Sate Maranggi Makanan Khas Purwakarta

5 Makanan Khas Purwakarta Dengan Cita Rasanya Yang Khas

Makanan Khas Purwakarta – Siapa sih yang tidak suka makan, tentu semua suka. Bukan suka lagi sih karena makan adalah sebuah kebutuhan pokok bagi manusia. Dengan makan kita mendapat energi untuk melakukan kegiatan rutinitas kita sehari-hari. Untuk kamu yang sedang mencari makanan khas, iya kamu. Pasti sedang mencari informasi mengenai makanan khas kota purwakarta kan? Ngaku deh, hehe.

Tenang saya akan memberikan informasi bagi kamu yang sedang mencari rasa baru dari sejuta rasa makanan nusantara yang tentunya dapat menggoyang lidah kamu. Sebelum itu ada pepatah mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang, mari kita sedikit mengenal kota yang berada di provinsi Jawa Barat ini yaitu Kota Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Sebuah kota dengan sebutan Purwakarta Istimewa ini merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karawang,  Subang, Bandung serta Cianjur. Purwakarta yang berlokasi strategis ini adalah jalur utama dalam lalu lintas, karena daerah Purwakarta sendiri berada pada titik-temu dari tiga koridor utama lalu-lintas, yaitu jalur Bandung-Purwakarta, Jakarta-Puwakarta dan Cirebon-Purwakarta.

Baca Juga : 11 Makanan Khas Manado Ternikmat dan Paling Digemari [Wajib Coba]

Sudah dipastikan bahwa daerah ini akan dilewati oleh para pengguna jalan yang hilir mudik melewati daerah Purwakarta. Yang menjadikannya menjadi tempat untuk mencari oleh-oleh bagi wisatawan ataupun yang hanya sekedar melewati daerah ini saja.

Untungnya Kota Purwakarta ini mempunyai sebuah makanan yang khas yang menarik mata wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk mengunjunginya. Karena tidak hanya objek wisata Purwakartanya, Kota Purwakarta memiliki daya tarik bagi setiap wisatawan dengan keanekaragaman wisata kulinernya lho. Dan saya jamin tidak akan membuat kamu kecewa deh saat mampir dan mencoba makanannya.

Bagi kamu yang sedang berlibur ke Purwakarta ataupun yang berencana ingin berlibur dan mampir ke Purwakarta, jangan sampai tidak sama sekali mencicipi makanan khasnya. Berikut adalah makanan khas Purwakarta yang istimewa.

Makanan Khas Purwakarta Yang Mendunia – Sate Maranggi

Makanan Khas
Sate Maranggi via@usimages.detik.com

Apa sih yang ada di pikiran kamu ketika menyebut kuliner apa yang khas dari Purwakarta, Jawa Barat? Pasti banyak yang menyebutkan nama Sate Maranggi. Sate Maranggi ini memang masih menjadi primadona pengunjung dan wisatawan sejak 1990. Rasanya yang begitu khas membuat Maranggi terkenal seantero nusantara.

Tekstur dagingnya yang empuk dan dibumbui dengan irisan tomat, kecap, dan cabe rawit hijau. Daging yang disajikan yaitu daging ayam, kambing, dan sapi yang dibakar hingga renyah.

“Di sini spesialnya yaitu bumbu tomat dan rasanya. Soalnya cuma dari bumbu kecap dan sambal tomat yang diulek. Kalau untuk daging semuanya lokal,” kata Rabbulkhair, seorang karyawan, Sate Maranggi Cibungur, Purwakarta, Jawa Barat.

Untuk lokasinya, warung sate maranggi Cibungur mulai diperluas sejak didirikan tahun 1990 oleh Hj. Yetty. Warung itu kini berisi lebih dari 105 meja dengan lahan parkir yang luas di kelilingi hutan jati. Total ada 200 karyawan yang bekerja di sana.

Bagi kamu ingin mencoba dan memang harus mencobanya, kamu bisa datang ke Jalan Raya Bungursari, Bungursari, Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.Mengenai harganya, Sate Maranggi tergolong cukup murah dan terjangkau. Harga sate per tusuk hanya Rp4 ribu, sedangkan untuk satu porsi yaitu Rp40 ribu.

Oleh-Oleh dan Makanan Khas Purwakarta – Simping

Makanan Simping
Simping Kaum via@img.indonetwork.xyz

Sebuah makanan yang berbentuk bulat dan pipih ini merupakan makanan khas Purwakarta. Simping adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan adonan tepung terigu dan tepung tapioka ini dibuat dengan cara di panggang dengan cetakan khusus.

Dahulu simping hanya mempunyai satu varian rasa saja, akan tetapi seiring berkembangnya industri kuliner dan permintaan dari para konsumen, membuat simping saat ini mempunyai banyak varian rasa yang renyah seperti rasa bawang, pisang, nangka , pandan, coklat stroberi, hingga keju.

