perjalanan semalam suntuk dan tidak tidur setelah solat subuh

Hukum Dan Dampak Tidur Setelah Subuh Yang Belum Kita Ketahui

Tidur setelah subuh  – Saudaraku yang seiman dan seakidah yang dimuliakan oleh Allah. Kali ini saya akan memposting sebuah artikel mengenai hukum dan dampak apabila kita tidur setelah subuh. Pasti banyak sekali yang belum kita ketahui, mulai dari hukum, keutamaan, dan dampak dari tidur itu sendiri. Yang mana terdapat banyak sekali hadits yang melarang kita untuk tidak kembali tidur setelah subuh.

Selain menyelisihi sunnah Rasul, akibat dari tidur setelah subuh itu sendiri bisa mempengaruhi kehidupan kita ke depannya, dan juga secara medispun terdapat banyak akibat yang akan kita rasakan dalam tubuh kita. Untuk itu mari kita simak baik-baik penjelasannya berikut ini.

Hukum Tidur Setelah Subuh

Dalam sebuah perbuatan pasti terdapat manfaat dan akibat yang akan kita dapatkan, dan di situlah letak pentingnya ilmu bagi kita, agar kita tahu ilmu itu sebelum melakukan suatu perbuatan. Apalagi itu adalah sebuah amal ibadah yang pastinya apabila kita tidak tahu ilmunya, amal tersebut tidak akan diterima.

1. Hukumnya Makruh

Menurut pendapat dari beberapa ulama menjelaskan bahwa hukum tidur setelah shalat subuh itu makruh (jika tidak ada udzur atau keperluan).

tidur setelah subuh
[email protected]

2. Menyelisihi Sunnah Rasul

Karena kebiasan Rasulullah dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum mengajarkan kepada kita ketika selesai melaksanakan solat subuh mereka duduk di masjid (berdzikir kepada Allah) sampai matahari terbit.

Jika kita malas berdzikir, ada baiknya juga tidak tidur tetapi melakukan ha-hal yang bermanfaat, misalkan berolahraga membuatkan sarapan untuk keluarga, mempersiapkan untuk sekolah ataupun kerja.

Keutamaan Yang Tidak Akan Didapatkan Oleh Orang Yang Tidur Setelah Subuh

keutamaan tidak tidur
[email protected]

1. Melewatkan Pahala Haji Dan Umrah Sempurna

Masyaallah, ternyata apabila kita sering tidur setelah shalat subuh, begitu agung pahala yang tidak akan kita dapatkan. Untuk itu yuk kita biasakan untuk tidak tidur setelah subuh supaya tidak melewatkan pahala haji dan umrah. Sebagaimana dalam hadis dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata,

sholat isyraq
[email protected]

Perlu digaris bawahi dan diperhatikan :

  • Hadits ini menjelaskan bahwa pahala duduk menetap di tempat shalat setelah shalat berjamaah subuh, untuk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian melakukan shalat dua rakaat (shalat isyraq). Berarti bagi anda yang tidak shalat berjamaah subuh di masjid walaupun tidak tidur setelah subuh, maka anda tidak termasuk yang mendapatkan pahala haji dan umrah tersebut.
  • Makna “mendapatkan (pahala) seperti berhaji dan umrah” maksudnya hanya dalam pahala dan balasan saja, bukan berarti ketika kita mempraktekan hadits ini kita sudah melaksanakan ibabah haji.
  • Berdzikir disini adalah umum, sepert berdzikir di waktu pagi , membaca Al-Quran, dan dzikir lainnya yang sunnah. Selain itu keutamaan bagi orang yang berdzikir di masjid tempat dia shalat sampai matahari terbit, dia tidak berbicara dan melakukan hal-hal selain berdzikir .

