Bagaimana Posisi Awal Dalam Melakukan Gerakan Awal Lompat Jongkok?

Bagaimana Posisi Awal Dalam Melakukan Gerakan Awal Lompat Jongkok
Untuk melakukan gerakan lompat jongkok, kita dapat melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian memposisikan badan dengan tegap, berlari kemudian melompat dan mendarat dengan posisi tubuh jongkok. Posisi jongkok yang dimaksud adalah dengan mendaratkan kaki dan menekuk lutut hingga se arah dengan dada.

Bagaimana posisi awal melakukan gerakan awal lompat jongkok?

Tahapan melakukan lompat jongkok – Adapun pelaksanan gerakan lompat jongkok ini sama seperti lompat kangkang. Akan tetapi, perbedaannya terletak pada saat kaki melewati kotak atau peti lompat. Lompat jongkok dilakukan dengan menekuk kedua lutut atau dalam posisi jongkok.

Awalan

Proses awalan dalam lompat jongkok dilakukan dengan berlari secepat mungkin dan badan condong ke depan. Lalu arahkan pandangan fokus ke depan sembari ayunkan tangan ketika berlari. Setelah melakukan awalan dengan baik, luruskan serta rentangkan tangan ke depan untuk menyiapkan tolakan kaki menuju peti lompat.

Tolakan

Tahap berikutnya adalah tolakan, untuk melakukan tahap dua ini, kedua kaki harus memberikan dorongan ke atas dan depan dengan kuat. Pada tahapan tolakan ini, sebisa mungkin posisi kaki rapat ketika akan membuat tolakan.

Melompat

Baca juga: Jenis Senam Lantai Menggunakan Alat Saat posisi badan mulai melompat atau terangkat, serta pijakkan kaki di atas kotak atau peti, posisi lutut ditekuk dan ditempelkan pada dada. Posisi tubuh saat melakukan lompat jongkok pada tahapan di atas kuda-kuda atau peti adalah seperti jongkok atau posisi lutut ditekuk dekat dengan dada.

Pendaratan

Tahapan terakhir adalah pendaratan. Pendaratan setelah melompati peti lompat dilakukan dengan menggunakan ujung kaki sekaligus merentangkan kedua lengan ke atas. Adapun dalam proses pendaratan setelah melompati peti lompat dilakukan dengan menggunakan dua kaki secara bersamaan.

  1. Selain itu, saat pendaratan lompatan dari atas kursi kedua lutut harus ditekuk.
  2. Sumber KOMPAS.com | Penulis: Vanya Karunia Mulia Putri | Editor: Ari Welianto) Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.
  3. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana posisi badan yang benar saat melakukan lompat jongkok?

Ilustrasi lompat jongkok. Sumber: unsplash.com Lompat jongkok adalah salah satu gerakan yang ada dalam olahraga senam lantai. Lompat jongkok ini merupakan gerakan yang secara umum harus bisa melewati kotak atau peti lompat sembari merentangkan kedua tangan dan kedua tungkai yang ditekuk.

Adapun posisi mendarat yang baik dalam lompat jongkok adalah dengan mengangkat kedua tangan ke atas dan lutut yang sedikit ditekuk. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak tentang lompat jongkok, simak penjelasan selengkapnya dalam artikel di bawah ini, ya. Ilustrasi lompat jongkok. Sumber: unsplash.com Mengutip dari buku Ensiklopedi Olah Raga Atletik: Lompat Jauh Hingga Tolak Pelur u karya Atma Endris (2021:6), penjelasan tentang posisi mendarat yang baik dalam lompat jongkok adalah sebagai berikut.

Proses awalan pada lompat jongkok harus dilakukan dengan cara berlari secepat mungkin dengan posisi badan condong ke depan. Kemudian arahkan pandangan fokus ke depan sambil mengayunkan tangan ketika berlari. Setelah itu, Anda harus meluruskan dan merentangkan tangan ke depan untuk menyiapkan tolakan kaki menuju peti lompat.

Gerakan selanjutnya adalah tolakan. Untuk melakukan gerakan ini, kedua kaki Anda harus memberikan dorongan ke atas dan juga ke depan dengan kuat. Pada tahapan tolakan ini, sebisa mungkin kaki Anda dalam posisi rapat saat akan membuat tolakan. Ketika posisi badan mulai melompat atau sudah terangkat serta pijakkan kaki di atas kotak atau peti, maka posisi lutut harus ditekuk dan ditempelkan pada dada.

