Bagaimana Cara Melakukan Gerak Servis Panjang Forehand?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Servis Panjang Forehand
Servis Panjang Forehand – Dikutip dari laman resmi PB Djarum, servis panjang forehand bertujuan untuk melambungkan shuttlecock atau bola ke bagian belakang dari area permainan lawan. Umumnya, teknik servis panjang forehand dipakai dalam pertandingan tunggal atau single.

  1. Posisi awal melakukan gerak spesifik servis panjang forehand dalam permainan bulu tangkis adalah memosisikan grip raket menghadap ke muka arah shuttlecock.
  2. Shuttlecock atau bola dipegang menggunakan satu tangan dan diposisikan di depan bahu kiri.
  3. Posisi kaki kiri berada di depan, sedangkan kaki kanan di belakang. Posisi dada menghadap ke samping.
  4. Pastikan konsentrasi penuh sebelum memukul shuttlecock.

Lihat Foto badmintonphoto Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, saat bertanding melawan wakil Jepang pada laga ketiga Grup A Piala Uber 2020. Gerakan Memukul

  1. Angkatlah tangan kiri yang sedang memegang shuttlecock sampai sejajar dengan bahu. Secara bersamaan, tangan kanan mengayun,
  2. Jatuhkanlah shuttlecock, secara bersamaan tangan kanan mengayun memukul shuttlecock.
  3. Shuttlecock harus dipukul menggunakan tenaga penuh agar melayang tinggi dan jatuh tegak lurus ke bagian belakang garis lapangan lawan.
  4. Saat memukul shuttlecock, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki kontak dengan lantai.

Baca juga: Bagaimana Nasib Shuttlecock Bekas Usai Turnamen Bulu Tangkis? Akhiran Setelah melakukan pukulan, harus diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan. Gerakan ini dilakukan secara harmonis. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Contents

You might be interested:  Teknik Rancangan Sampel Yang Dipakai Oleh Peneliti Tersebut Adalah?

Bagaimana rangkaian gerak spesifik servis panjang forehand dalam permainan bulu tangkis?

Sikap Awal –

Posisi awal melakukan gerak spesifik servis panjang forehand dalam permainan bulu tangkis adalah memosisikan grip raket menghadap ke muka (depan) arah shuttlecock, Shuttlecock atau bola dipegang menggunakan satu tangan dan diposisikan di depan bahu kiri. Posisi kaki kiri berada di depan, sedangkan kaki kanan di belakang. Posisi dada menghadap ke samping. Pastikan konsentrasi penuh sebelum memukul shuttlecock,

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Servis Panjang Forehand badmintonphoto Tunggal putri Indonesia, Gregoria Mariska Tunjung, saat bertanding melawan wakil Jepang pada laga ketiga Grup A Piala Uber 2020.

Bagaimana cara melakukan servis forehand tinggi?

Servis Panjang Forehand adalah – Jenis pukulan forehand tinggi umumnya digunakan dalam permainan tunggal, di mana kok harus dipukul menggunakan tenaga penuh agar kok melayang tinggi dan jatuh tegak lurus di bagian belakang garis lapangan lawan. Cara melakukan servis forehand tinggi adalah sebagai berikut:

Saat memukul kok, kedua kaki terbuka selebar pinggul dan kedua telapak kaki terjadi kontak dengan lantai. Perhatikan gerakan ayunan raket, seperti ke belakang dan ke depan. Setelah melakukan pukulan, maka harus dilakukan dengan sempurna. Kemudian, diikuti gerak peralihan titik berat badan dari kaki belakang ke kaki depan yang harus berlangsung secara berkala. Biasakan selalu berkonsentrasi sebelum memukul kok. Hanya dengan berlatih tekun dan berulang-ulang tanpa mengenal lelah, kamu bisa menguasai teknik servis forehand tinggi dengan sebaik-baiknya.

Servis Backhand (Sumber: Flickr) Jenis servis ini berfokus pada arah dan jatuhnya kok sedekat mungkin dengan garis serang pemain lawan. Lalu, kok sedapat mungkin melayang relatif dekat di atas jaring (net). Maka dari itu, jenis servis ini kerap digunakan oleh pemain ganda. Cara melakukan servis backhand adalah sebagai berikut:

You might be interested:  Bagaimana Posisi Tangan Saat Melakukan Gerakan Ke Samping Kanan?

Sikap berdiri, kemudian kaki kanan di depan kaki kiri dengan ujung kaki kanan mengarah ke sasaran yang diinginkan. Kedua kaki terbuka selebar pinggul, lutut dibengkokkan sehingga sikap seperti ini titik berat berada di antara kedua kaki. Sikap badan tetap rileks dan penuh konsentrasi. Ayunan raket relatif pendek, sehingga kok hanya didorong dengan bantuan peralihan berat badan dari belakang ke kaki depan. Kemudian, dengan irama gerak kontinu dan harmonis. Hindari menggunakan tenaga pergelangan tangan yang berlebihan, karena akan memengaruhi arah dan akurasi pukulan. Sebelum melakukan servis, perhatikan posisi dan sikap berdiri lawan sehingga dapat mengarahkan kok ke sasaran yang tepat dan sesuai perkiraan. Biasakan berlatih dengan jumlah kok yang banyak dan berulang-ulang tanpa mengenal rasa bosan. Lalu, hingga dapat menguasai gerakan serta keterampilan servis ini secara utuh dan baik/sempurna.

Demikian servis forehand dalam permainan bulu tangkis yang dapat kamu kuasai dengan mudah. Selamat bermain!

Bagaimana cara melakukan teknik dasar servis panjang forehand pada permainan bulu tangkis?

Play Badminton,

Servis panjang adalah servis dasar yang dilakukan dengan mengarahkan bola tinggi dan jauh, dan bola harus berbalik dan jatuh sedekat mungkin dengan garis batas belakang. Teknik dasar servis panjang forehand dapat anda lakukan dengan cara berikut ini.

Apa itu servis forehand panjang?

Cara Melakukan Servis Forehand Panjang dalam Bulutangkis – Para pemain bulu tangkis kerap menggunakan teknik servis forehand panjang untuk menghasilkan laju kok yang melambung tinggi. Harapannya, shuttlecock akan jatuh di area garis belakang lapangan permainan lawan.

Kok yang dipukul dengan servis forehand panjang akan melambung, terbang dalam posisi parabola, serta jatuh di bagian belakang area lawan. Ketika lawan berada di area depan, berdekatan dengan net, ia membutuhkan waktu untuk bergerak mundur ke belakang. Dengan demikian, pemain yang memukul bola dengan forehand panjang memiliki sejumlah waktu untuk menyusun strategi atau langkah selanjutnya.

Berikut ini cara melakukan servis forehand panjang dalam bulu tangkis: 1. Raket dipegang dengan teknik forehand grip 2. Posisi tangan yang memegang raket berada di bagian belakang untuk ancang-ancang.3. Pemain berdiri dengan sikap siap melangkah. Berat badan diitumpu dengan kaki belakang.4.

  • Ok atau bola dipegang setinggi pinggang.5.
  • Gerakkan badan bersamaan dengan saat raket diayun ke depan.6.
  • Arah badan seturut dengan sasaran jatuhnya kok.7.
  • Lalu, kok dipukul raket pada ketinggian lutut.8.
  • Raket digerakkan lurus ke atas searah gerakan kok.9.
  • Pada saat bersamaan, pinggul dan bahu diputar ke depan.10.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Langkah Silang Pada Aktivitas Gerak Berirama?

Pandangan mata mengikuti arah kok yang melambung tinggi dan menuju ke bidang lapangan lawan.