Hewan Mamalia

Mengenal Hewan Mamalia, Ciri Ciri dan Jenisnya

Hewan Mamalia – Sahabat semua, apakah kamu sudah tahu apa itu hewan mamalia? Mungkin sejak kecil hingga sekarang yang kita tahu hewan itu ya kucing, ayam, sapi, harimau dan hewan lainnya yang kita lihat dan kita jumpai. Tahukah kamu bahwa semua hewan itu ada klasifikasinya berdasarkan jenisnya.

Mungkin penjelasan mengenai hewan mamalia ini sudah pernah di jelaskan ketika kita masih duduk di bangku sekolah dulu. Nah, untuk itu tidak ada salahnya untu kita review ulang pengetahuan kita mengenai pembahasan binatang mamalia.

Pengertian Hewan Mamalia

Mamalia
[email protected]

Binatang mamalia atau binatang yang menyusui merupakan kelas hewan vertebrata yang mempunyai ciri dengan adanya kelenjar susu, yang pada betinya menghasilkan susu sebagai sumber makanan bagi anaknya. Secara umum, mamalia bisa dinyatakan sebagai hewan yang memiliki tulang belakang.

Ciri khusus yang membedakan golongan binatang mamalia adalah rambut (bedakan dengan bulu pada unggas), juga tubuh hewan mamalia berdarah panas atau “endoterm”, mempunyai neocortex pada otak mereka. Otak pada mamalia mengatur peredaran darah, termasuk ke dalam organ jantung yang dibagi menjadi empat ruang.

Primata yang disebut mamalia merupakan hewan tercerdas termasuk salah satu mamalia. Sebagian besar hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan, tetapi ada beberapa mamalia yang tergolong dalam ke dalam mamalia yang bertelur. Karena itu mempunyai rahim atau melahirkan bukan merupakan sebagai ciri-ciri khusus dari hewan mamalia

Ciri-Ciri Hewan Mamalia

  • Bertulang belakang (vertebrata)
  • Mempunyai Kelenjar Susu (glandula mammae) yang dihasilkan dari mamalia betina.
  • Memiliki Rambut
  • Mempunyai anggota tubuh lengkap untuk berjalan, memegang, berenang ataupun yang lainnya.
  • Mamalia mempunyai kuku dan cakar untuk menangkap makanan
  • Mempunyai gigi taring, gigi seri dan gigi graham
  • Alat pernafasannya yaitu dengan paru-paru
  • perkembangbiakannya dengan cara melahirkan (vivivar) secara internal.
  • Tempat perkembangbiakan melalui embrio di dalam rahim (uterus)

Jenis-Jenis Hewan Mamalia

Mamalia adalah hewan dengan jumlah spesies yang sangat besar. Jumlah spesies mamalia di bumi mencapai 4500 hingga 5000 spesies. Jumlah yang sangat besar bila dibandingkan dengan spesies hewan lain seperti reptil, unggas, dan sebagainya. Mamalia dengan ordo rodensia (pengerat) merupakan mamalia dengan jumlah spesies terbesar, yakni sekitar 1700 spesies.

Sebenarnya agak sulit untuk dapat menjelaskan detail mengenai macam-macam mamalia secara singkat. karena, ada sekitar kurang lebih 5000 genus yang terdapat di dalam kelompok mamalia. Dari 5000 ini masih bisa dibagi lagi menjadi puluhan hingga ratusan ribu spesies yang berbeda.

Jika dibahas satu persatu akan sangat melelahkan dan lama. Tapi secara ilmiah supaya lebih ringkas, mamalia digolongkan ke dalam 12 ordo yang berbeda. Di antaranya;

  • Ordo Marsupialia
  • Ordo insektivora
  • Ordo dermoptera
  • Ordo chiroptera
  • Ordo primata
  • Ordo rodentia
  • Ordo carnivora
  • Ordo laghomorpha
  • Ordo cetacea
  • Ordo perissodactyla
  • Ordo artiodactyla

Mengenal Hewan Mamalia

Ada sekitar 5.488 spesies mamalia yang tersebar diseluruh dunia, 32% diantaranya adalah endemik di Indonesia. Berdasarkan ukuran dan berat tubuh, mamalia dibagi kedalam mamalia besar dan kecil.

Mamalia dengan ukuran kecil berat tubuh dewasanya berkisar antara 2g-5kg. Mamalia kecil ini memiliki tingkat metabolisme dan juga berkembang biak yang tinggi, tetapi rentang usia hidupnya juga lebih pendek.

Beberapa dari mamalia dapat kamu pelihara, tetapi sebagian besar tidak dapat kamu pelihara karena merupakan hewan liar. Akan tetapi ada beberapa pokok utama yang harus kita mengerti mengenai cara-cara hewan mamalia ini hidup seperti suhu untuk hidup, cara bereproduksi dan lain sebagainya.