Posisi tubuh ketika melakukan lompat jongkok pada gerakan ini harus seperti jongkok atau posisi lutut yang ditekuk dekat dengan dada. Pendaratan merupakan tahapan akhir dari gerakan lompat jongkok. Pendaratan dilakukan setelah berhasil melompati peti lompat yang dilakukan dengan menggunakan ujung kaki sekaligus merentangkan kedua lengan ke atas.

Bagaimana cara melakukan gerakan loncat jongkok?

3. Melompat – Saat posisi badan mulai melompat atau terangkat, serta pijakkan kaki di atas kotak atau peti, posisi lutut ditekuk dan ditempelkan pada dada. Posisi tubuh saat melakukan lompat jongkok pada tahapan di atas kuda-kuda atau peti adalah seperti jongkok atau posisi lutut ditekuk dekat dengan dada.

You might be interested:  Buat Rancangan Event Sponsorship Yang Tepat?

Apa yang dimaksud dengan awalan dalam lompat jongkok?

Cara lompat jongkok – Dilansir dari situs Very Well Fit, lompat jongkok atau squat jumps merupakan aktivitas melompat yang dapat melatih serta meningkatkan kelincahan dan kekuatan tubuh. Bagaimana cara melakukan lompat jongkok? Baca juga: Gerak Berirama: Pengertian dan Asal Usulnya Berikut penjelasannya yang dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) :

  1. Awalan dalam lompat jongkok dilakukan dengan berlari secepat mungkin dan badan condong ke depan. Arahkan pandangan fokus ke depan dan ayunkan tangan ketika berlari.
  2. Perhitungkan jarak dari titik awal berlari hingga peti atau kotak, untuk melakukan lompat jongkok.
  3. Luruskan dan rentangkan tangan ke depan, mengarah pada peti atau kotak yang dijadikan pijakan untuk melompat.
  4. Saat badan terangkat, pijakkan kaki di atas kotak atau peti, dengan posisi lutut ditekuk dan ditempelkan pada dada. Arahkan pandangan fokus ke depan untuk bersiap melakukan pendaratan.
  5. Pendaratan dilakukan dengan menggunakan ujung kaki serta kedua lengan direntangkan ke atas.

Lompat jongkok sangat membutuhkan keseimbangan tubuh yang baik, pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum melakukan lompat jongkok. Belajar loncat jongkok dapat dilakukan dengan meloncati peti lompat yang memiliki ketinggian secara bertahap mulai dari yang pendek, sedang, sampai tinggi.

Bagaimana cara melakukan gerakan awalan pada lompat?

Jawaban yang benar adalah lakukan awalan untuk lompat jauh yaitu sekitar 45 meter, lakukan lari ancang-ancang 10 sampai dengan 20 langkah, tambah kecepatan lari awalan sedikit demi sedikit sebelum menolak atau menumpu pada papan tolakan, kecepatan ancang-ancang dipertahankan tetap maksimal sampai papan tolakan, dan pinggang sedikit diturunkan pada satu langkah akhir ancang-ancang.

Pembahasan: Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik di mana seorang atlet akan mengkombinasikan aspek kecepatan, kekuatan, dan kelincahan untuk melemparkan dirinya dari sebuah papan tolakan. Tujuan dari lompat jauh ini adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke bagian letak pendaratan atau bak lompat.

Bak lompat memiliki panjang 9 meter dengan lebar 2,95 meter. Dalam olahraga lompat jauh, terdapat empat teknik dasar gerakan, salah satunya adalah teknik awalan. Berikut merupakan cara melakukan awalan pada lompat jauh: 1. Lakukan awalan untuk lompat jauh yaitu sekitar 45 meter.2.

Sebutkan langkah pertama dalam melakukan gerakan jongkok penuh?

Gerakan jongkok penuh dapat di lakukan dengan cara di antaranya ialah:

  • pertama kita melakukan baris dengan rapi, yang mana di sini di lakukan dengan jarak yang renggang.
  • kemudian berdirilah pada posisi tegak dan tangan di renggangkan ke depan serta kaki sedikit di jinjit.
  • kemudian jongkok secara perlahan dan pertahankan posisi tersebut sampai lima hitungan.
  • kemudian berdiri tegak kembali.

