Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Double Step?

Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Double Step
Macam-Macam Gerakan Dasar dalam Senam Aerobik – Ragam Bola.com Ilustrasi senam, olahraga. (photo created by senivpetro on freepik.com) Bola.com, Jakarta – adalah serangkaian gerak yang dipadukan dengan irama musik yang dipilih dengan durasi waktu tertentu.

  1. Senam aerobik bertujuan untuk meningkatkan pemasukan oksigen ke dalam jaringan tubuh.
  2. Senam aerobik merupakan satu di antara olahraga yang menyenangkan dan dapat dilakukan oleh banyak orang dari berbagai kalangan.
  3. Tak hanya membuat badan bugar, senam aerobik mampu membuat semangat dan membuat hati riang melalui variasi gerakannya tersebut.

Senam aerobik merupakan jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan. Rangkaian gerakan dalam senam aerobik mampu mengaktifkan otot-otot tubuh yang melibatkan sistem kardiovaskuler. Secara umum, merupakan olahraga yang bisa meningkatkan fungsi jantung dan pernapasan.

  • Jadi, senam aerobik sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, otak, paru-paru, tubuh, dan pikiran.
  • Senam aerobik bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.
  • Hal-hal di atas yang membuat senam aerobik banyak digemari dari berbagai kalangan.
  • Bagi kamu yang ingin menekuni senam aerobik, perlu mengetahui macam-macam gerakan dasarnya.

Secara umum, gerak dasar senam aerobik hanya meliputi gerakan langkah kaki dan gerakan ayunan tangan. Berikut ini rangkuman tentang macam-macam gerakan dasar dalam yang perlu diketahui, seperti dilansir dari laman emodul.kemdikbud.go.id, Senin (18/10/2021).

  • Gerakan marching ini dilakukan hanya dengan low impact,
  • Jogging
  • Gerakan jogging ditandai dengan menggerakkan atau menekukkan kaki ke arah bokong, dengan lutut mengarah ke lantai atau tegak lurus ke bawah.

Gunakan persendian engkel dan lutut yang menjadi tumpuan sebagai peredam gerakan. Gerakan jogging ini dilakukan hanya dengan high impact, Ilustrasi senam, olahraga. (Photo created by yanalya on freepik.com) Knee Up Gerakan mengangkat lutut minimal setinggi pinggang, tungkai atas sejajar dengan lantai tungkai bawah tegak lurus. Kaki bisa dilakukan dalam keadaan flek atau tertekuk.

  1. Gerakan ini bisa dilakukan baik low maupun high impact,
  2. Single Step
  3. Teknik gerak kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan kedua lutut menghadap ke depan.
  4. Double Step
  5. Gerakan melangkah dua langkah ke kanan atau ke kiri dengan gerakan terakhir merapatkan kaki dengan menyentuhkan bola kaki, posisi lutut menghadap ke depan, lutut kaki tumpu agak ditekuk.

Ilustrasi senam | Freepik

  • Leg Curl
  • Gerakan menekuk kaki ke arah bokong.
  • Toe Touch
  • Gerakan menyentuhkan bola kaki ke depan, kanan atau kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu.
  • V-Step (easy walk)
  • Gerakan membetuk segitiga atau langkah segi tiga, ke depan atau ke belakang dengan tetap menjaga arah lutut ke depan.
  • Squat
  • Gerakan membuka kaki selebar satu setengah lebar bahu, kemudian menekuk kedua lutut ( half squat atau full squat ) dengan posisi ujung lutut tidak melebihi ujung jari kaki.

Ilustrasi olahraga, senam. (Photo created by senivpetro on freepik)

  1. Bicep Curl
  2. Gerakan menekuk (flexi) persendian siku tangan dan meluruskanya kembali (extensi), gerakan ini berfungsi untuk melatih otot lengan depan (bisep).
  3. Chest Press
  4. Gerakan mendorong lengan ke depan dada, gerakan ini berguna untuk melatih otot dada (pectoral).
  5. Cross Arms
  6. Gerakan lengan menyilang di depan dada dan membuka lengan ke bawah.
  7. Butterfly/Open the Window
  8. Gerakan membuka dan menutup lengan bawah di depan wajah, gerakan ini berguna untuk melatih otot dada.
  9. Tricep extension
  10. Gerakam meluruskan lengan, gerakan ini bertujuan untuk melatih otot lengan belakang (tricep).
  11. Pumping
  12. Gerakan mendorong kedua lengan ke bawah seperti memompa (berlawanan dengan gerakan up right row).
  13. Sumber: Kemdikbud
You might be interested:  Bagaimana Teknik Dasar Ketika Akan Melakukan Gerakan Melempar Roket?

: Macam-Macam Gerakan Dasar dalam Senam Aerobik – Ragam Bola.com

Bagaimana cara melakukan gerakan single step?

Bagaimana cara melakukan gerak single step​

Jawaban: Teknik gerak kaki melangkah satu langkah ke kanan atau ke kiri, dengan gerakan terakhir menyentuhkan bola, lutut tumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan kedua lutut menghadap ke depan. Penjelasan:

: Bagaimana cara melakukan gerak single step​

Apa itu double step dalam senam aerobik?

