Bagaimana Sikap Tubuh Sebelum Melakukan Gerakan Melempar Ke Samping?

Bagaimana Sikap Tubuh Sebelum Melakukan Gerakan Melempar Ke Samping
Lempar cakram masih termasuk di dalam cabang olahraga atletik di mana cakram adalah alat olahraga utama yang digunakan dengan cara melemparkannya. Olahraga atletik ini diperlombakan sejak tahun 1896 yang merupakan Olimpiade I yang diadakan di Athena, Yunani.

Teknik Memegang Cakram

Sebelum mengenal teknik untuk melempar cakram, kita perlu tahu lebih dulu bagaimana cara memegang cakram dengan benar. Berikut di bawah ini adalah cara memegang cakram yang baik dan tepat sesuai dengan panjang jari maupun lebar tangan si pemainnya.

  • Untuk pemain dengan tangan lebar, sebaiknya dalam memegang cakram, jari telunjuk serta jari tengah dibuat berhimpit sedangkan untuk jari lainnya bisa Anda renggangkan satu dengan lainnya.
  • Untuk pemain dengan tangan lebar, awali memegang cakram dengan meletakkan tepi cakram di bagian lekuk pertama dari jari-jari tangannya.
  • Untuk pemain yang memiliki jari-jari pendek pun ada teknik tersendiri, yakni memosisikan jari-jari tangan sama dengan cara kedua, tapi pastikan posisi tepi cakram lebih ke ujung jari-jari sedikit.

(Baca juga: teknik dasar tenis lapangan )

Teknik Melempar Cakram dengan Awalan

Dalam hal melempar cakram, teknik diketahui dibagi menjadi 2, yakni dengan awalan dan tidak dengan awalan. Untuk yang pertama, kita akan mengenal teknik lemparan cakram yang memakai awalan. Lemparan cakram dengan awalan perlu dilakukan oleh pemain dengan bentuk gerakan berputar.

  • Pertama-tama, selalu pastikan untuk mengambil posisi yang pas dan tepat, yakni dengan berdiri menyamping arah lemparan.
  • Renggangkan kaki selebar bahu dengan sedikit menekuknya dan kendurkan. Kedua kaki pemain pada teknik ini merupakan tumpuan bagi berat badan.
  • Perhatian pusatkan pada proses melakukan awalan supaya hasil maksimal.
  • Ayun-ayunkan cakram yang sudah dipegang dengan benar ke samping kanan belakang dan lanjutkan ke kiri. Ulang gerakan tersebut 2-3 kali dan lanjutkan dengan awalan berputar.
  • Ayunkan lengan yang memegang cakram ke arah sisi kanan belakang dan pastikan juga gerakan memilin badan dilakukan setelahnya. Lengan kiri juga perlu mengikuti gerakan ke kanan dengan menekuknya sedikit ke muka dada. Tekuk juga sedikit kaki kanan dan pastikan kaki kanan ini yang menjadi tumpuan berat badan pemain, sementara kaki kiri dapat mengikuti gerakan dengan mengangkat sedikit bagian tumit.
  • Ayunkan cakram ke sisi kiri dengan membelokkan badan ke arah kiri juga. Dengan begitu, Anda juga otomatis memindahkan berat badan ke kaki kiri sedangkan kaki kanan dikendurkan dan tumit bisa diangkat sedikit.
  • Ulangi gerakan ayunan cakram yang ke arah kanan belakang seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

(Baca juga: formasi sepak bola )

Teknik Melempar Cakram Tanpa Awalan

Seperti yang sudah disebutkan tadi, ada pula teknik melempar cakram yang tidak memakai awalan. Ada cara khusus dalam melakukan lemparan cakran menyamping tanpa disertai awalan dan berikut adalah yang perlu dipelajari:

  • Posisikan tubuh berdiri menyamping arah lemparan.
  • Bukalah kaki yang lebarnya sebahu dan tekuklah sedikit sambil rileks.
  • Tumpukan berat badan pada kaki secara merata.
  • Setelah perhatian terpusat penuh untuk melakukan lemparan, ayunkan cakram beberapa kali ke samping kanan belakang dan lanjutkan ke kiri. Ulangi gerakan ini 2-3 kali sebelum cakram akhirnya dilempar.

