Bagaimana Cara Melakukan Gerak Pukulan Chop Pada Bulutangkis?

Bagaimana Cara Melakukan Gerak Pukulan Chop Pada Bulutangkis
jelaskan cara melakukan pukulan chop dalam permainan bulutangkis​ Jawaban: 1. Letakkan posisi tangan pada pegangan forehand, pegang raket dan posisinya di samping bahu.2. Posisi badan menyamping (vertikal) dengan arah net. Posisi kaki kanan berada di belakang kaki kiri dan pada saat memukul bola, harus terjadi beban badan dari kaki kanan ke kaki kiri.

  1. Posisi dalam keadaan siap untuk memukul.
  2. Raket Ayunkan.3.
  3. Pukul shuttlecock seperti gerakan melempar (lecut pergelangan tangan pada saat raket mengenai shuttlecock).4.
  4. Pada saat pemanggilan raket shuttlecock, tangan harus lurus.
  5. Posisi akhir raket mengikuti arah bola, lalu dilepas, serang raket jatuh di depan badan.

Usahakan bolah jatuh di dekat net daerah lawan 5. Setelah memukul, kaki kiri mendarat lebih dahulu, di bagian depan kaki (agak berjingkat) badan harus condong ke depan. : jelaskan cara melakukan pukulan chop dalam permainan bulutangkis​

Bagaimana gerakan pukulan chop?

Jenis pukulan chop tenis meja – Teknik pukulan satu ini ada dua macam, yakni forehand chop dan backhand chop,1. Forehand chop Baca juga: Sejarah Singkat Tenis Meja Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik forehand, Posisi dalam melakukan forehand chop adalah badan menghadap ke arah datangnya bola dan tangan terbuka ke samping. Berikut adalah cara melakukan pukulan forehand chop :

Posisi badan siap di belakang meja, lalu kaki kanan agak mundur ke belakang. Posisi bet (alat pukul) agak terbuka menghadap ke atas, lalu disertai gerakan memukul bola seperti menebang pohon. Pada saat akan memukul bola posisi bet harus berada di atas bola dengan gerakan arah pukulan ke bawah agak ke depan. Usahakan kontak dengan bola terjadi di depan kanan badan.

2. Backhand chop Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik backhand. Posisi badan ketika akan melakukan teknik backhand chop ini tetap menghadap ke arah datangnya bola. Namun, posisi tangan yang membawa bet berada di depan dada. Bet berada di kanan badan dengan posisi bet terbuka atau sisi depan condong ke atas.

Posisi badan siap di belakang meja, lalu kaki kiri agak mundur ke belakang. Kemudian, posisi bet agak terbuka menghadap ke atas. Gerakan memukul bola seperti menebang pohon. Pada saat akan hendak memukul bola posisi bet harus berada di atas bola dengan gerakan pukulan ke bawah agak ke depan. Usahakan kontak bola pada bagian sisi bawah bet depan dengan sisi bawah bola. Usahakan perkenaan bola di kiri agak depan tubuh merupakan proses melaksanakan pukulan backhand chop dengan catatan pemain menggunakan tangan kanan. Jika kidal atau bet dipegang tangan kiri, maka sebaliknya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Apa itu pukulan chop bulu tangkis?

KOMPAS.com – Permainan bulu tangkis memiliki serangkaian teknik dasar yang wajib dikuasai oleh para pemain. Teknik dasar tersebut diterapkan agar bisa mencapai tujuan utama dari permainan bulu tangkis, Tujuan utama dari permainan bulu tangkis adalah mencetak poin dan memenangkan pertandingan.

  1. Bermacam-macam teknik harus dikuasai oleh para pemain, seperti teknik servis, teknik pukulan net dan lain sebagainya.
  2. Baca juga: Kombinasi Teknik Menggiring dan Menembak Bola dalam Permainan Basket Salah satu teknik dasar lainnya yang wajib dikuasai oleh para pemain adalah teknik pukulan dropshot,
  3. Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), teknik pukulan dropshot atau yang biasa disebut sebagai pukulan chop merupakan teknik pukulan kok ke dekat net sisi lawan.

Sasaran utama dari teknik pukulan chop adalah pada net di area lawan. Pemain harus bisa memukul kok sebaik mungkin agar kok jatuh sangat dekat dengan net. Jika kok jatuh sangat dekat dengan net, pemain lawan akan kesulitan untuk melakukan teknik serangan balik.

