Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Memasuki Garis Finish Sprint?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Memasuki Garis Finish Sprint
Tips Memasuki Garis Finis saat Lari Jarak Pendek Halaman all – Kompas.com KOMPAS.com – Dalam perlombaan terdapat tiga tahapan penting yakni awalan ( start ), teknik berlari, serta saat mencapai garis akhir ( finish ). Tahapan ketika pelari mencapai garis finis, juga dapat mempengaruhi hasil akhir lomba nomor lari jarak pendek.

  • Sehingga, seorang pelari harus menguasai teknik melewati garis finis sebagai bagian dari kemampuan berlomba di kategori lari jarak pendek.
  • Mengutip buku Kepelatihan Jalan dan Lari (2018) karya Suratmin, terdapat tiga hal yang wajib menjadi perhatian seorang pelari dalam perlombaan lari jarak pendek.
  • Ketiga hal yang harus diperhatikan seorang pelari ketika berlomba dalam nomor lari jarak pendek. Berikut cara memasuki garis finis lari jarak pendek:
  1. Pelari harus tetap berlari sekencang mungkin. Atlet lari berlari terus tanpa mengubah sikap lari merupakan teknik ketika hendak memasuki garis finis.
  2. Dada condong ke depan dengan posisi kedua tangan diayun ke posisi belakang bawah tubuh.
  3. Memutar dada sembari mengayunkan lengan ke bagian depan atas, sehingga salah satu bahu berada di depan bahu lain.
  1. Baca juga:
  2. Dalam melakukan teknik memasuki garis finis, seorang pelari tidak boleh melakukan kesalahan atau pelanggaran.
  3. Seperti dilansir dari laman Sports Rec, garis finish lari jarak pendek biasanya memiliki lebar 5 cm dengan warna putih.
  • Pelari dianggap sudah menyelesaikan lomba jika posisi dada, kaki, dan bagian tubuh lainnya sudah melewati garis finish,
  • Cara memasuki garis finis yang banyak dilakukan oleh atlet lari jarak pendek adalah dengan mencondongkan dada ke depan tanpa mengurangi kecepatan lari.
  • Baca juga:
  • Apabila menggunakan teknik mencondongkan dada ketika memasuki garis finis, seorang pelari harus menarik kedua lengan ke belakang untuk mendorong tubuh lebih ke depan.
  • Dengan menarik kedua lengan belakang ketika memasuki garis finis, seorang pelari juga dapat meningkatkan kecepatan berlari.
  • Contoh gerak finis lari jarak pendek lain, adalah dengan mengayunkan tangan ke posisi bawah belakang tubuh.
  • Teknik tersebut bisa mendorong tubuh bagian atas untuk lebih dahulu memasuki garis finish dibandingkan yang lain.
  • Baca juga:
  • Selain itu, seorang pelari bisa menggunakan salah satu bahu sebagai cara mencapai garis finis terlebih dahulu ketika berlomba.
  • Teknik ini dilakukan dengan memutar salah satu bahu ke depan, sementara tetap menjaga kecepatan lari sekencang mungkin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. : Tips Memasuki Garis Finis saat Lari Jarak Pendek Halaman all – Kompas.com

Bagaimana gerak spesifik dalam melakukan finish?

Jelaskan gerak spesifik finish lari jarak pendek? – Brainly.co.id

Jawaban: 3 Macam Teknik Memasuki Garis Finish Pada Lari Jarak Pendek Yaitu :==>Terus berlari cepat tanpa henti dengan posisi lari yang sama dan tidak berubah.==>Saat akan melewati garis finish, dada sedikit di condongkan ke depan.==>Saat akan melewati garis finish, salah satu bahu di majukan ke depan.#semoga membantu#jadikan ini sebagai jawaban tercerdas yah!

: Jelaskan gerak spesifik finish lari jarak pendek? – Brainly.co.id

Bagaimana gerak spesifik dalam memasuki finish brainly?

Jelaskan gerak spesifik finish lari jarak pendek? – Brainly.co.id

Jawaban: 3 Macam Teknik Memasuki Garis Finish Pada Lari Jarak Pendek Yaitu :Terus berlari cepat tanpa henti dengan posisi lari yang sama dan tidak berubah.Saat akan melewati garis finish, dada sedikit di condongkan ke depan.Saat akan melewati garis finish, salah satu bahu di majukan ke depan.