(Baca juga: peraturan permainan sepak bola )

Teknik Ayunan Lengan Sewaktu Melempar Cakram

Dari posisi siap melempar, Anda bisa melanjutkannya dengan gerakan melempar cakram. Ada teknik tersendiri untuk ayunan lengan dalam proses pelemparan cakram seperti di bawah ini:

  • Tolakkan kaki kanan supaya panggul dapat terangkat dari posisi rendah di atas kaki kanan dan mendorongnya ke depan atas.
  • Tubuh yang tadinya lebih condong ke belakang bisa Anda pilin ke arah kanan dan kemudian memutarnya ke sisi kiri. Gerakan panggul bisa mengikuti memutar ke kiri juga.
  • Pindahkan berat badan dari kaki yang kanan ke kaki kiri dan sesudah badan mengarah lemparan penuh alias dalam gerakan siap lempar, cakram bisa Anda lempar dalam waktu yang tepat ke arah depan atas.
  • Cakram perlu dilepas setinggi dagu di mana 90 derajat adalah sudut lemparan yang benar. Saat cakram terlepas, ia akan berputar menurut putaran jarum jam dan putaran seperti ini terjadi sebagai akibat dari jari telunjuk pemain yang memberikan tekanan sebelumnya. Terlepasnya cakram adalah sewaktu cakram ada sedikit di muka bahu pemain.

Penting untuk diingat bahwa terlepasnya cakram sebelum melewati bahu dianggap sebagai lemparan yang gagal, kecuali memang lemparan tidak jauh dan tak masuk ke area lemparan. Sebaliknya, apabila terlambat terlepasnya dan telah sampai di muka badan pemain, bisa dibuktikan bahwa hasil lemparan tak akan maksimal dan malah justru keluar dari daerah lapangan.

Teknik Gerakan Akhir Pasca Lemparan Cakram

Bagaimana Sikap Tubuh Sebelum Melakukan Gerakan Melempar Ke Samping Sesaat sesudah terlepasnya cakram, pindahkan segera kaki kanan ke muka sambil sedikit menekuknya. Tekukan ini bertujuan agar tubuh yang agak maju ke depan tak telanjur terdorong hingga keluar lingkaran. Sementara untuk kaki kiri bisa Anda pindahkan ke belakang sambil fokus masih tetap pada cakram dan mengikuti jatuhnya.

  • Berpindahnya kaki kanan dari belakang menuju ke depan atau muka perlu pemain lakukan sekuat tenaga pada tolakan tersebut.
  • Maksimalnya pengerahan tenaga bisa disertai juga dengan bantuan kaki kiri yang sama menolaknya sehingga seperti gerakan melompat.
  • Etika sesudah melakukan lemparan dan cakram dinyatakan jatuh secara sah, pemain bisa bersikap berdiri keluar dari lingkungan dari belakang tapi tidak dengan melompat ataupun berlari.

(Baca juga: tugas wasit sepak bola ) Tips dalam Olahraga Lempar Cakram Ada beberapa hal yang perlu diutamakan sebagai pelempar atau pemain olahraga lempar cakram agar lemparan berhasil dan tentunya agar pemain juga tidak cedera.

  • Pastikan gerakan berputar dilakukan dengan baik dan benar.
  • Ketika mendorong cakram, lakukan hingga melewati lingkaran.
  • Peroleh putaran besar antara bagian bawah badan dan atas pemain.
  • Pastikan jarak ketika melayang melalui lingkaran cukup.
  • Kaki kanan adalah kaki yang mendarat pada titik pusat, sementara itu kaki kiri mengarah ke kiri dari garis lemparan.

Namun, ada pula beberapa hal penting yang juga perlu untuk Anda hindari dalam gerakan lempar cakram. Selain untuk menghindari lemparan yang gagal dan agar tidak salah, menghindari hal-hal ini akan membantu Anda mencegah cedera juga.

  • Jatuh ke belakang di awal putaran.
  • Membungkukkan tubuh yang dipatahkan pada pinggang.
  • Berputar di tempat.
  • Kaki terlalu tegang.
  • Melompat terlalu tinggi di udara.
  • Menumpukan berat badan di kaki depan serta membiarkan jatuh.

(Baca juga: teknik dasar permainan sepak bola – latihan fisik sepak bola ) Pada lempar cakram, prestasi lempar diketahui dipengaruhi cukup besar oleh lengan apabila dilihat dari fungsi lengan yang menjadi pemegang, penahan sekaligus juga sebagai alat pelemparan terakhir.