Saat akan melakukan teknik dropshot, gunakan jenis pegangan raket forehand, Raket dipegang dalam posisi menyamping. Salah satu tangan yang membawa raket harus dalam kondisi rileks. Usahakan agar ketika menerima lemparan kok dari pemain lawan, posisi tubuh berada di belakang kok atau shuttlecock, Posisi tangan yang membawa raket haruslah direntangkan ke depan saat akan memukul kok. Ketika memukuk kok, posisi raket harus terus mengikuti arah kok.

You might be interested:  Mengapa Kita Memerlukan Model Dalam Pembuatan Rancangan Perangkat Lunak?

Baca juga: Kombinasi Teknik Melempar dan Menangkap dalam Permainan Basket Teknik pukulan dropshot jika dilakukan dengan benar akan membuat lawan main mudah tertipu sehingga tidak bisa menghalau pukulan kok. Lakukan latihan teknik pukulan dropshot secara rutin.

Bagaimana cara melakukan pukulan forehand chop?

Forehand Chop – Posisi dalam melakukan forehand chop adalah badan menghadap ke arah datangnya bola dan tangan terbuka ke samping. Posisi badan yang benar saat melakukan pukulan forehand dalam tenis meja adalah berada di sebelah kiri bola. Sehingga, tangan kanan punya ruang yang pas untuk melakukan teknik forehand chop,

Sistem perhitungan poin apa yang digunakan dalam permainan bulutangkis?

Sistem reli 3×21 poin – Sistem ini mulai diberlakukan pada bulan Mei 2006, Tidak ada perbedaan sistem perhitungan baik untuk tunggal atau ganda maupun untuk putra atau putri. Sistem yang berlaku adalah sistem reli poin atau dengan kata lain setiap seorang pemain melakukan kesalahan, lawan langsung memperoleh poin.

Satu set terdiri dari 21 poin. Bila terjadi kedudukan 20 sama, otomatis akan terjadi jus 2 (permainan akan berakhir pada poin 22). Jus 3 akan otomatis diberlakukan bila kemudian terjadi lagi kedudukan sama (permainan akan berakhir dengan selisih 2 poin). Bila terjadi kedudukan 29 sama, tidak lagi diberlakukan jus (permainan akan berakhir pada poin 30).

Seorang pemain dinyatakan menang dalam satu set permainan bulu tangkis apa bila telah mencapai angka?

2. Aturan Servis Bulu Tangkis – Servis Bulu Tangkis (Sumber: Pixabay)

Servis adalah pukulan pertama ke arah lawan yang dilakukan oleh pemain untuk memulai suatu pertandingan dalam permainan bulu tangkis. Servis dilakukan pemain dari satu sisi (kanan atau kiri) lapangan secara menyilang menyeberangi jaring ke area lawan. Pada pertandingan bulu tangkis partai tunggal atau ganda memiliki area servis yang berbeda. Jika kok jatuh di luar area atau batas garis lapangan, maka kok dinyatakan keluar dan poin untuk penerima servis. Penentuan posisi tempat servis (kanan atau kiri) dilakukan sebelum pertandingan dimulai, dan ditentukan sesuai dengan jumlah poin yang sudah dikumpulkan oleh pemain yang akan melakukan servis. Penentuan posisi kanan untuk jumlah poin genap dan posisi kiri untuk jumlah poin ganjil. Servis dari posisi kanan dilakukan ketika jumlah poin masih sama-sama nol.

Aturan servis yang harus diperhatikan dalam permainan bulu tangkis adalah:

Posisi bagian atas (kepala) raket harus berada di bawah pegangan raket ketika memukul kok. Posisi bagian atas (kepala) raket lebih tinggi atau di bawah pinggang. Posisi kaki berada di atas garis tengah lapangan (garis depan area permainan sendiri). Kaki kiri tidak boleh melangkah (statis). Kaki kanan hanya boleh bergeser dan tidak boleh diangkat dari lantai. Mengayunkan raket dan memukul kok dilakukan secara bersama sehingga menjadi satu rangkaian. Pemain penerima servis boleh bergerak setelah pelaku servis memukul bola.

Shuttle Kock (sumber: Pixabay)

Sebelum memulai pertandingan pemain dari setiap pasangan sebagai “orang pertama”. Pilihan ini berlaku untuk setiap set dalam permainan bulu tangkis. Pemain yang akan melakukan servis “orang pertama” ditentukan dari jumlah perolehan poin genap atau ganjil. Sebelum pindah bola, masing-masing pemain dari setiap pasangan mempunyai dua kali kesempatan servis. Kecuali servis pertama pada awal setiap set tidak mendapat kesempatan kedua. Servis pertama dilakukan oleh pemain yang berada di sebelah kanan ketika pindah bola, bukan oleh “orang pertama”.

