Bagaimana Cara Melakukan Latihan Gerakan Kaki?

Bagaimana Cara Melakukan Latihan Gerakan Kaki
Jawabannya – Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas Cara melakukan teknik dasar gerakan kaki pada renang gaya bebas adalah dengan gerakan naik dan turun secara pelan dan rileks sebagai keseimbangan:1. Kaki kiri memukul ke bawah, dan kaki kanan memukul ke atas.2.

Tungkai kaki kiri bergerak ke atas dengan rileks, sedangkan tungkai kakai kanan memukul ke belakang bawah dengan punggung telapak kaki, diikuti gerakan lutut menekuk.3. Kaki kiri digerakan ke atas dengan lutut menekuk, sedangkan kaki kanan diturunkan ke bawah dengan kuat, paha digerakan ke bawah, dan lutut diluruskan.

Jawaban di atas mengutip buku paket kelas 11 pada haman 192. Jawaban belum dikoreksi. : 6. Jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas ! (Jawabannya)

Bagaimana cara latihan gerakan kaki dalam renang gaya bebas?

Gerakan Kaki – Baca juga: PRSI: Induk Olahraga Renang Indonesia Gerakan kaki saat renang gaya bebas seperti orang yang sedang berjalan santai, bukan berlari. Hal ini juga menjadi salah satu faktor renang gaya bebas mudah dipelajari. Sebab, gerakan kaki pada renang gaya bebas seperti naluri manusia saat berjalan.

Latihan gerakan kaki dapat dilakukan secara bersama-sama pada waktu latihan meluncur. Berdiri menghadap dinding kolam, kedua tangan berpegangan pada dinding kolam. Kedua kaki diluruskan ke belakang dengan posisi badan telungkup. Kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian dalam keadaan lemas (rileks). Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha.

Bagaimana teknik gerakan kaki pada renang brainly?

Detil jawaban –

  • Kelas: 9 SMP
  • Mapel: Penjaskes
  • Bab: Bab 19 – Renang Gaya Bebas

Kode: 9.22.19 Kata Kunci: renang gaya bebas, gerakan kaki.

Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian “dicambukkan” naik turun ke atas dan ke bawah.

  • Jelaskan cara gerakan tangan dan kaki yg benar pd renang gaya bebas
  • bisa dikalahkan jawaban tercerdas:v

: jelaskan bagaimana cara melakukan teknik gerakan kaki renang gaya bebas

Bagaimana gerakan kaki dan tangan yang tepat saat berjalan?

Bobo.id – Saat kita berjalan, biasanya tangan kita akan mengayun ke depan dan ke belakang sesuai dengan gerakan kaki. Ayunan tangan kita ke depan dan belakang akan berkebalikan dengan gerakan kaki. Saat kaki kiri bergerak maju, tangan kanan juga akan bergerak maju, sedangkan tangan kiri bergerak mundur.

  1. Begitu pula sebaliknya.
  2. Hal yang sama juga terjadi saat kita berlari,
  3. Tangan kita akan berayun sesuai dengan gerakan kaki.
  4. Baca Juga: Berdoa atau Tos? Ini Arti dari Emoji Dua Telapak Tangan yang Menempel Namun, kalau teman-teman perhatikan dengan teliti, ada perbedaan ayunan tangan antara saat kita berjalan dengan berlari.

Saat kita berjalan, lengan kita akan berayun dengan posisi lurus ke bawah. Sedangkan saat kita berlari, lengan kita akan ditekuk. Apa sebabnya, ya? Kita cari penjelasannya di sini, yuk! Baca Juga: Wah, Bali Masuk 15 Besar Pulau Terbaik di Dunia! Peringkat Berapa, ya? Berjalan dengan Lengan Lurus dan Ditekuk Seorang peneliti di Harvard University bernama Kak Andrew Yegian penasaran dengan hal ini dan akhirnya melakukan sebuah eksperimen.

