Bagaimana Cara Melakukan Servis Tinggi Lob Service Jelaskan?

Bagaimana Cara Melakukan Servis Tinggi Lob Service Jelaskan
Bagaimana cara melakukan servis tinggi (lob servis)?​ – Brainly.co.id •Posisi tangan pada pegangan forehand dengan posisi di samping bahu.•Posisi badan menyamping dengan arah net. •Kaki kanan di belakang kaki kiri pada saat melakukan pukulan, pindahkan beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.•Melakukan pemukulan shutlecock seperti gerakan melempar.•Pada saat bola/shuttlecock menyentuh raket, maka posisi tangan harus lurus.•Setelah melakukan pemukulan pendaratan dilakukan dengan kaki kiri terlebih dahulu yaitu di bagian depan kaki sementara badan harus condong ke depan.

Bagaimana cara melakukan servis forehand tinggi?

Servis Panjang Forehand adalah – Jenis pukulan forehand tinggi umumnya digunakan dalam permainan tunggal, di mana kok harus dipukul menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. Cara melakukan servis forehand tinggi adalah sebagai berikut:

Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki terjadi kontak dengan lantai. Perhatikan gerakan ayunan raket, seperti ke belakang dan ke depan. Setelah melakukan pukulan, maka harus dilakukan dengan sempurna. Kemudian, diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan yang harus berlangsung secara berkala. Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok. Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, kamu bisa menguasai teknik servis forehand tinggi dengan sebaik-baiknya.

Servis Backhand (Sumber: Flickr) Jenis servis ini berfokus pada arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Lalu, kok sedapat mungkin melayang relatif dekat di atas jaring (net). Maka dari itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda. Cara melakukan servis backhand adalah sebagai berikut:

Sikap berdiri, kemudian kaki kanan di depan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan sehingga sikap seperti ini titik berat berada di antara kedua kaki. Sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi. Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Kemudian, dengan irama gerak kontinu dan harmonis. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan. Sebelum melakukan servis, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan. Lalu, hingga dapat menguasai gerakan serta keterampilan servis ini secara utuh dan baik/sempurna.

Demikian servis forehand dalam permainan bulu tangkis yang dapat kamu kuasai dengan mudah. Selamat bermain!

Apa yang dimaksud dengan LOB dan service?

Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah servis drive merupakan teknik menyerang yang dilakukan dengan cara memukul bola langsung pada lawan menggunakan forehand. Servis lob adalah pukulan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.

  • Flick service adalah service yang dilakukan secara cepat atau tiba-tiba ke arah bagian belakang lawan dengan tujuan mengecoh lawan.
  • Berikut ini penjelasannya.
  • Servis drive merupakan teknik menyerang yang dilakukan dengan cara memukul bola langsung pada lawan menggunakan forehand.
  • Servis ini memungkinkan kamu untuk membatasi opsi pengembalian bola dari lawan, sehingga poin bisa didapatkan dengan mudah, terutama ketika lawan sedang lengah.

Service lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Flick service adalah service yang dilakukan secara cepat atau tiba-tiba ke arah bagian belakang lawan dengan tujuan mengecoh lawan.

Teknik ini mirip dengan backhand service tetapi kock dipukul dengan cepat dengan arah setengah tinggi. Dengan demikian ini, jawaban yang tepat adalah servis drive merupakan teknik menyerang yang dilakukan dengan cara memukul bola langsung pada lawan menggunakan forehand. Servis lob adalah pukulan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.

You might be interested:  Bagaimana Melakukan Gerak Tari Dengan Level Atau Tingkat Jangkauan Sedang?

Flick service adalah service yang dilakukan secara cepat atau tiba-tiba ke arah bagian belakang lawan dengan tujuan mengecoh lawan.

Bagaimana cara melakukan servis pendek short service?

Teknik servis pendek pada umunya yaitu dengan cara posisi, posisi kaki yaitu dengan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang dan berat badan berada pada kaki bagian depan karena posisi tubuh agak condong sedikit kedapan dan melakukan servis dengan akurasi ayunan tangan dan di lepasnya kok.