Demikian penjelasan lengkap mengenai pemain yang dinyatakan menang dalam satu set permainan bulu tangkis. Sejatinya, seorang pemain dinyatakan menang dalam satu set permainan bulu tangkis jika telah mencapai 21 poin dan selisih minimal dua poin dari lawannya.

Untuk apa tujuan melakukan pukulan chop?

KOMPAS.com – Permainan tenis meja atau pingpong sangat membutuhkan keterampilan dan penguasaan teknik yang baik. Walau terlihat mudah, namun sebenarnya cukup sulit untuk melatih diri agar bisa mengendalikan bola pingpong yang berukuran kecil dengan sebuah bet yang dilapisi karet.

  • Sama seperti olahraga lainnya, permainan tenis meja juga memiliki beberapa teknik dasar.
  • Salah satu teknik yang sangat penting untuk dipelajari para petenis meja adalah teknik pukulan.
  • Teknik ini bisa digunakan sebagai teknik serangan ataupun teknik pertahanan (menangkis serangan lawan).
  • Permainan pingpong memiliki delapan teknik pukulan, yakni drive, push, chop, lob, smash, block, spin, dan service,

Baca juga: Variasi Jenis Pukulan Drive dan Push dalam Permainan Tenis Meja Secara garis besar, teknik pukulan drive bisa menghasilkan pukulan bola yang keras dan cepat. Pukulan ini merupakan salah satu teknik menyerang lawan. Sedangkan untuk teknik pukulan push, biasanya dilakukan dengan mendorong bet agar bisa memukul bola.

Chop

Gerakan dalam teknik pukulan ini menyerupai gerakan seseorang ketika menebang pohon dengan menggunakan kapak. Umumnya teknik chop dilakukan dengan jarak yang cukup jauh dari area meja bermain. Kira-kira jaraknya adalah dua hingga lima meter. Baca juga: Sejarah Tenis Meja di Dunia dan Indonesia Pada umumnya, teknik chop digunakan untuk menangkis serangan lawan yang cukup sulit ditangkis oleh pemain.

  1. Forehand chop Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik forehand, Posisi bet ketika melakukan teknik ini adalah agak sedikit terbuka.
  2. Backhand chop Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik backhand, Posisi bet ketika melakukan teknik ini adalah bagian depannya lebih condong ke atas.
You might be interested:  Mengapa Diadakan Perubahan Rancangan Pembukaan Uud Sebelum Sidang Ppki Dimulai?

Lob

Teknik pukulan lob akan menghasilkan bola melambung ke area lawan. Lob merupakan salah satu teknik pertahanan dalam permainan pingpong. Jika melakukan teknik lob dengan baik, biasanya bola akan melambung sejauh dua hingga empat meter ke atas. Baca juga: Peraturan Umum Permainan Tenis Pukulan lob dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Forehand lob Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik forehand, Posisi bet ketika melakukan teknik ini adalah terbuka lebar.
  2. Backhand lob Jenis pukulan ini dilakukan dengan teknik backhand, Posisi bet ketika melakukan teknik ini adalah terbuka di bagian samping kiri perut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Teknik pukulan forehand atau backhand dimana bet dimiringkan sedikit AAU banyak yang jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah berputar disebut?

27. Teknik pukulan yang ini berfokus pada gerakan pukulan backhand atau forehand dengan memiringkan Jawaban: Spin adalah pukulan forehand atau backhand dimana reket dimiringkan sedikit atau banyak dimana jika mengenai bola akan mengalami perubahan arah (berputar). Pukulan ini menjadi salah satu serangan selain pukulan smash. Ada tiga jenis spin yaitu topspin, backspin dan sidespin. Penjelasan: jadi jawabannya b atau c yg jelas spin

baru tau acbd (emot betu)

: 27. Teknik pukulan yang ini berfokus pada gerakan pukulan backhand atau forehand dengan memiringkan

Bagaimana cara melakukan gerakan Amerika?

Cara Memegang Raket Gaya Amerika ( American Grip ) – Bagaimana cara melakukan gaya amerika? Jenis pegangan dalam bulu tangkis yang mana mula-mula raket diletakkan secara mendatar di atas lantai. Lalu ambil dan peganglah raket pada pegangannya, sehingga bagian tangan antar ibu jari dan jari telunjuk menempel pada bagian permukaan yang lebar dinamakan american grip.

Ciri utama dari gaya American grip berada pada posisi ibu jari dan telunjuk yang menempel pada bagian permukaan pegangan raket yang luas. Letak jari tangan ketika memegang raket dengan cara American grip membuatnya mirip dengan kegiatan menggebuk kasur. Gaya pegangan raket american grip sesuai untuk melakukan pukulan seperti smash, yang membutuhkan kekuatan sehingga kok melaju kencang ke wilayah lawan.