Fisik pelempar atau pemain lempar cakram sangatlah berpengaruh sehingga semakin besar dan semakin tinggi si pelempar, maka semakin baik. Seorang pemain lempar cakram dengan lengan yang panjang bakal lebih menguntungkan ketimbang yang memiliki lengan pendek. Jangkauan ayunan pada lengan yang panjang akan lebih jauh nantinya.

You might be interested:  Rancangan Yang Harus Dipersiapkan Dalam Pergelaran Pantomim Adalah?

Prestasi lemparan terbukti lebih baik dan maksimal dengan pemain yang bentuk dan postur tubuhnya besar dan tinggi. Seorang pemain dengan tubuh yang pendek memang bisa saja memiliki teknik lempar cakram yang amat baik, namun ketika berbicara soal jangkauan, yang lebih jauh tentu akan dihasilkan oleh pemain bertubuh lebih tinggi.

Bagaimana sikap badan yang benar saat melempar bola?

Teknik lemparan bola menyusur tanah – Jenis lemparan ini dilakukan dengan cara bola dilemparkan kepada teman dengan digelindingkan menyusuri tanah tetapi dengan arah yang sesuai dan tepat sehingga mudah untuk diterima. Baca juga: Gerak Lokomotor, Non-lokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Kasti Lalu, bagaimana dengan posisi badan saat melakukan lemparan bola menyusur tanah? Pada waktu melempar bola menyusur tanah posisi badan yang benar adalah badan berdiri tegak dengan posisi menyamping.

Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan. Posisi badan yang benar saat melakukan gerakan melempar bola menyusur tanah dalam permainan kasti adalah badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu. Salah satu tangan yang membawa bola diarahkan ke depan dan bawah. Saat bola sudah terlempar, langkahkan kaki kanan maju ke depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana sikap awal pada saat melempar bola?

Langkah awal, berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Pegang bola dengan tangan kanan, pandangan kea rah sasaran. Ayunkan lengan kanan lurus dari belakang ke depan dan melemparkan bola ke atas melewati tinggi badan.

Bagaimana sikap awal melakukan gerakan melempar bola dari atas kepala jawab?

Teknik Overhead Pass atau Umpan Melalui Atas Kepala – Dikutip dari Breakthrough Basketball, o verhead pass adalah teknik mengoper atau mengumpan bola dari atas kepala. Penggunaan overhead pass lebih tepat dilakukan ketika seorang pemain dijaga ketat oleh lawan atau saat jarak dengan penerima umpan cukup jauh.

  1. Teknik overhead pass digunakan untuk meloloskan diri dari penjagaan lawan dengan memanfaatkan keberadaan kawan di area low post,
  2. Baca juga: Pola Pertahanan Daerah dalam Bola Basket Untuk menggunakan teknik ini, pelempar harus waspada ketika bola di belakang kepala karena berpotensi direbut oleh pemain lawan dari belakang.

Bagaimana cara melakukan overhead pass yang benar? Teknik overhead pass dalam bola basket adalah sebagai berikut!

Saat menerapkan overhead pass, posisi awal badan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah menghadap arah lemparan. Kemudian, gerakan lengan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah mengayun ke arah lemparan sampai siku lurus. Lalu, pelepasan bola dari tangan saat melakukan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah ketika lengan posisi lurus. Akhir gerakan posisi badan setelah passing atau lemparan bola saat melalui atas kepala adalah berat badan dibawa ke depan.

Baca juga: Assist dalam Bola Basket Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana sikap awal melempar bola rendah kasti?

Salah satu gerakan yang ada pada permainan bola rounders adalah melempar bola. Dalam gerakan melempar bola, sikap awal dari gerakan tersebut adalah berdiri tegak dengan kedua lengan memegang bola dan kedua lutut ditekuk sedikit untuk menjaga keseimbangan.

Apa yang harus dilakukan sebelum melempar bola?

s e m o g a m e m b a n t u ; ) – Jawaban: Pemanasan,untuk melenturkan otot otot pada tubuh. : apa yang dilakukan sebelum bermain melempar dan menangkap bola ?pliss bantu aku nanti aku kasih

Bagaimana sikap awal saat melempar dan menangkap bola?

Cara Melempar Berpasangan dari Atas Kepala dalam Olahraga Rounders – Dari buku Buku Siswa Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas VIII oleh Paiman, S.Pd., M.Or (2021: 100-101), ini adalah tahap-tahap berlatih dan tata cara melempar berpasangan dari atas kepala dalam rounders berdasarkan Lemparan Atas Kepala (over head throw) dan menangkap secara berpasangan.

