Bagaimana Gerak Melakukan Smash Dalam Bola Voli?

Bagaimana Gerak Melakukan Smash Dalam Bola Voli
Cara Melakukan Smash – Dalam permainan bola voli, smash merupakan pukulan bola ketiga yang dilakukan oleh pemain berposisi spiker atau smasher, Seorang spiker akan melakukan smash setelah menerima bola kedua dari tosser atau pengumpan. Baca juga: Kapan Seorang Pemain Bola Voli Melakukan Passing Bawah? Berikut adalah cara melakukan smash agar menghasilkan bola yang melaju cepat dan tajam ke area permainan lawan.

Berdiri dengan sikap melangkah menghadap net. Berat badan berada di kaki depan, diawali dengan beberapa langkah kaki dan melebar pada langkah terakhir. Kedua kaki menolak ke atas dengan menyesuaikan tinggi bola, diikuti dengan ayunan lengan ke depan atas untuk melakukan pukulan. Untuk mendapatkan hasil smash yang menukik harus dilakukan dengan memukul bola di bagian atas bola. Setelah melakukan pukulan, mendaratlah dengan kedua ujung telapak kaki, diikuti dengan lutut yang dilenturkan.

Bagaimana teknik awalan pada smash bola voli?

Teknik Smash Bola Voli – Bagaimana Gerak Melakukan Smash Dalam Bola Voli Teknik Smash Bola Voli Pada permainan bola voli, smash bagi para pemula bukan sesuatu yang mudah. Banyak yang bisa melakukan smash tapi gagal memukul bola dengan kuat dan menukik. Oleh sebab itu penting sekali mempelajari tekniknya. Berikut ini teknik yang harus kamu pelajari:

  1. Tahap pertama siapkan tubuh kamu di lapangan dengan menjaga jarak dari net mulai 2,5 meter sampai 4 meter.
  2. Setelah itu buat tubuh kamu jadi rileks, tenang dengan bentuk sedikit bungkuk ke depan.
  3. Usahakan juga menyeimbangkan berat tubuh ketika masih di bawah. Sebab jika tidak akan menyebabkan lompatan menjadi tidak sempurna dan jatuh. Bahkan kamu bisa juga cedera jika gagal menyeimbangkan berat tubuh.
  1. Ketika posisi tubuh sudah siap melakukan smash, selanjutnya maju sekitar 1 sampai 2 langkah menuju ke arah net.
  2. Saat sekiranya sudah dekat dan berjarak cukup ideal, gunakan salah satu kaki sebagai tumpuan sambil dihentakkan ke tanah.
  3. Pada saat itu juga ayunan tangan melambai ke atas depan sambil kaki yang terus menyesuaikan diri agar tenaga bisa dikeluarkan dengan maksimal.
  1. Ketika kamu sedang melayang di udara, tarik bahu dan juga lengan ke arah belakang untuk persiapan memukul bola yang dikirimkan oleh rekan.
  2. Saat itu juga usahakan mata terus fokus ke arah bola yang sedang dikirimkan agar bisa menyesuaikan posisi tubuh dengan bola.
  3. Selanjutnya arahkan telapak tangan menuju ke bola dengan posisi yang terbuka. Pukul sekuat tenaga dengan mendorong bahu dan lengan ke arah bola tersebut.
  4. Lalu di saat pola sudah mengenai telapak tangan, usahakan juga memanfaatkan kaki agar bisa menambah tenaga yang dikeluarkan. Lakukan tolakan kaki ke arah atas agar tubuh bisa lebih tinggi sambil memukul bola sekuat tenaga.
  1. Setelah melakukan pukulan, biarkan tubuh turun dengan menyiapkan kedua kaki sebagai tumpuan utama.
  2. Saat kaki sudah menginjak kembali lapangan bola voli, tekuk lutut pada saat itu juga agar bisa meredam tekanan berat badan yang diterima oleh kaki.
  3. Upayakan saat turun tubuh dalam kondisi rileks dan tidak kaku agar bisa mendarat dengan nyaman dan aman.
You might be interested:  Bagaimana Posisi Awal Saat Melakukan Gerakan Membungkuk?

