Menyusun Rancangan Produk Yang Akan Dibuat Adalah Termasuk Dalam Kegiatan?

Menyusun Rancangan Produk Yang Akan Dibuat Adalah Termasuk Dalam Kegiatan
Hai Muhammad, saya bantu jawab ya Jawabannya A. Planning atau perencanaan adalah proses pengambilan keputusan atas kegiatan dan tindakan yang harus dilakukan dalam rangka pencapaian tujuan secara keseluruhan. Planning merupakan proses awal dan penentu tindakan-tindakan manajemen selanjutnya.

  1. Dalam batasan yang kompleks Planning meliputi 5W + 1H, yaitu what, where, when, who, why dan How.
  2. Dalam batasan khusus planning meliputi penetapan tujuan, policy (kebijakan), procedure (tata cara), budget (anggaran) dan program yang akan dilaksanakan.
  3. Dalam manajemen produksi, fungsi planning meliputi 1.

Perencanaan produk menyangkut rancangan, volume, tata letak, anggaran, dll.2. Proses produksi menyangkut pengadaan bahan baku, peralatan produksi, penentuan tenaga kerja, dll. Planning merupakan langkah awal dalam manajemen produksi agar menghasilkan produk-produk yang berkualitas dan sesuai tujuan yang telah ditetapkan perusahaan.

Apa saja tahapan pengolahan?

Hai Cara M, kakak bantu jawab yaa. Jawaban untuk soal ini adalah B. Perencanaan, Pelaksanaan, Penyajian, Evaluasi. Yuk, simak penjelasan berikut ini: Teknik dasar pengolahan bahan pangan dibedakan menjadi 2 yaitu teknik pengolahan makanan panas basah dan pengolahan bahan makana panas kering.

  • Urutan tahapan pengolahan pangan yang benar yaitu: 1.
  • Perencanaan.2.
  • Pelaksanaan.3.
  • Penyajian.4. Evaluasi.
  • Tujuan urutan tahapan pengolahan bahan pangan adalah agar makanan yang dihasilkan sesuai dengan kegunaan, rasanya enak, pengolahannya tepat, memiliki nilai estetis dalam penyajian maupun kemasan, dan aman bagi kehidupan manusia.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. Perencanaan, Pelaksanaan, Penyajian, Evaluasi. Semoga membantu 🙏 –

Pernyataan di bawah ini manakah yang termasuk urutan tahapan pengolahan pangan yang benar?

Ilustrasi makanan. Foto: iStock Makanan termasuk dalam kebutuhan pokok manusia sehari-hari. Agar nutrisi yang terkandung dalam makanan dapat masuk dan diterima tubuh dengan baik, teknik dan urutan tahapan pengolahan pangan perlu diperhatikan. Teknik dasar pengolahan bahan pangan dibedakan menjadi dua, yaitu teknik pengolahan makanan panas basah ( moist heat ) dan teknik pengolahan makanan panas kering ( dry heat cooking ).

  • Mengutip buku Prakarya SMP Kelas VII terbitan Kemendikbud (2016), teknik pengolahan makanan panas basah adalah mengolah dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk mematangkannya.
  • Suhu cairan pada teknik ini tidak lebih dari suhu didih.
  • Yang termasuk teknik pengolahan pangan panas basah antara lain merebus ( boiling ), menyetup/menggulai ( stewing ), mengukus ( steaming ), mendidih ( simmering ), dan mengetim.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Teknik Gerakan Lempar Lembing?

Sedangkan, pada teknik pengolahan panas kering, makanan diolah tanpa bantuan bahan dasar cairan untuk mematangkannya. Yang termasuk teknik ini di antaranya menggoreng, menumis ( sauteing ), memanggang ( baking ), dan membakar ( grilling ). Selain menggunakan kedua teknik tersebut, bahan makanan juga bisa diolah dengan teknik lainnya, seperti menghaluskan, mengasap, mencampur, dan menyaring/memeras.

Ada pula bahan pangan yang dapat dimakan mentah sehingga tidak perlu dimasak. Misalnya, buah dan sayuran yang tidak dimasak dan diolah menjadi salad. Ilustrasi makanan. Foto: iStock Tak hanya teknik pengolahannya, urutan tahapan pengolahan pangan juga perlu diperhatikan. Tujuannya agar makanan yang dihasilkan sesuai dengan kegunaan, rasanya enak, pengolahannya tepat, memiliki nilai estetis dalam penyajian maupun kemasan, dan aman bagi kehidupan manusia.

Urutan tahapan pengolahan pangan yang benar, yaitu perencanaan, pelaksanaan pembuatan, dan penyajian atau pengemasan, dan evaluasi. Berikut penjelasan lengkapnya. Ada dua hal yang perlu dilakukan pada tahapan ini. Pertama, mengidentifikasi atau menganalisis kebutuhan terlebih dahulu.

