kue tar manado

11 Makanan Khas Manado Ternikmat dan Paling Digemari [Wajib Coba]

Makanan khas Manado – Halo sahabat disiniaja yang berbahagia. Sudah tahu dong Manado itu terkenal dengan apanya? Yap, Manado merupakan kota yang berada di Sulawesi Utara yang terkenal dengan tempat wisatanya. Bagi kamu pecinta diving sejati, nggak afdol kalo belum nyoba diving ke kota Manado, tapatnya di Taman Laut Bunaken.

Tapi, selain terkenal dengan spot divingnya, Manado terkenal dengan makanan khasnya yang bisa memenuhi hasrat lapar saat berlibur ke kota Manado. Nah, jadi ketika kamu hendak liburan ke kota Manado, jangan hanya mencoba spot divingnya aja ya, coba juga makanan khasnya yang katanya mempunyai rasa yang special.

Rekomendasi Makanan Khas Manado Buat Kamu Yang Sedang Berkunjung ke Kota Manado

Berikut penulis sajikan khusus buat kamu, makanan, minuman, hingga oleh-oleh khas Manado yang tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur atau berkunjung ke Kota Manado. Supaya liburanmu lengkap menikmati semua kekayaan alam dan kuliner khas Kota Manado.


1. Makanan Khas Manado – Nasi Kuning Janur Bumbu Khusus Ala Manado

makanan khas
cepamagz.com

Man-teman, nih yang pertama ada nasi kuning ala Manado. Emang sih, nasi kuning semua orang pasti pernah mencobanya dan ada di setiap daerah. Tapi, tidak ada salahnya juga untuk mencobanya ketik liburan ke Manado. Karena nasi kuning ala Manado ini memiliki rasa yang beda dan khas ala Manado.

Nasi kuning janur ini mempunyai bumbu khusus dan penyajian yang berbeda karena disini menggunakan bungkus dari janur. Nah, disinilah letak rasa lezatnya. Bungkus janur yang digunakan ternyata dapat membuat rasa nasi kuning tersebut terasa beda dari yang lain. Selain itu nasi kuning janur ini diberian bumbu khas di atas nasinya supaya terasa lebih lezat.


Minuman Khas Manado – Es Kelapa Muda Gula Merah

es kelapa khas manado
pinimg.com

Minuman khas yang pertama yaitu es kelapa muda dengan gula merah. Baru denger namanya aja, udah pada ngiler yaa.. apalagi kalau dinikmati saat bersantai di pantai melihat para pen-diving yang sedang menyelam. Wih.. segernya. Atau kamu bisa memesan kopi dingin. Banyak yang jual biji kopi dan menjual kopinya di dekat-dekat pantai.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Menggoyang Lidah dan Bikin Ketagihan


Sarapan Pagi Sehat dengan Bubur Tinutuan Ala Makanan Khas Manado

bubur manado
resepku.me

Pagi-pagi lagi gak mod makan nasi? Coba deh bubur Tinutuan khas Manado ini! walaupun sudah banyak yang menjual bubur di setiap daerah, tapi isi dari bubur khas Manado ini terbilang sangat berbeda dengan bubur-bubur lainnya.

Bubur Tinutuan ini dalam isinya tidak menggunakan daging sama sekali. Lho kok, terus isinya? Nah, isinya adalah penuh dengan beberapa jenis sayuran sehat seperti beras bayam, sambiki, jagung, kangkung, singkong, daun gedi, dan kemangi. Tentunya bubur ini sangat cocok untuk kamu para vegetarian untuk mencobanya.


Makanan khas Manado – Cakalang Fufu

makanan ikan manado
dentistvschef.files.wordpress.com

Tidak hanya memanfaatkan laut sebagai spot diving, kota Manado juga memanfaatkan hewan-hewan lautnya yaitu ikan cakalang. Bentuk ikan yang besar serta bumbu yang diberikan menggunakan resep khusus, membuat makanan ini jangan sampai dilewatkan jika hendak berkunjung dan liburan ke Manado.

Ikan  cakalang fufu yang diberi bumbu dari garam, bubuk soda dan bumbu lainnya diproses dengan cara pengasapan. Yang mana proses pengasapan tersebut membutuhkan waktu sekitar 4 jam pengasapan agar ikan terasa lembut saat dimakan. Makanan ikan cakalang ini juga dapat bertahan cukup lama.


Segarnya Es Kacang Merah, Minuman Khas Manado

es kacang manado
duniainter.net

Alangkah indahnya menikmati pemandangan pantai bunaken dengan secangkir es kacang merah manis dan seger. Nah, satu lagi minuman khas manado yang akan melengkapi liburanmu di Kota Manado. Minuman es kacang ini sangat cocok dinikmati saat siang hari. Rasanya yang manis dan seger, akan membuatmu terasa nyaman menemani panasnya terik matahari serta beberapa manfaat asi dan yang lainnya.

Baca Juga : 10 Oleh-Oleh dan Makanan Khas Tulungagung Yang Bisa Menggoyang Lidah dan Bikin Ketagihan


Enaknya Kue Khas Manado – Klappertaart

kue tar manado
denhaagklappertaart.com

Tart atau kue kelapa ini merupakan kue khas dari Belanda. Namun oleh masyarakat Manado dipadukan dengan beberapa sentuhan khas budaya Indonesia, maka jadilah kue khas klappertaart khas Manado. Sama seperti kue-kue yang lain, kue klappertaart ini berbahan dasar kelapa muda, susu, tepung, margarin, gula dan air kelapa.