Bersama dengan timnya, Kak Andrew mengumpulkan delapan orang dengan kebiasaan lari yang beragam. Mulai dari pelari maraton profesional sampai orang yang hanya berolahraga lari beberapa kali dalam seminggu. Baca Juga: Jadi Tempat Syuting Banyak Film, Intip Fakta Unik Gurun Pasir Wadi Rum, yuk! Delapan orang ini diminta untuk berjalan dan berlari di alat olahraga treadmill sambil memakai masker oksigen.

You might be interested:  Bagaimana Sikap Awal Melakukan Gerakan Loncat Harimau?

Mereka diminta berjalan dan berlari dengan dua cara, yaitu posisi lengan lurus dan lengan ditekuk. Hal ini untuk mengukur seberapa banyak energi yang dibutuhkan untuk berjalan dan berlari dengan kedua posisi itu. Baca Juga: Benarkah Pilek Akan Sembuh Jika Mandi Air Hangat? #AkuBacaAkuTahu Bagaimana Hasilnya? Hasil eksperimen menyatakan bahwa berjalan dengan lengan ditekuk menghabiskan lebih banyak oksigen.

Saat berjalan dengan lengan ditekuk kita menghabiskan sebelas persen oksigen lebih banyak daripada berjalan dengan lengan lurus. Hal ini membuktikan bahwa berjalan dengan posisi lengan lurus lebih efektif. Baca Juga: Ketagihan Makan Makanan Cepat Saji? Ini 3 Tips untuk Menghindarinya Maka itu, tubuh kita akan secara dan tanpa sadar melakukan hal itu, teman-teman.

Sayangnya, temuan ini tidak bisa disamakan dengan kegiatan berlari. Tim Kak Andrew awalnya menduga bahwa berlari dengan lengan ditekuk akan lebih efektif daripada lengan lurus, berkebalikan dengan berjalan. Baca Juga: Wah, Ada Sabuk Rumput Laut yang Membentang Lebih dari 8.000 Kilometer! Namun, kadar oksigen yang dihabiskan saat kita berlari dengan kedua posisi lengan itu sama besar.

  1. Menekuk lengan memang mengurangi energi yang kita butuhkan di area bahu.
  2. Namun, hal ini justru meningkatkan energi yang kita butuhkan di area siku.
  3. Baca Juga: Dilakukan oleh Semua Orang, Cari Tahu 5 Fakta Unik Kentut, yuk! Para peneliti memperkirakan bahwa posisi lengan ditekuk mungkin bisa membantu untuk menyeimbangkan kepala kita saat berlari.

Meski belum menemukan jawaban yang lengkap, Kak Andrew dan timnya berencana untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang hal ini. #GridNetworkJuara Lihat video ini juga, yuk! Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Bagaimana cara melatih gerakan kaki pada renang gaya punggung?

Teknik Gerakan Renang Gaya Punggung – Pada dasarnya, teknik gerakan renang gaya punggung adalah lengan secara bergantian diayunkan dan diputar ke atas melampui permukaan air. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah uraian mengenai teknik dasar renang gaya punggung, kemdikbud Ilustrasi renang gaya punggung 1. Posisi badan saat meluncur Teknik meluncur saat melakukan renang gaya punggung adalah sebagai berikut.

Lakukanlah sikap terapung telentang dengan kedua langan berada di samping badan. Tarilah ibu jari ke atas menyusur ke samping tubuh, hingga ibu jari menyentuh bahu bagian atas. Putarlah pergelangan tangan mengarah ke luar. Rentangkanlah lengan ke arah luar dan ke atas. Luruskanlah lengan, tingginya kira-kira sama dengan bahu. Tempelkanlah kedua tangan di samping badan. Usahakanlah tubuh rileks sambil merasakan luncuran.

Baca juga: Posisi Kepala pada Saat Mengambil Napas dalam Renang Gaya Dada 2. Gerakan kaki renang gaya punggung Teknik gerakan kaki dalam renang gaya punggung adalah sebagai berikut.

