topeng, bahan yang digunakan sangatlah bervariatif, seperti kertas, logam atau kuningan, bubur kertas, dan lain sebagainya. Namun, bahan dari kayu sering dipilih sebagai bahan utama pembuatan topeng. Pada umumnya, topeng yang terbuat dari bahan kayu sering digunakan dalam pementasan tari, teater atau drama.

Tidak sedikit pula topeng berbahan dasar kayu digunakan sebagai hiasan atau panjangan. Baca juga: Cara Membuat Kerajinan dari Tanah Liat

Apa tujuan pembuatan topeng?

Topeng – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Konten dan perspektif penulisan artikel ini tidak menggambarkan wawasan global pada subjeknya. Silakan bantu atau artikel ini di halaman pembicaraannya, atau, bila perlu. ( )

Untuk judul album, lihat, Pemakaian topeng pada festival di, Anak yang memakai topeng mainan Topeng adalah benda yang dipakai di atas, Biasanya topeng dipakai untuk mengiringi daerah. Topeng di kesenian daerah umumnya untuk menghormati sesembahan atau memperjelas watak dalam mengiringi kesenian.

  1. Bentuk topeng bermacam-macam ada yang menggambarkan watak marah, ada yang menggambarkan lembut, dan adapula yang menggambarkan kebijaksanaan.
  2. Topeng telah menjadi salah satu bentuk ekspresi paling tua yang pernah diciptakan peradaban manusia.
  3. Pada sebagian besar masyarakat dunia, topeng memegang peranan penting dalam berbagai sisi kehidupan yang menyimpan nilai-nilai magis dan suci.

Ini karena peranan topeng yang besar sebagai simbol-simbol khusus dalam berbagai upacara dan kegiatan adat yang luhur. Kehidupan masyarakat modern saat ini menempatkan topeng sebagai salah satu bentuk karya seni tinggi. Tidak hanya karena keindahan estetis yang dimilikinya, tetapi sisi misteri yang tersimpan pada raut wajah topeng tetap mampu memancarkan kekuatan magis yang sulit dijelaskan.

Apa yang dimaksud dengan karya kerajinan topeng?

KERAJINAN KHAS CIREBON – Pemerintah Daerah Kota Cirebon Topeng adalah kerajinan khas Cirebon berupa ukiran kayu berbentuk wajah manusia dengan karakter tertentu. Bagi masyarakat Cirebon, selain sebagai alat Bantu Tari Topeng, topeng juga memiliki makna filosofis yang sangat mendalam dan merupakan symbol dari karakter-karakter manusia pada umumnya dan berisi pesan-pesan kehidupan yang arif dan bijak.

You might be interested:  Bagaimana Arah Putaran Kepala Saat Melakukan Gerak Memutar?

Apa saja alat yang digunakan untuk pembuatan topeng kayu?

Halo Esther E. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya 😊 Jawaban soal di atas adalah gergaji potong, bor, pahat, kapak dan amplas. Cermati pembahasan berikut ini. Kerajinan topeng merupakan karya seni yang biasa digunakan untuk perlengkapan suatu kesenian seperti tarian yang membutuhkan topeng dalam penampilannya.

  • Topeng juga dapat digunakan sebagai pajangan atau aksesoris di rumah.
  • Alat-alat yang kita butuhkan untuk membuat topeng kayu adalah gergaji potong, bor, pahat, kapak dan amplas.
  • Sedangkan bahan yang kita butuhkan adalah kayu, kuas, lem, pensil dan cat warna.
  • Gergaji potong ini nantinya akan kita gunakan untuk memotong bagian kayu yang akan kita gunakan sebagai bahan untuk membuat topeng.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah gergaji potong, bor, pahat, kapak dan amplas. Semoga membantu ya 😊 –

Kertas apa untuk membuat topeng?

Cara Membuat Topeng Kertas: 14 Langkah (dengan Gambar) Membuat topeng adalah cara yang menyenangkan, mudah dan murah bagi orang dewasa maupun anak-anak untuk menyambut Halloween atau pesta topeng. Topeng tersebut bisa menutupi seluruh wajah atau hanya menutupi mata.

