Masjid Pink

MasyaAllah, Masjid Pink ini Seperti Istana di Negeri Dongeng, Unik!

Masjid Pink
Masjid Dimaukom via@farm6.staticflickr.com

Ada banyak masjid-masjid besar  di dunia dengan berbagai kisah dan gaya arsitektur bangunannya. Salah satunya yaitu Masjid Dimaukom. Masjid yang lebih terkenal dengan nama Masjid Pink ini karena sesuai dengan namanya. Semua bagian bangunan masjid ini berwarna pink.

Banyak masjid ramai dikunjungi karena memiliki bentuk yang unik atau latar belakang sejarah yang menarik. Tapi berbeda dengan Masjid Dimaukom yang kini heboh menjadi incaran para wisatawan dari seluruh dunia.

masjid unik Filipina
Masjid dengan warna yang begitu ngejreng dan unik via@www.coklatkita.com

Ya, masjid kebanggaan masyarakat Negara Filipina ini, berbeda dengan kebanyakan masjid lainnya. Masjid ini sengaja dicat dengan warna pink mencolok. Berada di Kota Datu Saudi Ampatuan (DSA), Provinsi Maguindanao, Filipina Selatan, membuat masjid ini malah lebih terlihat seperti sebuah istana di negeri dongeng.

Di masjid ini jamaahnya diharuskan memakai baju warna pinkvia@img.buzzfeed.com
Banyak jamaah yang menggunakan baju warna pink via@img.buzzfeed.com

Mulai dari kubah, pagar, menara, hingga interior di dalamnya, semuanya berwarna pink. Bahkan banyak juga jamaah masjid ini yang juga mengenakan pakaian warna pink untuk beribadah di sana.

Kalaupun ada warna lain berupa emas dan perak di berbagai ornamennya, terasa tenggelam oleh semaraknya warna pink. Tentu menjadi sesuatu hal yang sangat unik, langka, dan menarik.

ruangan di dalam masjid dimaukom
Isi masjid dimaukom via@s6.postimg.org

Begitu pula saat melangkahkan kaki ke dalam masjid, nuansa merah muda melekat ke seluruh desain interiornya. Namun bedanya hanya tembok bagian dalam yang dicat dengan warna yang lebih lembut dibandingkan bagian luar.

Dan menariknya lagi, para murid yang belajar mengaji di masjid ini juga diharuskan untuk mengenakan seragam berwarna pink.

murid diharuskan memakai baju pink
via@img.buzzfeed.com

Menurut sejarah, Masjid Dimaukom dibangun pada tahun 2011 atas perintah Walikota Datu Saudi Ampatuan yaitu Samsodin Dimaukom. Pembangunan masjid ini memakan waktu hingga 2 tahun, dan akhirnya dibuka untuk umum sejak Ramadan 2013 lalu.

jangan lupa kunjungi masjid ini
Masjid Filipina yang sangat unik via@3.bp.blogspot.com

Nah, bagi kamu yang sedang berada di Filipina silahkan mampir untuk mengunjungi Masjid Dimaukom. Jika saat bulan Ramadan, masjid tersebut mendadak berubah menjadi sebuah tujuan wisata ngabuburit yang populer loh.

Leave a Comment