Double step. Double step atau melangkah dua kali juga termasuk dalam gerakan inti senam aerobik. Double step dilakukan ke arah samping kiri dan kanan. Akan terasa lebih menyenangkan jika ada tambahan musik saat senam aerobik.

Bagaimana cara melakukan gerakan Heel Touch?

Menyentuhkan bola kaki ke samping (tap side) – Gerakan menyentuhkan bola kaki ke kanan atau kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu, berat badan berada pada kaki tumpu. Posisi kaki saat awal melakukan adalah rapat. Perhatikan gambar, gerakan ini mebuka kaki ke kanan/kiri kemudian kembali ke posisi semula, yaitu kaki merapat. Baca juga: Tempo Gerakan Pemanasan dalam Senam Irama

Apa perbedaan antara gerakan single step dan double step?

plisss jawab sekarang nanti di kasih bintang 5Sebutkan perbedaan gerakan langkah ke samping single

Jawaban: Singel step: teknik gerak kaki melangkah satu langkah samping kanan ataupun kiri, dengan gerakan terakhir menyentuh bola, lutut ditumpu agak ditekuk, kedua lutut merapat dan kedua lutut menghadap ke depan. Sedangkan

Double step: teknik gerakan melahkah dua kali yang termasuk ke dalam gera k an inti senam aerobik, dilakukan ke arah samping kiri maupun kanan. Semoga membantu : plisss jawab sekarang nanti di kasih bintang 5Sebutkan perbedaan gerakan langkah ke samping single

Langkah atau step adalah?

apa yang dimaksud dengan langkah, loncat, sikap badan, step, ayunan badan, pilinan – Brainly.co.id 1)langkah adalah perpindahannya salah satu kaki belakang ke depan kaki yg lainnya dengan berbagai variasi2)loncat adalh gerakan melangkah disertai tolakan kaki sehingga pda saat badan melayang di udara, mendarat dgn salah satu kaki yg disusul dgn kaki yg lainnya.3)sikap badan adlh sikap badan ketika senam berhenti.4)step adlh melangkah dgn tanpa merubah posisi kaki.5)ayunan lengan adlh ayunan satu lengan maupun dua lengan dpt digerakan dgn berbagai variasi.6)pilinan adlh memutar badan ke arah kanan atau kiri dgn bertumpu pda satu kaki.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Awalan Pada Gerak Dominan Lompat?

Bagaimana cara melakukan gerak langkah kaki biasa?

5 Macam Gerak Langkah Kaki dalam Senam Irama Buku Penjaskes Kelas VII Ilustrasi Gerak Langkah dalam Senam Irama. TRIBUNNEWS.COM – Senam irama disebut juga dengan aktivitas gerak berirama.

  • Senam irama adalah gerakan senam yang dilakukan dalam irama musik, atau pembelajaran bebas yang dilakukan secara berirama.
  • Senam ini dapat dilakukan dengan ataupun tanpa menggunakan alat.
  • Adapun alat yang sering digunakan dalam senam irama yakni gada, simpai, tongkat, bola, pita, topi.
  • Baca juga:

Dikutip dari Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas VII (2017) oleh Muhajir, dalam senam irama terdapat lima gerak langkah kaki. Macam-macam gerak langkah itu meliputi langkah biasa, rapat, keseimbangan, depan, dan silang. Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Double Step Penjaskes kelas VII halaman 230 (Buku Penjaskes kelas VII)

  1. Berikut cara melakukan gerak langkah yang telah disebutkan itu.
  2. 1. Langkah biasa
  3. Gerakan langkah biasa bisa dilakukan dengan cara:

a. Berdiri dengan sikap tegak rileks.b. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan.c. Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit.d. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian.2. Langkah rapat : 5 Macam Gerak Langkah Kaki dalam Senam Irama

Gerak langkah kaki lunge?

5. Lunge – Lunge merupakan gerak melangkahkan kaki ke depan atau samping tubuh, sembari memindahkan sebagian berat badan. Aktivitas ini bisa dikategorikan sebagai low impact atau high impact, Ketika menggerakkan kaki, bagian yang pertama kali menyentuh lantai adalah bola kaki sampai hampir mendekati tumit. Pastikan tungkai yang dipindahkan berada dalam keadaan lurus, sementara yang diam menekuk.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerakan knee up?

Pengertian Knee Up dalam Senam Irama – Dilansir dari situs web Refit.co.id, pengerian knee up adalah gerakan dasar yang dilakukan dengan cara mengangkat lutut sampai minimal sebatas pinggang. Kemudian, posisi tungkai atas sejajar dengan lantai, sementara tungkai bawah tegak lurus.

Apa yang dimaksud dengan double diagonal?