  1. Maksudnya, makanan atau minuman yang diolah disesuaikan dengan apa yang sedang dibutuhkan.
  2. Sebagai contoh, saat cuaca sedang panas, pangan yang dibutuhkan adalah sesuatu yang dapat menyegarkan tubuh.
  3. Setelah berhasil dianalisa barulah masuk ke tahap selanjutnya yakni ide/gagasan yang menjadi perwujudan dari analisis tersebut.

Dalam hal ini, makanan yang menyegarkan dan cocok dimakan di cuaca yang panas adalah rujak buah dengan bumbu kacang. Pada tahap ini dilakukan persiapan dan proses pembuatan pangan. Yang termasuk dalam persiapan antara lain membeli bahan-bahan, menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan, mempersiapkan bahan yang akan diolah dengan memotong, mengupas, dan sebagainya.

  1. Emudian, bahan-bahan yang sudah disiapkan itu diolah dengan teknik yang sesuai.
  2. Dalam hal ini, untuk mengolah rujak buah dengan bumbu kacang, teknik yang digunakan yaitu menghaluskan bumbunya lalu mencampurkannya ke buah-buahan.
  3. Pada tahap ini, makanan atau minuman yang telah diolah disajikan dengan memerhatikan unsur estetika, kesehatan, dan keamanannya.

Untuk penyajiannya, rujak bisa disajikan terpisah atau disiram dengan bumbunya. Sementara untuk pengemasannya, bumbu bisa dimasukkan ke dalam kantong plastik kecil, sedangkan buah-buahannya dikemas dengan kertas pembungkus sebagai wadah. Setelah bahan pangan berhasil diolah, hasilnya perlu diuji dengan cara mencoba atau merasakan makanannya.

Apa yang masuk pada tahapan perencanaan pada pengolahan makanan?

2. Sebutkan tahapan atau proses pembuatan pengolahan pangan yang harus diperhatikan agarsuatu

You might be interested:  Siapakah Lembaga Yang Pertama Kali Mengesahkan Rancangan Uud 1945?

Jawaban: 1.Perencanaan : identifikasi kebutuhan ( menganalisis kebutuhan pengelolaan pangan berdasarkan kondisi lingkungan kelas / keluarga / keluarga saat ini ) utk ide / gagasan perencanaan produk pengolahan pangan, 2.Pembuatan perencanaan ( merencanakan pembelian bahan sesuai kebutuhan, alat dan pengolahan pangannya / pembuatannya mulai dari pengupasan / pencucian bahan ) 3.Pengemasan wadah penyajian dan estetika 4.Evaluasi Merasakan hasil / produk Pengolahan pangan #MAAFKLOSALAH #SEMOGABERMANFAAT #SELAMATBELAJAR

: 2. Sebutkan tahapan atau proses pembuatan pengolahan pangan yang harus diperhatikan agarsuatu

Jelaskan 4 Langkah perencanaan dalam pengolahan pangan?

Hai Aulia K 4 tahapan dalam pengolahan hasil samping sayuran menjadi produk pangan : 1. perencaan 2.proses pembuatan 3.penyajian dan pengemasan 4.evaluasi.

Bagaimana proses pengolahan data?

1. Pengolahan Data – Pengolahan data merupakan sebuah proses manipulasi data untuk menjadi sebuah informasi. Kumpulan data yang awalnya tidak memiliki informasi yang dapat disimpulkan jika dilakukan proses pengolahan data maka akan menghasilkan informasi.

Informasi merupakan hasil dari pemrosesan data tertentu yang bermakna serta dapat digunakan untuk mengambil keputusan suatu perusahaan terkait. Pengolahan data terdiri dari beberapa kegiatan yaitu pencarian data, pengumpulan data, pemeliharaan data, pemeriksaan data, perbandingan data, pemilihan data, peringkasan data, dan penggunaan data.

Baca juga : Ini yang Akan Kamu Pelajari di Kelas Data Science DQLab!

Teknik pengolahan ada berapa?

Adapun teknik dasar pengolahan makanan dibedakan menjadi 2 yaitu, teknik pengolahan makanan panas basah (moist heat cooking) dan teknik pengolahan panas kering (dry heat cooking).

Apa yang dimaksud tahap pengolahan pangan?

Menjelaskan tahap pengolahan pangan Jawaban: Tahap pengolahan pangan adalah persiapan, pengolahan, dan penyajian. Pada tahap persiapan, bahan baku diperoleh dan dibersihkan. Langkah selanjutnya adalah pengolahan, misalnya pemasakan, pengeringan, atau yang lainnya. Tahap akhir adalah penyajian, baik dalam bentuk kemasan atau penyajian langsung ke konsumen.

