Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Pemanasan Untuk Otot?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Pemanasan Untuk Otot
1. Memutar-mutar Kepala – Pemanasan dengan memutar kepala adalah gerakan pemanasan pertama, yang perlu dilakukan sebelum memulai aktivitas berolahraga. Hal ini dikarenakan, sebaiknya gerakan pemanasan dilakukan dari atas atau kepala lalu ke bagian bawah sampai kaki.

  • Untuk dapat melakukan gerakan memutar kepala, Grameds perlu memposisikan tubuh dengan berdiri tegak.
  • Emudian hadapkan kepala ke arah depan.
  • Setelah memastikan tubuh dan kepala dalam kondisi yang tepat, maka putarlah kepala dengan perlahan ke arah kiri sebanyak delapan putaran.
  • Lalu, masih dalam posisi tubuh yang sama, putarkan kepala ke arah kanan sebanyak delapan kali.

Lakukan gerakan memutar kepala dengan perlahan, sehingga ketika melakukan pemanasan Grameds tidak akan pusing.

Bagaimana cara melakukan gerakan pemanasan?

8. Gerakan Stretching – Gerakan selanjutnya adalah posisikan kedua tangan Anda dibelakang kepala, buka kaki ke arah samping dan posisikan kedua telapak kaki sejajar, tekan atau jatuhkan badan ke samping kiri dan kanan secara bergantian sebanyak dua kali dengan posisi telapak kaki mengenai tanah.

Bagaimana cara melakukan pemanasan?

6. Pemanasan Pangkal Kaki – Anda juga dapat melakukan pemanasan dengan melakukan gerakan selangkangan atau pangkal kaki. Hal yang pertama untuk melakukan gerakan pemanasan ini adalah buka kaki ke samping dengan posisi telapak kaki masih sejajar dan badan tegak, tekan-tekan ke bawah hitungan ke empat tahan atur posisi tangan untuk merentang di belakang tumit,dan fokuskan pandangan Anda ke depan.

Bagaimana cara melakukan pemanasan dengan posisi jongkok?

11. Posisi Jongkok – Untuk melakukan pemanasan dengan posisi jongkok, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah buka tangan selebar bahu. Luruskan kaki kanan ke belakang dan tekuklah kaki kiri, lakukan gerakan seperti berlari atau tarik menarik secara bergantian.

  1. Posisikan badan Anda tegak ke atas atau busungkan pandangan ke arah depan.
  2. Buka tangan dengan ukuran selebar bahu dan letakkan di lantai, selanjutnya kedua kaki ditekuk kemudian luruskan kebelakang, setelah itu tarik kembali ke posisi semula, lalu kembali ke samping ke depan dan belakang.
  3. Posisi badan tegak ke atas dibusungkan dan pandangan tetap fokus kedepan.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Latihan Gerak Lokomotor Lari Ke Depan?

Gerakan selanjutnya adalah buka tangan selebar bahu dan simpan di lantai. Tekuk kedua kaki ke depan dan dalam hitungan satu luruskan kedua kaki ke belakang, kemudian pada hitungan berikutnya tarik kembali ke depan, hitungan tiga luruskan kembali kaki dengan kedua kaki dibuka selebar mungkin ke samping.

Baca : Teknik Dasar Bulutangkis – Sejarah Bulutangkis – Macam Olahraga Permainan dan Penjelasannya – Strategi dan Format dalam Futsal – Jenis-jenis Olahraga Lompat dalam Atletik – Macam-macam Pemanasan Sebelum Olahraga – Demikianlah artikel mengenai 11 teknik dasar gerakan untuk pemanasan sebelum olahraga yang perlu dilakukan.

Semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan. Selamat beraktivitas dan salam olahraga!

Berapa lama pemanasan otot?

1. Lakukan gerakan l unges atau menekuk lutut dengan benar biar kakimu siap untuk berlari –

Tempatkan salah satu kaki ke depan dengan posisi menekuk hingga menyiku 90 derajat, kaki lainnya bisa kamu arahkan ke belakang. Tekuk lutut kaki belakangmu hingga membentuk sudut 90 derajat secara berulang hingga posisi tubuh naik-turun. Lakukan sebanyak 10 kali. Tukar posisi kaki lalu ulangi lagi gerakannya.