permainan layangan

Permainan Masa Kecilku

permainan lego
www.youtube.com

Ketika mendengar kata permainan pasti tidak luput dari yang namanya anak kecil, sudah manusiawi kalau anak kecil itu sukanya bermain. Untuk artikel kali karena masih seputar pengalaman peribadi, saya akan menceritakan permainan apa yang pernah saya mainkan ketka kecil dulu.

Sepak Bola

Siapa yang tidak suka dengan permainan ini, dari yang tua sampai anak-anak . Karena waktu kecil teman saya banyak permainan sepak bola yang paling digemari. Apalagi kalau sedang hujan lebih asik dan seru dimainkan. Sampai-sampai kami membuat Timnas biar seragam dan kompak.

sepak bola waktu kecil
www.brilio.net

Untuk tempat bermainnya kami selalu bermain di lapangan sekolah karena tidak terdapat lapang khusus untuk sepak bola di tempat kami dulu.

Kucing-kucingan

Ada yang tahu atau pernah bermain permainan ini ? apa baru dengar ? Cara bermainnya adalah harus ada beberapa orang, minimal 3 orang lebih banyak lebih seru karena bakal semakin banyak kucingnya. Satu orang pertama yang akan menjadi kucing yang kalah dalam hompimpah, yang menjadi kucing tersebut harus nunggu dulu sampai kami semua lari.

permainan kucingan
levitasihore.net

Kemudian mengejar semua orang yang lari tadi, apabila ada yang kena sama yang jadi kucing maka akan jadi anak buahnya membantu mengejar yang lain sampai semuanya jadi kucing.

Permainan Musiman

Permainan ini termasuk permainan musiman karena sering dilakukan dan paling seru saat bulan Ramadan setelah tarawih. Yang membuat seru permainan ini ketika Ramadan adalah kita menjadi seorang yang pemberani, karena ketika kita bermain tersebut tidak pandang bulu tempat mana saja yang menjadi persembunyian agar tidak menjadi kucing.

horor
s1323.photobucket.com

Yang menurut kita tempat ini horor pun seakan gak peduli karena saking ramenya. Bulan Ramadankan para setan diborgol semua. Itulah yang membuat kami berani . Haha

Petak Umpet

Sesuai dengan namanya, petak umpet merupakan permaninan dimana 1 orang menjadi penjaga, biasanya orang tersebut menghadapa tembok atau menutup matanya lalu menghitung sampai 10 atau hitungan yang sudah disepakati bersama, sementara pemain lain akan bersembunyi di beberapa tempat.setelah si penjaga selesai menghitung barulah mulai mencari pemain lain yang bersembunyi.

permainan petak umpet
ibeagra.blogspot.com

Sama seperti kucing-kucingan minimal permainan dilakukan adalah 2 orang dan lebih banyak lebih seru.

Kelereng Atau Gundu

Permainan ini tidak kalah serunya dengan yang lain, dimulai dengan menggambar kubus atau segitiga sama kaki di tanah kemudian para pemain meletakan satu kelereng mereka di atas gambaran kubus tadi. Lalu, masing- masing melempar kelereng mereka dari jarak 2 -3 meter. Pemain yang mampu mengenai semua kelereng dalam kubus tadi akan keluar sebagai pemenangnya.

permainan kelereng
www.triptrus.com

Biasanya kami lakukan permainan ini setelah pulang sekolah sampai dzuhur.

Ular Naga Atau Ular Sawah

Permainan dilakukan pada sore hari atau ketika kami selesai ngaji ashar. Para pemain berbaris sekitar 5 – 10 orang melewati “gerbang” yaitu dua pemain yang berhadapan dan saling berpegangan tangan di atas kepala. Sambil menyanyikan lagu, pemain yang berbaris akan berjalan melewati gerbang sampai salah satu pemain akan ditangkap oleh gerbang dan memilih gerbang mana yang akan dipilih.

permainan ular naga1
blog.djarumbeasiswaplus.org

Layang-Layang (Layangan)

Ini salah satu permainan favorit saya sore hari, sampai sekarang masih suka bermain kalau ada yang nerbangin layangan. Di tempat saya bermain layangan tidak untuk di terbangkan saja tetapi kita saling beradu satu sama lain sampai tali layangannya terputus kemudian bagi pemain lain yang tidak punya layangan bisa mengejar layangan yang putus tersebut. Hehe. Jadi saling menungtungkan bukan.

permainan layangan
3ke4.blogspot.com

Yang punya layangan bisa puas mutusin tali layangan orang lain, yang tidak punya layangan juga puas karena dapat banyak layangannya.

