Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Servis Pendek Forehand Dalam Bulutangkis?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Servis Pendek Forehand Dalam Bulutangkis
Servis Forehand Panjang – Jenis servis ini sering digunakan dalam permainan tunggal, khususnya tunggal putri. Shuttlecock harus dipukul dengan menggunakan tenaga penuh agar melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan.

Perhatikan posisi kaki dan badan terlebih dahulu. Salah satu kaki berada di depan. Kaki yang di depan merupakan sisi berlawanan dari tangan memegang raket. Sikap badan saat melakukan servis forehand ialah sedikit menyamping. Saat memukul shuttlecock, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai. Perhatikan gerakan ayunan raket: ke belakang, lalu ke depan. Pukulan harus dilakukan dengan sempurna serta diikuti gerak peralihan titik berat badan, dari kaki belakang ke kaki depan, yang harus berlangsung kontinyu dan harmonis.

Baca juga: Penempatan Kok pada Pukulan Drop Shot Bulu Tangkis Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan servis pendek forehand?

Jawaban yang benar adalah 1. Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek.2. Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalam keadaan bengkok untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan dan perhatikan peralihan titik berat badan.3.

  1. Cara latihannya adalah menggunakan sejumlah kok dan dilakukan secara berulang-ulang.
  2. Yuk simak pembahasan berikut.
  3. Servis dalam permainan Bulu Tangkis merupakan salah satu teknik tembakan untuk mematikan lawan dengan kekuatan kontrol penuh.
  4. Salah satu teknik servis dalam bulu tangkis adalah teknik servis forehand pendek.

Tujuan servis forehand pendek adalah memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu, lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan. Cara melakukannya adalah: 1. Kok harus dipukul dengan ayunan raket yang relatif pendek.2. Pada saat perkenaan dengan kepala (daun) raket dan kok, siku dalam keadaan bengkok untuk menghindari penggunaan tenaga pergelangan tangan dan perhatikan peralihan titik berat badan.3.

Bagaimana cara melakukan servis pendek dengan benar?

Teknik servis pendek pada umunya yaitu dengan cara posisi, posisi kaki yaitu dengan posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang dan berat badan berada pada kaki bagian depan karena posisi tubuh agak condong sedikit kedapan dan melakukan servis dengan akurasi ayunan tangan dan di lepasnya kok.

You might be interested:  Apa Manfaatnya Membuat Rancangan Penelitian Dalam Penelitian Sosial?

Bagaimana cara melakukan gerak servis panjang forehand?

jelaskan cara melakukan teknik dasar servis panjang forehand bulu tangkis​ – Brainly.co.id

Jawaban: Berikut ini adalah langkah-langkah melakukan pukulan forehand dalam permainan bulutangkis :-Memegang raket dalam posisi forehand.-Menggenggam raket dengan rileks.-Bergerak dengan cepat sehingga posisi badan tepat berada di depan bola (Shuttlecock).-Posisi kaki kiri berada di depan sedangkan posisi kaki kanan berada di belakang.-Posisikan badan miring sejajar dengan arah kaki.-Pukul bola/ shuttlecock sambil posisi bahu di putar ke depan.-Gerakan tangan terus kebawah.

: jelaskan cara melakukan teknik dasar servis panjang forehand bulu tangkis​ – Brainly.co.id

Bagaimana cara melakukan servis pendek dengan backhand?

Tips untuk Servis Pendek dengan Cara Backhand – Berikut langkah-langkah melakukan servis pendek dengan backhand:

Diawali dengan sikap berdiri dengan kaki kanan di depan kaki kiri dan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Buka kedua kaki selebar pinggul, lutut direndahkan sehingga sikap seperti ini titik berat berada di antara kedua kaki. Kondisikan badan tetap rileks dan penuh konsentrasi. Ayunkan raket dengan relatif pendek, sehingga shuttlecock hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Jangan menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan. Sebelum melakukan ini, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sehingga dapat mengarahkan shuttlecock ke sasaran yang tepat.

Tujuan Servis Pendek Dengan Backhand Baca Juga : Tujuan servis pendek dengan backhand ini tentu untuk mendapatkan poin karena jika dilakukan secara tepat, lawan akan kesulitan menerima shuttlecock. Tetapi setidaknya jika lawan mampu mengembalikan shuttlecock, pasti akan mudah dijangkau oleh kita karena dan dapat dengan mudah mengembalikannya lagi.

