lelaki sejati dalam kisah inspiratif

Kriteria Lelaki Sejati Menurut Islam Dari Kisah Inspiratif Sahabat Nabi Yang Menakjubkan

Lelaki sejati menurut islam – Assalamualaikum saudara dan saudariku semua, semoga kita terus diberikan kesehatan ya dan lingdungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Amiin. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kriteria-kriteria lelaki sejati. Apakah yang mempunyai tubuh dan otot yang kekar ataukah yang seperti apa sih lelaki sejati yang memang benar-benar laki itu.

Mungkin masing-masing kita akan berbeda pendapat mengenai lelaki atau pria sejati itu seperti apa. Pasti kebanyakan orang akan berpendapat bahwa lelaki sejati itu orangnya rupawan kah, bertubuh tinggi atau kekar kah. Namun, apakah cukup dengan hanya melihat dari tubuhnya saja.

Mari kita lihat bagaimana lelaki sejati yang sesungguhnya dari para manusia terbaik dimasa sahabat Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, yang akan menggugah hati kita untuk bisa menjadi seperti mereka menjadi lelaki sejati yang sesungguhnya.

Sahabat Mulia Abu bakar Ash-Shiddiq

Lelaki Sejati Menurut Islam
via@www.strangekidsclub.com

Apakah kalian tahu seperti apakah Abu Bakar ? Beliau bukan seorang pria bertubuh besar, tapi beliau punya hati yang besar.  Di zaman ini, ada banyak orang bertubuh besar. Orang-orang bertubuh besar tersebut melakukan sesuatu untuk alasan yang salah. Dan kita tidak punya cukup orang-orang yang berhati besar dalam membela kebenaran, dan itulah masalahnya.

Kita punya banyak orang bayaran, kita punya banyak orang, yang mau menganiaya orang yang tak bersalah, atau seseorang yang lebih lemah dari mereka. Tapi apakah mereka pernah melakukan sesuatu yang kuat demi kepentingan Allah ?

Pasti mereka tidak mau, karena hal itu akan mengikis ke-macho-an mereka. Itulah alasannya, sedangkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang orang yang kuat.

Beliau bersabda “ Orang yang kuat adalah dia yang dapat menahan amarahnya”, bukan seseorang yang dapat meninju pingsan orang lain.

Lelaki Sejati, Adalah Dia Yang Mampu Menahan Amarahnya

Lelaki Sejati dalam slam
Tahan Amarahmu via@www.dailymoslem.com

Dan Abu Bakar R.A, apakah kalian tahu seperti apa beliau ?

Aisyah meriwayatkan “ Beliau begitu kurus, beliau sangat kurus sampai-sampai celananya suka melorot.”

Subhanallah, Beliau begitu kurus, sampai-sampai matanya masuk ke dalam. Dan kalian dapat melihat tulang-tulang jemarinya, tulang jemarinya menonjol karena beliau sangatlah kurus.

Dan ketika dia berjalanpun, jalannya tidak gagah, jalannya tidak berkharisma, Abu Bakar berjalan dengan bungkuk. Tapi mereka berkata, meskipun tubuh Abu Bakar sangat lemah, tapi dalam perihal taat kepada Allah, dialah yang paling kuat.

Ketika kalian melihat pria-pria macho dan menjadikan mereka sebagai idola, kalau begitu mengapa engkau tidak membandingkan mereka dengan Rasulullah ?

Rasulullah bertarung dengan orang-orang, untuk apa? Bukan untuk menganiaya orang-orang, bukan juga untuk pamer, tapi untuk mendekatkan mereka kepada Allah SWT dan mengajaknya kepada islam.

Pada zaman Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, ada seseorang bernama Rukana. Dan rukana adalah pegulat yang tak terkalahkan di zamannya. Pada zaman itu, Umar ibn Khattab dan Khalid ibn Walid adalah seorang pegulat, tapi tidak ada seorang pun yang pernah mengalahkan Rukana.

contoh lelaki sejati menurut pandangan islam
Pegulat via@www.wwe.com

Pada suatu ketika, dia mendatangi Nabi Muhammad dan berkata “ Wahai Muhammad, jika kau mengalahkanku, maka aku akan masuk islam! “. Dan Rasulullah-pun bahagia.