Gerakan kaki dimulai dari pangkal paha, lutut sedikit dibengkokkan, dan berakhir dengan kibasan ujung kaki. Gerakan kaki dalam renang gaya punggung yang benar adalah lemas dan tidak kaku. Gerakan kaki dilakukan dengan arah ke atas, bukan ke bawah.

3. Gerakan lengan renang gaya punggung Teknik gerakan lengan dalam renang gaya punggung dibagi menjadi tiga tahap, yaitu:

Fase menarik, Gerakan menarik dimulai setelah telapak tangan masuk beberapa inci ke permukaan air. Fase mendorong, Gerakan mendorong dimulai dari akhir tarikan, tangan mendorong ke belakang dan ke bawah dalam gerakan seperempat lingkaran. Fase istirahat. Gerakan istirahat dimulai dari tangan keluar dari permukaan air dengan ibu jari keluar lebih dahulu. Proses istirahat ini harus dilakukan secara rileks seirama dengan lengan yang bergerak menarik dan mendorong.

Baca juga: Sumber Kecepatan Renang Gaya Kupu-kupu 4. Gerakan mengambil napas Cara melakukan pernapasan dalam renang gaya punggung berbeda dengan renang gaya bebas, gaya dada, dan gaya kupu-kupu. Teknik pernapasan dalam renang gaya punggung adalah mengambil napas pada saat istirahat dari satu lengan dan mengeluarkan napas pada saat istirahat lengan yang lain.

Bagaimana gerakan kaki pada gaya dada brainly?

Pembahasan – Renang gaya dada merupakan salah satu gaya renang yang banyak digunakan. Renang gaya dada cocok digunakan untuk melakukan renang jarak jauh, karena renang gaya dada tidak membutuhkan banyak tenaga. Dalam renang gaya dada, terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik dasar dalam renang gaya dada adalah.

  • Teknik meluncur. Dalam renang gaya dada, teknik meluncur dilakukan dengan posisi badan tengkurap dan sejajar dengan permukaan air. Posisi kedua tangan lurus ke depan dan kedua kaki lurus ke belakang.
  • Teknik gerakan tangan. Dalam renang gaya dada, teknik gerakan tangan dilakukan dengan menarik dan menekuk kedua siku tangan ke samping hingga kedua telapak tangan sejajar dengan bahu, kemudian dorong kedua tangan ke bawah dada, kemudian luruskan kembali ke depan.
  • Teknik gerakan kaki. Dalam renang gaya dada, teknik gerakan kaki dilakukan dengan cara menarik dan menekuk kedua kaki ke samping hingga kedua tumit kaki bertemu, kemudian lecutkan kedua kaki ke samping belakang, kemudian rapatkan.
  • Teknik pernafasan. Dalam renang gaya dada, teknik pernafasan dilakukan dengan mengangkat kepala ke atas permukaan air hingga mulut keluar dari permukaan air.
You might be interested:  Rancangan Ptk Yang Dilakukan 3 Siklus?

Bagaimana gerakan tangan dan gerakan kaki dalam renang gaya dada?

Mengenal Macam-Macam Gaya Berenang Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa. Olahraga yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat seperti menambah tinggi badan, kekuatan nafas yang bertambah hingga meningkatkan ketahanan tubuh karenanya seluruh otot dalam tubuh bergerak sepenuhnya ketika Anda sedang berenang. Berenang adalah salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh berbagai dari mulai anak kecil hingga dewasa. Olahraga yang satu ini dikenal memiliki banyak manfaat seperti menambah tinggi badan, nafas yang bertambah panjang hingga meningkatkan ketahanan tubuh karenanya seluruh otot dalam tubuh bergerak sepenuhnya ketika Anda sedang berenang.

