kumpulan dzikir lengkap sebelum tidur

Kumpulan Dzikir Sebelum Tidur Dan Bangun Tidur

Kumpulan Dzikir – Bismillah, perkenankan saya berbagi. Salah satu sunnah-sunnah sahih Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah dzikir-dzikir  sebelum tidur dan bangun tidur. Rasulullah juga memberikan tuntunan kepada kita selaku umatnya, agar tidur diawal malam dan tidak begadang jika tidak ada keperluan.

Kedudukan dzikir itu sangatlah penting, karena berdzikir merupakan salah satu amalan yang dianjurkan di dalam islam. Dengan dzikir itu sendiri, seseorang dapat mengingat dan menjalin sebuah komunikasi dengan Sang Khaliq yang menciptakannya yaitu Allah Subhanahu wa Ta’ala. Disini akan dibahas bagaimana dzikir yang dicontohkan Rasul sebelum tidur dan bangun tidur.

Kumpulan Dzikir Sunnah Sebelum Tidur

kumpulan dzikir lengkap sebelum tidur
dzikir sebelum tidur via@yufid.tv

Karena agama islam adalah agama yang sudah sangat lengkap dan sempurna, Rasulullah juga mencontohkan bagaimana dzikir sebelum tidur agar tidur kita berkah dan berpahala. Lalu seperti apakah dzikir sebelum tidur yang dicontohkan ?

1.  Sebelum Beranjak Tidur, Kita Disunnahkan Untuk Berwudhu Sebagaimana Wudhu Ketika Hendak Shalat

Sebagaimana Rasulullah bersabda, “apabila engkau hendak tidur, berwudhulah sebagaimana wudhu ketika shalat ( HR. Bukhari no. 247 dan Muslim no. 2710). Selain itu, apabila kita berwudhu sebelum tidur, akan dido’akan oleh malaikat. Dalam haditsnya Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan,

kumpulan dzikir lengkap sebelum tidur
Keutamaan berwudhu sebelum tidur via@canva.com

2. Melafadzkan Dzikir Tasbih, Tahmid, Dan Takbir

Sunnah berikutnya yang Rasulullah contohkan ialah membaca dzikir tasbih 33 kali, tahmid 33 kali, dan takbir 34 kali. Sebagaimana yang telah Rasul sabdakan, “jika kalian berbaring di atas tempat tidur,maka ucapkanlah takbir 34x, tahmid 33x, dan tasbih 33x, itu lebih baik bagi kalian daripada pembantu”. (HR. Bukhari no.5361 dan Muslim no.2727).

3. Membaca Ayat Kursi

Sebagaimana dalam hadits dikatakan. Dari Abu Hurairah rhadiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menugaskan aku menjaga harta zakat ramadan, kemudian ada orang yang datang mencuri makanan, namun aku merebutnya kembali, lalu aku katakan, “aku pasti akan mengadukan kamu kepada rasul”.

Lalu abu Hurairah melanjutkan ceritanya sampai orang tersebut mengatakan, “jika kamu hendak berbaring di atas tempat tidurmu, bacalah ayat Al Kursi karena dengannya kamu selalu dijaga oleh Allah Ta’ala, dan syetan tidak akan dapat mendekatimu sampai pagi”.

Maka Rasulullah bersabda, “benar apa yang dikatakannya padahal dia itu pendusta. Dia itu syetan. (HR. Bukhari no.3275).

4. Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An-Nas

Menghimpun kedua telapak tangan, kemudian membacakan ke keduanya surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An- Nas. Lalu ditiupkan ke atas kedua telapak tangan, dan diusapkan mulai atas kepala hingga keseluruh bagian tubuh yang dapat dijangkau tangan. Sebagaiman dalam hadits;

Rasulullah  shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di tempat tidur disetiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ‘Qulhuwallhu ahad’ (surat Al Ikhlas), ‘Qul’audzu birobbil falaq’ (Surat Al Falaq) dan ‘ Quladzu birobbin naas’ (surat An-Nas).

Kemudian beliau mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bagian depan, beliau melakukan yang demikian sebanyak tiga kali ( HR. Bukhari no.5017)

5. Berbaring Pada Sisi Kanan Sebelah Tubuh Kita

tidur menghadap ke kanan kumpulan dzikir lengkap sebelum tidur
tidur menghadap ke kanan via @setiawanparusa.wordpress.com

Sebagaimana dalam hadits disebutkan,  “kemudian berbaringlah miring ke kanan”(HR. Bukhari no.247 dan Muslim no.2710). Selain sunnah, tidur menghadap ke kanan, bagus untuk kesehatan tubuh kita. Jadi saat kita tidur menghadap ke kanan dengan niat sunnah, insyaallah akan mendapat dua keuntungan, yakni mendapat pahala dan juga kesehatan. insyaallah.

6. Tidur Dengan Meletakan Tangan Kanan Di Bawah Pipi Kanan

tidur dengan tangan di pipi kanan kumpulan dzikir lengkap sebelum tidur
Tidur dengan tangan di pipi kanan via @pengajian-ldii.net

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila tidur meletakan tangan kanannya di bawah pipi kanannya”(HR. Abu Dawud no.5045, At Tirmidzi no.3395, Ibnu Majah no.3877, dan Ibnu Hibban no.2350).