: Jelaskan gerak spesifik finish lari jarak pendek? – Brainly.co.id

Sebutkan 3 cara melakukan atau langkah langkah dalam melakukan aktivitas pembelajaran gerak spesifik memasuki garis finish dalam lari jarak pendek *?

Jelaskan tiga cara memasuki garis finish pada lari jarak pendek​ Jawaban: 3 Macam Teknik Memasuki Garis Finish Pada Lari Jarak Pendek Yaitu :

Terus berlari cepat tanpa henti dengan posisi lari yang sama dan tidak berubah.Saat akan melewati garis finish, dada sedikit di condongkan ke depan.Saat akan melewati garis finish, salah satu bahu di majukan ke depan

Jawaban: itu kak dah ada fotonya : Jelaskan tiga cara memasuki garis finish pada lari jarak pendek​

Jelaskan apa yang dimaksud dengan garis finish?

36 Kata-Kata Bijak tentang Garis Finis, Inspirasi dan Motivasi Mencapai Tujuan – Ragam Bola.com Ilustrasi mencapai finis, garis finis. (Photo by RUN 4 FFWPU from Pexels) Bola.com, Jakarta – Luangkan waktumu untuk membaca dan menghayati tentang garis finis, yang menginspirasimu untuk mencapai tujuanmu.

Garis finis adalah garis yang menandai berakhirnya perlombaan. Dalam artikel ini digunakan secara simbolis sebagai tujuan hidupmu. Mencapai tujuan akhirmu dengan segala daya tahan dan kerja keras tanpa menyerah adalah jalan menuju kesuksesan. Terkadang kegagalan atau kemunduran dapat mematahkan semangat kita untuk melangkah maju menuju impian kita.

Mencapai garis finis tidak selalu mudah. Banyaknya rintangan dapat membuatmu lelah secara mental dan kehilangan motivasi. Namun, begitu kamu sudah melakukan start, memulai, kamu harus menuntaskannya, menuju serta melewati garis finis.

Tidak apa-apa jika dalam perjalanannya kamu terjatuh, tersandung, menurunkan kecepatan, bahkan beristirahat sebentar selama kamu tetap bertujuan melintasi garis finis.Ada banyak perihal garis finis yang akan memberimu pemahaman lebih luas.Di bawah ini kumpulan tentang garis finis, dinukil dari Therandomvibez, Selasa (22/3/2022).

Berita video spotlight kali ini membahas tentang lima pembalab rookie di MotoGP 2022, salah satunya ialah Remy Gardner. Ilustrasi lari. (Photo by Jonathan Chng on Unsplash) 1. “Berharap untuk melihatmu di garis finis.2. “Kemuliaan menantimu di garis finis.” 3.

“Garis finis hanyalah permulaan.” 4. “Lihat garis finis dan miliki kekuatan untuk mencapainya. Itu yang kita lakukan.” 5. “Saya tidak datang sejauh ini untuk hanya sampai sejauh ini.” 6. “Garis finis hanyalah awal dari balapan yang sama sekali baru.” 7. “Pelari melakukannya – mereka berlari ke garis finis bahkan jika orang lain telah mencapainya lebih dulu.” 8.

“Garis finis sudah di depan mata.” – David Heymann 9. “Sebuah tujuan adalah mimpi dengan garis finis.” – Duke Ellington Ilustrasi mencapai finis, garis finis. (Photo by César Valeu from Pexels) 10. “Banyak yang akan memulai dengan cepat, hanya sedikit yang akan berakhir dengan kuat.” – Gary Ryan Blair 11.

“Perlawanan paling besar terjadi tepat sebelum garis finis.” – Steven Pressfield 12. “Menang tidak selalu berarti menjadi yang pertamakemenangan yang sesungguhnya adalah tiba di garis finis tanpa penyesalan karena kamu tahu bahwa kamu sudah berusaha keras.” – Apolo Ohno 13. “Sukses itu hampa jika sampai di garis finis sendirian.” – Howard Schultz 14.