Apa yang dimaksud dengan pukulan lob pada bulutangkis?

Badminton | SMKN 52 Jakarta Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Partai dalam Badminton Lapangan dan Jaring Memainkan Badminton Teknik Pukulan dalam Badminton Pukulan servis Pukulan lob Prestasi Pelatih :

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 1) Tunggal putra 2) Tunggal putri 3) Ganda putra 4) Ganda putri 5) Ganda campuranLapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan.

Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan.

Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.1) Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis.2) Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.3) Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali.

  • Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar.
  • Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan “keluar”.4) Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.5) Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan.Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulu tangkis, yaitu:Pukulan servis merupakan pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan.

Macam-macam pukulan servis, yaitu: 1) Pukulan servis pendek 2) Pukulan servis panjang 3) Pukulan servis mendatar 4) Pukulan servis cambukPukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Bagaimana Cara Melakukan Servis Tinggi Lob Service Jelaskan : Badminton | SMKN 52 Jakarta

Lob ada berapa?

Mengenal 2 Jenis Pukulan Lob pada Bulu Tangkis Halaman all – Kompas.com KOMPAS.com – Ada beberapa jenis pukulan dalam, salah satunya adalah pukulan lob. Pukulan lob adalah jenis pukulan yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock (kok) setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan.

  • Fungsi dari melakukan pukulan lob dapat dibagi menjadi dua, yakni mengatur jalannya serangan atau sebagai langkah bertahan setelah menerima bola dari lawan.
  • Berdasarkan cara melakukan pukulan lob pada permainan bulu tangkis, pukulan lob dibedakan menjadi dua macam yaitu overhead dan underhand lob,
  • Baca juga:

Apakah servis lob termasuk pukulan servis dalam permainan bulutangkis?

Teknik melakukan servis setinggi mungkin ke arah garis belakang lawan disebut lob. JAKARTA– Servis dengan pukulan melambung tinggi ke belakang disebut Lob termasuk pukulan pada bulu tangkis.

Bagaimanakah cara melakukan teknik dasar forehand servis?

Teknik Servis Forehand –

    1. Shuttlecock harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.
    2. Saat memukul shuttlecock, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai.
    3. Bagi pemegang raket di kanan, maka saat servis forehand kaki kiri di depan. Begitu sebaliknya.
    4. Posisi raket dalam forehand service berada di samping badan. Telapak tangan menghadap ke lawan.
    5. Perhatikan gerakan ayunan raket. Ke belakang lalu ke depan.
    6. Setelah melakukan pukulan, harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang kekaki depan yang harus langsung kontinu dan harmonis.
    7. Konsentrasi sebelum memukul shuttlecock.
You might be interested:  Bagaimana Posisi Melayang Saat Melakukan Gerakan Melompat?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud servis tinggi?

Macam-Macam Servis Bulu Tangkis yang Perlu Diketahui – Ragam Bola.com Ilustrasi servis bulu tangkis. (Gambar oleh Vlad Vasnetsov dari Pixabay) Bola.com, Jakarta – merupakan cabang olahraga yang cukup populer di Indonesia. Banyak peminat olahraga satu ini dari berbagai kalangan.

  1. Tua, muda, anak-anak, laki-laki maupun perempuan.
  2. Dari yang sekadar menyaksikan maupun melakoninya secara rutin.
  3. Untuk memulai permainan, pemain harus melakukan pukulan awal atau servis (service).
  4. Servis merupakan pukulan untuk menerbangkan kok (shuttlecock) dengan raket ke bidang lapangan lawan secara diagonal.

Servis merupakan teknik dasar yang sangat penting. Untuk itu, setiap pemain melakukan servis sebaik mungkin agar tidak dinyatakan gagal oleh wasit. Selain dinyatakan gagal, melakukan servis secara tidak benar akan merugikan pemain itu sendiri dan akan berbuah poin atau angka bagi lawan.

