oleh-oleh khas tulungagung jenang grendul

10 Oleh-Oleh dan Makanan Khas Tulungagung Yang Bisa Menggoyang Lidah dan Bikin Ketagihan

Makanan Khas Tulungagung – Mengenal sedikit daerah Tulungagung. Tulungagung yang merupakan daerah penghasil marmer terbesar Indonesia terletak di 154 km barat daya Kota Surabaya dan menjadi ibu Kota Provinsi Jawa Timur.

Selain terkenal dengan hasil marmernya, Tulungagung juga terkenal dengan beberapa makanan khasnya yang katanya bikin ketagihan para pecinta makanan. Bagi para pecinta wisata kuliner memang sangat dinantikan makanan khas dari daerah asal Jawa Timur ini. Apalagi jika makanan tersebut memang sudah terkenal di Indonesia.

 

Nah, lalu seperti apakah makanan khas yang sudah terkenal di Indonesia tersebut dan hanya ada di Tulungagung saja. Yuk simak ulasan lengkapnya, dan jangan sampai ngiler ya. Nih..

1. Makanan Khas Tulungagung – Sate dan Gule Kambing

Sate Khas Tulungagung
Sumber : www.qraved.com

Makanan yang satu ini memang sudah banyak di daerah-daerah lain di Indonesia. Tetapi sate Tulungagung ini berbeda dengan sate-sate dari daerah lain. Sate ini terdiri dari sate kambing dengan racikan bumbunya yang lebih meresap hingga membuat gurih.

Yang membuat khas dan beda daripada sate-sate yang lain yaitu dari proses pembakarannya. Sate kambing ini pada saat dibakar dicelupkan dalam kuah gulai dan menjadikan rasanya yang khas Tulungagung-an.

2. Oleh-Oleh Khas Tulungagung – Kue sagon

sagon khas Tulungagung
Sumber : tokobaroqah.com

Salah satu kue tradisional ini bisa ditemukan di berbagai daerah di Pulau Jawa, salah satunya Tulungagung. Kue sagon ini sudah cukup populer karena mempunyai cita rasa kue yang enak, manis dan gurih serta aromanya yang wangi.

Kue sagon menggunakan bahan dasar berupa kelapa, tepung ketan, tepung sagu ataupun tepung kanji. Bisa dibilang pengambilan nama kue “sagon” ini karena menggunakan bahas dasar tepung sagu. Kamu bisa menikmati sajian nikmat kue sagon ini ditemani dengan secangkir kopi atau teh sebagai kue kering di hari-hari besar seperti  hari raya ataupun hari-hari biasa.

3. Kuliner Khas Tulungagung – Ayam Lodho / Nasi Lodho

Makanan ayam lodho
Sumber : www.ldiikediri.com

Tidak jauh berbeda dengan opor ayam, makanan khas nasi lodho ini adalah pada sajian ayamnya yang dipanggang terlebih dahulu agar aroma ayam lebih terasa dan menghasilkan rasa yang enak dan lezat tentunya.

Penasaran dengan sajian dan rasanya? Kamu bisa datang ke lokasinya yaitu di jalan Semeru. Biasanya sajinan makanan ini ditemani dengan longtong, ketupat ataupun nasi putih.

Baca Juga : 7 Oleh-Oleh, Jajanan dan Makanan Khas Karawang Paling Top Markotop

4. Oleh-Oleh Khas Tulungagung – Enting-Enting Kacang / Geti

enting-enting yang khas
Sumber : yudhabekovas.blogspot.co.id

Enting-enting kacang atau biasa juga disebut geti ini sangat mudah dijumpai. Karena Tulungagung memang merupakan produsen geti yang merupakan camilan yang terbuat dari kacang tanah dan wijen.

Kacang tanah dan wijen yang dimasukkan ke dalam larutan gula merah yang dimasak hingga kering dan dikemas ke dalam plastik-plastik kecil, mempunyai rasa yang pas tidak terlalu manis dan gurih membuat si-pemakan akan ketagihan dan susah untuk berhenti.

Tetapi harus berhati-hati juga karena jika kebanyakan makan camilan ini bisa membuat sakit gigi. Saat ini, geti hanya bisa ditemukan di daerah asalnya saja.