Rasulullah berkata “apakah kau benar-benar akan masuk islam jika aku mengalahkanmu ?”

Rukana berkata “ Ya”

Lalu Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mencengkram Rukana dan menundukannya. Dan Rukana tidak pernah ditundukan oleh siapapun sebelumnya. Kemudian dia bangkit, dan memberikan alasannya.

“Oh aku belum siap”

“Kau tahu, kakiku terpeleset.”

Tapi para ulama menyebutkan, lihatlah ini. Rasulullah sudah siap, subhanallah. Beliau siap bertarung dengan orang-orang untuk membawa mereka kepada yang haq.

Bandingkan dengan kita.

Kau tahu, konsep pria macho zaman sekarang sangat menggelikan dan payah, bahkan lebih rendah dibandingkan dengan zaman para sahabat.

Karena pria macho menurut zaman sekarang adalah seseorang yang dapat membuat orang lain menjadi yatim piatu. Seseorang yang tahan memakai narkoba, yang dapat memegang senjata. Inilah para idola bagi generasi muda kita, kenapa ?

perbedaan lelaki sejati zaman dulu dan sekarang
Pria Macho Zaman Sekarang via@penulispro.net

Alasannya adalah karena kita telah gagal memberikan mereka teladan alternatif. Jika engkau telah memberitahu anakmu tentang Khalid ibn Walid R.A. sebelum mereka tidur, mereka tak akan mengidolakan para pengedar narkoba di lingkungan mereka.

Jika kau memberikan mereka contoh tentang Abdullah ibn Mubarak R.A., maka mereka tak akan melihat orang lain. Tapi apakah kita melakukan itu ? tidak! Kita menceritakan kepada mereka tentang Cinderella, Jamesbond, Rambo. Kita menceritakan hal itu.

Kemudian Rukana bangkit lagi dan dia berkata “Berikan aku kesempatan lagi. “Dan Rasulullah mencengkramnya kembali lalu merobohkannya lagi. Dan Rukanapun sangat terkejut. Hal itu tidak pernah terjadi kepadanya sebelumnya.

Kemudian Rasulullah berkata “Wahai Rukana, jika kau mau, jalan-jalanlah bersamaku, maka aku akan menunjukanmu hal yang lebih hebat, daripada aku membantingmu.”

Dan Rukana berkata “ Apa lagi yang bisa lebih hebat dari ini ?”

Rasulullah menunjuk sebuah pohon, dan pohon itu terbelah sampai ke akarnya. Dan pohon itu berdiri di hadapan Rasulullah , dan dia bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallamadalah utusan-Nya!

Rasulullah adalah lelaki sejati paling sempurna
Pohon Yang Bersyahadat via@pexel.com

Kemudian Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallammenoleh kepada Rukana, dan dia berkata “ Wahai Rukana, sudah kuberitahu, jalanlah bersamaku, dan aku akan menunjukanmu hal yang lebih hebat daripada aku membantingmu.”

Inilah kehidupan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dan contohnya terus berlanjut. Kita hidup dalam sebuah masyarakat yang dangkal, dimana engkau menilai seseorang dari ketampanannya. Jadi jika engkau punya banyak rambut, maka engkau akan menjadi perdana menteri, itulah mengapa William Hague kalah.

Jadi kau harus tampan. Tapi ketampanan hanya sebatas kulit, tapi jika itu yang kau lihat, maka apakah ada orang yang dapat mengalahkan ketampanan Rasulullah ?

ketampanan lelaki sejati rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam
Wajah Rasul Lebih Indah Daripada Bulan Purnama via@pexels.com

Jabir meriwayatkan “Aku melihat Rasulullah pada malam bulan purnama. Dan aku melihat wajah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian aku melihat bulan purnama. Kemudian aku melihat wajahnya lagi, dan aku melihat bulan purnama.