“Menjadi yang pertama melewati garis finis membuatmu menjadi pemenang hanya dalam satu fase kehidupan. Apa yang kamu lakukan setelah melewati batas itulah yang benar-benar diperhitungkan.” – Ralph Boston 15. “Keajaiban bukanlah bahwa saya selesai. Keajaibannya adalah saya memiliki keberanian untuk memulai.” – John Bingham 16.

“Tetap fokus pada garis finis dan bukan pada kekacauan di sekitarmu.” – Rihanna 17. “Jalan cinta sejati tidak pernah berjalan mulus. Kemungkinan besar kamu kehabisan bensin, ban pecah, dan menabrak dinding sebelum kamu melewati garis finis.” – Erin McCarthy 18. “Tidak ada garis finis. Ketika kamu mencapai satu tujuan, temukan yang baru.” – Chuck Norris Ilustrasi mencapai finis, garis finis.

(Photo by RUN 4 FFWPU from Pexels) 19. “Untuk mencapai garis finis, kamu harus mencoba banyak jalur berbeda.” – Amby Burfoot 20. “Hidup adalah perlombaan, dan yang terpenting adalah ketika seseorang melewati garis finis, tetapi seberapa kuat mereka tumbuh di sepanjang jalan.” – Jen Stephens 21.

  1. Hidup adalah satu-satunya balapan yang akan kamu jalani di mana kamu tidak tahu di mana garis finisnya.” – Steve Farrar 22.
  2. Terus bergerak ke arah impianmu.
  3. Tidak peduli seberapa lambat tampaknya, tetap fokus, kamu akan sampai ke garis finis.” – Lailah Gifty Akita 23.
  4. Mungkin garis start seharusnya menjadi garis finismu.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerak Lompat Saling Silang?

Jangan takut untuk berjalan mundur.” – Tablo 24. “Makin lama saya bertahan dalam perjalanan menuju tujuan saya, makin dekat saya sampai ke garis finis.” – Debasish Mridha 25. “Memulai dengan kuat itu bagus. Menyelesaikan dengan kuat itu epik.” – Robin Sharma 26.

Saya menyadari sesuatu. Itu bukan garis akhir bagi saya Ini adalah garis awal baru saya.” – Wendelin Van Draanen 27. “Terkadang kita menjadi begitu fokus pada garis finis, sehingga kita gagal menemukan kebahagiaan dalam perjalanan.” – Dieter F. Uchtdorf Ilustrasi olahraga, lari, atletik. (Image by Pexels from Pixabay) 28.

“Ketika kamu melewati garis finis, itu akan mengubah hidupmu selamanya.” – Dick Beardsley 29. “Penderitaan menghasilkan daya tahan yang memungkinkanmu mencapai garis finis dari perlombaan yang ada di depanmu.” – Catherine Martin 30. “Dalam maraton kehidupan, tidak ada garis finis.” – Bill Courtney 31.

  • Setelah kamu berkomitmen pada sesuatu, percepat dirimu ke garis finis.” – Meb Keflezighi 32.
  • Untuk menjadi sukses seseorang harus membuat perubahan sebagai proses yang berkelanjutan.
  • Ualitas adalah perlombaan tanpa garis finis.” – David T.
  • Earns 33.
  • Ebenaran selalu membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk melewati garis finis.” – Kim Basinger 34.

“Kamu tidak boleh menyerah sampai garis finis, itu adalah sesuatu yang saya pelajari.” – Gwen Jorgensen 35. “Taklukkan ketakutanmu, satu demi satu ketakutan, dan pada akhirnya kamu akan mencapai garis finis.” – Jeanette Coron 36. “Untuk semua orang yang mengira saya tidak bisa melakukannya untuk semua orang yang berpikir saya tidak seharusnya melakukannya untuk semua orang yang berkata, ‘Tidak mungkin’ sampai jumpa di garis finis!” – Christopher Reeve Sumber: Therandomvibez Dapatkan artikel kata-kata bijak dari berbagai tema lain dengan mengeklik,

Bagaimana cara cara memasuki garis finish pada nomor lari jarak pendek?

3. Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek adalah Bagian Akhir atau Finish – Para pelari beradu cepat saat tampil pada Kejurnas Atletik 2019 nomor 4×100 meter estafet senior putra di Stadion Pakansari, Bogor pada Rabu (8/8/2019). Kejurnas Atletik berlangsung dari 3 hingga 7 Agustus.

Bola.com/Peksi Cahyo) Apabila sudah memahami cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian start dan saat berlari, kemudian pahami bagian akhirnya atau finish. Ini cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian intinya. Yahya Eko Nopiyanto dan Septian Raibowo, menjelaskan cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti ini yang paling menentukan kemenangan seorang pelari cepat.

Kemenangan ditentukan selisih waktu seperseratus atau seperseribu detik pelari yang memasuki garis finish. Bagaimana cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti tersebut? Dijelaskan, cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti ada tiga hal.

  • Ini penjelasannya: – Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan dengan lari terus tanpa mengubah sikap – Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan dengan dada dicondongkan ke depan.
  • Emudian cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan kedua tangan diayunkan ke belakang, gerakan ini di Amerika biasa disebut merobohkan diri the lunge.

– Cara memasuki garis finish lari jarak pendek adalah bagian inti, dilakukan dada diputar dengan mengayunkan tangan ke depan atas, sehingga bahu sebelah kanan atau kiri maju ke depan.

Bagaimana cara seorang pelari memasuki garis finish pada lari jarak menengah?

Detil jawaban –

  • Kelas: 4
  • Mapel: Penjaskes
  • Bab: Bab 2 – Atletik

Kode: 4.22.2 Kata Kunci: Garis, Finish, Lari

: sebutkan teknik memasuki finish dalam lari jarak menengah?

Teknik apa yang dilakukan saat akan melewati garis finish?

Halo Hanna H. Terima kasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab, ya. Jawaban dari soal di atas adalah : -Menjatuhkan dada ke depan. -Menjatuhkan salah satu bahu ke depan. -Lari secepat-cepatnya sampai beberapa meter melewati garis finish. Yuk simak pembahasan berikut ! Lari jarak pendek atau sprint adalah salah satu jenis lari yang dilakukan dengan kekuatan dan kecepatan penuh sepanjang garis lintasan dari start hingga finish dimana pemenangnya ditentukan berdasarkan catatan waktu yang paling singkat.

  • Terdapat tiga jarak lintasan yang dilombakan pada lari jarak pendek, yaitu lari jarak 100 meter, 200 meter dan 400 meter.
  • Hal-hal dasar yang harus diketahui pelari jarak pendek adalah sebagai berikut: 1.
  • Tubuh sedikit condong ke depan saat berlari, kedua lengan sedikit fleksi 90 derajat dan diayunkan searah dengan gerakan saat berlari.2.
You might be interested:  Latar Belakang Merupakan Bagian Dari Rancangan Penelitian Yang Berisi Tentang?

Otot-otot bagian depan dan kedua lengan tetap dalam keadaan rilek.3. Tungkai bawah ditolakan dengan kuat sampai lurus, dan pengangkatan pada depan diusahakan sampai posisi sejajar dengan tanah.4. Pinggang tetap dalam posisi ketinggian yang sama selama berlari.5.

Apakah tiga teknik dasar yang harus dikuasai dalam lari sprint?

KOMPAS.com – Lari jarak pendek atau lari sprint memiliki tiga teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para pelari, yakni teknik start atau awalan, teknik berlari, dan teknik melewati garis finish, Teknik berlari sangat mempengaruhi kecepatan pelari, maka dari itu perlu penguasaan teknik.

  1. Posisi kepala dan leher rileks dan pandangan fokus ke depan.
  2. Ketika berlari, tekuk siku pada posisi 90 derajat.
  3. Saat lengan bergerak, jaga agar posisi bahu tetap stabil dan rileks.
  4. Ketika berlari, angkat lutut bagian depan serta luruskan kaki bagian belakang.
  5. Usahakan agar langkah kaki pendek, namun tetap dalam kecepatan maksimum.

