tidur sehat ala rosul

3 Cara Tidur Ala Rasulullah Yang Disunnahkan [Terbukti] Menyehatkan

Tidur ala Rasulullah –  Seperti yang kita tahu bahwa tidur merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap makhluk hidup (termasuk manusia). Dengan tidur, sebenarnya kita mengistirahatkan kinerja dari organ tubuh sehingga tubuh bisa kembali melakukan regenerasi sel dan itu bisa membuat tubuh kita menjadi segar kembali.

Bagi kalian yang memiliki aktivitas terlalu padat sepanjang hari, tentunya meluangkan waktu untuk tidur sepertinya memang harus di agendakan. Selain sangat baik bagi kesehatan pastinya kita bisa lebih siap dalam menjalani aktivitas-aktivtas selanjutnya.

Seperti apakah tidur yang berkualitas dan sehat itu ? Mari kita lihat bagaimana cara tidur yang sehat ala Rosulullah Sollallahu’alaihi Wasallam manusia terbaik dan utusan dari yang Maha Pencipta muka bumi ini.

1. Tidur di Awal Malam dan Bangun di Akhir Malam

hadir cara tidur rasulullah
Pexels.com

Kalau Rasul yang mencotohkan pasti terdapat manfaat di dalamnya. Karena perbuatan Rasul bukan dari hawa nafsunya melainkan wahyu dari Allah yang menciptakan kita. Berikut beberapa manfaat dari tidur di awal malam secara ilmiah:

1. Proses Peremajaan

Dengan mengikuti cara tidur ala Rasulullah, saat kita tidur lebih awal, tubuh dapat memperbaiki dan meremajakan kembali dari kerusakan yang dihasilkan akibat stres. Kulit pun akan terasa lebih segar karena tidur lebih awal. Tentu bagi anda yang ingin awet muda disarankan untuk tidur lebih awal.

2. Badan Terasa Segar 

Ketika kita tidur larut malam pasti ketika bangun badan terasa lelah dan mengantuk. Berbeda dengan mereka yang tidur diawal malam cenderung bangun dengan pikiran dan tubuh yang segar. Dengan begitu, seseorang yang tidur lebih awal bakal lebih siap dan semangat melakukan kegiatan rutinitas dan pekerjaan mereka.

3. Memperbaiki Kinerja Otak

Ada sebuah penelitian menemukan, tidur diawal cakan enderung memudahkan kita dalam berpikir dan menyelesaikan segala kegiatan dan pekerjaan dengan sangat baik. Memang benar ketika kita tidur larut apalagi besoknya sekolah atau kerja, konsentrasi otak  dan pikiran menjadi lebih lambat karena kurangnya tidur.

4. Terhindar Dari Penyakit Berbahaya

Ada penelitian lain menunjukan, mereka yang tidur diawal di sepanjang hidupnya akan terhindar dari penyakit berbahaya seperti jantung dan beberapa jenis kanker. Karena hal ini berkaitan dengan fungsi kekebalan tubuh kita. Dengan tidur lebih awal banyak manfaat yang didapatkan, selain tubuh terasa segar dan juga terhindar segala macam penyakit berbahaya.

2. Tidur Ala Rasulullah Tidur Siang Qoyluulah

tidur ala rasulullah yang disunnahkan
Pexels.com

Tidur ala rasulullah lainnya yaitu dengan tidur siang. Tidur siang terdapat banyak juga manfaatnya, kareba tidur siang atau qoyluulah merupakan sunnah yang diajarkan oleh Nabi,  beberapa manfaat tidur siang diantaranya:

1. Meningkatkan Daya Ingat Otak

Terdapat banyak sekali manfaat tidur siang, ternyata terbukti mampu meningkatkan daya ingat otak, sangat baik bagi anda atau orang tua yang sudah lanjut usia. Karena semakin bertambahnya umur, mereka cenderung melupakan memori di masa lampau dan menurunnya daya ingat.

Begitupun dengan anak-anak, sama pentingnya karena mereka belajar dan menghafal setiap pelajaran di sekolah. Baik bagi mereka (anak-anak) agar daya ingat otak tetap dan pasti bisa meningkatkan prestasinya di sekolah.

2. Meningkatkan Suasana Hati (Mood)

Menurut Mednick, “tidur siang menggenangi otak dengan serotonim, membalikkan efek tersebut dan menciptakan pandangan yang lebih positif.”

Neurotransmitter serotonim mengatur mood, tidur dan selera kita. Ketika tubuh kita stres, serotonim yang digunakan meningkat dan produksinya berhenti. Akibatnya, kita bisa menjadi mudah marah, mudah terganggu, cemas dan depresi.

3. Meningkatkan Kreativitas

Menurut seorang ilmuwan napologist, Sara Mednick C, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik sama baiknya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dan ide-ide baru menambah wawasan yang ada pada otak. bisa menjadi beban bagi otak dan akibatnya stres yang berlebihan.

4. Mengurangi Stres

Stres merupakan salah satu sumber penyakit berbahaya seperti gangguan syaraf dan jantung. Banyaknya kegiatan dan aktivitas yang di kerjakan, otak menjadi lebih bekerja keras karena berfikir secara terus menerus.