7. Membaca Do’a

Do’a yang disunnahkan.

بِاسْـمِكَ اللَّهُمَّ أَمُوْتُ وَأَحْيَا

“Dengan nama-Mu, Ya Allah aku mati dan aku hidup”.

(HR. Bukhari no.6324)

Sebelum tidur, berniatlah untuk bangun malam guna melakukan salat malam dan akhirilah keseluruhan dzikir dan doa sebelum tidur dengan lapadz dzikir,

akhiri dengan doa
akhiri dengan doa via@yufid.tv

 

Kumpulan Dzikir Sunnah Ketika Bangun Tidur

Ketika hendak bangun tidur, nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga mengajarkan kepada kita untuk membaca dzikir do’a ketika bangun. Jangan sampai ketika kita bangun, hal pertama kali yang pikirkan adalah perkara dunia.

1. Duduk Sejenak Dan Mengusap Wajah Bekas Kantuk

Kumpulan dzikir bangun tidur. Sebagaimana dalam hadits. Bahwa Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu menceritakan, bahwa beliau pernah menginap di rumah bibinya yaitu Maimunah Radhiyallahu ‘anha, salah satu istri Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ibnu Abbas berkata,

Ketika sudah masuk pertengahan malam, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bangun, kemudian beliau duduk, kemudian mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya. ( HR. Ahmad no. 2201, Bukhari no. 183, Nasai no. 1631, dan yang lainnya).

2. Membaca Do’a Ketika Bangun Tidur

doa bangun tidur
doa bangun tidur via@yufid.tv

Ketika membaca doa ini, perhatikan dan renungkan, karena ini bukan do’a biasa.

“alhamdulillahilladzii ahyaana Ba’damaa amaatanaa”,  yang artinya bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kita kesempatan untuk hidup kembali setelah sebelumnya diwafatkan. Artinya apa, artinya Allah masih memberi kesempatan untuk memperbaiki keadaan kita yang lalu.

Jadi kalau kamu misalnya kemarin solatnya selalu tertinggal jamaahnya, maka perbaikilah. Selagi Allah masih memberi kesempatan kepada untuk hidup lagi, maka perbaiki yang kemarin.

Kalau kamu membaca Do’a ini tetapi tertinggal terus, maka itu bukan makna dan rasa syukur kita kepada Allah dari do’a tersebut.

“wailaihinnusyuur”, bahwa kita yakin kepadanya (Allah), kepada-Nya lah tempat kembali.

3. Membaca 10 Ayat Terakhir surat Ali Imran,

Ibnu Abbas menceritakan ketika beliau menginap di rumah bibinya Maimunah,

Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya, lalu beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran. (HR. Ahmad no. 2201, Bukhari no. 183, Nasai no. 1631, dan yang lainnya).

4. Menggosok Gigi atau Bersiwak

Sahabat Hudzaifah Radhiallahu ‘anhu menceritakan, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak. (HR. Bukhari no. 245 dan Muslim no. 255)

Terdapat banyak sekali manfaat apabila kita menggosok gigi ketika bangun tidur. Terutama bagi yang hendak shalat. Selain menyegarkan mulut, dengan menggosok gigi akan menghilangkan bau mulut sehingga tidak mengganggu Malaikat yang turut hadir saat ia shalat malam.

kumpulan doa bangun tidur
hadits tentang malaikat yang turut hadir saat shalat malam

5. Membersihkan Hidung

Membersihkan hidung atau dalam bahasa arabnya adalah istinsyaq dan mengeluarkannya disebut istintsar, dengan cara memasukan air ke dalam hidung dengan cara dihirup, setelah bangun tidur. Karena kita dianjurkan melakukan ini 3 kali.

kumpulan dzikir lengkap istinsyaq
istinsyaq via @dakwahsunnahramanutara.blogspot.com

Manfaatnya bisa membersihkan rongga hidung. Karena ketika kita tidur, setan selalu menginap di lubang hidung. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Apabila kalian bangun tidur, maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali, karena setan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari no. 3295 dan Muslim no. 238).

6. Mencuci Kedua Tangan Sebanyak 3 Kali

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpesan,

Apabila kalian bangun tidur, maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum ia mencucinya sebanyak 3 kali, karena ia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah kumpulan dzikir sebelum tidur dan bangun tidur. Semoga kita tidak lalai dalam mengamalkan dzikir-dzikir tersebut dalam keseharian kita.

Dan semoga kita semua dimudahkan untuk melaksankan sunnahnya sebagai bentuk cinta kita kepada Nabi hallallahu ‘alaihi wa sallam, serta berusaha untuk selalu mempraktekkan sunnah beliau di setiap keadaan. 24 jam sesuai sunnah dari mulai bangun tidur sampai tidur kembali.

Wallahu a’lam

Sumber: Yufid.tv, Konsultasisyariah.com, dan Kumpulan Do’a dari al-Qur’an dan as-Sunnah yang Shahih yang ditulis oleh Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas.

Leave a Comment