Baca juga: Teknik Start pada Lari Jarak Pendek Selain lima teknik dasar tersebut, lari jarak pendek juga memiliki teknik dasar lainnya, yakni gerak kaki serta gerak tangan. Berikut adalah penjelasannya yang dikutip dari Buku Kepelatihan Atletik Jalan dan Lari (2018), karya Suratmin.

Gerak kaki

Sama seperti olahraga lari lainnya, posisi kaki dalam lari jarak pendek diawali dengan melangkah. Dalam lari jarak pendek, posisi mata kaki dan lutut diangkat sambil mendorong pinggul ke depan. Ketika melangkah, salah satu kaki ditekuk serta bergerak ke depan.

Gerak tangan

Berbeda dengan lari jarak menengah dan lari jarak jauh, lari cepat atau lari sprint membutuhkan gerakan mengayun tangan yang lebih kuat, karena sangat dipengaruhi oleh kecepatan angin. Saat akan mengayun tangan, pastikan siku ditekuk dengan posisi 90 derajat.

  • Gerakan ayunan tangan ini dilakukan ke depan hidung serta ke bagian belakang.
  • Baca juga: Teknik Dasar Lari Estafet Lari jarak pendek sangat mengandalkan gerak kaki dan tangan yang benar agar bisa menghasilkan kecepatan maksimum.
  • Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa yang dimaksud dengan gerakan finish?

Pengertian dari gerakan finish dalam lari jarak pendek – Brainly.co.id 1. Berlari secepatnya melalui garis finish tanpa mengubah sikap lari;2. Membusungkan dada ke depan, kedua lengan ditarik ke belakang; 3. Menjatuhkan/membungkukan salah satu bahu ke depan. : Pengertian dari gerakan finish dalam lari jarak pendek – Brainly.co.id

Gerak spesifik gerak langkah dalam permainan tenis meja disebut?

dalam permainan tenis meja, gerak spesifik langkah kaki disebut​ Penjelasan: Teknik Dasar Cara Memegang Bet Tenis Meja Cara menggunakan atau memegang bet dalam permainan tenis meja memang sangat penting, teknik ini akan membuat hasil pukulan yang berbeda beda.

  • Dalam teknik memegang bet terdapat tiga macam yaitu Teknik Shakehand Grip (Seperti berjabat tangan), teknik penhold grip (seperti mencengkram pena) dan Teknik Seemiller Grip (teknik percabangan dari handshake).
  • Teknik Shakehand Grip Pada teknik ini biasanya digunakan para pemain tenis meja profesional dari benua Eropa, teknik ini memegang bet seperti ketika kita berjabat tangan.

Dalam permainan kedua sisi bet digunakan, sehingga memudahkan kita untuk menerima atau melakukan smash. – Teknik Penhold Grip Teknik yang lebih sering disebut dengan teknik Asia, hal ini dikarenakan banyak pemain Asia yang menggunakan teknik ini. Caranya sama seperti kita memegang pena, dalam pelaksanaannya sisi bet yang digunakan hanya satu sisi saja.

Dipilih sisi paling nyaman yang digunakan. – Teknik Seemiller Grip Teknik ini hampir sama dengan shakehand grip, namun mempunyai perbedaan pada jari telunjuk. Pada teknik ini jari telunjuk memegang seluruh bagian bet dan bet diputar ke arah badan dengan derajat sekitar 20 hingga 90 derajat.2. Teknik Stance (Bersiap Siaga) Teknik stance adalah teknik penempatan posisi badan, kaki dan tangan saat kondisi bertahan atau akan menyerang lawan.

Gerakan ini sangat penting, karena berpengaruh pada kesiapan kita saat menerima serangan dan hasil pukulan saat melakukan serangan. Teknik Stance terbagi menjadi dua macam yaitu Square Stance dan Side Stance. – Teknik Side Stance Cara melakukan teknik side stance ini badan harus berada pada posisi menyamping kiri atau kanan.

  1. Posisi bahu lebih berada di dekat net saat melakukan serangan, untuk Anda yang menggunakan tangan kanan maka posisi bahu kanan Anda harus dekat dengan net saat Anda melakukan pukulan dengan teknik forehand.
  2. Teknik Square Stance Teknik square stance adalah teknik posisi tubuh kita berada menghadap ke meja.