Artikel kali ini akan mengajak Anda untuk mengenal berbagai macam gaya berenang yang akan menjadi referensi untuk Anda yang menyukai olahraga berikut: Renang Gaya Dada – Breast Stroke Gaya dada atau lebih popular dengan sebutan gaya katak merupakan gerakan berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air,dan batang tubuh selalu dalam kondisi tetap.

Gerakan kedua belah kaki menendang ke luar sementara itu kedua belah tangan lurus ke depan. Kemudian kedua belah tangan ke samping seperti membelah air, gerakan badan atau tubuh meniru seperti katak yang sedang berenang, sehingga renang gaya dada juga disebut dengan gaya katak.

  1. Renang Gaya Punggung – Back Stroke Pada gaya renang ini dilakukan dengan posisi punggung yang menghadap permukaan air bukan.
  2. Sehingga untuk melakukan pernafasan pada gaya punggung cukup mudah karena hidung dan mulut Anda berada di luar permukaan air.
  3. Akan tetapi, pada gaya ini perenang hanya dapat melihat atas dan tentunya tidak dapat melihat ke depan.

Saat dalam perlombaan, perenang memperkirakan dinding tepi kolam renang dengan cara menghitung jumlah gerakan yang dilakukan dan start yang dilakukan yaitu didalam kolam renang. Dalam renang gaya punggung, gerakan kaki dan lengan sama dengan gaya bebas, tetapi dengan posisi tubuh telentang di permukaan air.

  1. Renang Gaya Kupu-kupu – Butterfly Gaya kupu-kupu ini sering disebut juga dengan gaya lumba-lumba.
  2. Cara untuk melakukan gaya kupu-kupu atau lumba-lumba ini adalah dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, lalu secara bersamaan kedua belah lengan ditekan ke bawah dan digerakkan ke arah luar sebelum diayun kedepan.

Sementara itu kedua kaki digerakkan ke bawah dan ke atas, seperti gerakan sirip ekor yang terdapat di ikan atau lumba-lumba. Untuk pernafasan dapat dihirup lewat mulut pada saat kepala berada di luar air dan dihembuskan kuat-kuat dari hidung dan mulut sebelum kepala muncul dari air.

  1. Bagi pemula gaya yang satu ini akan menyulitkan.
  2. Renang Gaya Bebas – Free Style Renang dengan gaya bebas merupakan gerakan renang yang banyak orang-orang gunakan karena gerakannya yang simple, mudah dipahami, dan mudah untuk dilakukan.
  3. Cara berenang dengan gaya ini adalah posisi dada menghadap kedalam permukaan air.

Sedangkan kedua belah tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh dengan kuat agar memperoleh kecepatan penuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah. Kemudian ketika berenang dengan gaya bebas posisi wajah menghadap ke permukaan air dan ketika hendak mengambil nafas dilakukan pada saat salah satu lengan ke luar lalu badan menjadi miring dan kemudian kepala berpaling ke samping.

You might be interested:  Sebutkan Lima Sifat Rancangan Anggaran Yang Sehat?

Bagaimana posisi kaki saat bermain di air?

Bagaimana posisi kaki yang benar saat berenang gaya bebas Jawaban: Gaya bebas adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sementara kedua belah kaki secara bergantian dicambukkan naik turun ke atas dan ke bawah.

  • Pembahasan
  • Teknik renang gaya bebas terbagi ke dalam beberapa tahapan, yaitu :
  • A. Posisi tubuh
  • Posisi tubuh saat berenang sejajar dengan permukaan air.
  • Tubuh harus berputar pada sumbunya.
  • Gerakan yang mengakibatkan posisi tubuh naik turun atau ke arah kanan dan kiri harus dihindarkan.
  • B. Gerakan kaki
  • Gerakan kaki berfungsi sebagai pendorong/penggerak dan pengatur keseimbangan tubuh.
  • Untuk dapat melakukan gerakan kaki yang benar dalam renang gaya bebas, sebaiknya melakukan latihan gerakan kaki terlebih dahulu:

1. Latihan gerakan kaki dapat dilakukan dengan cara duduk di tepi kolam, kedua tangan berpegang pada kolam dan kedua kaki diluruskan ke depan.2. Kedua kaki digerakkan ke atas dan ke bawah secara bergantian dalam keadaan lemas dan gerakan kedua kaki dimulai dari pangkal paha.