Sikap awal, berdiri dengan kaki depan belakang, pegang bola dengan dua tangan bersama-sama di depan perut, tangan kanan memegang bola dan tangan kiri menahan di atasnya, ayun lengan 1/2 putaran ke balakang atas kepala, berat badan berada di kaki belakang, kaki depan jinjit, pandangan tertuju ke arah pemain penerima. Sikap pelaksanaan, ayun lengan kanan ke depan atas kepala, setelah telapak tangan melewati depan atas kepala pada jangkauan terjauh, maka segera bola dilepaskan sehingga bola melambung setinggi atas kepala penerima dengan lintasan gerak melengkung. Sesaat setelah mengayun tangan ke depan atas pindahkan berat badan ke kaki depan hingga kaki belakang jinjit. Sikap akhir, langkahkan kaki belakang ke depan satu langkah sebagai gerakan ikutan untuk menjaga keseimbangan badan. Latihan ini dilakukan secara berpasangan mulai dari jarak 3m, 4m, 5m dan seterusnya secara berulang-ulang.

Sikap Menangkap Bola Lambung Sikap menangkap bola lambung tahapannya adalah sebagai berikut:

Sikap awal, berdiri dengan membuka kedua kaki rileks menghadap ke arah datangnya bola. Sikap pelaksanaan, berlari menuju ke arah datangnya bola dan menempatkan diri di bawah bola dengan kaki kuda-kuda, menjulurkan kedua tangan ke depan atas dengan pangkal telapak tangan disatukan. Semua jari-jari tangan terbuka menghadap bola dengan membentuk corong. Bola masuk ke telapak tangan segera dikatupkan dan dilakukan tarikan tangan ke arah badan (recoiling) agar bola tidak lucas. Sikap akhir, berdiri kaki sejajar rileks untuk persiapan melakukan lemparan. Latihan ini dapat anda lakukan berkali-kali dengan rekan satu tim anda.

You might be interested:  Sebutkan Lima Sifat Rancangan Anggaran Yang Sehat?

Ilustrasi Teknik dan Cara Melempar dan Menangkap Bola Berdua. Sumber: unsplash.com Itulah latihan teknik cara melempar dan menangkap bola berdua atau berpasangan dalam permainan rounders yang bisa anda lakukan dengan rekan satu tim anda. Selamat mencoba bermain rounders.(IND)

Bagaimana sikap awal melempar ke sasaran?

Sikap awal melempar ke sasaran diam Pengguna Brainly Pengguna Brainly Jawaban: Cara melakukannya: Langkahkan kaki kiri ke depan (arah sasaran) dan bersamaan dengan ayunan lengan tangan kanan ke belakang, posisi lengan atas (siku) 90° ke atas. Pinggang diputar ke belakang (arah tangan yang memegang bola), kemudian mulailah dengan gerakan melempar. S e m o g a m e m b a n t u,

terimakasih tuhan tla hadirkan dia

Jawaban: Langkahkan kaki kiri ke depan (arah sasaran) dan bersamaan dengan ayunan lengan tangan kanan ke belakang, posisi lengan atas (siku) 90° ke atas.Pinggang diputar ke belakang (arah tangan yang memegang bola), kemudian mulailah dengan gerakan melempar.Ayunkan lengan ke depan, sementara itu putarkan pinggang ke depan dan pindahkan berat badan ke kaki depan.Pada saat bola lepas, diikuti oleh lecutan pergelangan tangan, gerakan lecutan dan memindahkan berat badan ke depan Ini akan menambah kekuatan lemparan dan control lebih baik.Sebagai gerak lanjut (follow through), langkahkan kaki belakang (kaki kanan) ke depan hingga dalam posisi dan sikap untuk menangkap bola (fielding position). Penjelasan: Semoga bermanfaat.

: Sikap awal melempar ke sasaran diam

Bagaimana sikap awal melakukan lemparan bawah?

Lemparan Samping – Lemparan samping atau sidehand throw akan menghasilkan bola yang bergerak lurus dan cepat. Langkah-langkah melempar bola atau pitching dengan teknik lemparan samping adalah sebagai berikut:

Sikap awal berdiri tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Bola dipegang menggunakan tangan kanan dan pandangan fokus ke arah sasaran. Gerakan melempar bola atau pitching dilakukan bersamaan dengan melangkahkan kaki kiri ke depan. Arah lemparan bola adalah meluncur setinggi dada, dilakukan dengan mengayunkan tangan ke belakang samping kepala.