Baca juga: Shuttlecock dalam Bulu Tangkis: Sejarah dan Standar Internasional

Ada banyak macam Pukulandalam cabor bulu tangkis Salah satunya adalah Pokulan chop apa yang dimaksud dengan pukulan chop?

1) jelaskan yang dimaksud dengan pukulan chop dlm permainan bulu tangkis 2) apa yang dimaksud 1. Pukulan chop Pukulan dropshot adalah pukulan yang tepat melam­paui faring, dan langsung jatuh ke sisi lapangan lawan. Dropshot merupakan pukulan yang dilakukan dengan cara menyeberangkan shuttlecock ke daerah lawan dengan men­jatuhkan shuttlecock sedekat mungkin dengan net.2.

makasi uda dijadikan yang terbaik. ^-^ yg chop kok drop bknnya chop??

2. Tanda dimana permainan telah dimulai3. Zone Defence adalah Zona Bertahan atau zona dimana kita menghalau lawn agar tidak membuat angka.4. Jika pemain mendapat poin sama pada saat mendapat game point atau match poin,misal : 20-20 21-21 22-22 dst. : 1) jelaskan yang dimaksud dengan pukulan chop dlm permainan bulu tangkis 2) apa yang dimaksud

Apa itu pukulan backhand chop?

Bagaimanakah cara melakukan pukulan chop dalam permainan tenis Cara melakukan pukulan chop dalam permainan tenis dibagi menjadi 2, diantaranya ialah sebagai berikut ini :

  1. Forehand chop : Dalam teknik forehand ini ialah merupakan pukulan yang dimana pukulannya sendiri dilakukan dengan cara pukulan forehand, namun posisi bet dibuat agak sedikit terbuka. Selain itu juga gerakan bet kedepan dan dibuat condong ke arah bawah. Kontak dengan bola ini terjadi apabila pada bagian depan kanan tubuh terjadi. Selain itu, perkenaan bola pada bagian sisi bet depanpun dibuat agak bawah dan perkenaan bola di sisi bawah bola
  2. Backhand chop : Dalam teknik backhand ini ialah merupakan pukulan yang dimana pada posisi awalnya sama dengan backhand, namun posisi bet dibuat pada bagian sisi depannya sendiri lebih condong ke atas. Kontak bola dibagian sisi net bawah dibagian depan sama dengan pada sisi bawah bola terjadi. Perkenaan bola dibagian kiri ini posisinya agak didepan tubuh

Kesalahan apa yang sering terjadi ketika melakukan Choop pada permainan bulutangkis?

Analisis Keterampilan Gerak Pukulan Lob dan Gerak choop dalam Bulutangkis Analisis Keterampilan Gerak Pukulan Lob dan Gerak choop dalam Bulutangkis 1. Keterampilan Gerak Pukulan Lob Pukulan lob dalam bulutangkis sangat penting, oleh karena itu pemain harus bisa menguasai cara melakukan pukulan lob dengan baik dan berbagai variasi agar dapat mengatur serangan.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Kegiatan Gerak Memutar?

Sikap dan cara yang benar dalam memukul adalah: 1) Posisi siap, kaki kiri di depan kaki kanan di belakang.2) Pandangan ke arah datangnya kok.3) Raket di belakang kepala, siku dan bahu harus di atas.4) Persentuhan terjadi di depan atas kepala.5) Sasaran adalah garis belakang.6) Gerak lanjut (follow through) sangat diperlukan agar siap untuk melakukan pukulan berikutnya.

Perhatikan kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan lob dalam bulutangkis adalah sikap badan kaku, cara memukul bola lob yang kurang pas, cara memegang raket, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjutan.2. Keterampilan Gerak choop dalam Bulutangkis Pukulan choop dapat dilakukan melalui gerakan sebagai berikut: 1) Posisi siap, kaki kiri di depan kaki kanan di belakang.2) Pandangan ke arah datangnya shuttlecock,3) Raket di belakang kepala, siku dan bahu harus di atas.4) Persentuhan terjadi di depan atas kepala.5) Sasaran adalah daerah paling depan dekat net pertahan lawan Perhatikan kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan choop dalam bulutangkis adalah sikap badan kaku, cara memukul bola choop yang kurang pas, cara memegang raket, kaki/badan kurang rileks dan seimbang, dan tidak diikuti gerak lanjutan.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan pukulan netting?

