Inilah 20 Rempah Rempah Indonesia Yang Membuat Lezatnya Masakan Nusantara

rempah-rempah indonesia
[email protected]

Rempah-rempah Indonesia – Masakan Indonesia memang terkenal akan citarasanya yang sedap dan lezat. Dengan keragaman kuliner dan rasa makanan yang bisa ditemukan diseluruh penjuru Nusantara Indonesia. Tentu rahasia lezat makanan nusantara ini merupakan dari rempah-rempah khas Indonesia yang menjadi bumbu masakannya.

Namun tidak banyak dari kita yang mengenal bahwa rempah-rempah ini berasal dari Indonesia. Indonesia yang merupakan salah satu negara yang mempunyai tanah yang sangat subur. Bahkan saking suburnya, disebutlah tanah surga. Berbagai macam tanaman bisa tumbuh di tanah Indonesia ini. Sebagai warga Indonesia kita harus bangga.

Yuk Mengenal 20 Rempah-Rempah Indonesia Sebagai Rahasia Lezat Bumbu Masakan Nusantara

1. Asam Jawa

asam jawa rempah-rempah indonesia
[email protected]

Asam atau asem ini merupakan jenis buah yang masam rasanya, dan biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai masakan Indonesia sebagai penambah rasa asam dalam makanan.

Asam Jawa ini banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  • Menjaga kesehatan pencernaan
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Menjada sirkulasi oksigen tetap optimal
  • Menjaga fungsi-fungsi saraf
  • Mengontrol diabetes, dan
  • Menjaga kekebalan tubuh

Cara menggunakan asam jawa yang benar dalam memasak yaitu dengan cara menggunakan air asamnya saja. Caranya dengan merendam dalam air hangat, kemudian aduk lalu saring. Namun tidak ada salahnya juga jika kita ingin menggunakannya langsung secara utuh.

Asam jawa juga berfungsi memberi rasa makanan menjadi lebih mewah, asam jawa juga bisa dijadikan sebagai jus. Sudah banyak orang yang menjual asam jawa ini tetapi asam yang sudah tua dan tanpa kulit agar tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup.

2. Cengkeh

cengkeh rempah-rempah indonesia
[email protected]

Indonesia merupakan negara dengan penghasil cengkeh terbesar di dunia ini. Cengkeh sendiri berasal dari daerah Maluku dan Ambon. Cengkeh yang bernama latin Syzygium Aromatikum mempunyai aroma yang khas seperti sedikit terasa pedas.

Selain sebagai bumbu tambahan makanan, cengkeh juga bisa digunakan untuk pembuatan kue sebagai penguat aroma. Dalam bidang pengotan, cengkeh digunakan sebagai obat alergi terhadap udara dingin.

3. Bunga Lawang

bunga lawang rempah-rempah indonesia
[email protected]

Bunga lawang atau Kembang Lawang atau pekak merupakan rempah-rempah Indonesia yang memiliki rasa yang mirip dengan Adas manis. Rempah ini banyak digunakan di dalam masakan Asia. Bunga lawang juga termasuk salah satu bumbu tradisional China yaitu ngo hiong.

Bunga lawang ini banyak dijumpai di daratan China. Cara menggunakan bunga lawang dalam masakan adalah dengan cara di tumis terlebih dahulu bersama bumbu, kemudian dimasak bersama daging sampai matang, setelah bunga lawang akan mengeluarkan aroma tajam nan sedap.

Ketika menggunakan bunga lawang ini tidak usah banyak-banyak,karena bisa membuat makanan tersebut terasa pahit apabila terlalu banyak.

4. Adas Manis

adas manis rempah-rempah indonesia
[email protected]

Adas manis atau istilah latinnya adalah Pimpinella Anisum, merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari Laut Tengah dan juga Asia Barat. Tumbuhan ini memiliki tinggi hampir sekitar 1 meter dengan bentuk daun yang menyirip meyerupai bulu.

Adas manis ini berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 3 – 5mm. Seperti namanya, adas manis memiliki rasa sedikit manis dengan aroma yang khas. Tak heran adas manis ini sering digunakan sebagai bumbu penyedap pada beberapa jenis makanan.

Karena bumbu masak ini dapat memperbaiki rasa masakan. Adas manis juga sering digunakan untuk campuran salad dan bahan pengganti seledri untuk sup.

5. Serai

serai rempah-rempah indonesia yang khas
[email protected]

Serai atau lebih dikenal dengan nama sereh ini merupakan tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Sama halnya dengan daun salam.

Cara penggunaan daun sereh ini dalam memasak yaitu dengan cara dikeprak terlebih dahulu sebelum digunakan atau dicampurkan dengan bahan makanan lainnya.

Serai juga memiliki manfaat bagi kesehatan, diantaranya:

  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengobati gangguan pencernaan
  • Mencegah penyakit kanker
  • Memperhalus kulit

6. Pala

pala rempah-rempah indonesia
[email protected]

Pala (Myristica fragrans) merupakan tumbuhan sejenis pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Pala biasanya digunakan sebagai bumbu dasar pada masakan. Dengan aromanya yang sangat khas, biasa digunakan untuk membuat semur.