Maka harus jeli memperhatikan tumpukan dan posisi lawan saat bersiap menerima servis kita agar mampu mengarahkan shuttlecock ke area yang berkebalikan dengan kesiapannya. Teknik ini terbilang mudah tetapi tidak bisa diremehkan saat dilakukan dengan benar. Karena itu diperlukan latihan rutin untuk menumbuhkan insting melakukan servis backhand dengan otomatis.

Demikian informasi mengenai cara melakukan servis pendek dengan backhand, semoga bermanfaat bagi pembaca semua. Editor : Hafid Fuad : Ini Cara Melakukan Servis Pendek Dengan Backhand, Beserta Tujuannya

Bagaimana sikap yang tepat saat melakukan servis forehand?

Servis Forehand Panjang –

Salah satu kaki berada di posisi depan. Kaki yang berada di depan merupakan sisi yang berlawanan dari tangan yang memegang raket. Ketika melakukan servis forehand, posisi badan menyamping. Ketika memukul shuttlecock, kedua kaki dibuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki senantiasa kontak dengan lantai. Ayunkan raket ke belakang, lalu ke depan. Gerakan harus dilakukan dengan sempurna untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

You might be interested:  Langkah Yang Harus Kita Lakukan Setelah Membuat Rancangan Pidato Adalah?

Begitulah ulasan mengenai sikap badan dalam servis forehand bulu tangkis. Selamat berlatih dan bertanding! (Rizke Robiatul Alawiah) Editor : Abdul Haris : Sikap Badan dalam Servis Forehand Bulu Tangkis – Sportstars.Id

Bagaimana cara melakukan servis pendek brainly?

Jelaskan cara melakukan servis pendek dan servis jauh dalam permainan bulu tangkis!

  • Jawaban:
  • Servis Panjang
  • Cara melakukan servis panjang ialah menjadi berikut.
  • -Berdiri rileks di wilayah servis, kok dipegang pada depan badan, berat badan di kaki belakang.

-Pindahkan berat badan ke depan, jatuhkan kok, bersamaan dengan itu ayunkan raket ke depan atas melalui bawah pinggang dan pukulah kok dengan kuat. Lanjutkan gerakan memukul hingga posisi raket menghadap atas.

  1. -Sesudah memukul segera kembali ke posisi siap.
  2. Servis Pendek
  3. Cara melakukan servis pendek ialah menjadi berikut :
  4. -Berdiri rileks pada daerah servis, kok dipegang pada depan badan, dan posisi raket berada pada samping badan.
  5. -Jatuhkan kok, ayunkan raket ke depan ke arah kok, dan pukulah kok di bagian gabusnya, lakukan asal bawah pinggang.
  6. -Selesainya memukul segera pulang ke posisi siap.

: Jelaskan cara melakukan servis pendek dan servis jauh dalam permainan bulu tangkis!

Apakah tujuan pemain melakukan servis forehand pendek dalam permainan bulu tangkis?

Tujuan servis forehand pendek ini untuk memaksa lawan agar tidak bisa melakukan serangan. Selain itu lawan dipaksa berada dalam posisi bertahan.

Bagaimana cara melakukan forehand dan backhand pada permainan bulutangkis?

jelaskan cara melakukan teknik dasar pukulan forehand dan backhand(push dan drive) Pukulan forehand : sikap permulaan dalam melakukan pukulan forehand dengan posisi badan agak condong ke meja dan kaki kiri berada di depan.pukulan backhand : pada waktu memuku bola posisi telapak tangan yang memegang bet/raket mengahadap ke belakang atau pisisi punggung tangan yang memegang bet/raket menghadap ke depan.

