4 Senjata Tradisional Kalimantan Timur Yang di Lestarikan di Museum

Senjata Tradisional Kalimantan Timur – Selamat datang kembali di disinaja.net. Kali ini masih dalam pembahasan mengenai senjata tradisional yang berasal dari Kalimantan. Tepatnya dalam artikel kali ini, kita akan membahas kembali senjata tradisional yaitu dari Kalimantan Timur.

Nah, bagi kamu yang berada di wilayah Kalimantan dan sedang mencari tahu apa saja senjata tradisional daro Provinsi Kaltim, kamu bisa mengunjungi sebuah museum yang dipenuhi dengan benda-benda sejarah tentunya yakni di daerah Kabupaten Kutai.

Jadi pemerintah Tingkat II Kutai mendirikan sebuah museum yang diberi nama Museum Kutai yang bertujuan memelihara dan melestarikan benda-benda sejarah peninggalan krajaan. Museum ini juga dijadikan sebagai pusat kesenian dan olahraga, yang diresmikan pada 25 November 1971.

Kalimantan Timur memiliki beberapa senjata tradisional yaitu sumpit, mandau, sarepang, bujak, gayang dan kelibit. Bisa kamu temukan di Museum Kutai tersebut. Tetapi tidak semua senjata tersebut akan saya jelaskan karena belum ada reperensi dan artikel yang membahas secara lengkap. Langsung saja disimak penjelasannya di bawah ini.

1. Senjata Tradisional Kalimantan Timur – Mandau

mandau khas kalimantan timur
Sumber : www.suarawajarfm.com

Mandau yang merupakan senjata tradisional suku dayak ini dipergunakan oleh Raja-Raja atau kepala suku saja. Karena mandau dipercaya merupakan senjata keramat yang sangat dipelihara dan dirawat dengan baik oleh pemiliknya. Mandau yang sejenis dengan parang, memiliki panjang ½ meter.

Ciri khas yang melekat pada senjata tradisional ini yaitu pada ukiran-ukiran pada bilahnya yang tidak terlalu tajam. Banyak juga ditemui mandau dengan ukiran tambahan lubang pada bilahnya dengan ditutupi dengan tembaga dengan tujuan memperindah bilah mandau.

2. Senjata Tradisional Kalimantan Timur – Bujak

Bujak merupakan senjata tradisional Kaltim yang sejenis dengan tombak.

3.    Senjata Tradisional Kalimantan Timur – Gayang

Gayang Khas Kalimantan Timur
Sumber :
folksofdayak.wordpress.com

Gayang merupakan senjata tradisional suku Dayak Kadazandusun, bentuknya yang mirip dengan mandau tetapi mempunyai perbedaan dalam segi desain bilah dan sarungnya yang melengkung semisal Parang Ilangnya Dayak Iban.

Juga dalam segi ukuran, gayang memiliki ukuran panjang yang lebih panjang dari mandau. Gayang juga dibuat dengan ritual-ritual tertentu seperti pembuatan mandau.

4.    Senjata Tradisional Kalimantan Timur – Sumpit

Sumpit khas Kalimantan TImur
Sumber :
statik.tempo.co

Sumpit yaitu senjata tradisional Kalimantan yang digunakan dengan cara ditiup. Senjata tradisional ini sering digunakan untuk memburu dan sebagai senjata perang. Sumpit yang dibuat dari bilahan bambu sebagai batang (pipa sumpit) dan anak panah (damek) yang dibuat dari bilah bambu, lidi aren atau dirap.

Demikianlah penjelasan singkat terkait senjata tradisional Kalimantan Timur yang mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita. Semoga bermanfaat dan agar lebih bermanfaat lagi share ke teman yang lain ya. Terimakasih.

Referensi:

Tradisikita.my.id/senjata-tradisional-kalimantan-timur/

Leave a Comment