  1. 1 Pilih bahan-bahan. Cardstock memang bahan terbaik untuk membuat topeng kertas, tetapi Anda juga bisa menggunakan cardboard tebal atau bahkan piring kertas yang kaku. Pilih warna yang Anda suka dan tentukan bentuk topeng yang diinginkan.
  2. 2 Gambar bentuk topeng. Anda bisa membuat topeng yang menutupi bagian mata saja, setengah wajah, atau seluruh wajah. Tentukan bentuk seperti apa yang paling cocok dengan acara Anda kemudian gambar bentuk itu pada cardstock,
    • Agar topeng simetris, lipat kertas menjadi dua dan gambar setengah bagian topeng tersebut. Buka lipatannya dan gambar lagi setengah bagiannya di kertas itu. Anda juga bisa memotong setengah bentuk ketika topeng masih dalam keadaan terlipat. Pastikan lipatannya tepat di tengah bentuk topeng. Jika tidak, bentuk bagian kanan topeng akan berbeda dengan bagian kirinya.
  3. 3 Gambar lubang untuk mata dan, jika perlu, lubang untuk mulut. Untuk memastikan lubang matanya tepat di tempat yang seharusnya, pertama-tama pegang topeng itu di depan wajah Anda, kemudian gunakan pensil untuk membuat tanda kecil pada area di depan mata Anda. Setelah itu, gambarlah mata di sekeliling tanda tersebut. Ulangi prosesnya untuk menggambar mulut jika Anda membuat topeng seluruh wajah.
  4. 4 Potong gambar mata tersebut. Gunakan pisau X-Acto atau silet untuk memotong dua lubang mata. Jika Anda memutuskan untuk membuat topeng seluruh wajah, potong juga lubang mulutnya.
    • Pastikan mendampingi anak-anak memotong dengan pisau X-Acto, silet, atau gunting. Lipat saja topeng tersebut di bagian yang ingin Anda jadikan mata. Setelah itu gunting lubang kecil dan masukkan gunting Anda ke dalam lubang kecil tersebut untuk memotong bentuk matanya.
    • Jangan memotong seluruh bagian topeng. Sisakan sedikit bagian di sekeliling bentuk awal. Siapa tahu saat menghias topeng, Anda ingin topeng yang lebih besar.
  1. 1 Warnai topeng dengan spidol, krayon dan cat. Kini setelah bentuk topeng Anda jadi, rancanglah warna dasarnya. Anda bisa menggunakan media apa pun yang Anda inginkan untuk membuat desainnya, tetapi cat, spidol dan krayon adalah pilihan terbaik. Anda bisa mewarnai dasarnya dengan warna solid atau menambahkan desain seperti garis, bintang, polkadot bahkan goresan.
    • Kapur tulis dan kapur warna bisa hilang saat digosok dan serbuknya masuk ke mata, sementara spidol yang beraroma atau berbau tajam bisa membuat mata dan hidung Anda iritasi.
  2. 2 Tambahkan glitter, permata, bulu-bulu atau hiasan lain. Setelah selesai mengecat warna dasar, tambahkan hiasan-hiasan pada topeng kertas. Gunakan lem putih khusus kerajinan untuk melekatkan hiasan tersebut pada topeng karena lem jenis ini berbahan dasar air dan cenderung tidak melukai kulit atau mata Anda. Setelah kering, lem ini juga fleksibel sehingga topeng buatan Anda tetap bisa dibentuk menutupi wajah.
    • Hati-hati, jangan memilih dekorasi yang terlalu berat atau beragam. Terlalu banyak tambahan hiasan akan memperberat kertas dan sulit membuat bentuknya sama seperti semula. Terlalu banyak tambahan berat akan membuat topeng mudah tergelincir dari wajah Anda.
  3. 3 Sisihkan topeng agar bisa benar-benar kering. Sebelum melakukan proses apa pun pada topeng, biarkan topeng itu kering sempurna. Jika memungkinkan, biarkan semalaman. Jika Anda meneruskan proses pembuatannya sebelum lem atau catnya kering, topeng akan cenderung rusak sebelum dipakai.
