Oleh-Oleh Khas Purwakarta

Oleh Oleh Khas Purwakarta Paling Istimewa, Jangan Sampai Terlewatkan

Oleh Oleh Khas Purwakarta – Zaman sekarang ini, dimana sudah terdapat banyak sekali tempat-tempat wisata di Indonesia. Tidak ser rasanya jika hanya melihatnya saja di internet. Sesekali kita luangkan waktu untuk liburan ke tempat-tempat wisata yang sudah banyak dan juga sangat bagus untuk dikunjungi.

Berbagai tempat wisata di Indonesia dari mulai taman, tempat rekreasi, taman binatang, kolam renang, jelajah gunung, tempat bersejarah, dan yang lainnya yang masih banyak lagi. Untuk bisa kita nikmati bersama keluarga ataupun bersama teman sekolah ataupun teman kerja, untuk melepas penat dan menikmati indahnya alam Indonesia ini.

Nah, salah satu kota yang menyuguhkan banyak sekali rekomendasi tempat wisata yaitu Kota Purwakarta. Dimana di Kota Purwakarta sendiri sudah banyak tempat wisata ataupun tempat kuliner yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi saat hendak pulang tidak membawa oleh-oleh yang sudah khas di Purwakarta.

Bagi kamu yang belum tahu oleh-oleh khas Purwakarta, akan saya beritahukan dalam artikel kali ini. Seperti apa sih oleh-oleh khasnya, untuk itu terus simak penjelasannya dibawah ini:

Simping

Simping Kaum Oleh-oleh Khas Purwakarta
Simping Kaum [email protected]

Simping merupakan makanan ringan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dibentuk dengan cetakan khusus yaitu berbentuk bulat dan pipih. Rasanya yang enak dan gurih juga harga yang murah dan terjangkau. Membuatnya menjadi suatu oleh-oleh khas purwakarta yang jangan sampai kamu lewatkan. Untuk tempat pembeliannya, sangat mudah kok untuk ditemukan, karena terdapat di pinggir jalan. Biasanya simping dijual dengan peuyeum dan colenak.

Kerupuk R-O

Oleh-Oleh Khas Purwakarta
Kerupuk R-O [email protected]

Mungkin beberapa dari kamu masih asing dengan kerupuk yang satu ini. Namanya aja kayak nama apaan ya, tidak menggambarkan bahwa nama tersebut adalah sebuah kerupuk. Misalkan kalau kerupuk jengkol, tentu kita akan tahu bahwa kerupuk tersebut terbuat dari jengkol. Tapi ya sudahlah, dan itu pentingnya buat kamu agar jangan sampai melewatkan oleh-oleh khas tersebut.

Kerupuk R-O terbuat dari aci singkong. Dimana cara pembuatannya hampir sama dengan kerupuk pada umumnya. Namun yang lebih keren itu ialah kerupuk R-O ini disangrai menggunakan pasir lho, dan saat penggorenganpun, juga tidak menggunakan minyak. Tetapi jangan khawatir karena ada juga yang digoreng menggunakan minyak seperti biasa.

Kerupuk R-O ini diyakini sebagai jajanan khas Purwakarta yang mempunyai rasa yang khas dan berbeda rasanya dengan krupuk R-O yang dibuat ditempat lain. Jadi jangan sampai melewatkan ya, kamu bisa mendapatkannya di daerah Plered Purwakarta.

Bendo / Iket Sunda

iket oleh-oleh khas purwakarta
Iket [email protected]

Mungkin untuk oleh-oleh yang selanjutnya yaitu bendo atau iket , kamu tidak akan asing dengan namanya, karena iket atau bendo ini juga banyak yang menjual di kota-kota lainnya. mirip dengan belangkon yang punya khasnya Jogja. Iket sunda sendiri mulai populer pada tahun 2013 yang diperuntukkan untuk kaum pria.

Karena fungsi iket dahulu merupakan sebagai bantalan kepala saat mengangkut beban. Namun untuk sekarang, penggunaan iket hanya sebagai aksesoris upaya melestarikan budaya. Iket di Jawa Barat sendiri dikenal dengan sebutan iket, totopong, dan udeng.