Netting adalah jenis pukulan yang dilakukan di dekat net yang dipukul dengan sentuhan halus namun akurat. Tujuan dilakukan netting adalah supaya shuttlecock yang jatuh di bidang lawan jatuh sedekat mungkin dekat net. Koordinasi gerak kaki, lengan, keseimbangan tubuh, posisi raket dan shuttlecock saat perkenaan, dan tentunya konsentrasi saat memukul shuttlecock menjadi faktor penting.

  • Prinsip dasar saat akan melakukan netting: 1.
  • Pegang raket se-rileks mungkin 2.
  • Shuttlecock harus diambil di atas atau setinggi mungkin 3.
  • Usahakan laju shuttlecock serendah mungkin dengan bagian atas net 4.
  • Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat/sedekat mungkin dengan net Cara latihan netting: – Berdirilah di belakang garis service kira-kira dua langkah dari jaring – Peganglah raket se-rileks mungkin – Kejarlah shutlecock yang datang di depan jaring – Posisi kaki kanan selalu berada di depan baik saat melakukan netting dengan forehand ataupun netting dengan backhand.

– Agar netting lebih tipis bergulir di bidang lawan, sesaat sebelum shuttlecock tersentuh, buat tarikan kecil – Secara simultan dan bergantian arah dan sasaran pukulan bisa berbentuk lurus, silang di depan net atau bisa juga mendorong shuttlecock ke arah belakang.

Jelaskan apa fungsi dari pukulan lob?

Badminton | SMKN 52 Jakarta Bulu tangkis atau badminton adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.Mirip dengan tenis, bulu tangkis bertujuan memukul bola permainan (“kok” atau “shuttlecock”) melewati jaring agar jatuh di bidang permainan lawan yang sudah ditentukan dan berusaha mencegah lawan melakukan hal yang sama.

Partai dalam Badminton Lapangan dan Jaring Memainkan Badminton Teknik Pukulan dalam Badminton Pukulan servis Pukulan lob Prestasi Pelatih :

Ada lima partai yang biasa dimainkan dalam bulu tangkis, yaitu: 1) Tunggal putra 2) Tunggal putri 3) Ganda putra 4) Ganda putri 5) Ganda campuranLapangan bulu tangkis berbentuk persegi panjang dan mempunyai ukuran seperti terlihat pada gambar. Garis-garis yang ada mempunyai ketebalan 40 mm dan harus berwarna kontras terhadap warna lapangan.

Warna yang disarankan untuk garis adalah putih atau kuning. Permukaan lapangan disarankan terbuat dari kayu atau bahan sintetis yang lunak. Permukaan lapangan yang terbuat dari beton atau bahan sintetik yang keras sangat tidak dianjurkan karena dapat mengakibatkan cedera pada pemain. Jaring setinggi 1,55 m berada tepat di tengah lapangan.

Jaring harus berwarna gelap kecuali bibir jaring yang mempunyai ketebalan 75 mm harus berwarna putih.1) Tiap pemain atau pasangan mengambil posisi berseberangan pada kedua sisi jaring di lapangan bulu tangkis.2) Permainan dimulai dengan salah satu pemain melakukan servis.3) Tujuan permainan adalah untuk memukul sebuah kok menggunakan raket, melewati jaring ke wilayah lawan, sampai lawan tidak dapat mengembalikannya kembali.

  1. Area permainan berbeda untuk partai tunggal dan ganda, seperti yang diperlihatkan pada gambar.
  2. Bila kok jatuh di luar area tersebut maka kok dikatakan “keluar”.4) Setiap kali pemain/pasangan tidak dapat mengembalikan kok (karena menyangkut di jaring atau keluar lapangan) maka lawannya akan memperoleh poin.5) Permainan berakhir bila salah satu pemain/pasangan telah meraih sejumlah poin tertentu.Teknik pukulan adalah cara-cara melakukan pukulan pada permainan bulu tangkis dengan tujuan menerbangkan shuttlecock ke lapangan lawan.Terdapat macam-macam teknik dasar pukulan dalam permainan bulu tangkis, yaitu:Pukulan servis merupakan pukulan dengan raket untuk menerbangkan shuttlecock ke bidang lapangan lawan secara diagonal dan bertujuan sebagai permulaan permainan.

Macam-macam pukulan servis, yaitu: 1) Pukulan servis pendek 2) Pukulan servis panjang 3) Pukulan servis mendatar 4) Pukulan servis cambukPukulan lob adalah pukulan dalam permainan bulu tangkis yang bertujuan untuk menerbangkan shuttlecock setinggi mungkin mengarah jauh ke belakang garis lapangan lawan. Bagaimana Cara Melakukan Gerak Pukulan Chop Pada Bulutangkis : Badminton | SMKN 52 Jakarta