Sejarah Singkat, Teknik Dasar dan Peraturan Olahraga Voli Yang Harus Kamu Ketahui

olahraga voli
[email protected]

Olahraga Voli – Kita sebagai manusia pasti membutuhkan sebuah aktivitas tubuh guna menjaga kebugaran tubuh kita. Salah satunya dengan berolahraga. Dengan berolahraga tubuh kita senantiasa akan melakukan sebuah gerakan yang dapat menyehatkan tubuh. Terdapat banyak sekali berbagai macam jenis olahraga yang ada di dunia maupun di Indonesia ini.

Diantaranya adalah olahraga bola voli. Olahraga bola voli merupakan sebuah permainan yang dilakukan oleh 2 tim yang saling berlawanan. Masing-masing tim mempunyai enam orang pemain yang dipisahkan oleh net, dan setiap tim diharuskan untuk membuat poin dengan cara mengolah bola di area lapangan sendiri kemudian menjatuhkannya area lapangan lawan melalui net.

Sejarah Singkat Permainan Olahraga Voli

sejarah olahraga voli
[email protected]

Permainan bola voli diciptakan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani Young Men Christain Associatio (YMCA), yakni William G. Morgan pada tanggal 9 Februari 1895 di Holyoke, Amerika Serikat. Di Amerika perkembangan olahraga voli sangat cepat, sehingga pada tahun 1933 YMCA mengadakan kejuaraan bola voli nasional.

Kemudian pada tahun 1974 permainan olahraga voli ini menyebar ke seluruh dunia, dan diadakannya pertandingan pertama kali di Polandia dengan peserta yang cukup banyak.

Maka didirikanlah Federasi Bola Voli International atau lebih dikenal Internationnal Voli Ball Federation (IVBF) di Paris yang beranggotakan 15 negara.

Bukan tidak mungkin olahraga yang satu ini bakal sangat cepat berkembang dan populer, karena untuk bermain permainan bola voli ini tidaklah sulit, seperti;

  • Tidak perlu memerlukan lapangan yang luas
  • Mudah dimainkan
  • Alat-alat yang diperlukan sangat sederhana
  • Permainannya sangat menyenangkan
  • Terjadi kecelakaan kemungkinannya sangat kecil
  • Bisa dimainkan di outdoor maupun indoor
  • Bisa dimainkan banyak orang

Olahraga voli ini masuk ke Indonesia pada waktu penjajahan Belanda sekitar tahun 1928. Perkembangannya pun sangat cepat. Hal ini terbukti ketika Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-2 tahun 1952 di Jakarta. Dan sampai sekarangpun permainan olahraga bola voli ini merupakan salah satu cabang olahraga yang resmi dipertandingkan.

sejarah olahraga voli di indonesia
[email protected]

Pada tahun 1955 tepatnya pada tanggal 22 Januari didirikan Organisasi Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) dengan diketuai oleh W.J. Latumenten. Setelah adanya induk organisasi bola voli ini, maka pada tanggal 28 – 30 Mei 1955 diadakan kongres dan kejuaraan nasional pertama di Jakarta.

Melihat perkembangannya yang sangat cepat dan begitu pesat. Membuat olahraga voli ini sebagai olahraga pendidikan di sekolah-sekolah oleh pemerintah. Secara umum, teknik dasar dalam melakukan olahraga bola voli ini terdiri dari 4 macam.

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

1. Teknik Dasar Service

teknik dasar service dalam olahraga voli
[email protected]

Service merupakan teknik dasar bola voli yang harus di kuasai dan di pelajari oleh setiap pemain pemula. Teknik service ini dilakukan dengan cara pemain berdiri di garis belakang area lapangan sendiri dengan cara melemparkan bola ke udara kemudian bola dipukul melewati net ke arah area lapangan lawan.

Tujuan service ini yaitu pemain diharuskan memukul bola dan melewati net dengan memilih dan mentargetkan ke pemain yang terlihat lemah agar tidak bisa diterima dengan baik oleh pemain lawan dan mendapatkan poin. Tetapi jika bola tidak melewati net maka tim lain yang mendapat poin.

Teknik service ini dilakukan pada saat awal permainan, dan ketika terjadinya kesalahan yang dilakukan pemain. Pukulan service juga bisa menjadi sebuah serangan apabila dipukul dengan keras dan terarah menggunakan teknik smash.

2. Teknik Dasar Passing

teknik dasar passing dalam olahraga voli
[email protected]

Passing juga bisa dikenal dengan sebutan reception atau sebuah usaha yang dilakukan oleh pemain dalam sebuah tim untuk menerima, mengendalikan dan menahan service yang dilakukan pemain lawan dalam bentuk penyerangan. Passing itu sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu passing bawah dan passing atas.

Teknik passing bertujuan untuk mendapatkan bola secara sempurna untuk diberikan kepada teman dan selanjutnya diolah diarea lapangan sendiri untuk mendapatkan poin dan menjatuhkannya di daerah lapangan lawan.

3. Teknik Dasar Smash (spike)

teknik dasar smash dalam olahraga voli
[email protected]

Smash atau spike merupakan teknik dasar bola voli yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan kekuatan penuh dengan cara melompat, dan bola diarahkan ke area lapangan lawan yang kosong. Teknik smash ini dalam bola merupakan pukulan ketiga.

Urutan dalam menerima bola yaitu ketika bola pertama bisa dilakukan dengan menggunakan teknik passing bawah, kemudian bola kedua dengan passing atas, dan yang ketiganya dengan melakuka teknik smash.