Dia berkata “Aku bersumpah, demi Allah, wajah Rasulullah lebih bercahaya dan lebih indah daripada bulan purnama.”

 

Kau tahu ceritanya… ceritakanlah kepada anakmu malam ini., cerita Zulaikha

Zulaikha adalah istrinya Aziz. Dia adalah seorang wanita terhormat. Dan dia jatuh cinta kepada Yusuf A.S. yang merupakan seorang budak. Dan dia berkata bahwa dia sangat tergila-gila pada budak ini (Yusuf A.S.)

Lalu wanita terhormat lainnya berkata “Bagaimana mungkin dia jatuh cinta pada seorang budak ?”

Aku akan menceritakannya sesuai konteks agar kau mengerti.

“Bagaimana mungkin anak perempuan Raja Sahib jatuh cinta kepada Fulan bin Fulan?”

“Bagaimana mungkin anak perempuan Raja Sahib jatuh cinta kepada (Yusuf A.S.) yaitu seorang budak?”

Kemudian Zulaikha mengumpulkan semua wanita, dan dia memberikan mereka sebuah apel. Zulaikha kepada para wanita “Potonglah apelnya.” Dan ketika mereka sedang memotong apelnya, dia memberitahu Yusuf A.S. untuk berjalan melintas dihadapan para wanita tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Yusuf A.S. telah diberikan separuh ketampanan dari seluruh umat manusia.”

Dan ketika  Yusuf A.S. berjalan, mereka melihat ketampanannya, mereka sangat takjub dengan ketampanannya, ketika sedang memotong apel, tanpa terasa mereka mengiris jari mereka sendiri, dan bahkan tidak merasakan sakit.

Aisyah R.A. menyebutkan “Jika para wanita dari Zulaikha telah melihat Muhammad-ku Shallallahu ‘alaihi wa sallam., maka mereka akan mengiris hati mereka dan tidak merasakan sakit.”

Masya Allah.

 

Sahabat Umar Ibn Khattab, Setanpun Takut Dengannya

Apakah kalian tidak tahu betapa hebatnya Umar, betapa lakinya Umar?

Ibn Mas’ud R.A. berkata dalam hadits sahih Tirmidzi, “Kita tidak pernah berhenti jadi terhormat, kita tidak pernah berhenti menjadi begitu kuat sejak Umar masuk Islam. Kita tidak pernah berhenti merasa begitu kuat, sejak Umar masuk islam.

Lelaki Sejati Menurut Islam dan Kisah Inspiratif Sahabat Nabi
Muslim Yang Kuat via@lh3.googleusercontent.com

Dan karena inilah, Rasulullah berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

“Ya Allah, senangkanlah aku, buatlah Islam lebih kuat dengan masuk islamnya salah satu dari kedua orang ini…” dan beliau menyebutkan Umar dan Abu Jahl.

Saudaraku, coba gambarkan tentang Umar, bagaimana rupa Umar? Dia pria yang tiggi. Para sahabat berkata bahwa Umar pria yang tinggi sampai-sampai jika ia berjalan diantara orang-orang, maka kau dapat melihatnya karena ia sangat tinggi.

Dan ia botak, tidak sepenuhnya botak, tapi hampir botak.

Ia tinggi, botak, dan apakah Umar gemuk ? Tidak, dia tidak gemuk, dia sangat-sangat kurus. Tubuhnya tidak Six packs. Ia tidak membuat tubuhnya kekar. Ia juga bukan seorang MR. Universe, tapi Umar adalah lelaki sejati. Karena seorang lelaki sejati tidak digambarkan dengan kriteria-kriteria ini.

lakinya umar ibn khattab
Kriteria Lelaki Sejati Zaman Sekarang via@Wikihow.id

Ini bukanlah kriteria untuk menggambarkan siapa lelaki sejati sebenarnya.

