Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Melempar Bola Basket Diatas Kepala?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Spesifik Melempar Bola Basket Diatas Kepala
Mengoper bola dari bawah – Lemparan ini baik dilakukan untuk operan jarak dekat terutama bila lawan melakukan penjagaan satu lawan satu. Berikut gerakan mengoper bola dari bawah:

Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, lutut sedikit ditekuk. Pegang bola dengan kedua tangan di samping badan. Lemparkan bola dengan ayunan kedua lengan bawah. Bola dilepaskan setinggi antara pinggang dan dada.

Apa saja gerak spesifik dalam permainan bola basket?

Gerak Spesifik Permainan Bola Basket

Gerak spesifik permainan bola basket meliputi :(1) Gerak spesifik melempar dan menangkap bola, (2) Gerak spesifik menggiring bola, (3) Gerak spesifik menembak, (4) Gerak spesifik gerakan berporos, (5) Gerak spesifik Lay-Up shoot, dan (6) Gerak spesifik merayah/rebound.

Katika kita melihat gerakan spesifik tersebut, kita bisa mengperkirakan bahwa permainan bola basket merupakan permainan yang gerakannya sangat kompleks, yaitu gabungan dari jalan, lari, lompat, serta unsur kekuatan, kecepatan, ketepatan, kelentukan, dan lain-lain.

Sehingga untuk melakukan gerakan-gerakan bola basket secara baik seperti diatas diperlukan kemampuan dasar fisik yang memadai. Kondisi fisik yang baik akan memudahkan melakukan gerakan-gerakan yang lebih sulit (kompleks). Selanjutnya akan maoioak sajikan contoh contoh gerakan sepsifik diengkali dengan gambar supaya memudahkan.

Mudah – mudahan bermanfaat. : Gerak Spesifik Permainan Bola Basket

Bagaimana cara melempar atau mengoperkan bola basket?

2. Gerak Spesifik Menangkap Bola – Antara lemparan (operan) dan menangkap bola merupakan dua unsur yang sulit dipisahkan. Sebab untuk melakukan lemparan biasanya dimulai dari menangkap bola terlebih dahulu. Amati dan peragakan gerakan menangkap bola permainan bola basket berikut ini.

  1. Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut sedikit ditekuk.
  2. Kedua tangan agak ditekuk dan kedua telapak tangan menghadap ke depan serta jari-jari tangan terbuka.
  3. Kemudian suruh temanmu melempar bola setinggi dada ke arahmu.
  4. Lalu tangkap bola tersebut dan bawalah ke arah dada.
  5. Selama pembelajaran, berikan koreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.
You might be interested:  Bagaimana Posisi Tumit Pada Kaki Tumpuan Saat Melakukan Gerakan?

Menangkap bola permainan bola basket.

Bagaimana cara melempar bola dari atas kepala permainan bola basket?

Mengoperkan bola dari atas kepala – Operan ini dilakukan dengan dua tangan dan bola berada di atas kepala agak ke belakang. Untuk melakukan operan ini pada dasarnya sama dengan operan setinggi dada, hanya posisi letak bola yang berbeda, yaitu di atas kepala. Amati dan peragakan gerakan melempar bola dari atas kepala permainan bola basket berikut ini.

  1. Berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, lutut sedikit ditekuk.
  2. Bola dipegang dengan kedua tangan di atas kepala.
  3. Kemudian coba kamu lemparkan bola tersebut ke arah sasaran bola ke atas.
  4. Bola dilepaskan dengan lecutan ujung jari tangan.
  5. Gerakan akhir dengan meluruskan lengan searah dengan lepasnya bola.
  6. Selama pembelajaran, berikan koreksi gerakan yang dilakukan oleh temanmu.

Mengoper bola dari atas kepala permainan bola basket.

Apa itu gerak spesifik menangkap bola?

Gerak Spesifik Menangkap Bola Antara lemparan (operan) dan menangkap bola merupakan dua unsur yang sulit dipisahkan. Sebab untuk melakukan lemparan biasanya dimulai dari menangkap bola terlebih dahulu. Amati dan peragakan gerakan menangkap bola permainan bola basket berikut ini. Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut sedikit ditekuk.