Seorang pemain penyerang dalam tim bola voli idealnya memiliki postur tubuh dan lompatan yang tinggi. Hal ini dikarenakan pada saat melakukan teknik smash pemain harus melakukan lompatan dan memukul bola ketika bola berada di puncak ketinggian

4. Teknik Dasar Block (membendung)

teknik dasar block dalam olahraga voli
[email protected]

Teknik block digunakan untuk mencegah dan menahan serangan lawan. Pertahanan (block) yang dilakukan cara menggunakan kedua tangan dan dibarengi dengan lompatan tinggi dan menahan smash bola agar tidak masuk ke dalam area lapangan sendiri.

Dalam permainan bola voli teknik ini sangatlah dibutuhkan oleh tim, oleh karena itu para pemain wajib menguasai teknik block ini dengan baik.

Langkah yang harus dilakukan untuk melakukan teknik block ini yaitu dengan cara berdiri dengan posisi kaki sejajar, disaat yang bersamaan kedua tangan berada di depan dada dengan posisi tangan menghadap ke arah net, kemudian melakukan lompatan dan mengikuti arah bola yang dipukul oleh pemain lawan.

Posisi Pemain Bola Voli

posisi pemain olahraga voli
[email protected]

Seperti halnya sepak bola yang memiliki posisi-posisi tertentu, dalam olahraga voli juga terdapat posisi atau formasi yang telah direncakan oleh pelatih supaya efektif ketika bermain. Berikut ini posisi pemain yang berperan penting saat pertandingan.

1. Tosser (setter)

Tosser merupakan pemain yang memiliki tugas sebagai pengoper bola kepada teman satu timnya, untuk di smash ke area lapang lawan. Tosser juga seorang yang mengatur ritme jalannya permainan.

2. Spikker (smash)

Spikker merupakan pemain yang memiliki tugas sebagai finishing bola dengan teknik smash agar jatuh di area lapangan lawan dan mendapatkan poin.

3. Libero

Libero merupakan pemain yang memiliki tugas bertahan menahan bola dari pukulan lawan. Namun posisi libero ini tidak bisa melakukan teknik smash, hanya boleh menggunakan passing bawah atau passing atas jika bola melewati net.

4. Defender

Defender merupakan pemain yang bertugas sebagi benteng pertahanan dan memblok serangan dari tim lawan. Dengan cara beberapa pemain defender meloncat tinggi untuk menahan serangan smash dari tim lawan.

Peraturan Permainan Bola Voli

peraturan permainan olahraga voli
[email protected]

Dalam permainan olahraga voli terdapat beberapa peraturan permainan standar internasional yang perlu kamu ketahui. Hal ini dimaksudkan agar melatih kamu menjadi pemain yang profesional.

1. Pada sistem pertandingan memakai aturan setengah kompetisi yang di dalamnya terdapat tim yang dibagi menjadi dua grup, dan setiap grup terdiri dari 4 tim.

2. Jumlah maksimal pemain dalam sebuah pertandingan resmi bola voli standar Internasional dalam satu tim adalah 10 orang. Tetapi yang boleh bermain di lapangan hanya enam orang dan empat orang sebagai pemain cadangan.

3. Ketika pertandingan berlangsung pelatih boleh mengganti pemain inti dengan pemain cadangan dan tidak ada batasan jumlah dalam pergantian pemain.

4. Jika salah seorang atau lebih dari tim satu anggota tim sedang mengikuti pertandingan cabang olahraga lain, maka pertandingan tidak akan ditunda.

5. Dalam pertandingan bola voli jumlah minimal pemain yang boleh bermain di lapangan dalam satu tim adalah empat orang

6. Jika di lapangan dalam satu tim jumlah pemainnya kurang dari empat orang, maka tim tersebut dianggap kalah oleh panitia yang bertanggung jawab dalam pertandingan.

7. Setiap pertandingan bola voli berlangsung harus melewati tiga babak (best of three), ketika babak pertama dan kedua dimenangkan oleh salah satu tim, maka pertandingan babak ketiga tidak perlu dilaksanakan.

8. Pada pertandingan bola voli, sistem perhitungan angka menggunakan rally point maksimal 25 poin.

9. Jika saat pertandingan berlangsung, kedua tim mendapatkan poin yang sama di akhir yaitu (24-24), maka pertandingan akan ditambah dua poin. Untuk tim yang pertama berhasil unggul dengan selisih dua poin akan memenangkan pertandingan.

10. Tim akan mendapatkan nilai 1 apabila memenangkan permainan saat pertandingan babak penyisihian.

11. Jika kedua tim atau lebih memperoleh nilai yang sama, maka panitia pertandingan akan menentukan pemenang juara grup dan runner-up dari kualitas angka yang didapatkan dari setiap set pada pertandingan sebelumnya.

12. Dalam pertandingan bola voli setiap mengakhiri babak pertandingan, tim diwajibkan bertukar sisi lapangan. Apabila kedua tim telah mencapai babak ketiga, maka tim yang memperoleh nilai terendah dapat meminta kepada wasit untuk bertukar posisi lapangan. Hal ini hanya dilakukan jika poin telah mencapai 13.

13. Setiap tim boleh meminta waktu time out dan hanya diperbolehkan dilakukan 1 kali dalam setiap babak.

14. Wasit memberikan waktu time out hanya 1 menit saja.

Itulah beberapa bahasan mengenai sejarah singkat, teknik dasar dan peraturan olahraga voli. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk dishare ya agar orang lain mengetahui bagaimana teknik dasar dan peraturan bola voli sesuai standar Internasional. Terimakasih.

Leave a Comment