  1. 1 Potong topeng. Setelah menghias topeng itu, gunakan gunting, pisau X-Acto atau silet untuk memotong bentuknya. Berhati-hatilah agar tidak memotong bulu-bulu atau hiasan lainnya yang Anda tempelkan. Tekuk kertas topeng untuk memudahkan Anda mengguntingnya.
  2. 2 Tempelkan pita. Ambil dua lembar pita, masing-masing sekitar 30 cm. Jika Anda tidak suka pita, gunakan benang tebal untuk mengikat topeng saat dipakai.
    • Tempelkan ujung pita ke bagian dalam topeng. Mulai tempelkan ujungnya dekat dengan lubang mata hingga ke ujung topeng.
    • Jika Anda memiliki pelubang kertas, buat lubang antara mata dan bagian ujung topeng. Setelah itu masukkan pita melalui lubang sempit tersebut kemudian ikat.
    • Menstaples pita di topeng bukan pilihan yang bagus. Staplesnya bisa lepas dan melukai mata Anda.
    • Setelah Anda menempelkan pita atau benang, topeng pun siap dipakai. Caranya, tarik pita ke belakang kepala Anda kemudian ikat.
  3. 3 Alternatif lainnya, tempelkan stik pada topeng. Jika Anda lebih suka memegang topeng untuk menutupi wajah daripada mengikatnya di kepala, Anda bisa menggunakan sumpit atau kayu sebagai pegangan. Lekatkan pegangan di bagian belakang topeng. Selama Anda memberikan lem putih dalam jumlah banyak, pegangan akan kuat menopang berat topeng.
    • Pegangan topengnya bisa polos atau dihias dengan spidol dan cat sebelum ditempelkan ke topeng.
  1. 1 Jaga topeng tetap kering. Jika ingin topeng tersebut awet digunakan beberapa kali, Anda harus menjaganya tetap kering. Karena terbuat dari kertas, topeng akan mudah robek jika basah.
    • Jika Anda ingin memakai topeng di daerah yang sangat panas dan lembab, dan khawatir keringat Anda menempel pada topeng, tempelkan plastik pembungkus atau lekatkan scotch tape di bagian dalam topeng untuk mencegah keringat meresap di topeng.
  2. 2 Simpan di tempat yang datar. Ketika melepas topeng, cobalah menyimpan topeng di tempat yang membuatnya tidak mudah tertekuk. Daripada meletakkan di laci, taruh topeng di rak.
  3. 3 Tutup topeng agar tidak terkena debu. Debu bisa dengan mudah merusak topeng, terutama jika Anda menghias topeng itu dengan glitter atau bulu-bulu. Jika Anda berencana menyimpan topeng dalam waktu yang cukup lama, pastikan topeng dilapisi penutup. Jika Anda ingin menggunakan topeng sebagai dekorasi, memasukkannya pada bingkai shadow box akan membuatnya tetap bersih saat dipajang.
  4. 4 Jaga warnanya. Agar desainnya tidak memudar atau hilang, semprotkan saja aerosol hairspray pada topeng dan biarkan hingga kering.
You might be interested:  Bagaimana Posisi Awal Dalam Melakukan Gerakan Guling Ke Depan?

wikiHow adalah suatu “wiki”, yang berarti ada banyak artikel kami yang disusun oleh lebih dari satu orang. Untuk membuat artikel ini, 18 penyusun, beberapa di antaranya anonim, menyunting dan memperbaiki dari waktu ke waktu. Artikel ini telah dilihat 97.612 kali. Daftar kategori: Halaman ini telah diakses sebanyak 97.612 kali. : Cara Membuat Topeng Kertas: 14 Langkah (dengan Gambar)

Apa bahan yang sering digunakan untuk membuat topeng Nusantara?

Bahan yang digunakan untuk membuat topeng nusantara adalah kayu