Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Passing Atas Dan Bawah Bersama Teman?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Passing Atas Dan Bawah Bersama Teman
Cara Melakukan Kombinasi Passing Atas dan Passing Bawah – Ilustrasi hendak melakukan passing. Foto: Freepik Kegiatan pembelajaran olahraga voli dapat dilakukan dengan cara melakukan latihan kombinasi passing atas dan passing bawah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Dilakukan berpasangan, berdiri saling berhadapan dengan jarak kurang lebih 3 meter. Bola dilambungkan oleh teman dari depan. Pemain yang menerima bola melakukan passing bawah dengan mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas. Lakukan dengan sedikit kencang agar bola melambung tinggi. Usahakan mengarahkan bola tersebut ke teman. Teman yang menerima bola mendorong bola dari atas kepala menggunakan kedua tangan (passing atas) Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Pada tahap awal latihan lakukan pola ini di tempat, kemudian setelah mulai lancar, lakukan sambil bergerak maju mundur dan samping kiri kanan untuk melatih keluwesan dalam bergerak.

Latihan ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerja sama, keberanian, dan sportivitas.

Bagaimana cara melakukan passing bawah atau atas cara?

KOMPAS.com – Passing atau mengoper merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli, Dalam olahraga bola voli, terdapat beragam teknik passing atau mengoper, salah satunya adalah passing bawah. Passing bawah merupakan teknik dalam permainan bola voli yang diterapkan untuk menerima bola dari servis lawan, seperti dikutip dari buku Jago Bola Voli (2020) karya Ikbal Tawakal.

  • Fungsi lain dari passing bawah ialah untuk mengambil bola rendah dengan bertujuan mengumpan.
  • Etika melakukan passing bawah voli, seorang pemain bersiap dengan posisi kedua kaki terbuka, lutut ditekuk, kedua tangan direntangkan ke depan, dan kedua tangan disatukan.
  • Baca juga: 4 Perbedaan Voli Lapangan dan Voli Pantai Gerakan passing bawah juga biasanya menggunakan dua tangan agar umpan lebih akurat.

Bentuk arah bola yang benar dari hasil melakukan passing bawah bola voli adalah berbentuk seperti parabola, yakni melambung ke atas dan mengarah ke rekan satu tim. Saat melakukan passing bawah kita harus memperkirakan ayunan tangan agar tidak melambung terlalu tinggi. Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Passing Atas Dan Bawah Bersama Teman kemdikbud.go.id Gerakan passing bawah Baca juga: Pemain Serbaguna dalam Bola Voli Jelaskan cara melakukan passing bawah dalam bola voli. Berikut adalah cara melakukan gerakan passing bawah dalam bola voli:

Posisi tubuh tegak dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu. Kedua lutut agak sedikit ditekuk dan badan condong ke depan. Saat akan melakukan passing, pastikan untuk memajukan salah satu kaki ke depan, sebagai langkah persiapan. Sikap kedua kaki saat melakukan passing pada permainan voli adalah ditekuk ke depan seperti memasang kuda-kuda. Posisi lengan pada saat melakukan passing bawah adalah kedua tangan diluruskan ke depan bawah dan dirapatkan. Pastikan jika posisi ibu jari sejajar. Jika bola sudah hampir tiba, arahkan kedua tangan mengikuti arah datangnya bola. Ayunkan kedua tangan untuk memukul bola. Kedua siku tangan harus dipastikan dalam posisi lurus. Posisi perkenaan bola passing bawah terletak pada bagian lengan atau bagian atas pergelangan tangan. Ketika tangan memukul bola, luruskan kedua lutut kaki.

You might be interested:  Sifat Apakah Yang Harus Dimiliki Rancangan Desain Produk Kerajinan?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan passing dalam permainan bola voli dan jelaskan cara melakukan passing atas?

1. Teknik Passing Atas Bola Voli – Teknik passing atas voli merupakan gerakan memberi bola dengan mendorongnya lewat kedua tangan saat bola berada di atas kepala. Umumnya, teknik passing ini digunakan untuk memberikan umpan kepada spiker untuk melakukan serangan.

  1. Berdiri dengan sikap tubuh siap untuk meregangkan kedua kaki hingga selebar bahu.
  2. Tekuk sedikit kedua lutut, sehingga badan merendah.
  3. Saat bola datang, secepatnya tempatkan tubuh di bawah bola.
  4. Ketika bola sudah sampai ke atas badan, tekuk bagian siku atau pergelangan tangan. Kemudian, posisi tangan sedikit berada di atas dahi. Jari-jari kedua tangan diregangkan.
  5. Saat perkenaan, dorong bola hingga melambung.
  6. Gerakan tangan disesuaikan dengan keras atau lemahnya bola.

Bagaimana cara melakukan latihan kombinasi passing bawah?

Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli​

Jawaban: Awalan dilakukan dengan berdiri berhadapan antara kedua pemain.Kemudian mulai lempar bola ke teman yang ada di depannya.

Kemudian pemain melakukan passing bawah dengan mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas. Pastikan ayunan tangan sedikit lebih kencang agar bola melambun tinggi. Kemudian teman satunya menerima bola dengan gerakan mendorong bola dari atas kepala menggunakan kedua tangan. Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Jawaban: cara melakukan latihan kombinasi passing atas dan pasing bawah : Berdiri saling berhadapan dengan jarak ± 3 m.2) Bola dilambung oleh teman dari depan.3) Dilakukan berpasangan/berkelompok.4) Lakukan berulang-ulang dan bergantian. : Jelaskan cara melakukan latihan kombinasi passing atas dan passing bawah dalam permainan bola voli​

Apa yang dimaksud dengan passing atas dan bawah?

Jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah passing atas adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan di atas kepala dengan cara mendorong bola menggunakan kedua tangan. Sedangkan passing bawah adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan dengan cara mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas ke arah bola.

  1. Mari kita simak penjelasan berikut.
  2. Dalam permainan bola voli, terdapat 2 jenis teknik dasar passing yaitu passing atas dan passing bawah.
  3. Passing atas adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan di atas kepala dengan cara mendorong bola menggunakan kedua tangan.
  4. Sedangkan passing bawah adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan dengan cara mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas ke arah bola.

Dengan demikian jawaban yang tepat untuk soal tersebut adalah passing atas adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan di atas kepala dengan cara mendorong bola menggunakan kedua tangan. Sedangkan passing bawah adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan dengan cara mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas ke arah bola.

Bagaimana perbedaan cara melakukan passing bawah dan passing atas?

Hallo Diana M. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah passing bawah digunakan pada saat bola yang datangnya rendah atau berada di depan dada, sedangkan passing atas digunakan apabila bola datangnya di atas atau melambung.

You might be interested:  Rancangan Gambar Yang Berupa Garis Adalah?

Berikut ini penjelasannya. Passing adalah mengoperkan bola kepada teman seregunya dengan gerakan tertentu,sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan. Ada dua macam passing dalam permainan bola voli, yaitu passing bawah dan passing atas. Passing atas adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan di atas kepala dengan cara mendorong bola menggunakakn kedua tangan.

Passing bawah adalah gerakan memberikan bola yang dilakukan dengan cara mengayunkan kedua tangan dari bawah ek depan atas ke arah bola. Perbedaan antara passing atas dan passing bawah adalah passing bawah digunakan pada saat bola yang datangnya rendah atau berada di depan dada, sedangkan passing atas digunakan apabila bola datangnya di atas atau melambung.

Apa yang dimaksud dengan passing atas?

Dari segi definisinya passing atas adalah cara mengoper dan menerima bola yang dilakukan dengan dua tangan di atas kepala.

Apa yang dimaksud dengan passing bawah?

Menurut Asep (2007:82) Passing bawah adalah salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli dan merupakan upaya seorang pemain untuk mengoper bola kepada teman satu regunya dengan menggunakan tangan sisi lengan bawah.

Jelaskan cara dan langkah langkah melakukan servis atas bola voli?

KOMPAS.com – Pukulan yang dilakukan pertama kali untuk mulainya permainan dalam pertandingan bola voli disebut servis. Servis adalah teknik dasar yang digunakan untuk memulai suatu set dalam permainan bola voli yang dilakukan dengan cara memukul bola ke arah lapangan permainan lawan.

  • Servis cukup krusial sebab apabila terjadi kesalahan dalam melakukan servis dalam permainan bola voli maka poin untuk lawan.
  • Servis dalam permainan bola voli dibagi menjadi tiga jenis, yaitu servis atas, servis bawah, dan servis atas dengan melompat.
  • Pada artikel ini akan membahas mengenai servis atas dalam bola voli,

Baca juga: Teknik Passing Bawah dalam Bola Voli Mengutip dari buku Pengembangan Model Latihan Sepak Bola dan Bola Voli, karya Irfandi, M.Or, servis atas voli adalah teknik dasar servis yang dilakukan dengan perkenaan bola di atas kepala seorang pemain.

  1. Bentuk pukulan servis atas memiliki tujuan untuk membuat bola menukik menuju wilayah permainan lawan dengan laju kencang.
  2. Servis atas mempunyai tingkat kesulitan tinggi baik bagi seorang pemukul atau pihak penerima bola hasil pukulan.
  3. Dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknik servis atas dilakukan dengan cara memukul bola dengan menggunakan jari tangan.

Baca juga: Sejarah Berdirinya PBVSI, Induk Olahraga Bola Voli di Indonesia Berikut cara melakukan gerak dasar servis atas dalam permainan bola voli:

Sikap awal melakukan servis atas adalah pemain bola voli yang melakukan serangan pertama atau service terletak pada posisi 1 dan mengambil posisi servis di luar garis belakang. Tubuh dalam posisi tegak dengan pandangan mata fokus melihat ke arah datangnya bola. Kaki kiri dilangkahkan ke depan. Hal ini dilakukan bersamaan dengan salah satu memegang bola. Bola dilemparkan ke atas dan dipukul dengan menggunakan jari tangan yang dalam posisi rapat. Bola harus dipukul dengan sekuat tenaga agar bisa mencapai area lawan. Setelah memukul bola, posisi tubuh harus kembali dalam posisi siap.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Passing Bawah Dalam Bola Voli?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melatih gerakan passing atas secara mandiri?

Bagaimana cara melatih gerakan passing atas secara mandiri ​ Berdiri dengan sikap tubuh siap dengan meregangkan kedua kaki sampai selebar bahu. Tekuk sedikit kedua lutut sehingga badan merendah. Ketika bola datang, secepatnya tempatkan badan di bawah bola. bola.

Apa tujuan passing bawah dan passing atas dalam permainan bola voli?

Apa fungsi dari Passing bawah,Passing atas,dan service dalam permainan Bola Volly ? Pliss jawab – Brainly.co.id Passing bawah fungsinya untuk menerima servis, menerima spike, memukul bola setinggi pinggang ke bawah dan memukul bola yang memantul dari net. Passing atas fungsinya untuk menahan, menerima, dan mengendalikan bola servis atau bola serangan dari tim lawan. Servis memiliki fungsi ganda yaitu sebagai tanda dimulainya permainan dan sebagai serangan pertama bagi regu yang melakukan servis.

ada salahnya ada benarnya

: Apa fungsi dari Passing bawah,Passing atas,dan service dalam permainan Bola Volly ? Pliss jawab – Brainly.co.id

Bagaimana cara melakukan kombinasi passing atau atas?

cara melaksanakan passing bawah & passing atas​ – Jawaban: Passing adalah gerakan mendapatkan bola dr musuh. Passing dibagi menjadi dua jenis yakni passing bawah yg menggunakan lengan untuk menerima bola, & pasing atas yg menerima bola memakai kekuatan jari-jari untuk mendapatkan & mengatur bola. Berikut cara melakukan passing atas & bawah yg benar dlm permainan bola voli.

  1. Penjelasan:
  2. a. Passing Atas
  3. Passing AtasCara melakukan Passing atas yakni sebagai berikut
  4. ➡Berdiri seimbang dgn acuan dua kaki & salah satu kaki di depan.
  5. ➡Pandangan diarahkan pada bola & tubuh sedikit condong ke depan.
  6. ➡Kedua tangan terbuka di atas pada dgn siku bengkok ke samping.
  7. ➡Dorong bola ke atas dgn menggunakan pangkal jari-jari tangan dibarengi dgn gerakan meluruskan kedua siku & kedua lutut sehingga tubuh lurus.
  8. ➡Sikap final merupakan gerak lanjut dr kedua lengan disertai oleh anggota tubuh lainnya.
  9. ➡Kesalahan: Beberapa kesalahan yg terkadang dikerjakan dikala melaksanakan passing atas yaitu sikap kaku, bangun tak sebanding alasannya adalah kedua kaki tak dibuka & sejajar, lutut tak ditekuk, kedua lengan tak berada di atas depan kepala, perkenaan bola tak pada jari-jari tangan, dorongan tak serempak pada saat meluruskan siku & lutut, serta tak dibarengi gerak lanjutan.
  10. b. Passing Bawah

b. Passing BawahCara melaksanakan Passing bawah yakni sebagai berikut.

  • ➡Berdiri sebanding dgn kedua kaki dibuka selebar bahu & lutut sedikit ditekuk, serta tubuh agak condong ke depan.
  • ➡Kedua lengan dirapatkan & lurus ke depan bawah.
  • ➡Ayunkan kedua lengan dengan-cara tolong-menolong lurus ke atas depan bersama-sama dgn meluruskan kedua lutut.
  • ➡Perkenaan pada kedua tangan.
  • Sikap akhir adanya gerak alnjut dr lengan yg dibarengi anggota tubuh lainnya.
  • ➡Kesalahan: Beberapa kesalahan yg kerap kali dikerjakan dikala melakukan Passing bawah yaitu perilaku tubuh kaku, bangun tak seimbang alasannya adalah kedua kaki tak dibuka, lutut tak ditekuk, kedua lengan kurang rapat, ayunan lengan & meluruskan lutut tak bersamaan, perkenaan bola tak pada kedua tangan, serta tak dibarengi gerak lanjutan.

: Bagaimana Cara Melakukan Kombinasi Passing Atas Dan Passing Bawah