Supaya lebih menarik, warna dari simping ini pun disesuaikan dengan varian rasanya. Makanan khas Purwakarta ini dapat kamu miliki dengan harga 5.000-10.000 rupiah saja, simping juga bisa menjadi pilihan kamu sebagai buah tangan khas Purwakarta dengan harga yang sangat terjangkau.

Salah satu simping yang cukup terkenal di daerah Purwakarta yaitu simping MA’ANI Kaum yang bisa ditemui di daerah Kaum Babakan di Jl. Baing Marjuki No.8 Rt.07/02 Purwakarta.

Makanan Khas Purwakarta – Ayam Goreng “Sajolna” Jawaranya Purwakarta

Ayam goreng jawara makanan Purwakarta
Ayam Goreng Sajolna via@www.purwakartakab.go.id

Ketika berkunjung ke Purwakarta, belum lengkap rasanya jika tanpa mencoba salah satu makanan khas jawara Purwakarta yakni ayam goreng Sajolna, bagi kamu pecinta Ayam goreng, dan Pemburu kuliner, harus merasakan sensasi makan Ayam goreng basah yang di sajikan di Rumah Makan Sajolna.

Ayam goreng kampung yang digoreng setengah kering ini sangat cocok di santap dengan sambal dadak yang mempunyai rasa pedas luar biasa yang disajikan di atas cobek tanah liat, sungguh nikmat rasanya jika di santap dengan sepiring nasi panas dengan lalapan yang segar.

Selain itu Rumah Makan Sajolna juga menyediakan berbagai macam kuliner khas Jawa Barat lainnya, seperti karedok dan ikan peda goreng juga merupakan menu andalan dari RM Sajolna.

Nih yang kamu bisa mencobanya di Jl.LetJend. Basuki Rahmat 157, Purwakarta. Buka setiap pukul 09.00-21.00. Tak perlu khawatur karena harganya yang terjangkau, sehingga tidak perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

Makanan Khas Purwakarta – Peuyem Bendul

Peuyeum Purwakarta
Peuyeum Bendul via@www.penabiru.com

Nih ada lagi oleh-oleh yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Purwakarta yakni peuyeum bendul. Peyeum bendul yang merupakan makanan khas yang terbuat dari tape singkong ini akan digantung dan sedikit terlihat mencolok dari kejauhan.

Walaupun begitu cita rasanya yang khas membuat begitu enak dan lezat saat disantap. Jadi, jangan lewatkan untuk mencoba makanan peuyeum ini. Kamu bisa mendapatkannya di Jalan Raya Bendul.

Makanan Khas Purwakarta – Colenak

makanan colenak
Colenak via@cdn2.tstatic.net

Makanan khas selanjutnya yaitu colenak. Colenak sendiri masih saudaranya peuyeum karena merupakan makanan yang berbahan peuyeum atau tape yang kemudian dibakar. lalu ditambahkan sebuah bumbu manis dari gula merah dan kelapa yang disangrai. Sehingga terasa gurih dan kriuk saat memakannya.

Baca Juga : Beneran !! 13 Makanan Khas Tasikmalaya Ini Paling Enak, Oleh-Oleh, dan Kulinernya Paling Hits

Minuman Khas Purwakarta – Es Ciming

Es CIming Asli Purwakarta
Es CIming via@3.bp.blogspot.com

Untuk urusan kuliner, es campur di kota-kota mana pun pastinya ada saja yang menjadi andalannya. Seperti halnya di Kota Purwakarta, salah satu es campur yang menjadi pilihan dan favorit wisatawan yaitu Es Ciming.

Jika kamu sedang menuju jalur timur dari Jakarta, cobalah sekali-kali mampir dan menyambangi wisata kuliner yang khas dan sudah terkenal di Purwakarta ini. Sekalian menjajal aneka wisata kuliner lain yang banyak bertebaran di Purwakarta.

Es campur ini diracik oleh seorang perintis usaha yaitu Ko Ciming, dimana usaha yang sedang digeluti oleh lelaki Tionghoa ini tetap laris manis hingga saat ini.  Es ciming ini dikenal dengan rasanya yang mantap juga menyediakan berbagai aneka kuliner khas lainnya dari batagor sampai pempek.

Es yang sangat cocok dinikmati saat ganasnya matahari membakar bumi ini juga merupakan sangat ramai saat bulan puasa datang. Es ciming selalu pilihan menu berbuka puasa yang segar, karena sederhana tapi sangat nikmat.

Nah, itulah beberapa makanan khas Purwakarta yang paling hits dan paling istimewa tentunya di Purwakarta. Pokoknya jangan sampai terlewatkan dan tidak sama sekali mencicipinya ya, sayang kalau cuman lewat atau berkunjung saja. Hehe

Semoga artikel ini bermanfaat, bisa menambah wawasan dan jangan lupa tinggalkan tinggalkan pesan dengan cara klik share dan komen ya. Terimakasih telah berkunjung.

 

Leave a Comment