Bagaimana cara melakukan gerakan awalan pada lompat jauh gaya jongkok?

Awalan dalam lompat jauh gaya jongkok adalah suatu gerakan yang dilakukan dengan cara berlari secepat-cepatnya agar dapat menghasilkan kecepatan yang setinggi-tingginya sebagai awalan sebelum melakukan tolakan.

Bagaimana sikap tangan saat melakukan awalan dalam lompat jongkok pada peti?

Inilah cara tepat melakukan loncat jongkok peti lompat | merdeka.com Bagaimana Posisi Awal Dalam Melakukan Gerakan Awal Lompat Jongkok Ilustrasi olahraga. Shutterstock/Warren Goldswain | 25 Juli 2016 12:00 Reporter : Merdeka.com – Pernahkah kamu mendengar tentang loncat jongkok di atas peti lompat? Ini adalah salah satu teknik yang ada dalam teknik senam alat. Teknik yang digunakan dalam loncat jongkok ini pada dasarnya hampir sama dengan pelaksanaan loncat kangkang.

Lakukan awalan dengan berlari secepat mungkin dan condongkan ke depan. Lakukan tolakan menggunakan kedua di papan tolakan diikuti dengan ayunan ke atas dengan badan melayang. Selain itu, jangan lupa untuk menumpukan tangan ke pangkal peti. Saat itu, posisi tangan harus dengan lengan yang lurus dan pandangan selalu ke depan tangan. Tepat setelah tanganmu melakukan tolakan, lipatlah lutut ke dada dan luruskan tungkaimu saat kamu sudah mencapai bagian ujung peti. Mendarat dilakukan dengan lengan yang direntangkan ke atas, lutut menekuk dan ujung kaki menyentuh matras lebih dahulu.

Dalam melakukan teknik senam alat ini, ada beberapa kesalahan yang sering terjadi. Kesalahan ini bisa mempengaruhi banyak hal, seperti cedera ringan sampai serius. Ada 4 kesalahan yang sering terjadi, yaitu saat melakukan tolakan kurang kuat, tumpuan terlalu lemah, saat membuka kaki kurang ke atas dan kurang menjaga keseimbangan saat mendarat.

Bagaimana posisi kaki pada saat melakukan lompat jongkok?

Cara Melakukan Lompat Jongkok – Ada empat tahapan cara melakukan lompat jongkok :

Awalan

Proses awalan dilakukan dengan berlari semaksimal mungkin dengan posisi badan condong ke depan, sembari mengayunkan tangan. Kemudian setelah mengambil awalan, luruskan serta rentangkan tangan ke depan untuk kemudian menyiapkan tolakan kaki menuju peti atau kotak melompat. Tahap awalan ini sangat mempengaruhi hasil dari sebuah lompatan, dengan catatan tolakan juga kuat.

Tolakan

Tahap tolakan ini, kedua kaki harus memberikan dorongan ke atas dan depan dengan kuat. Posisi kaki sebisa mungkin untuk rapat ketika akan membuat tolakan. Tolakan kaki saat melakukan tumpuan kaki pada papan tolak dalam melakukan lompat jongkok adalah kuda-kuda lompat dengan dua kaki secara kuat.

Melompat

Saat badan mulai melompat atau terangkat, posisi lutut kemudian ditekuk ke arah dada sembari kedua, tidak lupa posisi tangan memegang peti lompat sebagai pijakan.

You might be interested:  Yang Mengajukan Rancangan Uu Berkaitan Dengan Otonomi Daerah Ialah?

Pendaratan

Gerakan lompat jongkok berakhir pada tahapan pendaratan yang seharusnya menggunakan ujung kaki sekaligus merentangkan kedua lengan ke atas. Perlu diingat bahwa dalam pendaratan harus menggunakan dua kaki secara bersamaan.

Tuliskan langkah langkah melakukan gerakan loncat jongkok brainly?