Bagi anda yang super sibuk dengan aktifitasnya, sebaiknya sempatkan waktu untuk tidur siang walaupun hanya beberapa menit saja. Karena dengan tidur siang dapat meremajakan dan men-charge seluruh organ tubuh anda untuk kembali beraktivitas dengan lancar.

3. Posisi Tidur Ala Rasulullah Yang Sehat Itu Seperti Apa Sih ?

Setelah kita mengetahui bagaimana manfaat dari tidur yang sehat itu di atas, ada kalanya kita ketahui juga seperti apa posisi tidur yang sehat ala Rasulullah SAW. Apakah sama dengan posisi pavorit kita ketika tidur. Untuk itu mari kita simak baik-baik beberapa posisi tidur di bawah ini.

1. Tidur Tengkurap

tidur sehat
rumaysho.com

Dr. Zafir al-Attar berkata “Seseorang yang tidur dengan cara tengkurap di atas perutnya setelah suatu periode tertentu akan mengalami kesulitan bernafas karena seluruh berat badannya akan menekan ke arah dada yang menghalangi dada untuk merenggang dan berkonstraksi saat bernafas. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya kekurangan asupan oksigen yang dapat mempengaruhi kinerja jantung dan otak.”

Peneliti asal Australia ini telah menyatakan bahwa terjadi peningkatan kematian pada anak-anak tiga kali lipat saat mereka tidur tengkurap dibandingkan jika mereka tidur dengan posisi menyamping. Majalah “Times” mempublikasikan hasil dari sebuah penelitian di Inggris yang menunjukan peningkatan tingkat kematian mendadak pada anak-anak yang tidur dengan posisi tengkurap.

Fakta-fakta tersebut sejalan dengan apa yang diajarkan dalam Islam.

rasulullah melarang tidur tengkurap
[email protected]

2. Tidur Terlentang

bukan cara tidur Rasulullah
[email protected]

Dr. Zafir al-Attar juga menjelaskan bahwa ketika seseorang tidur dengan posisi terlentang, maka hal ini akan menyebabkan orang tersebut bernafas melalui mulutnya. Hal ini disebabkan karena pada saat kita tidur terlentang maka mulut kita akan terbuka, dikarenakan meregangnya rahang bawah.

Sejatinya manusia itu bernafas melalui hidung, bukan mulut. Hal ini dikarenakan pada hidung terdapat bulu-bulu halus dan lendir yang dapat menyaring kotoran yang ikut terhisap bersama udara yang kita hirup. Bernafas melalui mulut merupakan salah satu penyebab seseorang rawan terkena flu. Selain itu bernafas lewat mulut akan menyebabkan keringnya rongga mulut sehingga dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada gusi.

Tidur terlentang memberikan efek buruk bagi jantung. Karena pada saat tidur terlentang, jantung menjadi lebih banyak mengeluarkan energi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Maka jika kita tidur terlentang dalam satu malam, jantung tidak akan mendapatkan kesempatan untuk beristirahat. Tentu ini bukan posisi tidur yang sehat bagi kita.

3. Tidur Dengan Menyamping Ke Kiri

rasulullah tidak tidur menghadap ke kiri
[email protected]ita.com

Posisi tidur ini juga tidak baik lho bagi kesehatan. Karena saat kita tidur menyamping ke kiri organ jantung juga bekerja lebih keras lagi. Kenapa ? karena darah akan dipompa dari bilik jantung sebelah kiri ke aorta yang posisinya lebih tinggi 10 drajat, sehingga aliran darah tidak lagi berjalan seperti biasanya hanya bisa mencapai 45% ke bagian tubuh.

Oleh karena itu posisi tidur yang miring ke kiri bukanlah posisi tidur ala rasulullah yang dicontohkan dan memudahkan jantung mengalirkan darah ke bagian kanan dan seluruh tubuh.

4. Tidur Dengan Menyamping Ke Kanan

ini baru ala Rasulullah
[email protected]

Inilah posisi tidur yang baik dann sehat yang diajarkan oleh baginda Rosulullah Sallallahu’alaihi Wasallam. Pada saat kita tidur dengan posisi ini, jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru yang berukuran kecil. Selain itu dengan tidur posisi menyamping ke kanan akan menempatkan hati pada posisi yang stabil.

Sangat baik juga bagi pencernaan. Sebuah penelitian menunjukkan saat kita tidur dengan menyamping ke kanan, makanan akan mampu dicerna oleh usus dalam 2,5 sampai 4,5 jam. Sedangkan dalam posisi tidur yang lain makanan baru akan selesai dicerna setelah 5 sampai 8 jam.

Dari empat posisi tidur di atas kita jadi tahu bagaimana posisi tidur yang baik itu. Untuk itu mari kita ubah cara posisi tidur kita dengan tidur ala Rasulullah yaitu posisi tidur yang menyamping ke kanan. Karena selain sunnah, posisi tidur dengan menyamping ke kanan terbukti secara medis baik bagi kesehatan tubuh kita.

Leave a Comment