Kriteria-kriteria tersebut merupakan standar kriteria lelaki sejati zaman sekarang, dengan mengatakan orang yang lebih kuat, yang lebih cantik. Mereka berkata “ Jika engkau termasuk dalam daftar 10 pria terseksi”, maka barulah kau pria sejati, seperti kata para wanita “Oh, benar-benar seorang pria!” Dan kaki mereka menjadi gemetar memikirkan pria ini.

Inilah yang orang-orang pikirkan tentang kriteria pria sejati. Tapi Umar tidak seperti itu, para wanita akan berlari menjauh jika Umar datang, mereka tidak akan berkata “Oh, benar-benar seorang pria!”

Mereka akan berlari menjauh, bukankah begitu? Subhanallah, mereka akan berlari menjauh, dan setanpun akan berlari menjauh, imam dari fitnah juga berlari menjauh yakni setan yang berlari menjauh ke tempat lainnya karena melihat Umar.

Umar benar-benar pria sejati yang sesungguhnya. Tidakkah kalian ingat ketika Umar masuk Islam, apa yang dilakukannya?

Saat Umar masuk islam, ia mandi, kemudian shalat, kemudian ia pergike Ka’bah dan melakukan thawaf, dan dalam riwayat Ibn Athir, Umar R.A. berkata “ Jika ada di antara kalian yang ingin membuat ibunya menangis, yang ingin meyatimkan anak-anaknya, yang ingin menjandakan istrinya, maka biarkan dia mengikutiku ke belakang lembah ini, ikuti aku jika kau berani!” Inilah karakteristik Umar.

Saudaraku, Umar bukan orang yang kuat, dia bukan manusia super, tapi dia punya kekuatan karakter dan kekuatan iman yang luar biasaa.

lelaki sejati zaman sahabat
Umar Ibn Khattab via@samuderailmu7.files.wordpress.com

Dan inilah pria sejati yang sebenarnya. Inilah yang telah hilang dari umat kita. Masya Allah, ada sekitar 1,5 milyar laki-laki, lalu siapa saja lelaki sejati di antara mereka? Tunjukkanlah, aku ingin melihatnya!

Karena melihat mereka adalah ibadah, berbicara kepada mereka adalah ibadah, berada di sisi mereka adalah ibadah kepada Allah swt., karena sesungguhnya agama ini tidak dikirimkan kecuali kepada pria seperti Umar R.A. dan orang-orang yang sepertinya.

Satu Orang Yang Setara Dengan 1000 Orang

Saudaraku, ketika Khalid ibn Walid ingin menaklukkan kota Hira, dan dia telah mengelilingi dan mengepungnya, sedangkan Hira adalah salah satu kota dengan benteng tertangguh pada masa itu. Dia mengirim surat kepada Abu Bakar dan menulis “Wahai Abu Bakar, aku butuh bantuan!”

perbandingan lelaki sejati
Penaklukkan Kota Hira via@i.vimeocdn.com

Khalid ibn Walid berkata “Aku butuh pasukan tambahan.”

Coba tebak apa yang Abu Bakar lakukan? Tebak apa yang dilakukan Abu Bakar?

Pria yang bijak ini (Abu Bakar) hanya mengirim satu orang. Dia mengirim satu orang!

Orang yang dikirimnya bernama Qaqa’ ibn Amir Al-Tamimi. Ada perbedaan pendapat di antara para ulama apakah Qaqa seorang sahabat atau bukan. Namun pendapat yang benar adalah dia bukan sahabat, dia adalah seorang tabi’in, Wallahua’lam seperti yang disebutkan Al-Baghawi dalam Asad Al-Gaba.

Qaqa’ ibn Amir Al-Tamimi adalah orang satu-satunya yang Abu Bakar kirimkan kepada prajurit Khalid.

Mungkin, jika seorang jendral terhebat di muka bumi mengirimkan sebuah pesan kepada komandannya dan berkata “ Aku butuh bantuan”, dan satu-satunya bantuan yang mereka kirimkan hanyalah satu orang, apa yang akan kalian lakukan, apa yang akan kalian bilang? Orang ini gila! Apa kau lakukan adalah tindakan gila! Kita tidak bisa memenangkan perang hanya dengan satu orang!”