Baca juga: Langkah-langkah Pitching dalam Permainan Softball Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana memulai gerakan melempar?

Sebutkan 4 cara melempar dan menangkap dalam permainan bola basket​ Penjelasan: Dalam permainan bola basket sangat dibutuhkan keterampilan menangkap dan melempar bola. Antara lemparan (operan) dan menangkap bola merupakan dua unsur yang sulit dipisahkan.

  1. Sebab untuk melakukan lemparan biasanya dimulai dari menangkap bola terlebih dahulu.
  2. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada.
  3. Etika menangkap bola harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan.
  4. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks.

Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Melempar dengan kedua tangan searah dada. Lemparan searah dada diebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut: 1.Sikap permulaan.

  1. Pemain berdiri dengan.
  2. Kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menhadap sasaran.2.Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
  3. Onsentrasikan diri pada latihan Lemparan dua tangan dari atas kepala sering disebut dengan Over Head Pass.

Tujuannya adalah menghindari jangkauan tangan lawan. Cara melakukan lemparan dua tangan di atas kepala adalah sebagai berikut: 1.Sikap Permulaan. Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki berada di depan. Bola dipegang kedua tangan di atas kepala, kedua kaki ditekuk, dan pandangan terpuat pada sasaran lemparan 2.Gerakan.

  1. Gerakan lemparan diawali dengan menarik bola ke belakang atas kepala kemudian bola dilemparkan dengan cara meluruskan siku/ lengan ke atas depan dan dibantu lecutan pergelngan tangan hingga jari-jari tangan mengarah ke depan bawah.3.Sikap Akhir.
  2. Sikap akhir adalah gerakan lanjutan dari kedua lengan lurus ke depan yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya Gerakan melempar dan menangkap bola basket dapat dilakukan dengan cara: berpasangan dan berkelompok.

Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran melempar dan menangkap bola basket antara lain sebagai berikut ini.

  • 1) Menangkap Bola Berpasangan di Tempat
  • Lempar Tangkap Berpasangan
  • Cari temanmu yang seimbang.
  • Berdiri berhadap-hadapan dengan jarak 3 – 5 meter.
  • Kemudian saling melempar dan menangkap bola setinggi dada.
  • Lakukan pembelajaran ini 15 – 20 kali lemparan secara bergantian.
  • 1) Menangkap Bola Berpasangan di Tempat
  • Lempar Tangkap Berpasangan

1.Cari temanmu yang seimbang. Berdiri berhadap-hadapan dengan jarak 3 – 5 meter.2.Kemudian saling melempar dan menangkap bola setinggi dada.3.Lakukan pembelajaran ini 15 – 20 kali lemparan secara bergantian.

  1. 2) Melempar dan Menangkap Bola Bertiga
  2. Amati dan peragakan gerakan melempar dan menangkap bola bertiga dalam permainan bola basket berikut ini.
  3. Lempar Bola Bertiga

1.Cari temanmu 3 orang dan membentuk segitiga dan saling berhadap-hadapan.2.Kemudian coba kamu lakukan melempar dan menangkap bola secara bergantian dengan kedua temanmu.3.Jika kamu dan temanmu sudah lancar melakukan di tempat, lakukan sambil bergerak maju, mundur dan menyamping dengan lemparan setinggi dada dan dari atas kepala.4.Pembelajaran dilakukan berulang-ulang sampai 15 – 20 kali melempar dan menangkap bola.

  • 3) Melempar dan Menangkap Bola Formasi Berbanjar
  • Amati dan peragakan gerakan melempar dan menangkap bola formasi berbanjar dalam permainan bola basket berikut ini.
  • 1.Lempar Tangkap Berbanjar
  • Cari temanmu yang seimbang.

2.Berdiri berhadapan berbanjar.3.Kemudian melempar dan menangkap bola bergantian.4.Yang sudah melempar bola ke teman di depannya, kemudian langsung pindah ke barisan belakang.5.Lakukan pembelajaran ini berulang-ulang sampai 15 – 20 melempar dan menangkap bola.4) Bermain Lempar Tangkap Bola Amati dan peragakan bermain melempar dan menangkap bola berkelompok dalam permainan bola basket berikut ini.1.Peserta didik dibagi dua kelompok 5 atau 6 orang sama banyak dan sama kuat.2.Pancangkan dua buah gawang di masing belakang lapangan bola basket.3.Kemudian bermain melempar tangkap bola dengan menggunakan gawang.4.Teknik melempar dan menangkap bola yang digunakan adalah dari dada dan dari atas kepala : Sebutkan 4 cara melempar dan menangkap dalam permainan bola basket​

Bagaimanakah sikap awal pada saat akan melakukan gerakan meroda?