1. Suhu Tubuh

ciri mamalia
[email protected]

Mamalia merupakan hewan berdarah panas, artinya hewan-hewan ini menghasilkan panas tubuh mereka sendiri. Panas ini akan dibuang seandainya berlebih dan akan disimpan apabila suhu di sekeliling mereka lebih rendah dari standar yang mereka butuhkan terhadap tubuhnya tersebut.

Ini semua supaya hewan ini tidak kepanasan dan juga kedinginan. Kriteria suhu yang dapat diterima oleh seekor mamalia tentu berbeda-beda tergantung spesies dan habitat aslinya.

2. Reproduksi (pengembangbiakan)

reproduksi hewan
Reproduksi [email protected]

Sebagian besar binatang mamalia di dunia ini berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan. Lalu mereka menyusui anak mereka dengan kelenjar mamae yang merupakan sumber makanan untuk anak mereka. Tetapi ternyata terdapat dua jenis mamalia yang juga dapat berkembang biak dengan cara bertelur, mereka adalah platipus dan ekidna.

3. Makanan

ciri makanan hewan
[email protected]

Dalam segi makanan, mamalia mempunyai jenis makanan yang berbeda-beda tergantung dengan ordo mereka. Untuk ordo karnivora (pemakan daging), jelas makanan utama mereka adalah daging, mereka adalah hewan pemangsa dan biasanya posisinya paling tinggi di dalam piramida rantai makanan.

Sedangkan untuk hewan herbivora di ordo Artiodactyla, mereka rata-rata adalah hewan pengembang biak yang pakan utamanya adalah tumbuh-tumbuhan.

Jadi mamalia itu merupakan sebuah kelompok hewan yang sangat besar yang tersebar luas di seluruh dunia. Tidak cuma berasal dari berbagai genus dan spesies saja, tetapi mamalia juga berasal dari berbagai habitat yang berbeda.

Apakah kamu tahu jenis hewan mamalia apa yang paling besar di dunia? Kebanyakan orang akan mengira bahwa gajah sebagai mamalia terbesar. Akan tetapi, mamalia terbesar di dunia yang masih hidup sampai saat ini ialah paus biru. Bobot paus biru bisa mencapai 110 hingga 160 ton.

4. Struktur Tubuh

contoh struktur tubuh hewan
Mengenal Hewan Mamalia [email protected]

Struktur tubuh atau anatomi pada mamalia umumnya sama dengan anatomi manusia. Begitupun fungsi fisiologis tubuhnya. Struktur mamalia terdiri dari caput (kepala),  leher (cervical), badan (corpus), ekor (cauda). Di bawah ini penjelasan lengkapnya:

Kepala

Kepala (caput) pada mamalia terbentuk oleh tulang tengkorak. Pada bagian kepala terkandung banyak organ pengindera seperti mata, telinga, hidung, dan lidah. Organ pengindera ini saling berhubungan langsung dengan otak. Karena terdapat sinyal sensoris (perasa) dari organ ke otak, dan sinyal motoris (pergerakan) dari otak ke organ.

Leher

Leher merupakan tempat berlalunya saluran pernafasan, yang disebut dengan trakea. Trakea adalah tempat berlalunya udara yang berawal dari hidung hingga sampai ke paru-paru nantinya. Di leher juga terdapat tempat berlalunya makanan yang disebut dengan esofagus. Esofagus yang bermuara ke dalam lambung sebagai penyaluran makanan.

Di bagian belakang tulang leher ada terdapat tempat berlalunya saraf saraf penting. saraf ini yang akan mempersarafi otot-otot pernafasan, sehingga nantinya ketika terjadinya gangguan pada bagian tulang belakang di leher, seseorang atau hewan dapat meninggal diakibatkan terjadinya gangguan pada saraf pernafasannya.

Badan

Badan (Corpus) mamalia terdapat organ organ penting seperti paru-paru, jantung, lambung, ginjal, juga glandula mammae yaitu kelenjar susu tempat mamalia menyusui. Corpus mamalia dibentuk oleh tulang rusuk yang melindungi organ-organ penting di dalamnya.

Saat mamalia mengalami fertilisasi internal dan kemudian hamil. Uterus (rahim) yang berisi calon bayi akan memenuhi lebih dari setengah luas corpus-nya.

Ekor

Struktur anatomi pembentuk tubuh mamalia lainnya yaitu ekor. Pada binatang mamalia yang mempunyai dua kaki, biasanya hanya terdapat tulang ekor. Namun pada mamalia yang mempunyai empat kaki, ekor akan tampak terlihat nyata seperti pada kuda, kucing, dan harimau.

Jadi itulah pembahasan singkat padat dan jelas mengenai pengertian hewan mamalia, jenisnya yang mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca sekalian, jika berkenan, jangan lupa bagikan ya. Terimakasih telah berkunjung.

Leave a Comment