Tapi Abu Bakar menulis dalam surat itu “Aku mengirimkan kepadamu yang setara dengan 1000 orang.!”

Dan Abu Bakar berkata “Suara Qaqa’ ibn Amir Al-Tamimi lebih baik daripada seribu orang.”

Pada masa lainnya, ketika Amr ibn Al ‘As sedang menaklukkan Mesir di zaman Umar ibn Khattab R.A.,

Dia berkata “Wahai Umar, aku butuh bantuan!”

Lalu Umar membalasnya “ Aku mengirimkanmu 4.000 orang.”

Berapa banyak yang dia kirimkan? Hanya 4 orang! Dia mengirim Miqdad, Muslimah, Zubair, dan Ubaidah ibn As Samit.

Hanya keempat orang inilah yang dikirimkannya dan dia menuliskan dalam suratnya “Aku mengirimkanmu yang setara dengan 4.000 orang.”

Kita tidak sedang membicarakan perang, kita membicarakan tentang Lelaki sejati. Bagaimana seorang pria bisa setara dengan 1.000 orang. Bagaimana mungkin ini terjadi? Bagaimana mungkin 1 orang dan kalian semua para lelaki, jika kita tidak merasa malu atau marah dalam hati kita, maka ada yang salah dalam diri kita. pergilah ke dokter besok, periksakan dirimu, dapatkan ECG, pastikan semua baik-baik saja.

Pria sejati benar-benar langka bagaikan garam dalam makanan, kita lihat bagaimana garam di makanan begitu sedikit? Begitu juga, para pria sejati begitu sedikit.

Dan itulah mengapa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam Sahih Bukhari: “ Pria sejati begitu langka bagaikan unta tunggangan di antara ratusan unta.”

permisalan lelaki sejati menurut islam
Bagaikan Unta Merah via@static.news.lewatmana.com

Seperti kita ketahui, orang-orang Arab punya unta, dan tidak semuanya cocok sebagai tunggangan, kebanyakan dari unta cocok untuk diambil daging dan susunya.  Dan hanya sebagian dari unta yang dapat ditunggangi, karena hampir semuanya begitu liar.

Jadi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengumpamakan bahwa lelaki sejati begitu langka bagaikan seekor unta tunggangan di antara lautan unta.

Pahlawan Islam Panglima Perang Thariq bin Ziyad

lelaki sejati setelah zaman para sahabat
Thariq bin Ziyad via@www.skanaa.com

Saudaraku, tidak hanya di zaman para sahabat, tapi juga di masa setelahnya kita menemukan contoh pria sejati yang indah. Tahukah kita bahwa sebenarnya kita itu berhutang islam kepada Allah, Rasulullah dan Thariq bin Ziyad?

Pahlawan islam yang bernama Thariq bin Ziyad, apakah kalian tahu kisahnya?

Biar saya ceritakan. Thariq bin Ziyad adalah jendral islam yang terhebat. Dan dia mendarat di pesisir pantai Eropa dengan 12.000 pasukan. Raja Roderock yang merupakan raja Spanyol di masa itu melawan Thariq bin Ziyad dengan 100.000 pasukan kristen.

Ketika Thariq bin Ziyad melihat 100.000 pasukan musuh berbaris di depannya?

Ziyad berkata “Kalian umat muslim, bakar perahunya!” Jadi semua perahunya dibakar. Di depan mata mereka , semua perahu di bakar!!

Lelaki Sejati Menurut Islam dan Kisah Inspiratif Sahabat Nabi
Strategi Perang via@3.bp.blogspot.com

Kemudian memberitahu para pasukan “Wahai pasukan, jadi ada pilihan antara mati tenggelam atau mati dalam meraih kemenangan di depan kita. tetapkan pilihanmu!”

Lihatlah jiwa lelakinya, bukankah ini menakjubkan, 12.000 melawan 100.000 pasukan?  Ini sangat menakjubkan, benar-benar menakjubkan. Dan yang terjadi adalah Thariq bin Ziyad dengan rahmat Allah berhasil mengalahkan mereka. Subhanallah.