Teknik gerakan meroda dilakukan dengan metode persiapan, berdiri sikap menyamping arah gerakan. Kedua kaki agak dibuka selebar bahu dan kedua lengan terentang serong atas. Tahap gerakan, bila gerakan diawali tangan kiri, letakan telapak tangan kiri pada matras yang diikuti kanan terangkat lurus keatas.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Pewarnaan Pada Gambar Ilustrasi?

Teknik dasar apa saja yang harus dikuasai oleh seorang pemain bola kasti?

Dalam permainan kasti ter- dapat beberapa gerakan yang harus dikuasai agar dapat melakukan permainan dengan baik, yaitu gerak memukul, melambungkan bola, berlari, melempar, dan menangkap bola.

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar dengan tangan kanan?

Ilustrasi Contoh Gerakan Tangan saat Melempar Bola dengan Satu Tangan. Sumber: pexels.com Dalam berolahraga dibutuhkan berbagai macam teknik dan gerakan dalam melempar bola. Contohnya dalam olahraga kasti dan softball. Berikut ini adalah contoh gerakan tangan saat melempar bola dengan satu tangan dalam olahraga kasti dan softball.

Cara memegang bola yang baik adalah bola dipegang dengan jari-jari tangan di antara ruas-ruas jari dan ditahan dengan ibu jari dan kelingking. Pandangan harus ke sasaran. Bila melemparkan dengan tangan kanan, maka kaki kiri berada di depan dan kaki kanan berada di belakang. Lengan kanan ditarik ke belakang dan selanjutnya ayunkan lengan kanan yang memegang bola ke depan.

Melempar Bola dari Samping Caranya hampir sama dengan melempar bola dari bawah, bedanya hanya lengan yang mengayun dengan cara membengkokkan siku ke bagian luar sehingga bola dilemparkan secara mendatar. Caranya tidak jauh berbeda dengan kedua gerakan di atas, namun dalam gerakan ini, pada saat bola diayunkan ke belakang, bola diayun melewati atas kepala dan dilemparkan melalui samping kepala.

Jika ukuran tangan atau jari-jari pemain berukuran besar, maka bola dipegang dengan menggunakan dua jari. Jika tangan pemain kecil atau pendek, maka bola dipegang dengan tiga atau empat jari. Antara jari yang satu dengan yang lain harus direnggangkan agar dapat mengontrol jalannya bola dan memperoleh kekuatan lemparan.

Langkahkan kaki depan ke arah sasaran. Ayunkan lengan ke belakang, posisi lengan atas (siku), ke atas dan pinggang diputar ke belakang (ke arah tangan yang memegang bola). Mulailah dengan gerakan melempar, ayunkan lengan ke dapan, sementara itu putar pinggang ke depan, dan pindahkan berat badan ke kaki depan. Pada saat bola lepas diikuti oleh lecutan pergelangan tangan. Gerakan lecutan dan memindah berat badan ke depan akan menambah pula kekuatan lemparan dan kesemimbangan. Sebagai gerak lanjut, langkahkan kaki belakang ke depan hingga dalam posisi siap untuk menangkap bola.

Posisi lengan agak lurus dan sejajar dengan tanah. Putarkan badan ke belakang penuh dan diikuti oleh ayunan lengan ke belakang dan lurus.

Langkahkan kaki depan ke arah sasaran. Bersamaan dengan itu, ayunkan lengan ke bawah belakang (siku agak lurus). Bahu yang digunakan untuk melempar diputar ke bawah belakang. Mulailah dengan gerakan melempar. Ayunkan lengan ke depan, sambil memutar bahu ke depan dan memindahkan berat badan ke kaki depan. Pada saat bola terlepas diikuti dengan lecutan pergelangan tangan. Tangan yang tidak digunakan untuk melempar berada di depan dada kemudian lengan diputar ke belakang untuk menjaga keseimbangan.