Sebutkan langkah-langkah melakukan gerakan loncat jongkok​ – Brainly.co.id Berikut adalah cara melakukan gerakan loncat jongkok yang baik dan benar, yakni:

  • Awalan dilakukan dengan posisi badan berdiri, kemudian melakukan gerakan berlari menggunakan langkah lebar.
  • Saat mendekati peti lompat, lakukan tolakan dengan kedua kaki secara bersamaan.
  • Ketika melompat, Posisi kedua tangan diayunkan kedepan untuk menggapai ujung peti lompat.
  • Selain itu ketika melompat, condongkan badan ke depan dan tekuk kedua lutut didepan dada.
  • Ketika tangan menyentuh peti lompat, lakukan tolakan dengan menggunakan tangan pada peti lompat.
  • Ketika akan mendarat, ayunkan kedua kaki ke depan dengan lutut sedikit di tekuk.
  • Pendaratan dilakukan dengan kedua kaki secara bersamaan dan mengeper.

Bagaimana posisi kedua lengan pada saat melakukan gerakan lompat jongkok?

Bagaimana posisi kedua lengan saat lompat jongkok​ Posisi kedua lengan pada saat lompat jongkok​ adalah dengan lurus sejajar ke depan agar menyeimbangkan badan.

Bagaimana kesalahan awalan pada gerakan lompat jongkok?

Kesalahan Umum Saat Melakukan Lompat Jongkok Lompat jongkok atau squat vault merupakan gerakan senam lantai yang cukup sulit untuk dilakukan oleh pemula. Beberapa kesalahan umum sering terjadi saat melakukan lompat jongkok. Lompat jongkok adalah gerakan dengan bentuk melompat melewati kotak atau peti dengan kedua tangan direntangkan dan kedua tungkai ditekuk, serta kedua lutut ditarik ke dada.

Gerakan lompat jongkok dilakukan dengan cara menekuk kedua lutut atau dalam posisi jongkok. Kemudian, kedua tangan dijadikan tumpuan untuk mengangkat tubuh ke atas kotak atau peti lompat. Proses awalan dilakukan dengan berlari semaksimal mungkin dengan posisi badan condong ke depan, sembari mengayunkan tangan.

Perhitungkan jarak dari titik awal berlari hingga peti atau kotak, untuk melakukan lompat jongkok. Luruskan dan rentangkan tangan ke depan, mengarah pada peti atau kotak yang dijadikan pijakan untuk melompat. Saat badan terangkat, pijakkan kaki di atas kotak atau peti, dengan posisi lutut ditekuk dan ditempelkan pada dada.

Arahkan pandangan fokus ke depan untuk bersiap melakukan pendaratan. Pendaratan dilakukan dengan menggunakan ujung kaki serta kedua lengan direntangkan ke atas. Kesalahan-kesalahan dalam Lompat Jongkok Kesalahan yang sering terjadi dalam lompatan jongkok pada peti lompat adalah sebagai berikut. Awalan lari kurang cepat Tolakan kedua kaki tidak bersamaan Peti lompat tidak tercapai dengan baik Tahanan tangan di peti lompat kurang kuat Kedua tungkai tidak ditarik mendekati dada saat tangan menolak Pendaratan kedua kaki kurang bersamaan dan tidak berurutan Pandangan tidak ke depan.

Sumber : Tag : lompat jongkok kesalahan Komentar Belum ada komentar Mau menambahkan komentar ? : Kesalahan Umum Saat Melakukan Lompat Jongkok

Bagaimana langkah awal dalam gerakan lompat kangkang?

Cara Melakukan Lompat Kangkang – Langkah-langkah melakukan lompat kangkang, sebagaimana dikutip dari KOMPAS.com Skola,

Posisi badan sebelum melakukan awalan lompat kangkang adalah berdiri tegak menghadap peti lompat. Pandangan selalu fokus kepada peti lompat. Awalan lompat kangkang dengan tumpuan pangkal peti lompat dilakukan dengan cara lari secepat mungkin dan posisi badan condong ke depan. Perhitungkan langkah dari titik awalan berlari hingga peti lompat, untuk bersiap melakukan lompatan. Saat melompat, luruskan kedua tangan dan sentuh peti lompat. Pastikan pegangannya kuat serta arahkan seluruh jari menghadap ke depan. Tumpuan saat melakukan gerakan melompat peti adalah kedua tangan dan posisi kaki melayang di udara. Tetap arahkan fokus pandangan ke depan untuk bersiap melakukan pendaratan. Pendaratan saat melakukan gerakan lompat kangkang melewati peti lompat adalah dengan posisi lutut tertekuk serta kedua tangan lurus ke atas.