Menaklukkan Spanyol, Prancis, Sicillia, dan terus menaklukkan jauh ke dalam wilayah Eropa. Sampai ke tempat dimana sekarang berdiri Yugoslavia, Macedonia, dan sebagainya sekarang banyak umat muslim disana. Karena pertempuran dan kepahlawanannya, dan pahamilah sepenuhnya bahwa kita sebagai pria punya banyak energi.

 

Berdo’alah Kepada Allah Janganlah Kamu Lemah

Kita sebagai lelaki, punya banyak potensi, potensi kita tidak terbatas, potensi kita hanya dibatasi pikiran kita, potensi kita hanya dibatasi iman yang lemah, potensi kita hanya dibatasi tujuan kita yang lemah, kurangnya pemahaman mengapa Allah menciptakan kita, kurangnya memahami kemampuan yang diberikan Allah Subhanahu wa Ta’ala kepada kita.

renungan untuk para pemuda di zaman sekarang
Bedo’a Kepada Allah via@pexels.com

Tanpa keraguan. Kita juga dapat mencapai ini, kita juga bisa menjadi lelaki sejati. Namun di zaman sekarang, ketika membuktikan jiwa lelaki, apa yang mereka lakukan? Menampar wanita. MasyaAllah.

Kita begitu sering mendengar penganiayaan terhadap wanita dan mereka pikir inilah tanda jiwa lelaki. Mereka pikir punya otot yang kekar adalah tanda-tanda pria sejati, mereka pikir punya mobil yang mewah dan  kebut-kebutan di jalan, mempunyai jas yang bagus dan parfum mahal adalah tanda lelaki sejati.

Tidak begitu akhi…

Sebenarnya itu bukan tanda-tanda pria sejati menurut islam. Mereka pikir umur adalah tanda pria sejati, mereka pikir ketika kita bertambah tua, maka kita menjadi lelaki sejati, ini bukanlah tanda lelaki sejati.

Diriwayatkan oleh Bukhari dalam bentuk Muallaq seperti yang diriwayatkan bawha Abdullah ibn Zubair masih kanak-kanak ketika di masa Umar. Pada masa Umar, Abdullah ibn Zubair adalah anak kecil, dia sedang bermain dengan teman-temannya, lalu Umar melewati mereka, kemudian anak-anak yang lain ketakutan dan berlari menjauh, karena orang-orang menjadi takut ketika melihat Umar.

kisah Abdullah ibn Zubair
Ilustrasi via@pexels.com

Ketika yang lain lari ketakutan, Abdullah ibn Zubair tetap di tempatnya, jadi Umar menghampirinya dan berkata “ Hey, kenapa kau tidak berlari menjauh?”

Dan dia menjawab “Ya Amirul Mukminin, aku tidak melakukan kesalahan apapun, dan jalannya cukup lebar bagiku dan bagimu, jadi lewat saja.”

Subhanallah, lihatlah, bahkan anak kecil saja punya jiwa lelaki, dan inilah mengapa Abdullah ibn Zubair menjadi Khalifah setelah wafatnya Yazid. Seorang sahabat yang saleh menjadi khalifah setelah wafatnya Yazid ibn Muawiyah selama 9 tahun.

Inilah Abdullah ibn Zubair yang dikemudian hari dibunuh Hajjaj dan orang-orang lainnya.

Lihatlah jiwa lelaki yang dimiliki para sahabat ini yang begitu menakjubkan. Mudah-mudahan dari kisah inspiratif ini kita dapat mengambil hikmah yang bermanfaat untuk kita, dan juga sebagai motivasi untuk para lelaki untuk jangan lemah karena Allah telah memberikan semua potensi kepada kita untuk digunakan dijalannya.

Jadi itulah pembahasan menarik mengenai lelaki sejati menurut islam, jangan lupa di-share supaya orang lain tahu bahwa lelaki sejati itu seperti apa. Terimakasih.

Wallahu a’lam, Wassalamualaikum.

Leave a Comment