Untuk saat inipun, Bupati Purwakarta selalu menggunakan iket saat dinas ataupun berkunjung ke salah satu daerah di Purwakarta.

Baju dan Kebaya Purwakarta Istimewa

Oleh-Oleh Khas Purwakarta
Kebaya Purwakarta [email protected]

Sejak Dedi Mulyadi terpilih sebagai Bupati Purwakarta pada tahun 2008, para PNS tak lagi menggunakan seragam linmas dan PDH. Semua pegawai, para guru, memiliki seragam khusus. Yakni memakai kemeja untuk laki-laki dan kebaya untuk perempuan.

Baju dan kebaya ini memang banyak digunakan oleh para guru, pegawai PNS dan murid-murid di Purwakarta. Tapi tidak ada salahnya untuk membeli dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Apalagi bagi kamu yang suka akan fashion, pasti tertarik untuk membelinya. Walaupun kebaya sudah banyak di kota-kota lain, ya, sebagai koleksi kenapa tidak.

Baca Juga : Makanan Khas Purwakarta Dengan Cita Rasanya Yang Khas

Sentra Keramik Plered

Oleh-Oleh Khas Purwakarta
Sentra Keramik Plered [email protected]

Setelah lezatnya menikmati wisata kuliner khas Purwakarta, jangan lupa juga untuk mampir dan membeli sebelum ke rumah tercinta yakni oleh-oleh asal Plered ini. Tidak hanya terkenak dengan tempat wisatanya, Purwakarta juga terkenal dengan oleh-oleh keramik khas Purwakarta. Banyak sekali kerajinan keramik yang bisa kamu pilih, sebagai hiasan cantik di rumah kamu. Seperti vas bunga, guci, terakota, gerabah, meja, kursi, tempat payung, dan masih banyak lagi.

Jika kamu tertarik, kamu bisa menemukan tokonya di Jl. Raya Plered,Purwakarta, Plered, Kabupaten Purwakarta. Mudah sekali menemukan sentra plered ini, karena toko-tokonya terdapat di pinggir jalan.

Opak Gurih-Gurih

oleh-oleh khas purwakarta
Opak [email protected]

Salah satu makanan ringan seperti simping initerbuat dari tepung beras, dan bahan lainya adalah gula, garam dan penyedap lainnya. Opak juga mengandung banyak karbohidrat. Untuk cara pembuatannya: Beras yang sudah dihaluskan, lalu dibuat menjadi adonan dan di bakar/dipanggang dengan bara api.

Gula Cikeris

Gula CIkeris oleh-oleh khas purwakarta
Gula CIkeris [email protected]

Gula Cikeris terbuat dari Gula Aren dan di campur dengan Kelapa kemudian dibungkus dengan pelepah jagung, tapi bisa juga di campur dengan makanan lain tergantung kreatifitas pembuatnya.

Baca Juga : 13 Objek Wisata Purwakarta Yang Istimewa Dan Wajib Kamu Kunjungi

Rengginang Ketan Hitam

rengginang oleh-oleh khas purwakarta
Rengginang Ketan Hitam [email protected]

Rengginang merupakan camilan sejenis kerupuk yang terbuat dari beras ketan, garam dan penyedap rasa. Yang dibuat dengan cara beras yang diberi garam dan sedikit penyedap rasa lalu dimasak seperti halnya masak nasi dan setelah matang, nasi tersebut di cetak berbentuk bulat lalu dijemur di bawah terik matahari dan kemudian di goreng.

Berbeda dengan kerupuk pada umumnya dengan bahan yang dihaluskan seperti kerupuk amplang, kerupuk udang, dan sebagainya. ketan hitam ini mempunyai cita rasa yang gurih dan asin. Dengan variasi rasa yang manis dengan menambahkan gula pasir pada bumbunya.

Nah, jadi, itulah beberapa oleh-oleh khas Purwakarta yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Kota Purwakarta. Lengkap bukan? Dari mulai makanan hingga oleh-oleh khasnya bisa kamu dapatkan di Purwakarta. Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan jejak dengan meng-klik like atau share dan komen ya. Terimakasih.

Leave a Comment