Cara penggunaannya cukup mudah, hanya dengan diiris sedikit saja, tidak perlu banyak-banyak karena pala ini memiliki aroma yang cukup tajam yang akan membuat hidung kita tidak enak.

Pala mempunyai beberapa manfaat yang bagus bagi kesehatan, diantaranya:

  • Mengobati sulit tidur (insomnia)
  • Mengobati kepala pusing
  • Menghilangkan noda dan jerawat
  • Mengatasi rasa mual, dan
  • Meringankan sakit maag

7. Merica

merica rempah-rempah indonesia khas
[email protected]

Siapa yang tidak kenal dengan bumbu masakan ini ? Semua pasti kenal terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Karena merica ini merupakan salah satu bumbu favoritnya para ibu rumah tangga. Iyakan bun ? Merica biasa digunakan ketika memasak ayam goreng, sayur, sup dan lainnya.

Sebelum menggunakan bumbu merica, harus dihaluskan terlebih dahulu. Atau jika bunda tidak ingin ribet dan ingin praktis, bisa membelinya di warung karena sekarang sudah banyak merica bubuk yang siap pakai.

8. Kapulaga

kapulaga rempah-rempah indonesia
[email protected]

Kapulaga merupakan sejenis buah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan tertentu, dan bisa juga campuran sebagai campuran jamu. Biasanya kapulaga ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan seperti kari dan gulai, karena bisa membuat rasa makanan terasa lebih sedap.

9. Lengkuas

lengkuas rempah-rempah indonesia
[email protected]

Lengkuas atau laos (Alpinia Galanga) merupakan jenis rempah umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Masyarakat umumnya memakai lengkuas sebagai bumbu dan obat tradisional.

Teksturnya agak sedikit mirip dengan jahe tetapi berbeda dari warna kulitnya yang terang kemerahan. Agar lebih mudah saat digunakan, lengkuas terlebih dahulu dikeprak karena dagingnya yang sedikit lebih keraas.

10. Daun Salam

daun salam rempah-rempah indonesia
[email protected]

Daun salam merupakan jenis rempah-rempah Indonesia yang biasa digunakan untuk memasak kari ini, juga sebagai pengharum masakan. Penggunaannya bisa langsung dipakai saat utuh (baru dipetik) ataupun yang sudah dikeringkan terlebih dahulu, karena rasa yang akan dihasilkan tetap sama.

11. Andaliman

andaliman rempah-rempah indonesia
[email protected]

Andaliman merupakan bumbu khas Asia yang berasal dari kulit luar buah. Bumbu ini dikenal hanya di masakan batak saja, untuk di luar daerah lebih dikenal dengan sebutan “merica batak”. Andaliman merupakan andalan masakan khas Batak yaitu arsik dan saksang.

Maanfaat lainnya selain dipakai sebagai bumbu masakan, andaliman juga bisa dipakai sebagai pengawet yang mempertahankan mutu produk pangan karena kandungannya yang memiliki senyawa terpenoid.

12. Kayumanis

kayu manis rempah-rempah indonesia
[email protected]

Kayu manis merupakan sejenis rempah-rempah yang diperoleh dari kulit bagian dalam dari beberapa spesies pohon Genus Cinnamomum yang digunakan dalam masakan yang manis dan sedap. Kayu dapat menambah kenikmatan dan kesegaran dalam masakan.

Tetapi pakailah secukupnya, misalkan kita akan menambahkannya kepada masakan berkuah. Pemberiannya cukup 5 cm per batang ke dalam seliter bahan cair. Kalau untuk kue, roti dan yang lainnya, bisa menambahkan sekurang-kurangnya sesendok teh kayu manis bubuk.

Akan lebih bagus jika mau memakai rempahan kayu manis, memakai yang batangan. Karena selain baunya yang tajam, akan lebih bertahan lama aromanya dibandingkan dengan kayu manis bubuk.

13. Kemukus

kemukus rempah-rempah indonesia
[email protected]

Kemukus yang bernama latin Piper cubeba L ini merupakan rempah-rempah Indonesia yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia. Bagian yang diambil dari tanaman ini adalah buah dan minyak atsiri. Kemukus ini memang masih terdengar asing, banyak diketemukan di daerah Sumatera dan Jawa.

Ciri dari kemukus ini adalah dari bijinya yang keras, dan terkesan berminyak juga mempunyai warna putih.
Manfaat kemukus dalam kesehatan, diantaranya:

  • Mengobati rasa sakit
  • Meningkatkan fungsi pencernaa
  • Mengatasi cegukan, mual dan lainnya

14. Keluak

keluak rempah-rempah indonesia
[email protected]

Keluak, kepayang, kluwek yang bernama latin Pangium edule Reinw, merupakan tumbuhan yang orang Sunda menyebutnya picung atau pucung (begitu juga dengan sebagian orang Jawa) dan di Toraja disebut dengan pamarrasan.

