Pepes Khas karawang

7 Oleh-Oleh, Jajanan dan Makanan Khas Karawang Paling Top Markotop

Makanan Khas Karawang – Makanan khas memang selalu punya rasa tersendiri yang berbeda dari makanan lain. Biasanya makanan tersebut hanya terdapat di daerah tersebut saja, dan sulit untuk ditemukan di daerah-daerah lain. Kalaupun ada, mungkin se-enak dan se-spesial daerah tersebut. Itulah mengapa makanan khas suatu daerah selalu di cari bagi pecita kuliner.

Bagi kamu para kuliner’s yang hobi cicip-cicip makanan, dan suka liburan kuliner. Kamu bisa mencoba merasakan rasa yang khas dari daerah Karawang. Karena dalam artikel ini akan di ulas tuntas beberapa makanan khas asli daerah Karawang, yang bakal menggoyang lidah dan memanjakan para kuliner’s.

Berikut adalah makanan khas dan oleh-oleh khas Karawang buat para pecinta makanan dan hiburan kuliner’s.

1. Makanan Khas Karawang – Pepes Walahar Pak Dirja

makanan Pepes walahar
Sumber : www.thehungrydoctor.net

Pepes yang dikenal di Karawang dengan nama pepes walahar ini didirikan oleh H. Dirja dan Hj. S. Kurnia. Nama walahar sendiri diambil karena lokasi pepes pak Dirja ini dekat dengan bendungan Walahar. Sudah banyak pengunjung dan penikmat pepes walahar dari dalam kota maupun dari luar kota lho.

Mau coba kenikmatannya? Kamu bisa datang ke Seberang Bendungan Walahar, Karawang, Indonesia. Harga yang terjangkau dengan menu pepes yang bervariasi. Pepes yang disajikan yaitu pepes usus, pepes jambal, pepes ayam, pepes tahu, pepes ikan mas, pepes oncom, pepes jamur, dan pepes teri.

Biasanya makanan pepes tersebut disajikan bersama dan lalapan dan sambal terasi serta tahu goreng.

Baca Juga : 5 Makanan Khas Purwakarta Dengan Cita Rasanya Yang Khas

2. Oleh-Oleh Khas Karawang – Serabi Hijau

Makanan serabi hijau
Sumber : MasakanDapurku.com

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah hanya menikmati makanan khasnya saja. Karena serabi hijau ini merupakan oleh-oleh khas karawang yang sudah populer. Makanan serabi ini bisa menjadi oleh-oleh saat hendak pulang dari Karawang.

Memang sudah banyak yang menjualnya di tiap daerah. Tapi serabi hijau Karawang ini berbeda dengan serabi-serabi yang lain karena mempunyai cita rasa yang sangat khas. Rasanya yang enak, manis dan legit, serta warna hijaunya dari daun pandan dibuat dengan beberapa rasa. Ada serabi keju, cokelat, original dan rasa pandan.

3. Makanan Khas Karawang – Soto Tangkar Mang Ne’an

Makanan Khas Soto tangkar
Sumber : hipwee.com

Bagi telinga orang luar dari Karawang memang asing dengan kata “Tangkar”. Para pengunjung dari sejumlah daerah dari Bandung dan Jakarta, mengaku baru pertama kali mendengar dan tahu makanan khas ini. tetapi setelah mencobanya: Enak juga, ya?!

Makanan Soto tangkar ini memang tidak banyak dijual di Karawang. Bahkan relatif sedikit yang menjual soto tangkar ini. kononnya kata tangkar ini singkatan dari “Tangkrigan Karawang” atau biasa disebut tempat mangkal orang Karawang.

Dari segi tampilan, soto tangkar ini tidak jauh berbeda dengan soto daging pada umumnya. Tapi soto tangkar mempunyai bumbu khas tersendiri yang membuat daging dan kulit sapi terasa sangat empuk dan juga kuahnya.

Mau nyoba bagaimana kuah dan daging empuknya? Kamu bisa datang ke warung tangkar Mang Ne’an di Jalan Sartika dengan nama “Cita Rasa Tangkar Mang Ne’an”.

4. Oleh-Oleh Khas Karawang – Kue Gonjing

Makanan cemilan kue gonjing
Sumber : jakartainformer.com

Kue dengan nama Gonjing ini terbuat dari bahan kelapa dan bahan tepung yang mempunyai rasa yang gurih dan legit dengan taburan gula bubuk putih di atasnya. Jika kamu suka yang pedas-pedas, kue gonjing ini juga bisa dan enak jika ditaburi dengan saos. Jika di Jakarta kue ini disebut dengan kue pancong.

Kalau kamu tertarik dan ingin merasakan kue dengan rasa tradisional ini, kamu bisa menemukan di para pedagang keliling.

5. Makanan Khas Karawang – Soto Gempol

makanan khas soto gempol
Sumber : resepmasakankarawang.blogspot.com

Selain soto Mang Ne’an, ada lagi soto yang khas dan terkenal di Karawang, yakni soto gempol. Pada jaman dahulu sekitar tahun 1980, soto ini sudah terkenal. Soto gempol ini mempunyai 4 varian rasa yang nikmat, yakni rasa daging, ayam, usus dan babat.

Jika kamu merasa ingin merasakan semua varian rasanya, kamu bisa memesan soto campur dengan warna yang kekuningan pada kuahnya. Rasa soto yang nikmat, akan terasa lebih nikmat dengan tambahan teburan emping, daun bawang dan acara dengan perasan jeruk yang gurih.

6. Oleh-Oleh Khas Karawang – Tahu Bumbu Sari Rasa

tahu sari rasa jajanan khas karawang
Sumber : JDlines.com

Kue serabi? Sudah, kue gonjing? Juga sudah. Berarti ini yang belum yaitu tahu sari rasa. Nah, jangan lupa oleh-oleh tahu ini ya. Tahu ini bisa menjadi jajanan juga bisa jadi sarapan. Karena tahu ini lengkap dengan teman-temannya seperti nasi dan irisan lontong yang bisa menggantikan sarapan.

Baca Juga : 7 Makanan Khas Kalimantan Timur Paling Menggoyang Lidah dan Bikin Ketagihan

7. Makanan Khas Karawang – Ikan Gabus Bumbu Pucung

makanan ikan gabus bumbu pucung
Sumber : dentistvschef.files.wordpress.com

Ada yang tahu apa itu “pucung”? Pucung disini merupakan bumbu keluwak yang akan membuat makanan ini terasa khas dan nikmat. Jika kamu suka makanan ikan, sangat cocok untuk mencoba makanan khas ini.

Dengan bahan utama yaitu ikan gabus kemudian dimasak dengan bumbu pucung/keluwak. Makanan ini bisa kamu temukan di Desa Panyingkringan Kecamatan Rawamerta, Karawang.

Selain makanan khas yang telah disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak lagi seperti Es Walikota, Pujasera Tuparev, Lesehan Mang Ajo, dan masih banyak lagi makanan khas Karawang lainnya yang tidak kalah nikmatnya.

Leave a Comment