Posisi ini merupakan posisi awal kita setelah menerima serangan dan juga menerima servis dari lawan. Untuk melakukan posisi ini usahakan satu kaki saja yang berpindah ke kanan, kiri, depan dan belakang. Hal tersebut memudahkan kita untuk melakukan gerakan ini, apalagi kita mempunyai kelincahan yang bagus.3.

Teknik Footwork atau teknik gerakan kaki Teknik Footwork adalah teknik gerakan kaki untuk mendekati arah bola baik ketika posisi menyerang atau bertahan. Gerakan kaki pada teknik Footwork ini bermacam macam, semua tergantung dari jarak datangnya bola. Jika bola masih dapat dijangkau dengan satu langkah, maka cukup kita berpindah sejauh satu langkah.

Untuk teknik ini juga terdapat gerakan yang namanya two step. Untuk melakukan Two step anda dapat sedikit menekuk lutut Anda, kemudian melakukan posisi kuda kuda dengan kedua kaki harus imbang. Setelah itu ujung kaki menjadi tumpuan seluruh berat badan Anda dan yang terakhir bila ingin melakukan sebuah serangan kearah kanan lawan maka berat badan bertumpu pada kaki bagian kanan.4.

Teknik Stroke (Teknik Pukulan) Teknik pukulan ini dilakukan saat bertahan atau menyerang, terdapat dua teknik pukulan yaitu forehand dan backhand. Kedua jenis pukulan tersebut dilakukan sesuai dengan kebutuhan saat pertandingan berlangsung, jadi kita harus dapat memastikan kapan kita melakukan pukulan forehand dan backhand.

You might be interested:  Bagaimana Sikap Awal Melakukan Gerakan Melempar Bola Menyusur Tanah?

UDHH YAAAA : dalam permainan tenis meja, gerak spesifik langkah kaki disebut​

Sebutkan apa saja gerak spesifik?

Gerak spesifik aktivitas pembelajaran permainan sepak bola terdiri dari berbagai macam gerakan, antara lain: (1) Gerak spesifik menendang bola, (2) Gerak spesifik menahan bola (trapping), (3) Gerak spesifik menggiring bola (dribbling), (4) Gerak spesifik tipu, (5) Gerak spesifik menyundul bola (heading), (6) Gerak

Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak spesifik?

Bobo.id – Di sekolah kita akan mempelajari permainan bola voli dalam pelajaran olahraga atau penjaskes (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Tentunya kita harus tahu apa saja gerak yang ada dalam permainan bola voli. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang gerak bermain bola voli.

Mulai dari gerak dasar hingga gerak spesifik permainan bola voli. Yuk, simak! Baca Juga: Contoh Variasi Gerak Lokomotor dalam Olahraga, dari Sepak Bola sampai Voli Gerak Dasar Permainan Bola Voli Berikut adalah beberapa gerak dasar permainan bola voli, yaitu: 1. Servis Servis adalah pukulan permulaan untuk memainkan bola voli, teman-teman.

Teknik servis terdiri dari servis bawah dan servis atas. – Servis Bawah Untuk melakukan servis bawah, pemain mengambil posisi kaki kiri lebih depan, lutut agak direndahkan di belakang garis. Kemudian tangan kiri memegang bola dengan lengan kanan diluruskan dan ditarik ke belakang.

  1. Bola dilambungkan kemudian dipukul dengan telapak tangan atau kepalan tangan.
  2. Baca Juga: Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Olahraga Bola Besar: Sepak Bola, Voli, dan Basket – Servis Atas Untuk servis atas, posisi awalnya sama dengan servis bawah.
  3. Emudian tangan kiri memegang bola.

Saat bola dilambungkan ke atas, kaki melompat ke atas dan tangan kanan memukul tengah bola. Pukulan bisa dilakukan dengan telapak tangan maupun kepalan tangan.2. Passing Setelah servis, pemain melakukan passing atau penerimaan bola dari servis lawan atau operan dari pemain lain dalam satu tim.

