Senjata piso sanalenggam Sumatera Utara

9 Senjata Tradisional Sumatera Utara | 7 Piso Legendaris Penuh Makna

Senjata Tradisional Sumatera Utara – Jika sebelumnya kita telah membahas mengenai senjata tradisional dari Sumatera Barat. Dalam kesempatan kali ini kita akan bahas senjata tradisional dari Sumatera Utara. Yang senjata tradisional dari SUMUT ini lebih banyak dibangdingkan dengan SUMBAR.

Pada umumnya, senjata tradisioal digunakan pada zaman dahulu yaitu sebagai alat pertahanan diri dan sebagai senjata berperang ataupun berburu. Begitupun dengan senjata tradisional di Sumatera Utara. Namun, untuk saat ini fungsi dari senjata tradisional tersebut ialah menjadi salah satu benda atau senjata pusaka, pun dipakai sebagai perlengkapan dalam upacara adat dan kesenian.

Berikut ada sekitar 9 senjata tradisional dari Sumatera Utara.

1. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Piso Gaja Dompak

Piso gaja dompak senjata khas Sumatera utara
Sumber : borneoartifact.com

Piso gaja dompak yaitu senjata tradisional dari Sumatera Utara yang bentuknya seperti pisau dan berfungsi sebagaimana pisau yaitu untuk memotong dan menusuk. Disebut piso gaja dompak dikarenakan gagang yang terdapat dalam senjata tersebut terdapat ukiran yang berbentuk gajah.

Menurut masyarakat Sumatera Utara, piso gaja dompak ini dipercaya sebagai senjata pusaka warisan kerajaan Batak pada masa Raja Sisingamangaraja I. Karena dianggap sebagai senjata pusaka, senjata tradisional ini tidak diperuntukan untuk membunuh, masyarakat juga percaya bahwa piso gaja ini mempunyai kekuatan supranatural.

2. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Tongkat Tunggal Panaluan

Senjata tongkat panaluan khas Sumatera Utara
Sumber : www.tobatabo.com

Tongkat tunggal panaluan merupakan salah satu senjata tradisional dari Sumatera Utara yang sakti dan hanya dimiliki oleh Raja Batak. Saat ini, tombak tersebut disimpan di Museum Gereja Katolik di Kabupaten Samosir.

3. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Hujur Siringis

Senjata hujur siringis Sumatera Utara
Sumber : 4.bp.blogspot.com

Senjata tradisional selanjutnya yaitu hujur siringis, bentuknya yang serupa dengan tombak, digunakan oleh masyarakat Batak dalam berperang. Hujur siringis yang berbentuk kayu ini ujungnya terbuat dari bahan logam yang runcing.

4. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Piso Silima Sarung

Piso pisau ini merupakan senjata tradisional dari Sumatera Utara. Yang mana arti dari Piso Silima Sarung itu adalah di dalam satu sarung tersebut terdapat lima buat mata pisau.

5. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Piso Sitolu Sasarung

Senjata tradisional selanjutnya masih sebuah pisau yang mana arti dari piso sitolu sasarung itu adalah di dalam sarung terdapat tolu atau tiga buah mata pisau. Pisau-pisau ini melambangkan kehidupan bagi orang batak yang menyatu dengan 3 benua. Benua atas, benua bawah dan benua tonga.

6. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Piso Karo

Senjata piso karo Sumatera Utara
Sumber : 1.bp.blogspot.com

Piso karo adalah senjata tradisional dari Sumatera Utara yang diperkirakan dibuat pada abad ke-19 dengan mempunyai panjang sekitar 31-55 cm. Serta pegangannya terbuat dari kayu, gading, rotan, dan sarungnya ditutupi dengan perak dan suasa.

7. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Piso Gading

Senjata piso gading khas Sumatera Utara
Sumber : webodat.com

Piso gading merupakan salah satu senjata tradisional Sumatera Utara yang berasal dari Toba dan dibuat sekitar pada abad ke-19. Piso gading terbuat dari bahan kayu, gading dan rotan yang memiliki panjang sekitar 66 cm.

8. Senjata Tradisional Sumatera Utara – Piso Sanalenggam

Senjata piso sanalenggam Sumatera Utara
Sumber : Auction.fr

Piso yaitu senjata tradisional Sumatera Utara yang mempunyai gagang pisau yang menggambarkan sosok pria yang matanya dihiasi oleh kepala tertunduk. Dalam motifnya digunakan motif melilit dan melingkar leher.

9.   Senjata Tradisional Sumatera Utara – Piso Toba

Senjata piso toba Sumatera utara
Sumber : tradisikita.my.id

Piso toba juga merupakan senjata tradisional dari Sumatera yang terbuat dari bahan kayu, kuningan dan besi. Diperkirakan dibuat pada abad 19.

Jadi itulah senjata tradisional Sumatera Utara yang semoga bisa menambah pengetahuan pembaca sekalian. Jangan lupa like dan share ya ke teman yang lain. Terimakasih.

Leave a Comment