5. Jajanan Khas Tulungagung – Getuk Pisang

Jajanan getuk pisang tulungagung
Sumber : ulfalaili1.blogspot.co.id

Salah jajanan khas Tulungagung ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Tulungagung bagi para wisatawan yang berkunjung ke Tulungagung. Memiliki rasa yang lezat dan khas, jajanan khas Tulungagung ini juga mempunyai kemasan yang sangat unik.

Kemasan bentuknya yang hampir sama dengan lontong. Selain itu getuk pisang juga mudah dalam pembuatannya juga bahan-bahan yang sederhana dan mudah untuk diperoleh.

6. Makanan Khas Tulungagung – Ayam Goreng Tulungagung

ayam goreng enak yang khas
Sumber : leonarsis.blogspot.co.id

Sudah kenal dong dengan makanan ini. Makanan yang sudah tidak asing ini memang di semua daerah ada. Buat kamu yang suka nongkrong di cake-café atau menghabiskan waktu bersama teman. Di Tulungagung terdapat café yang menyediakan menu ayam goreng khas Tulungagung.

Kamu bisa datang ke café AG One yang berlokasi di MT Haryono no. 77B Kabupaten Tulungagung. Atau bagi kamu yang berada di Malang juga bisa merakan ayam goreng lezat ini. Biasanya mereke menjual nasi kotak Malang dengan lauk ayam goreng dan lainnya.

7. Makanan Khas Tulungagung – Kepiting Sambal Ijo

makanan Kepiting sambal ijo
Sumber : anekawisataseru.blogspot.com

Menu masakan khas Tulungagung selanjutnya yaitu kepiting sambal ijo yang bisa menggoyang lidah para pengunjung dengan bumbu khasnya yang membuat ketagihan. Jenis kepiting yang di ambil adalah kepiting segar yang berukuran besar supaya bisa memuaskan perut-perut lapar para pengunjung.

Jika kamu tertarik, kamu bisa menyantapnya di lokasi jl MT Haryono no. 77B Kabupaten Tulungagung.

8. Oleh-Oleh Khas Tulungagung – Jenang Syabun

Jajanan jenas syabun yang khas
Sumber : www.tulungagungtourism.com

Makanan khas Tulungagung ini selain merupakan makanan khas juga bisa sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Jenang yang terbuat dari beras ketan dan rasanya yang manis dan legit serta tekstur yang lembut, menjadikan makanan menjadi rekomendasi oleh-oleh khas Tulungagung yang tidak boleh dilewatkan.

9. Makanan Khas Tulungagung – Jenang Grendol

oleh-oleh khas tulungagung jenang grendul
Sumber : www.tulungagungtourism.com

Jika sebelumnya ada jenang syabun sejenis camilan khas Tulungagung, untuk jenang grendol ini adalah makanan kuah dengan rasanya yang manis dan gurih. Jenang ini terbuat dari tepung kanji yang biasa disajikan dengan jenang baning. Kamu bisa menemukannya di pasar tradisional Tulungagung.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Purwakarta Dengan Cita Rasanya Yang Khas

10. Kuliner Khas Tulungagung – Sompil

Sompil kuliner khas tulungagung
Sumber : www.tulungagungtourism.com

Makanan khas Tulungagung yang terakhir yaitu sompil. Makanan ini biasa disajikan dengan ditemani irisan lontong dan ditambahi lotho. Agar terasa lebih nikmat, masakan khas Tulungagung ini diberi toping bubuk kedelai yang lezat. Bagi kamu yang suka pedas juga cocok mencoba makanan ini karena dominan dengan rasa pedas yang bikin ketagihan.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai beberapa makanan khas  Tulungagung yang harus kamu coba. Jika ada makanan khas yang terlewat, bisa dimasukan di kolom komentar ya. Terimakasih telah berkunjung.

2 thoughts on “10 Oleh-Oleh dan Makanan Khas Tulungagung Yang Bisa Menggoyang Lidah dan Bikin Ketagihan

  1. Waaoo Keren sekali suvenirnya , pengin banget dehn beli yang seperti ini , Semoga lancer usahanya dan berkah secara online dan offline , many terus sarga tulungagung , salam dari kita yang satu kota

Leave a Comment