  1. C. Putaran tangan
  2. Terdapat beberapa periode pada putaran tangan dalam renang gaya bebas, yaitu:
  3. 1. Periode masuk ke permukaan air

a. Usahakan masuknya tangan ke permukaan air sejauh mungkin yang dapat dijangkau dengan ditandai naiknya bahu kanan muncul ke atas permukaan air bila yang masuk tangan kiri, dan sebaliknya juga.b. Tangan masuk ke permukaan air dengan ujung-ujung jari terlebih dahulu.

Posisi telapak tangan menghadap ke bawah atau telungkup (pronasi).c. Tangan masuk ke dalam permukaan air dengan ibu jari terlebih dahulu, sudut kemiringan yang dibentuk antara telapak tangan dengan permukaan air berkisar 30°–40°.2. Periode menangkap a. Periode ini dilakukan setelah fase masuknya tangan ke permukaan air berakhir.b.

Periode ini masih dibagi menjadi periode membuka dan periode menutup.3. Periode mendayung a. Mendayung sampai jari tangan berada pada posisi agak jauh dari garis pusat.b. Mendayung sampai jari tangan berada pada posisi mendekati pusat.c. Mendayung hingga jari tangan berada pada posisi menyilang tubuh dan memotong garis pusat.4.

  1. Periode mendorong ke belakang Periode mendorog ke belakang dilakukan dengan cara menggunakan gerakan tangan, cara melakukannya sebagai berikut : a.
  2. Sikap awal berdiri, badan dibungkukkan dan kedua tangan lurus sejajar badan.b.
  3. Tangan kanan ditarik ke bawah sambil menekan air, sampai berada di bawah badan.

Tangan mendorong air ke belakang dan ke atas.c. Siku tangan kanan cepat ditekuk dan dikeluarkan dari air saat tangan kiri sampai di bawah badan di dalam air. Tangan kiri mendorong air ke belakang dan ke atas.d. Gerakan kembali ke posisi semula dengan mengayunkan tangan ke depan.e.

  • D. Teknik pernapasan
  • Teknik pengambilan napas dilakukan pada saat mulut berada di atas permukaan air, yaitu dengan cara memiringkan kepala (memutar) ke sisi kanan atau kiri.
  • E. Koordinasi gerakan
  • Kaki dan lengan tidak bekerja sendiri-sendiri, irama gerakan kaki harus sesuai dengan irama gerakan lengan.
  • Penjelasan:

: Bagaimana posisi kaki yang benar saat berenang gaya bebas

Sebutkan langkah langkah yang perlu kamu perhatikan dalam gerakan meluncur pada renang gaya dada?

Jelaskan Gerakan meluncur saat berenang gaya dada​ Jawaban: Teknik meluncur dalam renang gaya dada dilakukan dengan cara memposisikan tubuh di dinding kolam dengan salah satu kaki di tekuk dan menempel pada kolam, sedangkan kaki lainnya menjadi tumpuan. Kemudian jatuhkan badan hingga sejajar dengan permukaan air. Semoga bermanfaat maaf jika jawabannya salah

emang lu kelas/ umur brp njig

Jawaban:Teknik meluncur dalam renang gaya dada dilakukan dengan cara memposisikan tubuh di dinding kolam dengan salah satu kaki di tekuk dan menempel pada kolam, sedangkan kaki lainnya menjadi tumpuan. Kemudian jatuhkan badan hingga sejajar dengan permukaan air.

Jawabannya ngikutin kaka yg atas yaaaa gimana sih jawabannya gks sama

: Jelaskan Gerakan meluncur saat berenang gaya dada​