Dalam penyajiannya, kue klappertaart akan sangat enak jika disajikan dalam keadaan dingin. Beberapa rasa yang tentunya sangat enak akan kamu rasakan ketika makan kue khas Manado. Apalagi jika memakannya saat bersantai di pantai sambil menikmati para pendiving di laut. Rasa yang manis serta tekstur yang lembut siap memanjakan perut para pengunjungnya.


Makanan Khas Manado – Ikan Woku Belanga

resep ikan Manado
kitabmasakan.com

Jika tadi adalah makanan ikan cakalang fufu, kali ini di kota Manado juga terdapat beberapa makanan seafood lainnya yaitu ikan wofu belanga. Ikan wofu belanga juga mempunyai ciri yang berbeda dari yang lain, yakni proses pemasakan dengan menggunakan wadah dari tanah liat karena dipercaya dapat menghasilkan aroma dan rasa yang berbeda. Ikan sering yang digunakan juga beragam, ada ikan nila, ikan mas, ikan kerapu, udang dan kepiting.

Bahan-bahan dasar yang digunakan yaitu daun jeruk, daun pandan, daun kunyit, kemangi dan serai supaya menghasilkan aroma yang harum dan menggugah selera. Emm.. rasa peda dan segar siap memanjakan lidah kamu.


Makanan Khas Manado – Ikan Tude Bakar Gurih

makanan ikan
twicsy.com

Masih jenis makanan seafood yaitu ikan tude. Ikan tude ini sejenis ikan kembung yang diolah dengan cara dibakar atau digoreng. Walaupun begitu, rasa yang dihasilkan memiliki rasa yang lezat dan gurih. Karena makanan ikan tude ini juga merupakan makanan yang digemari oleh masyarakat Manado.


Makanan Khas Manado – Nasi Jaha Yang Unik dan Lezat

makanan khas nasi jaha
indonesianrecipes.ga

Pernah melihat proses masak nasi dengan menggunakan bambu? Nah, di kota Manado ada masakan khas dengan proses pemasakan menggunakan bambu yaitu nasi jaha. Nasi jaha merupakan makanan khas yang berbahan utama beras ketan, jahe dan santan.

Meskipun proses masaknya sedikit unik, namun dalam rasa, sudah pasti mempunyai rasa yang lezat dan unik. Proses masaknya adalah dengan cara memasukan beras ketan serta bahan lainya lalu bambu tersebut dibakar  hing ga nasi tersebut matang. Penasarankan bagaimana rasa uniknya? Jika berminat kamu bisa menemukannya di rumah-runah makan.


Kue Khas Manado – Kueku

kue enak khas manado
kueku.com

Kueku atau kue Manado ini merupakan kue yang khas dari Manado. Menurut masyarakat Kota Manado, kue ini adalah kue dalam pembuatannya paling mudah dibanding kue-kue lain. Kue Manado yang berbahan dasar gula pasir, minyak goreng, terigu, abon, bawang goreng serta biskuit marie yang diblender halus ini sangat praktis dalam pembuatannya.


Kue Apang – Kue Khas Manado

kue khas apang bakar
tstatic.net

Kue apang atau kue basah tradisional khas Manado ini banyak diminati oleh semua masyarakat Indonesia. Karena rasanya yang istimewa, juga mempunyai bentuk yang unik dan menarik yaitu merekah sangat mirip seperti kue mangkok. Mempunyai aroma yang wangi serta warna yang kecoklatan karena bahan dasarnya dari gula merah.

Yang paling menarik, kue apang ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan legit, membuat kue ini sangat laku dan banyak diminati masyarakat Indonesia.

Selain makanan-makanan khas di atas, kota Manado juga mempunyai oleh-oleh khasnya loh.. Berikut oleh-oleh khas yang sudah terkenal di Manado.


Oleh-Oleh Khas Manado – Manisan Pala Manis

makanan khas manisan
auliaoktavella.it.student.pens.ac.id

Pala manis yang merupakan makanan khas Manado, juga sebagai oleh-oleh khas Manado yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Manado. Mempunyai tekstur yang yang bersih dan mengkilat, membuatnya dikenal di negara tetangga lho.

Resep makanan ini terbuat dari bahan buah pala yang dicampur dengan gula cair. Jika di daerah lain, biasanya manisan pala menggunakan gula pasir.


Oleh-Oleh Khas Manado –  Kacang Goyang / Kacang Kembang

kacang goyang manado
indonesiakaya.com

Dari namanya saja, makanan ini sudah membuat penasaran, bagaimanan kalau dimakan ya, apakah akan goyang-goyang. Hehe, maksud dari goyang disini bukan rasanya yang goyang-goyang, tetapi cara pembuatannya yaitu dengan cara digoyang-goyang.

Makanan ini sering muncul saat ada acara hajatan di masyarakat Kota Manado. Kacang goyang yang merupakan kacang atom yang dibalut dengan tepung terigu dan dulumuri gula yang manis dilapisan luarnya. Kota yang terkenal pembuat kacang goyang ini yaitu Kotamobagu. Makanan ini cocok sebagai camilan di kala santai.


Oleh-Oleh Khas Manado – Dodol Amurang

makanan dodol
manadopostonline.com

Dodol memang salah satu makanan yang sudah umum di berbagai daerah. Tak terkecuali dodol asli manado ini yaitu dodol amurang. Dodol amurang yang terbuat dari beras ketan, gula aren, santan, kacang serta minyak kelapa murni dan kayu manis mempunyai ciri khas tersendiri dengan dodol dari daerah lain, yakni bungkusnya yang terbuat dari daun kelapa.


Itulah rekomendasi makanan khas buat kamu yang ingin berlibur ke Kota Manado. Sebernarnya ada banyak sekali makanan khas yang disajikan, tetapi makanan di atas merupakan makanan paling digemari dan rasanya yang lebih enak.

 

Makanan Khas Manado

Leave a Comment