Baca juga: Cara Melakukan Gerakan Meroda

Bagaimana cara melakukan gerakan lompat kangkang dan lompat jongkok?

6. Bagaimana cara melakukan lompat kangkang dan lompat jongkok?​ Berdiri tegak menghadap peti lompat. Lakukan lompatan ke arah peti lompat dengan menggunakan kaki sebagai tolakan dan mendarat dengan kedua kaki di atas boks bersamaan kedua tangan lurus. Turun kembali keposisi awal melompat. SOAL : 6. Bagaimana cara melakukan lompat kangkang dan lompat jongkok?​ Jawaban : Berikut ini adalah Cara Melakukan Lompat kangkang, Yaitu :

Berdiri dengan sikap siap untuk melakukan awalan. Kedua lengan disamping badan. Pandangn ke arah peti lompat Berlari menuju peti lompat Sesampainya di papan tolakan, menolak dengan kedua kaki dan badan melenting ke depan Kedua tangan lurus ke depan dan menumpu pada peti lompat. Pada saat bertumpu, kedua kaki mengangkang ke samping agar dapat melewati peti lompat. Mendarat dengan Kedua kaki.

Berikut ini adalah Cara Melakukan Lompat Jongkok, Yaitu :

Awalan lari menuju peti lompat. Menolak dengan kedua kaki ke arah depan yang dibantu dengan ayunan kedua lengan. Angkat tungkai ke atas dada hingga membuat sikap jongkok kedeua kaki lalu melewati lengan yang terbuka antara celah tangan kanan dan kiri selagi menahan berat badan. Apabila kaki sudah melewati celah lengan, bersiaplah untuk mendarat melewati peti lompat dengan posisi badan jatuh agak condong ke depan, kedua kaki menggeper, dan badan posisi tegak.

You might be interested:  Teknik Rancangan Sampel Yang Dipakai Oleh Peneliti Tersebut Adalah?

Penjelasan: Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise. Tetapi ada pula yang menamakan tumbling. Senam Lantai adalah Latihan senam yang dilakukan diatas matras dengan unsur² gerakan yang termasuk mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, serta menumpu dengan tangan / kaki untuk mempertahankan sikap seimbang / pada saat meloncat ke depan / belakang.

Ketepatan Kecepatan Kelincahan Kelentukan Keseimbangan

Berikut ini adalah Teknik Dasar Senam Lantai, Yaitu :

Kayang Meroda Sikap Lilin Handstand Headstand Guling Depan Guling Lenting Guling Belakang Lompat Harimau Lompat Jongkok Lompat Kangkang

SEMOGA MEMBANTU : 6. Bagaimana cara melakukan lompat kangkang dan lompat jongkok?​

Jelaskan langkah langkah gerak melayang pada lompat jongkok?

Bagaimana tahapan gerakan melayang pada lompat jongkok – Brainly.co.id Gerak melayang dilakukan dengan dua tahap, yaitu layangan pertama dan layangan keduaTahap layangan pertama Melayang awal berlangsung pada saat badan meninggalkan papan tolak sampai tangan menyentuh di peti lompat. Pada saat meninggalkan papan tolak, lengan diluruskan, badan dan kaki dijulurkan kearah peti lompat. : Bagaimana tahapan gerakan melayang pada lompat jongkok – Brainly.co.id

Langkah langkah melakukan gerak awalan pada lompat jauh gaya jongkok?

» Pembahasan – Berikut adalah cara melakukan cabang olahraga lompat jauh dengan menggunakan GAYA JONGKOK:

AWALAN, dilakukan dengan lari menggunakan kecepatan yang tinggi hingga sampai ke papan tumpuan (balok) dengan tampa mengubah langkah kaki agar daya dorong semakin tinggi sehingga tubuh terbawa cepat ke depan yang kemudian menjadikan hasil lompatan yang dilakukan jauhnya maksimal. Pada titik ini hangan menoleh dan fokus pada titik tolak dan juga jangan mengurangi kecepatan lari. TOLAKAN, Dilakukan dengan memakai kaki yang dianggap paling kuat dan dilakukan pas di papan yang menjadi tolakan. Ketika sedang bertumpu maka posisi badan dibikin agak condong kea ah depan dengan pandangan yang senantiasa lurus ke depan dan mengarahkan berat badan (sedkit) di hadapan kaki tumpu.