Permainan layangan ini agak berbahaya bagi para pengejar layangan, pasalnya para pengejar ini lebih fokus lihat ke jalan melainkan keatas langit melihat layangan tersebut. Tetapi sampai sekarang saya belum mendengar ada kecelakan akibat bermain layangan sih.

Gasing / Panggal

Permainan ini agak sedikit susah juga, bukan susah memainkannya tetapi susah mencari bahannya. Karena kalau beli, si gasingnya itu agak kurang gitu pokoknya kurang puas. Cara memainkannya tidak lah sulit asalkan si pemain tidak boleh ragu saat melemparkan gasing ke tanah.

permainan gasing
www.youtube.com

Kalau hanya menikmati puteran gasingnya sih gak rame, kami sering saling beradu juga sampai gasing tersebut semplak atau patah. Tapi ya emang di situ letak keasikan kami dalam memainkan tersebut.

Lompat Tali

Biasanya permainan ini identik dengan kaum perempuan tapi, kami sebagai anak laki-laki sering ikut bermain juga dengan perempuan. Awalnya gak berani ikut bermain karena orang tua kami sering bilang katanya laki-laki dan perempuan tidak boleh main bersama, entar ‘pacampur getih’ lho (kata orang sundanya gitu).

permainan lompat tali
haniemirae.blogspot.com

Cara bermainnya sederhana karena hanya melewati anyaman karet yang di pegang oleh dua orang dengan ketinggian tertentu, mulai dari yang rendah (kaki) sampai yang tinggi (kepala). Apabila pemain tersebut gagal melewati talinya harus ,menggantikan posisi si pemegang tali hingga ada pemain yang gagal dan menggantikan posisinya.

Monopoli

Game ini katanya salah satu permainan papan paling terkenal di dunia, ada yang pemainnya, ada juga yang jadi pengelola banknya.

permainan monopoli
ulfahfauziahsukmawati.blogspot.com

Cara bermainnya pun lumayan mudah, setiap pemain melemparkan dadu secara bergiliran untuk memindahkan bidaknya, jika berhenti di petak yang belum ada penghuninya, pemain dapat membeli petak tersebut dengan harga yang ditentukan kepada bank. Tapi apabila bidak tersebut berhenti di petak yang ada penghuninya, maka harus membayar kepada pemilik sewa tersebut.

Tapak Gunung / Engklek

Permainan ini saya jarang melakukannya tapi pernah mencobanya. Permainannya simpel, kita hanya perlu menyeimbangkan kaki karena pemain harus menapakan satu kaki saja di tanah. Kemudian dimulai dengan melemparkan sebuah batu dan tidak boleh keluar dari garis, pemain harus melompat sesuai angka yang tertulis di tanah. Jika kaki pemain melewati garis akan kehilangan giliran dan berhenti.

permainan engklek
boozleding.blogspot.com

Egrang

Seperti permainan tapak gunung, permainan harus bisa menyeimbangkan tubuh karena permainan ini menggunakan peralatan khusus yaitu bambu. Bambu dipotong kira 2 – 3 meter kemudian dipasang bambu lagi di bagian bawah untuk kaki sebagai pijakan.

permainan egrang
bolanasional.co

Jarang dimainkan juga karena harus memotong bambu terlebih dahulu, setidaknya saya sudah merasakan permainan tersebut toh. Haha

Itulah beberapa permainan ketika masa kecil saya, mungkin dari kalian ada yang pernah melakukannya juga sebenarnya masih ada lagi permainannya. Karena saya belum menyelesaikan tugas yang lain. Jadi cukup sekian dan terimakasih.

Leave a Comment