Keluak ini mempunyai tekstur yang keras dan berwarna abu-abu. Daging dan buahnya berwarna cokelat tua yang kehitaman bertekstur lunak. Yang dimanfaatkan sebagi bumbu masakan yaitu buahnya. Biji keluak ini memberikan warna hitam bagi masakan pada rawon, daging bumbu kluwek , brongkos dan sup konro.

15. Temukunci

temukunci rempah-rempah indonesia
[email protected]

Temu kunci merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara. Bentuk sedikit berbeda denga temu-temu yang lainnya karena tumbuhnya yang vertikal ke bawah. Temu kunci ini merupakan salah satu keluarga jahe asli Jawa dan Sumatera.

Bentuk yang seperti umbi akar mirip jari telunjuk memanjang dan kulitnya berwarna cokelat muda juga sangat tipis.
Temu kunci biasa digunakan dalam membuat masakan sayur bening, hidangan ikan, selada dan urapan. Cara mengolahnya yaitu dengan cara mengupasnya agar aromanya keluar kemudian iris lalu tumis dengan bumbu lain.

16. Klabet

klabet rempah-rempah indonesia
[email protected]

Klabet atau fenugreek merupakan rempah yang berbentuk butiran mungil seperti kerikil dan banyak digunakan dalam racikan menu berempah. Rempah klabet sering digunakan dalam bumbu masakan India, Pakistan, dan Sri Lanka. Untuk di wilayah Indonesia, klabet sering digunakan di daerah Aceh sebagai bumbu masakan kari, gulai dan kalio.

Klabet ini digunakan dalam masakan dengan cara disangrai terlebih dahulu, kemudian baru dimasukan ke dalam masakan, yang akan memberikan aroma bau yang sedap.

17. Kemiri

kemiri rempah-rempah indonesia
[email protected]

Kemiri mempunyai nama latin Aleurites Moluccana merupakan salah satu rempah-rempah Indonesia dengan biji yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah tentunya. Tumbuhan ini masih satu keluarga dengan singkong in termasuk suku Euphorbiaceae.

Dalam perdagangan antar negara sering dikenal sebagai candleberry, indian walnut, serta candlenut. Manfaat dari Kemiri yaitu berfungsi sebagai penambah gurih dalam masakan. Di pulai Jawa, kemiri dijadikan sebagai saus kental yang dimakan bersama sayur dan nasi.

18. Kencur

kencur rempah-rempah indonesia yang khas
[email protected]

Kencur atau biasa dikenal dibanyak tempat dengan nama yang berbeda yaitu cikur (Sunda), ceuko (Aceh), kencor (Madura), cekuh (Bali), sukung (Manado), asauli, sauleh, soul, umpa (Maluku) dan cekir (Sumba).

Teksturnya yang kecil dan warna kulitnya yang cokelat agak gelap kemudian dagingnya yang berwarna putih kekuningan, mempunyai aroma yang khas saat digunakan dalam masakan. Kencur sendiri di daerah Sunda sering digunakan sebagai obat luka memar.

19. Daun Kari

daun kari rempah-rempah indonesia asli
[email protected]

Daun kari terkenal dengan nama lain SALAM KABOJA, TEMURUI, atau KOROBELEK.  Memiliki tekstur daun yang mirip dengan daun salam tetapi ukurannya lebih kecil.

Daun kari memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada masakan seperti gulai dan kare. Cocok juga apabila ditumis dengan daging sebagai isi martabak.

20. Mesoyi

mesoyi rempah-rempah indonesia
[email protected]

Mesoyi merupakan rempah-rempah yang sejenis dengan kayu manis. Kulitnya yang biasa digunakan setebal 0,5 cm. Dari kulit inilah yang akan membuat aroma makasan terasa sedap. Mesoyi juga biasa digunakan sebagai pewarna merah.

Itulah 20 rempah-rempah Indonesia yang membuat masakan Nusantara begitu lezatnya. Tapi ini hanyalan beberapa dari sekian banyaknya rempah-rempah khas Indonesia yang begitu melimpah. Jika artikel ini bermanfaat bisa di share ya, agar semua orang tahu betapa kayanya Indonesia dengan segala macam sumber dayanya.


Baca Juga : 7 Cara Sukses Menanam Cabe Hidroponik Dengan Hasil Panen Melimpah


 

1 thought on “Inilah 20 Rempah Rempah Indonesia Yang Membuat Lezatnya Masakan Nusantara

  1. krn aku org batak, semua bumbu2 di atas udh sering ditemuin, krn kebanyakan masakan sumatra itu pakai aneka rempah di atas ;).. makanya krn skr udh pindah ke jkt, dan ga ada mama lg yg bisa masakin makanan2 khas sumatra, jd jarang makan yg berempah gini -__-.

Leave a Comment