Ketahui lebih lanjut tentang rangkuman lompat jauh

MELAYANG, Pada titik ini usahakan untuk mempertahankan kedudukan melayang selama yang atlet bisa sambil menjaga arah pandangan senantiasa ke depan. Ketika melayang, lutut ditekuk dan kemudian diangkat hingga posisinya menempel ke perut. Jika dilihat dalam posisi ini, seseorang nampak seperti sedang berjongkok. Dalam keadaan melayang, atlet harus menjaga keseimbangan sebagai persiapan ketika ia mendarat. MENDARAT, Dilakukan dengan mendaratkan kaki secara bersamaan. Ketika tumit sudah mulai menyentuh pasir di pendaratan maka badan kemudian di gerakkan ke arah depan sehingga terhindari dari kondisi pinggul mendarat. Pada fase ini, pendaratan berlangsung baik jika terdapat koordinasi yang baik antara gerakan tangan, kaki, tumit dan kepala.

Pelajari lebih lanjut tentang teknik melakukan lompat jauh • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

Sebutkan hal hal apa saja yang harus diperhatikan saat melakukan tolakan pada lompat jongkok?

Apa sajakah yang harus diperhatikan saat melakukan tolakan dalam lompat jongkok dalam senam Jawaban: yang harus diperhatikan saat melakukan tolakan dalam lompat jongkok: Lakukan awalan dengan berlari secepat mungkin dan condongkan badan ke depan. Lakukan tolakan menggunakan kedua kaki di papan tolakan diikuti dengan ayunan lengan ke atas dengan badan melayang.

Tepat setelah tanganmu melakukan tolakan, lipatlah lutut ke dada dan luruskan tungkaimu saat kamu sudah mencapai bagian ujung peti. Mendarat dilakukan dengan lengan yang direntangkan ke atas, lutut menekuk dan ujung kaki menyentuh matras lebih dahulu. Penjelasan: Semoga membantu

itu jawabannya semuanya kak?

: Apa sajakah yang harus diperhatikan saat melakukan tolakan dalam lompat jongkok dalam senam

Mengapa tahapan awal sangat penting dalam melakukan gerakan lompat jongkok?

Pembahasan – Lompat jongkok adalah gerakan melompat melewati peti lompat dengan posisi jongkok ketika berada diudara. Lompat jongkok merupakan salah satu gerakan melompat pada senam lantai. Pada dasarnya gerakan lompat jongkok terdiri dari empat unsur, yakni awalan, tolakan kaki, melayang, dan mendarat.

Berikut penjelasan dari keempat unsur tersebut.1. Awalan. Awalan dalam melakukan gerakan lompat jongkok dimuali dengan lari. Gerakan lari dilakukan dengan kecepatan rendah kemudian meningkatkan kecepatan hingga kecepatan maksimal ketika mendekati titik tolakan. Awalan sangat menentukan keberhasilan dalam melakukan lompat jongkok.

Dengan melakukan awalan yang sempurna, akan didapat tolakan dengan ketinggian dan jarak yang diharapkan.2. Tolakan. Tolakan dilakukan dengan menggunakan kedua kaki secara bersama-sama. Tolakan dilakukan dengan tenaga yang kuat untuk mendapatkan hasil yang sempurna.3.

Melayang. Melayang adalah gerakan setelah melakukan tolakan ketika seluruh tubuh tidak menyentuh tanah. Pada saat melayang, posisi badan menyerupai orang jongkok dengan kaki ditekuk didepan dada. badan agak condong kedepan dan lurus. Gerakan melayang dilakukan dengan dua tahap, yakni melayang pertama dan melayang kedua.4.

Pendaratan. Pendaratan harus dilakukan dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan. Pendaratan merupakan bagian yang penting dalam lompat jongkok karena termasuk dalam penilaian. Ketika melakukan pendaratan ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yakni.

Menjaga keseimbangan badan dan kelenturan kaki dengan cara kaki agak membuka.Ketika mendarat, lutut menekuk, lengan diangkat dan badan dalam keadaan relaks.Mendarat dengan menggunakan kedua kaki secara bersamaan.