  • Dalam bola voli, ada dua macam teknik passing, yaitu passing bawah dan passing atas.
  • Passing Bawah Cara melakukan passing bawah adalah sikap setengah jongkok, lutut ditekuk, kedua tangan dirapatkan lurus.
  • Saat ada bola datang, gerakan lengan ke atas condong ke depan.
  • Baca Juga: Contoh Gerak Non Lokomotor pada Olahraga yang Menggunakan Bola, Mulai dari Voli sampai Tenis Meja – Passing Atas Posisi awal saat akan melakukan passing atas sama dengan passing bawah.

Namun posisi tangan mengarah ke atas dan telapak tangan terbuka. Saat ada bola datang, gerakan lengan ke atas condong ke depan.3. Smash Teknik smash atau spike merupakan pukulan keras untuk mengembalikan bola ke daerah lawan. Biasanya teknik smash dilakukan saat bola melambung di atas net, baik dari teman satu tim, maupun dari arah tim lawan.

Tujuan dari teknik smash adalah agar bola tidak bisa diraih oleh lawan.4. Block Teknik block atau bendungan merupakan teknik yang digunakan untuk membendung pertahanan lawan. Biasanya, block dilakukan di dekat net, teman-teman. Ini dilakukan agar smash yang dilakukan oleh lawan tidak menghasilkan poin.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Inilah Bedanya Voli Lapangan dan Voli Pantai Gerak Spesifik Permainan Bola Voli Selain gerak dasar, ada juga gerak spesifik dalam permainan bola voli. Apa itu gerak spesifik? Gerak spesifik adalah cara memainkan permainan olahraga dengan teknik tertentu dengan tujuan mendapatkan hasil yang optimal.

Ada empat gerak spesifik dalam permainan bola voli, yaitu passing bawah, passing atas, spike/smash, servis, dan bendungan. Passing Bawah Cara melakukan gerak spesifik passing bawah: – Buka kedua kaki selebar bahu dan lutut ditekuk – Rapatkan dan luruskan kedua lengan di depan badan hingga kedua ibu jari sejajar – Lakukan gerakan mengayun kedua lengan secara bersamaan dari bawah ke atas hingga setinggi bahu – Saat bola tersentuh kedua lengan kedua lutut diluruskan – Perkenaan bola yang baik tepat pada pergelangan tangan Passing Atas Cara melakukan gerak spesifik passing Atas: – Buka kedua kaki selebar bahu dan lutut agak ditekuk.

– Letakkan kedua tangan di atas, tepatnya di depan dahi – Condongkan badan sedikit ke depan dengan pandangan ke arah bola datang – Renggangkan jari-jari kedua tangan – Perkenaan bola dilakukan dengan mengikuti gerakan bola dan dorong sampai bola melambung – Sesuaikan gerakan tangan dengan lemah atau kerasnya bola yang datang.

Baca Juga: Sepak Takraw, Permainan Anak Desa yang Jadi Salah Satu Cabang Olahraga Cara Latihan Gerak Spesifik P assing – Passing dari memantulkan bola ke lantai – Passing dengan melambungkan bola ke atas – Passing dengan berpasangan atau berkelompok – Passing dengan net secara berpasangan atau berkelompok – Passing dengan berlatih di lapangan kecil bersama kelompok (4 orang) Servis Bawah Cara melakukan gerak spesifik servis bawah: – Letakkan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang – Pegang bola di salah satu tangan – Lambungkan bola setinggi bahu – Di waktu yang bersamaan lengan kanan diayunkan ke belakang, kemudian pukul bola dengan tangan kanan – Perkenaan bola tepat pada tangan dan telapak tangan menghadap ke arah bola – Pukulan dilakukan dengan tangan dalam keadaan mengepal – Setelah bola dipukul, diteruskan dengan melangkahkan kaki kanan ke depan Baca Juga: Gerakan Lokomotor, Non Lokomotor, dan Manipulatif dalam Olahraga Bola Voli Servis Atas Cara melakukan gerak spesifik servis atas: – Berdiri dengan satu tangan memegang bola – Lambungkan bola – Rapatkan jari-jari di tangan untuk memukul – Arahkan pukulan bola agar bisa melewati net – Pukul bola dengan sekuat tenaga agar membentuk atau bergelombang Sumber: Buku Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudaaan, 2017.

(Penulis: Avisena Ashari, Sarah Nafisah) – Ayo, kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu. Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.