Bagaimana cara meningkatkan kekuatan Smash dalam bermain bola voli?

4. Teknik Mendarat atau Landing pada Permainan Bola Voli – Teknik terakhir yang harus benar-benar dikuasai saat bermain bola voli adalah landing atau mendarat. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap keselamatan Anda, jika gagal dapat mengakibatkan cedera pada kaki.

Ketika mendarat, pastikan badan Anda tidak menyentuh net sebab bisa dianggap pelanggaran yang kemudian poin akan diperoleh lawan. Untuk pendaratan, pastikan tubuh sedikit membungkuk dengan telapak kaki bagian depan yang terlebih dahulu menyentuh lapangan. Demikian penjabaran detail mengenai Istilah smash bola voli: pengertian, latihan, dan teknik melakukannya.

Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi pembaca. Khususnya bagi Anda yang ingin menjadi pemain handal di cabang ini. : Smash Bola Voli: Pengertian, Latihan dan Teknik Melakukannya

Apa itu teknik smash dalam permainan voli?

KOMPAS.com – Dalam dunia olahraga terdapat banyak jenis permainan bola, baik yang ditendang maupun dipukul. Semuanya sangat menyenangkan untuk dipelajari dan dilakukan. Hampir seluruh permainan bola tersebut menjadi favorit masyarakat Indonesia, khususnya anak muda.

Salah satunya adalah permainan voli, Secara garis besar, permainan voli dilakukan dengan cara memukul bola dengan menggunakan tangan. Sama seperti permainan lainnya, tujuan utama dari permainan voli adalah untuk mencetak poin sebanyak mungkin dan memenangkan pertandingan. Agar bisa mencapai tujuan tersebut, para pemain voli harus menguasai berbagai teknik dasar permainan voli, khususnya pada teknik pukulan utama.

Baca juga: Gerak Spesifik Permainan Bola Voli Teknik pukulan utama dalam permainan voli adalah teknik smash, Teknik smash merupakan salah satu teknik smash yang sangat penting dalam permainan voli. Tahukah kamu apa yang disebut dengan teknik smash dalam permainan voli? Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknik smash merupakan salah satu upaya untuk memperoleh banyak poin sehingga bisa memenangkan pertandingan.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Latihan Gerakan Meluncur Pada Renang Gaya Punggung?

Apa saja bentuk latihan dasar Smash permainan bola voli?

Teknik Dasar Smash Bola Voli – Sebenarnya materi yang membahas cara melakukan smash sudah tertulis rapi di buku pedoman penjas. Guru biasanya akan menyampaikan materi tersebut secara intensif karena sering muncul sebagai butir soal ujian. Berbagia pembekalan baik secara teori maupun praktek pun turut serta diberikan kepada siswa.

  1. Langkah pertama melakukan awalan yang diambil dengan jarak 1 – 3 langkah.
  2. Pengambilan langkah ini menggunakan langkah kaki yang cukup besar.
  3. Kemudian kedua lengan diayunkan ke arah belakang setelah dekat dengan net.
  4. Lalu kedua kaki dihentakkan secara bersusulan dan lakukan lompatan.
  5. Setelah itu pukul bola dengan lengan, dimana ayunkan lengan ke arah depan dan tegangkan punggung menuju belakang.
  6. Julurkan lengan untuk memukul bola, buka tangan dan bola dinaungi.
  7. Disisi lain anda juga harus melonggarkan pergelangan tangannya.

Berdasarkan cara melakukan spike dalam bola voli di atas. Dapat kita simpulkan bahwa smash dapat diartikan sebagai pukulan menyerang untuk mencetak point yang dilakukan dengan skill baik, keras dan terarah. Orang yang ingin menjadi smasher handal harus memiliki kemampuan melompat yang pandai dan gesit.

  1. Melakukan latihan untuk menguasai jangkauan loncatan.
  2. Melakukan latihan untuk membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.
  3. Melakukan latihan untuk membuat kekuatan ayunan menjadi lebih meningkat.

Baca juga : Latihan Fisik Permainan Bola Voli dan Penjelasannya Terlengkap