Ilustrasi Contoh Gerakan Tangan saat Melempar Bola dengan Satu Tangan. Sumber: pexels.com Itulah penjelasan mengenai contoh-contoh gerakan tangan saat melempar bola dalam satu tangan dalam olahraga kasti dan softball. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (IND)

Bagaimana posisi tubuh saat melakukan gerakan melempar bola rendah?

Bagaimanakah cara melempar bola rendah dalam permainan softball​ Jawaba n : Melempar Bola Rendah:

Berdiri posisi melangkah dengan kaki kiri di depan, menghadap ke arah lemparan.Tangan kanan memegang bola.Ayunkan tangan kanan ke depan dari arah bawah, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.Arah lemparan bola ke depan menyusur tanah.

Penjelasan: Semoga membantu 🙂

Berdiri posisi melangkah dengan kaki kiri di depan, menghadap ke arah lemparan.Tangan kanan memegang bola.Ayunkan tangan kanan ke depan dari arah bawah, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.Arah lemparan bola ke depan menyusur tanah.semoga membantu

: Bagaimanakah cara melempar bola rendah dalam permainan softball​

Bagaimana cara melempar bola dengan benar dalam permainan sepak bola?

Cara Melakukan Teknik Lemparan ke Dalam Permainan Sepak Bola – Baca juga: Sejarah Kartu Merah dan Kuning dalam Sepak Bola Dalam sebuah pertandingan sepak bola, setiap tim pasti akan mendapatkan kesempatan melakukan lemparan ke dalam apabila bola meninggalkan lapangan setelah sebelumnya menyentuh pemain kubu lawan.

Jika mendapat sebuah kesempatan lemparan ke dalam, bagaimana cara melakukannya? Mengutip buku peraturan sepak bola dari Dewan Asoasiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) seorang pemain wajib menghadap ke lapangan ketika melakukan throw-in, Ketika sudah menghadap ke lapangan, kedua kaki seorang pemain harus berada di belakang garis batas permainan saat melempar bola.

Kemudian bola dipegang dengan kedua tangan dan menuju ke arah depan. Lalu, ayunkan bola dari arah bagian belakang kepala. Baca juga: Sejarah Aturan Offside dalam Sepak Bola Posisi seorang pemain ketika melakukan lemparan ke dalam, merupakan tempat di mana bola kali terakhir bergulir meninggalkan lapangan pertandingan.

Pada saat melakukan lemparan melambung berat badan bertumpu pada kaki bagian yang mana?

pada saat melempar bola melambung berat badan bertumpu pada ​ Penjelasan: Lemparan melambung Bola dipegang dengan posisi taangan atau jari-jari dengan benar. Ayunkan tangan yang memegang bola sambil kaki melangkah secara kebersamaan. Berat badan bertumpu pada kaki depan. Saat mengambil awalan melempar, badan sedikit condong ke belakang.

Lah Berat Badan bertumpu dimana?

: pada saat melempar bola melambung berat badan bertumpu pada ​

Bola apa saja yang dapat digunakan untuk berlatih lempar tangkap bola?

dalam latihan lempar tangkap bola. Sebaiknya menggunakan bola. – Brainly.co.id

  • Jawaban:
  • yang tidak terlalu keras
  • Penjelasan:
  • agar mengurangi resiko kecelakaan kecil dalam olahraga
  1. Jawaban:
  2. Sebaiknya menggunakan bola basket.
  3. Karena ukuran yang besar dapat mempermudah lempar dan tangkapnya.
  4. semoga membantu 🙂

tolong jadikan jawaban tercerdas yaw 🙂

: dalam latihan lempar tangkap bola. Sebaiknya menggunakan bola. – Brainly.co.id

Bagaimana sikap tubuh ketika melempar bola pada permainan basket?

sikap melempar bola yang benar posisi tubuh harus​ – Brainly.co.id Jawaban: harus tegak dan posisi untuk satu kaki kedepan sebagai tumpuan

mksih ya kak udh di jwb soalnya aku buru buru bsok pgi hrs di kumpulin

Sikap melempar yang benar tubuh harus Sikap tubuh pada saat melempar bola melambung: 1.Berdiri santai satu tangan memegang bola.2Posisi badan seorang ke arah sasaran lemparan.3.Mata memandang ke arah sasaran lemparan.4.Langkah satu kaki ke depan.5.Lempar bola dengan cara mengayunkan tangan kuat ke depan melewati samping kepala.6.Lemparkan bola hingga melambung. maaf jika salah 🙂