Di sisi lain, servis bisa menjadi senjata rahasia pemain untuk memperoleh poin hingga menentukan kemenangan. Melakukan servis dengan baik bisa sangat menentukan kualitas permainan. Berikut ini referensi macam-macam servis yang perlu diketahui, dilansir dari laman Tutorian21, Senin (18/10/2021). Berita Video Motion Jesse Lingard dan 5 Pemain Manchester United yang Siap Dijual Servis pendek merupakan macam pukulan awalan yang bertujuan menerbangkan kok sedekat mungkin di atas net sehingga kok akan mendarat di area servis lawan.

UmuMnya, macam servis ini sering dilakukan pada pertandingan bulu tangkis partai ganda. Servis pendek bisa dilakukan dengan cara forehand atau backhand, tergantung kenyamanan sang pemain. Yang penting diperhatikan dalam melakukan servis pendek ialah membutuhkan konsentrasi saat melaksanakannya agar bola bisa jatuh sesuai prediksi dan susah dijangkau lawan.

Saat ingin melakukan servis pendek, pastikan kok tidak dipegang melebihi ketinggian 115 cm dari permukaan lapangan atau agar tidak dinyatakan pelanggaran oleh wasit. Tujuan melakukan servis pendek ialah mencegah lawan memberikan pukulan ofensif. Macam servis selanjutnya dalam permainan bulu tangkis adalah servis tinggi.

Servis tinggi adalah teknik memukul bola dengan kuat sehingga kok akan terbang tinggi dan jatuh di area belakang lawan. Servis tinggi merupakan macam servis yang paling mudah dilakukan dan sering dipraktikan para pemula. Namun, melakukan servis tinggi memiliki kelemahan karena mudah dibaca pemain lawan.

  • Selain itu, jika pemain terlalu kuat dalam memukul kok, kok tersebut bisa melayang terlalu jauh dan keluar lapangan.
  • Ilustrasi servis bulu tangkis.
  • Photo by Salman Hossain Saif on Unsplash) Servis flick sering juga disebut sebagai servis tipuan.
  • Hal ini karena servis flick memang bertujuan untuk menipu lawan dengan cara berpura-pura akan menggunakan teknik servis pendek, namun kok dipukul dengan servis tinggi.

Servis flick digunakan untuk mempermainkan konsentrasi lawan. Namun, sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berulang karena musuh akan terbiasa dan dapat membaca pergerakan Anda. Macam servis ini termasuk sulit untuk dipraktikan karena sang pemain membutuhkan perhitungan yang tepat untuk melakukannya.

Selain itu, servis flick sering dinyatakan pelanggaran oleh wasit karena pemain bersangkutan sering kebablasan mengangkat bola terlalu tinggi. Servis drive adalah teknik servis sekaligus serangan yang dilakukan dengan cara memukul kok langsung kepada lawan memakai forehand. Servis ini bertujuan membatasi pengembalian bola dari lawan dengan memanfaatkan kelengahannya sehingga kok akan jatuh dan Anda akan mendapat poin.

Untuk melakukan servis drive, pemain harus berdiri jauh di belakang garis servis sehingga kok akan terbang melewati net dengan garis yang rata. Lawan yang lengah dan tidak menjaga posisi overhead akan kesulitan menerima servis ini. Sumber: tutorian21.com Yuk, baca artikel macam lainnya dengan mengeklik,

Bagaimana sebaiknya pengambilan servis lob dari lawan dalam permainan tunggal?

Cara Mengembalikan Service dalam Badminton Salah satu hal penting yang sering lupa dipelajari dalam permainan badminton adalah cara mengembalikan servis dari lawan, padahal teknik mengembalikan servis ini merupakan salah satu teknik yang penting untuk dikuasai.

Dengan teknik mengembalikan servis yang benar, pemain bisa mendapatkan point dengan cepat. Hal yang harus diperhatikan saat menerima servis adalah usaha untuk menjatuhkan bola, bukan mengangkatnya ke atas karena jika pengembaliannya tinggi, musuh dapat dengan mudah mengambil bola tersebut. Selain itu, sikap badan saat akan menerima servis juga harus diperhatikan.