2. Waktu Pagi, Adalah Waktu Semangatnya Beramal

Dalam shohih Bukhari terdapat suatu riwayat dari sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

sholat berjamaah subuh secara terus menerus
[email protected]

3. Orang Yang Tidur Setelah Subuh Tidak Akan Mendapat Berkah Di Waktu Pagi

Sebagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam berdo’a,

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا
“Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Jadi, betapa ruginya jika seorang muslim melewatkan waktu berkah di pagi hari itu. Karena kebiasan Rasulullah dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum ketika hendak usai solat subuh mereka duduk di masjid (berdzikir kepada Allah) sampai matahari terbit.

Kita sering menjumpai juga banyak para pedagang sudah ramai di pasar ketika setelah subuh, mungkin mereka sudah tahu akan berkahnya di pagi hari. Jadi mereka berbondong-bondong untuk segera pergi ke pasar.

Dampak Bagi Kesehatan Apabila Tidur Setelah Subuh

Perlu kita ketahui sebagai umat muslim, karena terdapat beberapa dampak terhadap tubuh kita apabila kita tidur setelah subuh, diantaranya sebagai berikut:

1. Badan Terasa Lelah Dan Hilang Semangat

dampak yang tidur setelah subuh
[email protected]

Karena tidur setelah subuh menambah jatah tidur kita di malam hari, ketika kita tidur terlalu lama, badan akan  akan terasa lelah dan lesu karena metabolisme di dalam tubuh kita masih bekerja pada “set” malam hari.

Karena dalam ilmu kesehatan bahwa tidur yang baik dan cukup itu yakni 6 jam. Dan juga Rasulullah pun memerintahkan kita untuk tidur di awal malam.

2. Mudah Sakit

mudah sakit apabila tidur sehabis sholat
[email protected]

Secara medis juga tidak baik bagi kesehatan apabila tidur setelah subuh. Mengapa ? karena saat itu adalah metabolisme tubuh kita sedang aktif. Tubuh pun tidak akan berfungsi semana mestinya.

Dalam hal ini juga sistem kekebalan tubuh kita akan menurun. Nah, disitulah yang akan membuatmu mudah terserang penyakit, seperti mual, sakit kepala dan pusing-pusing.

3. Lemah Syahwat

dampak lain terhadap terlalu banyak tidur setelah subuh
Pexels.com

Untuk kaum pria dianjurkan untuk tidak tidur setelah shalat subuh karena akan membuatmu lemah syahwat. Jadi untuk para pria (termasuk saya sendiri) lebih baik kita melakukan aktivitas yang bermanfaat seperti olahraga agar stamina selalu terjaga dan semangat mencari nafkah, ibadah dan aktivitas lainnya seharian.

4. Terhalangnya Rezeki

tidur pagi hari akan terhalang rezeki
[email protected]

Kita sering mendengar juga apabila kita bangun siang hari maka rezeki kita telah dipatok ayam. Itulah kenapa orang bangunnya pagi bisa cepat sukses dibandingkan dengan orang yang bangunnya di siang hari karena selain terhalang rezekinya, mereka yang bangun pagi lebih siap dan semangat melakukan aktivitasnya.

Jadi kesimpulannya, kita sebagai umat islam tentu lebih utama melaksanakan sunnah-sunnah Rasul termasuk untuk tidak tidur setelah shalat subuh daripada umat lain. Selain pahala yang akan kita dapatkan, terdapat juga manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Dan menurut para ulama salaf juga, tidur yang terlarang adalah tidur setelah subuh sampai matahari terbit. Karena waktu tersebut merupakan waktu menuai ghanimah (pahala yang melimpah).

Mengisi waktu tersebut merupakan keutamaan yang sangat besar, menurut orang-orang shalih. Sehingga apabila mereka melakukan perjalanan jauh semalam suntuk, mereka tidak ingin tidur sampai matahari terbit.

Karena mereka tahu bahwa waktu pagi adalah waktu terbukanya pintu rezeki dan datangnya barakah (banyak kebaikan). (Madarijus Salikin, 1/459, Maktabah Syamilah).

*****

Semoga Allah SWT selalu memberikan taufiq dan hidayahnya, dan memberikan kemudahan kepada kepada kita semua dalam menjalani ibadah.

Wallahu a’lam.

Leave a Comment