Coba Jelaskan Secara Singkat Bagaimana Cara Melakukan Gerak Roll Depan?

Coba Jelaskan Secara Singkat Bagaimana Cara Melakukan Gerak Roll Depan
Cara melakukan guling depan –

Guling depan awalan berdiri

Melansir dari KOMPAS.com Skola, berikut adalah cara melakukan guling depan dengan awalan berdiri:

  1. Tubuh dalam posisi berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan. Kemudian, arahkan pandangan lurus ke depan melihat matras.
  2. Langkah berikutnya, ulurkan kedua tangan lurus memegang matras sambil membungkukkan badan.
  3. Posisi kepala masuk di antara dua tangan. Usahakan dagu menyentuh dada, agar bagian tengkuk menyentuh matras dengan baik.
  4. Bahu disentuhkan ke matras dan mulailah berguling.
  5. Setelah melakukan guling depan, posisi tubuh kembali berdiri tegak.

Guling depan awalan jongkok

Baca juga: Mengapa Atletik Disebut Mother of Sport? Setelah awalan berdiri, berikutnya cara melakukan guling depan dengan awalan jongkok. Adapun guling depan dengan awalan berdiri dan jongkok tidak memiliki perbedaan teknik. Hanya saja perbedaan guling depan awalan berdiri dan guling depan awalan jongkok, terletak pada posisi awalan dan akhir.

  1. Tubuh dalam posisi jongkok dan kedua kaki dalam posisi rapat. Kemudian lutut disentuhkan ke dada dengan posisi tangan berada di depan ujung kaki.
  2. Berikutnya kedua tangan dalam posisi bengkok. Lalu posisikan dagu menyentuh dada dan pundak di matras.
  3. Langkah terakhir, mulailah berguling. Posisi tubuh sesudah berguling adalah jongkok.

(Sumber: KOMPAS.com Skola | Penulis: Vanya Karunia Mulia Putri | Editor: Ari Welianto) Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melakukan roll depan?

Cara Melakukan Roll Depan – Coba Jelaskan Secara Singkat Bagaimana Cara Melakukan Gerak Roll Depan via ptcoaching.co.uk Cara melakukan roll depan bisa menggunakan dua jenis awalan, yakni dengan awalan berdiri dan awalan jongkok. Berikut penjelasan selengkapnya:

  1. Untuk awalan jogkok, maka pertama-tama posisikan tubuh dalam posisi jongkok.
  2. Letakkan telapak tangan pada lantai dengan posisi lebih depan dari telapak kaki.
  3. Angkat pantat dan arahkan kepala di antara kedua telapak tangan (seperti posisi sujud).
  4. Tempelkan dagu pada dada, lalu dorong kepala hingga masuk melewati kedua telapak tangan. Cara mendorongnya adalah dengan mengangkat pantat lebih tinggi lagi sekaligus condong ke arah depan.
  5. Tempelkan tulang punggung bagian atas/pangkal leher ke lantai, selanjutnya dorong tubuh ke arah depan. Tubuh akan mengguling kedepan.
  6. Beri energi dorongan dengan menggunakan otot perut sehingga setelah tubuh terguling, tubuh akan berposisi seperti posisi awal.
  7. Untuk awalan berdiri, pertama-tama ambil sikap berdiri, kemudian bungkukkan badan dan tempelkan kedua tangan ke lantai.
  8. Tundukkan kepala hingga dagu menempel di dada.
  9. Turunkan badan hingga sedikit rendah, kedua siku tangan akan tertekuk hingga membentuk sudut 45 derajad.
  10. Lakukan tolakan dengan menggunakan pergelangan kaki, sebelum tulang punggung atau pangkal leher menyentuh lantai, kedua tangan akan menjadi penahan tubuh sementara dan perlahan-lahan menurunkan tubuh (bila sudah terbiasa dan tidak takut lagi, proses ini tidak perlu karena tubuh akan langsung diluncurkan ke depan dengan tulang punggung/pangkal leher menjadi tumpuan atau jalur tubuh menggelinding ke depan).
  11. Begitu tubuh telah menggelinding kedepan, kedua telapak kaki menapak lantai, segera dorong tubuh untuk bangkit berdiri sesuai dengan posisi awal.

Bagaimana sikap awal roll depan?

Cara melakukan roll depan – Gerakan guling depan adalah gerakan menggulingkan atau menggelindingkan badan ke depan dengan bentuk membulat seperti roda. Gerakan roll depan mengandalkan kekuatan tubuh bagian atas dan belakang yaitu tengkuk, punggung, pinggang, serta panggul bagian belakang.

You might be interested:  Siapa Yang Mengesahkan Rancangan Undang Undang?

Apakah roll depan bisa mengasyikan?

Coba Jelaskan Secara Singkat Bagaimana Cara Melakukan Gerak Roll Depan Roll depan pada hakekatnya merupakan serangkaian gerakan yang dijlankan dengan menggulungkan tubuh ke arah depan. Oleh karena itulah arti olahraga dengan teknik roll depan ini bisa dibilang cukup mudah dilakukan dan juga mengasyikan. Akan tetapi yang per diingat bahwa untuk mendapatkan manfaat bagi daya tahan tubuh, semua gerakan-gerakan roll depan harus dilakukan dengan teknik atau cara-cara yang benar, sehingga menghindari terjadinya cedera dan tidak membahayakan keselamatan.

Apakah roll depan bisa menurunkan berat badan?

Cara Menghindari Cedera Roll Depan dan Belakang – Beberapa hal mesti diperhatikan ketika melakukan gerakan roll depan dan roll belakang. Tujuannya agar risiko cedera lebih minim dan suksesnya gerakan lebih maksimal. Berikut sejumlah hal yang harus diperhatikan dalam roll depan dan belakang:

Gunakan matras yang sesuai standar. Seperti yang dibahas diatas, matras untuk senam lantai harus yang berukuran 1,2×2 m.Ketebalan matras antara 15-20 cm. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko cedera jika menggunakan matras yang terlalu tipis.Letakkan matras di atas permukaan lantai datar.Pastikan matras ada pada posisi yang tepat.Pastikan tidak ada benda yang membahayakan saat melakukan pendaratan di sekitar area matras.Sebelum melakukan teknik senam lantai, biasakan dengan melakukan gerakan pemanasan terlebih dulu.Mulai dengan melakukan gerakan teknik paling dasar, menengah, sampai yang paling sulit.Pengawasan dari guru atau pembimbing ahli sangat diperlukan untuk menjamin keamanan saat latihan.

Demikian ulasan mengenai cara melakukan roll depan dan roll belakang senam lantai. Semoga bermanfaat. : Cara Melakukan Roll Depan dan Roll Belakang Senam Lantai