10010100110011001010100101001010101001010101100101001101010111q000010101010010qoq010010101001100101010101010iqhqql01010101hqnck101001019292920191010011010100101011

: jelaskan cara melakukan teknik dasar pukulan forehand dan backhand(push dan drive)

Apa yang dimaksud dengan servis panjang dan pendek?

jelaskan apa yang dimaksud dengan servis panjang dan servis pendek dalam permainan Badminton Jawaban: Servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net. Servis Panjang merupakan servis yang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan. Jawaban: Servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net. Servis Panjang merupakan servis yang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya sehingga jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan.

oke makasih atas kerjasama nya:/

: jelaskan apa yang dimaksud dengan servis panjang dan servis pendek dalam permainan Badminton

Apa perbedaan servis pendek forehand dan servis panjang forehand?

apa perbedaan servis panjang dengan servis pendek pada bulu tangkis​ Perbedaan servis panjang dan servis pendek dalam permainan bulutangkis:

  • Servis panjang biasanya sering dilakukan dengan pukulan forehand, sedangkan servis pendek biasanya dilakukan dengan pukulan backhand.
  • Servis panjang bertujuan menerbangkan kok setinggi-tingginya, sedangkan servis pendek adalah servis di mana kok melintas tipis melewati net.
  • Servis panjang diarahkan jatuh ke garis belakang bidang lapangan lawan, sedangkan servis pendek pukulannya mengarahkan kok ke sudut perpotongan garis servis depan dengan garis tengah atau garis servis dan garis tepi
You might be interested:  Bagaimana Urutan Cara Melakukan Gerakan Lengan Bicep Curl?

Apa yang dimaksud dengan servis forehand panjang?

KOMPAS.com – Servis atau service merupakan teknik dasar bulu tangkis, Salah satu teknik servis dalam permainan bulu tangkis adalah servis panjang. Teknik servis panjang bertujuan untuk mengarahkan shuttlecock (kok) setinggi dan sejauh mungkin ke area belakang permainan lawan.

Servis panjang bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu forehand dan backhand, Dalam artikel ini akan dibahas mengenai gerak spesifik servis panjang forehand dalam permainan bulu tangkis. Baca juga: Taktik Front and Back dalam Bulu Tangkis Dikutip dari laman resmi PB Djarum, servis panjang forehand bertujuan untuk melambungkan shuttlecock atau bola ke bagian belakang dari area permainan lawan.

Umumnya, teknik servis panjang forehand dipakai dalam pertandingan tunggal atau single. Lantas bagaimana cara melakukan service panjang forehand ? Berikut adalah rangkaian gerak spesifik servis panjang forehand dalam permainan bulu tangkis. Baca juga: Pukulan Panjang dan Tinggi dalam Permainan Bulu Tangkis

Apa perbedaan servis forehand dan backhand?

jelaskan perbedaan servis forehand dan backhand – Brainly.co.id Forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan menggunakan tangan kanan dari arah kanan sehingga bagian depan tangan menghadap arah pukulan. backhand adalah pukulan dengan tangan kanan dengan posisi dari sebelah kiri sehingga tangan membelakangi arah pukulan.

Woy Aryaadilia Mabar ml kuy

: jelaskan perbedaan servis forehand dan backhand – Brainly.co.id

Teknik forehand untuk menghasilkan apa?

Teknik forehand service sering digunakan pemain dalam pertandingan bulutangkis untuk menghasilkan? 0 Teknik forehand service sering digunakan pemain dalam pertandingan bulutangkis untuk menghasilkan?

  1. Pukulan yang melambung tinggi sehingga shuttlecock jatuh di daerah belakang lawan
  2. Pukulan yang mendatar kencang sehingga shuttlecock jatuh di daerah belakang lawan
  3. Pukulan yang pendek tipis diatas net sehingga shuttlecock jatuh di daerah depan lawan
  4. Pukulan yang menukik sehingga shuttlecock cepat jatuh di daerah lawan yang kosong
  5. Semua jawaban benar
  • Jawaban: A. Pukulan yang melambung tinggi sehingga shuttlecock jatuh di daerah belakang lawan
  • Dilansir dari Encyclopedia Britannica, teknik forehand service sering digunakan pemain dalam pertandingan bulutangkis untuk menghasilkan pukulan yang melambung tinggi sehingga shuttlecock jatuh di daerah belakang lawan.
  • Kemudian, saya sangat menyarankan anda untuk membaca pertanyaan selanjutnya yaitu beserta jawaban penjelasan dan pembahasan lengkap.

: Teknik forehand service sering digunakan pemain dalam pertandingan bulutangkis untuk menghasilkan?