Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Servis Bawah Pada Bola Voli?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Servis Bawah Pada Bola Voli
Pelaksanaan Gerak Servis Bawah – Keberhasilan servis bawah sangat ditentukan oleh teknik sentuhan bola, ayunan bola, dan posisi bola yang dipukul. Gerak spesifik servis bawah dibagi menjadi tiga yaitu sikap awal, pelaksanaan gerak, dan sikap akhir. Berikut adalah urutan gerak spesifik servis bawah dalam permainan bola voli. Baca juga: Sejarah Singkat Permainan Bola Voli A. Sikap Awal

Posisikanlah salah satu kaki di depan dan satu kaki di belakang. Jika kaki kiri di depan, kaki kanan di belakang. Peganglah bola menggunakan satu tangan, sedangkan tangan lainnya bergerak ke belakang.

B. Pelaksanaan Gerak

Lambungkanlah bola. Lambungan bola tidak perlu terlalu tinggi. Ayunkanlah tangan yang ditarik ke belakang. Santuhlah bola ketika bola turun di sekitar atau setinggi pinggang. Tegangkanlah tangan yang digunakan untuk memukul bola.

C. Sikap Akhiran

Setelah salah satu tangan menyentuh bola atau memukul bola, usahakanlah tubuh tetap seimbang. Arahkanlah pandangan mata ke arah jalannya bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melakukan servis bawah dalam bola voli?

Teknik Servis Atas dalam Bola Voli – Ilustrasi teknik servis atas dalam bola voli. (Pexels/Kampus Production) Setelah mengetahui langkah-langkah servis bawah dalam bola voli, kamu juga perlu memahami teknik servis atas.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerak Lari Bolak-Balik?

Berdiri dengan salah satu kaki berada di depan (melangkah). Badan agak melenting ke belakang dan berat badan pada kaki belakang. Ayunkan tangan kanan bersamaan dengan gerakan badan ke depan. Saat melakukan pukulan, pergelangan agak maju saat melakukan pukulan; Pada akhir gerakan, berat badan dibawa ke depan dengan melangkahkan kaki ke depan.

Setiap pemain harus menguasai teknik servis bawah dalam bola voli. Kemudian, kamu juga harus memahami teknik servis atas. Sebab, keduanya memiliki gerakan dan hasil yang berbeda.

Apa saja gerakan dasar teknik servis bawah pada permainan bola voli?

Jawabannya – Sebutkan empat gerakan servis bawah bola voli Empat gerakan dasar teknik servis bawah pada permainan bola voli yang benar adalah1. Posisi tangan yang memegang bola di depan badan.2. Posisi tangan pukul berada di belakang bawah badan.3. Lambungkan bola ke atas.4. Ayunkan tangan pukul ke depan arah bola. : 3. Sebutkan empat gerakan servis bawah bola voli ! (Jawabannya)

Apa yang terjadi jika servis gagal dalam permainan bola voli?

KOMPAS.com – Cabang bola voli mempunyai ketentuan cara mengawali jalannya permainan dalam setiap set atau gim di sebuah pertandingan. Bentuk awalan permainan dalam bola voli dilakukan dengan pukulan pertama oleh seorang pemain yang mendapat giliran, dari garis belakang lapangan.

Pukulan bola pertama dari garis paling belakang lapangan untuk mengawali permainan bola voli disebut sebagai servis ( service ). Dengan kata lain, servis adalah teknik dasar untuk memulai suatu set dalam permainan bola voli dengan memukul bola ke arah lapangan permainan lawan. Baca juga: Bagaimana Pukulan Servis dalam Bulu Tangkis Dikatakan Baik? Setelah terjadinya pukulan awal atau usai servis dilakukan, maka bola telah ada dalam permainan untuk diperebutkan kedua tim.

You might be interested:  Jelaskan Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Sikap Headstand?

Gerakan servis disebut juga sebagai pukulan sajian pertama atau awal, dapat menentukan jalannya permainan bagi sebuah tim yang mendapat giliran mengambilnya. Teknik servis sangat penting bagi pemain voli. Sebab, kegagalan servis dalam pertandingan bola voli sangat merugikan karena memberikan poin ke lawan.

Apabila servis gagal melintasi net, atau jatuh di luar wilayah permainan atau bahkan berada di bidang sendiri maka poin dapat diberikan kepada kubu lawan. Baca juga: Cara Melakukan Servis Atas pada Bola Voli Mengutip dari buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) oleh Winarno dan rekan-rekan, servis dalam permainan bola voli dibagi menjadi servis atas, bawah, serta pukulan awal sembari melompat.

Teknik servis bawah menjadi pilihan bagi banyak atlet pemula karena terbilang mudah dilakukan dibandingkan jenis pukulan awal lainnya.

Apa itu servis atas bola voli?

2. Macam-macam Servis Atas Bola Voli – Ilustrasi teknik servis atas bola voli. (Pexels/Jim De Ramos) Teknik dasar servis atas dalam bola voli dilakukan dengan memegang bola melalui tangan kiri dan tangan kanan yang siap memukul. Kemudian, lambungkan bola dengan tangan kiri melewati atas kepala dan pukul dengan telapak tangan sekeras-kerasnya agar dapat melewati net.

Mengambil posisi di belakang garis lapangan atau area yang digunakan untuk servis. Teknik servis atas dalam bola voli harus dilakukan pemain dengan posisi yang kokoh. Lempar bola ke atas dan sedikit ke depan menggunakan tangan kiri, kemudian fokus pada bola. Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, lalu maju untuk memukul bola menggunakan telapak tangan. Gerakan ini juga bisa dilakukan dengan lompatan kecil atau disebut jumping service, Posisi tangan kanan dan kiri dapat diubah jika ada pemain yang kidal. Pastikan bola mampu terbang melewati net dan jatuh ke lapangan lawan.