  1. Penjelasan: Pengolahan pangan adalah tindakan yang dilakukan untuk mengolah bahan baku pangan menjadi produk kuliner.
  2. Tindakan ini dilakukan untuk meningkatkan nilai jual maupun daya guna bahan pangan.
  3. Salah satu contoh hasil pengolahan pangan adalah keripik singkong yang diolah dari tanaman singkong.

Pelajari lebih lanjut tentang materi pengolahan pangan pada #BelajarBersamaBrainly : Menjelaskan tahap pengolahan pangan

Apa yang dimaksud dengan pengolahan itu?

Setiap manusia yang ada di dunia pasti lekat kaitannya dengan kata yang satu ini, pengolahan. Namun, pastinya kamu tidak menyadari bahwa proses ini terjadi dalam setiap waktu. Hal ini dikarenakan sebuah proses berlalu begitu saja dan tergantikan oleh sebuah istilah yang namanya rutinitas.

Pengolahan sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah proses membentuk atau mengolah sesuatu guna mengubah wujud, unsur, atau suatu hal yang memiliki tujuan dan hasil yang jelas. Contohnya yang paling sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah memasak, membuat sebuah penelitian data, mencuci, dan sebagainya.

You might be interested:  Mengapa Diadakan Perubahan Rancangan Pembukaan Uud Sebelum Sidang Ppki Dimulai?

Baca Juga: 8 Potret Pengolahan Sampah Plastik di Pulau Serangan, Jadi Suvenir G20

Apa saja yang harus dikerjakan pada tahap perencanaan?

Secara teoretis dapat dipahami bahwa sebuah perencanaan melalui 4 (empat) tahapan yaitu menetapkan tujuan, membuat rencana tindakan, mengevaluasi kemajuan, dan menilai kinerja secara keseluruhan.

Apa tujuan utama dari proses pengolahan bahan pangan?

Tujuan utama teknik pengolahan pangan adalah membuat produk baru (bisa bersifat mengawetkan).

Apakah tahap akhir dalam produksi makanan?

Tahapan terakhir dari proses pembuatan produk olahan pangan adalah pengemasan. Karena kemasan sebuah produk akan menentukan kualitas dari produk olahan pangan tersebut.

Teknik pengolahan ada berapa?

Adapun teknik dasar pengolahan makanan dibedakan menjadi 2 yaitu, teknik pengolahan makanan panas basah (moist heat cooking) dan teknik pengolahan panas kering (dry heat cooking).

Apa yang dimaksud dengan pengolahan itu?

Setiap manusia yang ada di dunia pasti lekat kaitannya dengan kata yang satu ini, pengolahan. Namun, pastinya kamu tidak menyadari bahwa proses ini terjadi dalam setiap waktu. Hal ini dikarenakan sebuah proses berlalu begitu saja dan tergantikan oleh sebuah istilah yang namanya rutinitas.

Pengolahan sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah proses membentuk atau mengolah sesuatu guna mengubah wujud, unsur, atau suatu hal yang memiliki tujuan dan hasil yang jelas. Contohnya yang paling sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari adalah memasak, membuat sebuah penelitian data, mencuci, dan sebagainya.

Baca Juga: 8 Potret Pengolahan Sampah Plastik di Pulau Serangan, Jadi Suvenir G20

Uraikan apa yang dimaksud dengan pengolahan dan pengolahan bahan pangan setengah jadi?

Pembahasan – pengolahan bahan pangan setengah jadi menjadi makanan​ adalah proses mengubah atau mengolah bahan baku dengan berbagai proses seperti pengawetan, pembusukan dan lainya. Sehingga dari proses tersebut akan menjadi aneka ragam olahan yang menjadi makanan atau pangan setengah jadi.

Contoh pembuatan makanan setengah jadi: Dengan cara pertama-tama dengan beras di bilas dengan air, setelah itu tiriskan. Setelah itu rendam 3 jam sampai 6 jam, dalam perendaman tersebut Setelah itu tiriskan beras, dengan halus dengan tisu selama satu jam atau lebih. Dan blender beras untuk menggiling beras.

Dan proses akhirnya ayak tepung beras, dan simpan tepung beras, yang sudah dingin kle dalam wadah kedap udara. Setelah layak tepung beras siap di kemas.

Teknik apakah jika pengolahan bahan makanan menggunakan bahan dasar cairan agar dapat mematangkan?

Teknik pengolahan makanan panas basah (moist heat) adalah pengolahan bahan makanan dengan menggunakan bahan dasar cairan untuk mematangkannya. Berikut ini yang termasuk teknik pengolahan pangan panas basah: Teknik Merebus (Boiling)