Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Melempar Bola Rendah Dan Bola Menggelundung?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Melempar Bola Rendah Dan Bola Menggelundung
1. Tuliskan macam-macam cara melempar bola dalam permainan kasti (Jawabannya)

  • Macam-macam cara melempar bola dalam permainan kasti dibagi ke dalam 4 macam berdasarkan sasaran yang dituju yaitu lemparan bola (1) melambung, (2) mendatar, (3) rendah, dan (4) menggelundung.
  • Pada gerakan lemparan melambung, sasaran / lintasan bola dimulai dari samping bawah kepala, diayunkan melewati atas kepala sampai ke depan atas sehingga bola meninggi / lambung jauh.
  • Lalu pada teknik lempar mendatar, bola diayunkan dengan perputaran badan ke kanan, lalu bola dilemparakan lurus ke depan, sehingga meluncur secara lurus ke arah depan (dada / kepala).
  • Sedangkan pada cara lemparan rendah, bola dipegang dan dilempar dari belakang atas diayunkan turun hingga terlempar rendah setinggi lutut penerima.
  • Kemudian, pada teknik melempar bola secara menggelundung, gerakan sama dengan lemparan rendah, namun tinggi lemparan bola sampai di bawah lutut sehingga menyentuh tanah, dan menggelundung.
  • Dengan demikian jika ditarik garis besar arah lintasan bola.
  • Melambung = depan atas.
  • Mendatar = depan lurus.
  • Rendah = setinggi lutut.
  • Menggelundung = di bawah lutut / menyentuh tanah.

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan?

Cara melakukan lemparan bawah, yaitu: – Posisi badan sedikit membungkuk dan kedua kaki sedikit ditekuk. – Ayunan tangan dilakukan dari samping atas ke depan bawah. – Gerakan melempar bola bawah ini disertai dengan lecutan tangan. Rubrik : Melakukan teknik dasar cara melempar nola kecil dalam permainan rounders.

Jelaskan langkah langkah melempar bola kasti?

Cara Melempar Bola – Ketika melempar bola ke arah pemukul, ayunan yang benar seorang pelambung bola kasti adalah dari bawah dengan satu tangan. Sebutkan cara melempar bola dalam permainan kasti. Lemparan dalam bola kasti terdiri dari tiga teknik, yakni lemparan bola mendatar, lemparan bola melambung, dan lemparan bola menyusur tanah.

Lemparan bola mendatar

Berikut cara melakukan melempar bola kasti mendatar: Baca juga: Cara Mendapatkan Poin dalam Permainan Kasti

  1. Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan, baik ke arah bola dan pemukul yang sedang berlari.
  2. Badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  3. Posisikan kedua kaki dibuka selebar bahu. Lalu, kaki kanan diluruskan ke belakang. Sedangkan lutut kaki kiri ditekuk.
  4. Pegang bola dengan salah satu tangan. Siku tangan yang memegang bola harus ditekuk dengan sudut 90 derajat.
  5. Salah satu tangan yang tidak membawa bola harus sejajar posisinya dengan bahu.
  6. Bola dilempar sejajar dari samping kepala agar lemparannya bisa sejajar dengan dada.
  7. Setelah melempar bola, langkahkan kaki kanan maju ke depan.

Lemparan bola melambung

Berikut adalah cara melakukan teknik melempar bola melambung: Baca juga: Cara Mematikan Lawan dalam Bola Kasti

  1. Badan berdiri tegak, namun posisinya menyamping. Arahkan pandangan mata fokus ke depan melihat ke arah pemukul.
  2. Kedua kaki dalam posisi dibuka selebar bahu. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  3. Lutut kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diluruskan di belakang.
  4. Pegang bola dengan salah satu tangan. Tangan yang tidak membawa bola harus sejajar dengan bahu.
  5. Bola dilempar dengan mengayunkan tangan sekuat mungkin ke arah depan. Pada saat yang bersamaan langkahkan kaki kanan ke depan.

Lemparan bola menyusur tanah

Berikut langkah-langkah melakukan teknik lemparan bola menyusur tanah:

  1. Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan. Lalu, Badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  2. Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu.
  3. Salah satu tangan yang membawa bola diarahkan ke depan dan bawah. Saat bola sudah terlempar, langkahkan kaki kanan maju ke depan.
You might be interested:  Apabila Rancangan Apbn Yang Diajukan Oleh Pemerintah?

Bagaimana cara melempar bola menggelundung menyusur tanah pada permainan bola kasti?

AktivitasPermainan Bola Keci Permainan Kasti » » AktivitasPermainan Bola Keci Permainan Kasti Permainan kasti merupakan olahraga permainan beregu yang dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu terdiri dari 12 orang pemain. Permainan ini dimainkan di lapangan berbentuk empat persegi panjang yang dibatasi oleh garis batas dengan lebar 5 cm.

  1. Sebagai alat permainan menggunakan bola kasti dan kayu pemukul.
  2. Unsur gerak dasar permainan, yaitu melambungkan bola, menangkap bola, melempar bola, berlari, taktik dan strategi, dan peraturan permainan.
  3. Permainan kasti sangat membutuhkan ketangkasan dan kecerdikan, karena hal ini sangat berpengaruh kepada pemain.

Permainan ini dilakukan secara beregu. Permainan sangat membutuhkan kerja sama tim dalam setiap pertandingan. Di samping kerja sama, setiap individu dan tim harus menguasai teknik dasar permainan tersebut. Jadi, bagaimanakah cara melatih teknik dasar permainan kasti yang baik dan benar? Sebelum kamu mempelajari gerak spesifik permainan kasti, coba kamu bermain kasti yang dimodifikasi.

Permainan dilakukan 2 regu masing-masing regu 7-10 orang (a-b). Bila regu a melakukan lambungan, maka regu b melakukan jaga. Bola dilambungkan regu a yang tidak tertangkap oleh penjaga regu b, maka anggota regu yang melakukan lambungan berhak lari ke base I, II, III atau IV. Bila lambungan tertangkap regu b, yang melakukan lambungan mati (dianggap gugur ke luar) dan seterusnya. Lambungan bola yang tertangkap skor satu untuk regu yang menangkap bola. Lambungan bola yang tidak tertangkap skor satu untuk regu pelambung

A. Gerak Gpesifik Melambungkan Bola Seorang pelambung bertugas melambungkan bola ke arah pemukul dengan ayunan dari bawah dengan satu tangan. Oleh karena itu, pelambung harus mampu melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemain yang akan melakukan pukulan. Amati dan peragakan gerakan melambungkan bola berikut ini.

Bola dipegang dengan tangan kanan. Menghadap ke teman yang akan memukul bola. Langkahkan kaki kanan satu langkah ke depan. Ayunkan bola dengan tangan kanan. Lambungkan bola ke depan sesuai dengan permintaan pemukul

B. Gerak Melempar Bola ke Berbagai Arah Melempar dapat dilakukan dengan satu tangan kiri atau kanan. Sebelum bola itu dilemparkan, bola harus diarahkan pada sasaran lempar yang akan dituju, dengan arah lurus mendatar, rendah dan melambung.1. Melempar Bola Lurus/Mendatar Melempar bola adalah teknik dasar yang harus dikuasai dalam permainan kasti.

Bola dipegang dengan tangan kanan. Menghadap ke arah sasaran lempar. Pandangan tertuju pada sasaran lempar. Kaki kiri di depan dan lutut agak ditekuk. Pegang bola dengan tangan kanan di samping kepala. Putar pinggang ke arah kanan dan tarik tangan lempar ke belakang. Lengan kiri lurus ke depan sejajar dengan bahu. Sikap badan sedikit ke belakang. Dengan melangkahkan kaki satu langkah, lemparkan bola lurus ke arah sasaran.

2. Melempar Bola Melambung Lemparan melambung bertujuan memberikan bola kepada teman yang letaknya agak jauh. Teknik ini digunakan oleh pelempar. Jika kita menjadi pelempar, kita harus dapat melambungkan bola sesuai permintaan pemukul. Lambungan yang benar adalah posisi bola antara pusar dan dada. Cara melakukannya adalah sebagai berikut.

Arahkan bola dengan lemparan dari samping atas kepala. Pandangan ditujukan pada arah sasaran lempar. Sikap badan sedikit ke belakang. Lemparkan bola dari belakang atas kepala dengan linrasan melambung.

3. Melempar Bola Rendah Lemparan dalam permainan kasti dapat dilakukan dengan lemparan bola rendah. Pada lemparan rendah, tingginya bola sekitar tingginya lutut sampai dengan pinggang penerima lemparan. Amati dan peragakan gerakan melempar bola rendah berikut ini.

Melangkahkan satu kaki ke depan. Bola diayunkan dari belakang atas menuju ke depan bawah hingga bola itu meluncur rendah. Pandangan selalu tertuju pada bola.

You might be interested:  Jelaskan Yang Dimaksud Dengan Rancangan Bentuk Atau Sketsa?

4. Melempar Bola Menggelundung Lemparan bola menggelundung atau enyusur tanah yaitu lemparan bola kasti yang arah bolanya menggelundung atau menyusur di tanah, Amati dan peragakan gerakan melempar bola menggelundung berikut ini.

Melangkahkan satu kaki ke depan. Bola diayunkan dari belakang atas menuju ke depan bawah hingga bola itu meluncur dan menggelundung menyusur tanah. Pandangan selalu tertuju pada bola.

C. Menangkap Bola dari Berbagai Arah Cara menangkap bola dalam permainan kasti tentu disesuaikan dengan arah bola yang datang. Arah bola terbagi menjadi bola melambung, bola mendatar atau setinggi dada, dan bola menyusur tanah. Kuasailah teknik menangkap ini agar kita dapat menguasai permainan.1.

Perhatikan arah lambungan bola. Arahkan kedua tangan pada bola. Telapak tangan membentuk corong menghadap ke atas. Pandangan ke arah bola datang. Tangkap bola dengan kedua tangan.

2. Menangkap Bola Mendatar Menangkap bola mendatar prinsipnya hampir sama dengan menangkap bola melambung, perbedaannya posisi telapak tangan menghadap ke depan, pada saat perkenanan bola langsung menutup telapak tangan dan menarik sedikit ke arah dada agar benturan dengan bola dapat dikurangi.Amati dan peragakan gerakan menangkap bola mendatar berikut ini.

Menghadap ke arah bola datang. Kedua kaki dibuka dan lutut ditekuk. Sikap badan agak condong ke depan. Pandangan ke arah bola. Kedua tangan mengarah ke depan. Telapak tangan menghadap bola dengan membentuk mangkuk. Tangkap bola dengan kedua tangan. Lalu genggam dengan jari. Setelah bola tertangkap, tarik ke arah dada dengan menekuk siku.

D. Memukul Bola Memukul adalah satu keterampilan yang harus dikuasai pemain kasti. Setiap pemain harus bisa memukul bola dengan berbagai cara. Pukullah bola sejauhjauhnya agar regu penjaga sulit atau tidak bisa menangkapnya. Sebelum belajar memukul bola, cara memegang alat pemukul harus diperhatikan.1.

Pandangan ke arah bola dan ayunkan pemukul ke depan bola. Pemukul tepat mengenai bola sehingga bola meluncur lurus, mendatar ke depan. Sikap setelah memukul, kayu pemukul tetap mengayun ke depan dan ke samping kiri

2. Memukul Bola Jarak Jauh Melambung Tinggi Teknik pukulan ini digunakan untuk menghasilkan arah bola yang melambung jauh. Amati dan peragakan gerakan memukul bola melambung berikut ini.

Pandangan ke arah bola dan ayunkan pemukul ke depan bola. Pemukul tepat mengenai bola sehingga bola meluncur jauh ke depan. Sikap setelah memukul, kayu pemukul tetap mengayun ke depan atas dan

Posted by Nanang_Ajim Updated at: 4:00 PM : AktivitasPermainan Bola Keci Permainan Kasti

Apa yang dimaksud dengan lemparan rendah?

3) Lemparan Bola Menyusur Tanah atau Rendah Prinsip melakukan lemparan rendah adalah ayunkan bola dari atas menuju depan bawah hingga meluncur setinggi lutut penerima. Setiap lemparan dalam permainan kasti memiliki tujuan yang berbeda-beda. Dapat sebagai operan, pelambung sebelum dipukul dan juga untuk mematikan lawan.

Untuk melempar bola ke teman yang jaraknya jauh sebaiknya menggunakan jenis lemparan apa?

KOMPAS.com – Permainan kasti memiliki beberapa teknik dasar penting yang wajib dikuasai oleh para pemainnya. Salah satu teknik yang wajib dikuasai adalah teknik melempar bola. Teknik melempar bola kasti merupakan teknik dasar dalam permainan kasti yang penting dipelajari dan diterapkan.

Lemparan dalam bola kasti terdiri dari tiga teknik, yakni lemparan bola mendatar, lemparan bola melambung, dan lemparan bola menyusur tanah. Salah satu teknik lemparan yang digunakan untuk mengumpan ke teman yang jaraknya jauh adalah lemparan melambung. Lemparan tersebut adalah salah satu cara mengatasi lapangan kasti yang cukup lebar.

Adapun lapangan kasti berbentuk persegi panjang yang berkuran 60 x 30 meter. Baca juga: Pemain Kasti: Jumlah, Posisi, dan Tugasnya Sebelum memahami lebih jauh soal jenis-jenis lemparan dalam permainan kasti, ada baiknya untuk mengerti cara memegang bola kasti dengan baik dan benar, sebagai berikut:

  1. Cara memegang bola pada permainan kasti yaitu bola diletakkan pada tangan dominan
  2. Genggam bola agak erat agar tidak mudah lepas
  3. Posisi jari saat menggenggam tidak terlalu rapat.
You might be interested:  Subsektor Ekonomi Kreatif Yang Berkaitan Dengan Kreasi Rancangan Grafis?

Berikut penjelasan tiga cara melempar bola kasti:

Lemparan bola mendatar

Teknik lemparan mendatar dalam kasti lebih tepat digunakan untuk melempar seorang pemukul yang sedang berlari dari satu pos ke pos lainnya. Jangan terlalu keras dalam melemparkan bola. Arahkan bola ke bagian punggung atau bokong pemukul. Berikut langkah-langkah melakukan teknik melempar bola kasti mendatar : Baca juga: Pergantian Tempat dalam Permainan Bola Kasti

  1. Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan, baik ke arah bola dan pemukul yang sedang berlari.
  2. Badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  3. Posisikan kedua kaki dibuka selebar bahu.
  4. Kaki kanan diluruskan ke belakang. Sedangkan lutut kaki kiri ditekuk.
  5. Pegang bola dengan salah satu tangan. Siku tangan yang memegang bola harus ditekuk dengan sudut 90 derajat.
  6. Salah satu tangan yang tidak membawa bola harus sejajar posisinya dengan bahu.
  7. Bola dilempar sejajar dari samping kepala agar lemparannya bisa sejajar dengan dada.
  8. Setelah melempar bola, langkahkan kaki kanan maju ke depan.

Lemparan bola melambung

Baca juga: Jenis Pukulan Bola dalam Permainan Kasti Teknik melempar bola kasti melambung ini biasanya dilakukan dengan melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul. Lemparan bola melambung bisa dilakukan jika jarak antar pelempar dengan pemukul bola cukup jauh.

  1. Badan berdiri tegak, namun posisinya menyamping. Arahkan pandangan mata fokus ke depan melihat ke arah pemukul.
  2. Kedua kaki dalam posisi dibuka selebar bahu. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  3. Lutut kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diluruskan di belakang.
  4. Pegang bola dengan salah satu tangan.
  5. Tangan yang tidak membawa bola harus sejajar dengan bahu.
  6. Bola dilempar dengan mengayunkan tangan sekuat mungkin ke arah depan. Pada saat yang bersamaan langkahkan kaki kanan ke depan.

Lemparan bola menyusur tanah

Bola dilemparkan kepada teman dengan digelindingkan menyusuri tanah tetapi dengan arah yang sesuai dan tepat sehingga mudah untuk diterima. Berikut langkah-langkah melakukan teknik lemparan bola menyusur tanah dalam permainan kasti: Baca juga: Peraturan Permainan Kasti

  1. Arahkan pandangan mata fokus melihat ke depan.
  2. Badan berdiri tegak dengan posisi menyamping. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri.
  3. Posisi kedua kaki dibuka selebar bahu.
  4. Salah satu tangan yang membawa bola diarahkan ke depan dan bawah. Saat bola sudah terlempar, langkahkan kaki kanan maju ke depan.

( KOMPAS.com, Penulis: Vanya Karunia Mulia Putri | Editor: Ari Welianto) Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melempar bola bawah dengan merendahkan badan brainly?

Jawaban:Berdiri sikap melangkah (sikap jaga), berat badan tertumpu pada kaki belakang. Pandangan pada arah sasaran. Lemparkan bola kedepan melalui samping badan dan tangan direndahkan diikuti memindahkan berat badan ke kaki depan. Pelepasan bola dibantu gerakan pergelangan tangan dan arah bola datar menggelinding diatas tanah. Penjelasan:

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meneruskan dengan permainan kasti?

bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan lengan permainan kasti??​ Di bawah ini adalah cara untuk melakukan gerakan melempar bola bawah dan meluruskan lengan permainan kasti: 1. Berdiri dengan menggunakan salah satu kaki di depan.2. Salah satu tangan yaitu digunakan untuk memegang bola kasti.3. Sebelum melempar bola, ayunkan lengan ke arah belakang atas.4.

Untuk mematikan lawan menggunakan lemparan apa?

KOMPAS.com – Melempar dalam bermain kasti terbagi menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu lemparan mendatar, melambung, dan bola menyusur tanah. Kasti adalah permainan tradisional beregu yang dilakukan dengan cara memukul dan menangkap bola. Setiap lemparan memiliki fungsi masing-masing.