Apa yang dimaksud dengan double diagonal?​ – Brainly.co.id

Jawaban: Gerakan melangkahkan kaki kanan dan kaki kiri secara bergantian dengan diselingi kembali ke posisi semula secara diagonal satu langkah. Penjelasan: terimakasih atas pointnya,maaf kalau salah karna sayya hanya manusyah biasa(sok alim dh:v)

: Apa yang dimaksud dengan double diagonal?​ – Brainly.co.id

Apa yang dimaksud dengan single lunges?

Apa perbedan single lunge Dan double lunge? Penjelasan: single lunge adalah gerakan membuka kaki kanan maupun kaki kiri satu kali dengan kaki kiri tetap di tempat kalau double lunge adalah gerakan yang sama seperti singel lunge,bedanya terletak pada pelaksanaannya,yaitu membuka kaki kanan dan kaki kiri dua kali. : Apa perbedan single lunge Dan double lunge?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan toe touch?

Jenis gerakan toe touches – Standing toe taps biasanya dilakukan saat sedang, conditioning saat olahraga seperti sepakbola, di antara set saat mengangkat beban, serta bagian dari kelas cardio. Ada banyak pengaplikasiannya. Fungsi dari gerakan toe touches yang satu ini adalah meningkatkan detak jantung.

  • Selain itu, otot targetnya adalah yang berada di tubuh bagian bawah.
  • Tentu saja, melakukan standing toe tap dapat meningkatkan kelincahan tubuh, keseimbangan, serta skill yang memerlukan kekuatan kaki.
  • Etika melakukan gerakan ini, Anda akan bertumpu pada otot hamstring, betis, core, bokong, pinggang, serta tentu saja otot kaki.
You might be interested:  Proposal Adalah Rencana Yang Dituangkan Dalam Bentuk Rancangan Kerja?

Intensitasnya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Jika ingin melatih tubuh bagian atas pula, kedua tangan juga bisa diangkat ke atas. Beberapa jenis gerakan toe touches adalah:

Apa yang dimaksud dengan single step?

1. Laporan Laba Rugi Single Step – Sesuai dengan namanya, single step (langkah tunggal) merupakan format laporan yang hanya menunjukkan satu jenis pendapatan dan satu jenis pengeluaran. Format single step ini umumnya jarang dipakai oleh pengguna eksternal karena terbatasnya lingkup data serta tidak dapat menghitung rasio efisiensi dan profitabilitas.

Sikap awal gerakan langkah 1 single step aktivitas gerak berirama adalah?

Sikap Awal Gerakan Langkah Biasa Aktivitas Gerak Berirama – Ilustrasi Senam Irama (Sumber: olympics.com) Senam irama dilakukan dengan beberapa jenis gerakan, yaitu gerak langkah kaki, gerakan ayunan lengan, serta kombinasi gerakan langkah kaki dan gerakan ayunan lengan.

Masing-masing gerakan tersebut dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Mengutip buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang diterbitkan Kemendikbud, terdapat beberapa sikap langkah kaki aktivitas gerak berirama, yaitu langkah biasa, langkah rapat, langkah keseimbangan, langkah depan, dan langkah silang.

Gerakan langkah dalam aktivitas gerak berirama ini dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

Berdiri dengan sikap tegak rileks. Langkahkan kaki kiri ke depan dan kedua lengan di samping badan. Langkahkan kaki kanan ke depan dan jatuhkan pada tumit. Lanjutkan melangkah dengan kaki kiri secara bergantian.

Ilustrasi senam irama: Studionone/Pixabay Gerakan langkah rapat aktivitas gerak berirama, yaitu:

Berdiri dengan sikap tegak rileks. Langkahkan kaki kanan di depan kaki kiri. Selanjutnya, langkahkan kaki kiri di depan kaki kanan. Lanjutkan dengan kedua kaki rapat.

Gerakan langkah keseimbangan aktivitas gerak berirama, di antaranya adalah sebagai berikut:

Berdiri dengan sikap tegak rileks. Pada hitungan pertama, langkahkan kaki kiri ke depan. Pada hitungan kedua, kaki kanan menyusul melangkah ke depan. Saat tumit kaki kanan masih terangkat, kaki kiri mundur diikuti dengan kaki kanan yang mundur merapat.

Gerakan langkah depan aktivitas gerak berirama adalah sebagai berikut:

Berdiri dengan sikap anjur kiri. Pada hitungan pertama, silangkan kaki kiri di muka kaki kanan. Pada hitungan kedua, kaki kiri menyusul dan bersama-sama kaki kanan menyusul lagi. Selanjutnya, langkahkan kaki kiri, disusul kaki kanan, dan diikuti langkah kiri.

Gerakan langkah silang aktivitas gerak berirama adalah:

Berdiri dengan sikap anjur kiri. Pada hitungan pertama, silangkan kaki kiri di muka kaki kanan. Kruispas atau langkah silang bisa juga dilakukan ke belakang. Langkah silang ini dilakukan dengan irama 2/4.

Itulah sikap awal gerakan langkah biasa aktivitas gerak berirama. Kamu bisa melakukan gerakan tersebut untuk menjaga kesehatan fisik.