Di antaranya :

You might be interested:  Bagaimana Sikap Tubuh Sebelum Melakukan Gerakan Melempar Ke Samping?

Posisikan kaki kiri (atau kaki kanan jika kidal) ke depan untuk menjaga keseimbangan Tekuk lutut sedikit Condongkan badan ke depan, dengan berat badan “jatuh” pada kaki depan Posisikan raket di depan dengan kepala raket berada sedikit lebih tinggi dari net dalam posisi forehand

Selanjutnya, belajar cara untuk mengembalikan servis:

Dalam permainan tunggal, sebaiknya servis lob lawan dikembalikan dengan teknik pukulan keras dan tinggi ke salah satu sudut bagian belakang lapangan lawan, atau dengan teknik pukulan pendek (dropshot) ke sudut lapangan lawan. Hindari melakukan smash keras jika berdiri di bagian belakang lapangan sendiri. Posisi itu kurang menguntungkan jika smash dapat dikembalikan dengan penempatan yang akurat atau terarah oleh lawan. Dalam permainan ganda, seharusnya kok dipukul terarah secara cepat dan arah pukulan senantiasa menukik jatuh ke lapangan lawan atau ke bagian tubuh lawan.

Itu dia cara mengembalikan servis lawan. Pelajari dan jadi pemain badminton handal! : Cara Mengembalikan Service dalam Badminton

Bagaimana cara melakukan servis bawah dan jelaskan?

Servis Bawah – Cara melakukan servis yang benar dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut:

Berdiri dengan kaki kiri ke depan, kaki kanan di belakang. Bola dipegang oleh tangan kiri Lambungkan bola setinggi bahu Pada saat bersamaan ayunkan lengan kanan ke belakang, kemudian pukul bola dengan tangan kanan. Perkenaan bola tepat pada tangan dan telapak tangan menghadap ke arah bola. Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan mengepal. Setelah bola dipukul, diteruskan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan.

Baca juga: Pemain Bola Voli yang Bertugas Menahan Serangan Lawan Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa perbedaan servis pendek dengan servis tinggi?

apa perbedaan servis panjang dengan servis pendek pada bulu tangkis​ Perbedaan servis panjang dan servis pendek dalam permainan bulutangkis:

  • Servis panjang biasanya sering dilakukan dengan pukulan forehand, sedangkan servis pendek biasanya dilakukan dengan pukulan backhand.
  • Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya, sedangkan servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net.
  • Servis panjang diarahkan jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan, sedangkan servis pendek pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi

Apa yang dimaksud dengan teknik servis backhand?

Dalam permainan bulutangkis, service merupakan modal awal untuk bisa memenangkan pertandingan. Dengan kata lain, seorang pemain tidak bisa mendapatkan angka apabila tidak bisa melakukan service dengan baik. Salah satu jenis service adalah Backhand Service.

Dalam tipe service ini pada umumnya, arah dan jatuhnya shuttlecock sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan dan shuttlecock setipis mungkin di atas jaring (net). Backhand service bertujuan agar lawan tidak dapat menyerang. Berikut cara melakukan backhand service: 1. Sikap berdiri adalah kaki kanan di depan kaki kiri, dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan.

Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan, sehingga dengan sikap seperti ini, titik berat badan berada di antara kedua kaki. Jangan lupa, sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi.2. Ayunan raket relatif pendek, sehingga shuttlecock hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan, dengan irama gerak kontinu dan harmonis.

Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan mempengaruhi arah dan akurasi pukulan.3. Sebelum melakukan service, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan, sehingga dapat mengarahkan shuttlecock ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan.4. Biasakan berlatih dengan jumlah shuttlecock yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan, sampai dapat menguasai gerakan service ini dengan baik/sempurna.

Untuk lebih jelasnya dapat melihat video berikut ini: