Drama di Putih Abu-Abu

IMG_2200
Kelas TKJ 1 Plered

Hallo sahabat disiniaja.net..

Bagaimana kabarnya ? Semoga hari ini kita dalam keadaan sehat wal’afiat, bahagia dan berkah yaa. Amin.

Kali ini saya masih memposting seputar pengalaman pribadi saya, mungkin seminggu kedepan temanya masih sama. Bagi kalian yang masih sekolah dan mendapat tugas membuat drama atau cerita bisa kalian tiru, untuk videonya bisa di cek di youtube . Langsung saja check this out..

AWAL MASUK SMK

Detik demi detik, waktu kian berlalu, seakan bintang telah di genggam mengalahkan cahaya rembulan. Meski matahari telah tenggelam namun kehangatannya kan selalu  terasa.

smkn 1 plered33
Pintu masuk smkn 1 plered

Sekitar tiga tahun yang lalu saya mendaftar ke sebuah Sekolah Menengah Kejuruan tepatnya SMKN 1 Plered. Tidak seperti sekolah-sekolah lain yang umumnya terdapat di dekat kota, namun sekolah ini berada di sebuah desa dan di bangun di tengah sawah juga jauh dari kota dan jalan raya.

Suara bising kenalpot kendaraan yang sering kita dengar seakan lenyap, yang  ada hanya suara kicauan merdu burung–burung yang berterbangan.

Bisa dibayangkan oleh sahabat semua bukan, gimana rasanya berada di sekolah tersebut, adem, ayem, udaranya segar, pokoknya jadi nyaman saat belajar deh.

smkn 1 plered08
kantor smkn plered via duniasmkn1plered.blogspot.com

ALASAN SAYA MENDAFTAR KE SMKN 1 PLERED GAK KE SEKOLAH YANG LAIN

Kata guru dan orang orang sekitar sih laki–laki itu bagusnya dilanjutin ke smk aja. karena kalau masuk SMA ataupun aliyah setelah lulus nanti, akan susah untuk bekerja. Tapi itu sih katanya ya.. namanya katanya masih jauh kekata iya. Karena dulu saya berkeinginan bekerja dan orang tua juga menyuruh saya ke SMK ya saya akhirnya daftar.

forward-1276283_1920
pixabay.com

Selain itu alasan saya daftar ke SMKN 1 plered karena sekolah tersebut merupakan sekolah SMK negeri yang pertama kali di plered, jaraknya lumayan deket dengan rumah dan juga banyak teman saya yang kesana juga, biar ada tumpangan gratisss. hehe

Kompetensi Keahlian atau Jurusan di SMKN 1 Plered lumayan banyak. Diantaranya; jurusan Otomotif, Mesin, Elektro, Teknik Komputer dan Jaringan, Akutansi, Teknik Kendaraan ringan, Listrik ;dan, Tata boga.

kemudian saya pilih jurusan TKJ, karena hobi saya juga browsing internet ya biar nyambung gitu udah ada dasarnya. Setelah lulus pun kayak nya keren gitu kerjanya enak, nyantai gak cape toh cuman benerin komputer kan. Haha yang namanya kerja ya pasti cape lah, gimana sih.

Ya namanya juga ngebayangin kan belum tau apa –apa. Keep calm bro.

DI KASIH TUGAS SATU KELAS SAMA IBU SBK

Siang hari di dalam kelas selesai istirahat, kami pun masuk kelas. Lama menanti sang ibu guru pun belum masuk ke kelas. Kemudian kepala suku kami atau sebutan bagi ketua kelas yaitu Nendi segera pergi ke ruang kantor untuk menanyakan Ibu guru SBK.

frog-1339892_1280
pixabay.com

Sekitar 10 menit menunggu sang kepala suku tiba dengan wajah berseri–seri karena ibu SBKnya tidak hadir karena ada kepentingan lain. Sorak kami sekelas bahagia karena bagi kami kelas TKJ kalau gak ada guru tuh enak bisa maen game, internetan karena kami ke sekolah boleh bawa laptop + full wifi.

Namun si Nendi ini malah ketawa gak jelas gitu, ternyata si ibu SBK yang gak hadir ini ngasih tugas. Tapi untungnya tugas yang dikasih gak ribet kayak ngisi soal atau nulis materi, tapi disuruh bikin Drama satu kelas untuk di lombakan dengan kelas lain.

“tet tetetttt ” suara superman datang.

Tiba–tiba sang ketua kelas (Nendi) naik ke atas meja dan berkata “KITA AKAN JUARA”.

Entah itu sebagai motivasi, candaan, penyemangat

atau apa ya mungkin karena dia udah punya rencana. Kami sekelas ya nurutin aja karena dia yang jadi sutradaranya.

DISKUSI SEKELAS MEMILIH TEMA DRAMA YANG AKAN DI TAMPILKAN

Setelah melakukan diskusi, dan judul drama sudah didapatkan dan siap diuji coba. Tapi menurut saya itu tema agak alay, gak alay gimana ceritanya tentang percintaan,  yaelaah.

DSC00133
Diskusi kelas

Karena tampil ke panggung nya masih tiga minggu lagi kami setiap hari nya kerja kelompok. Untuk mempersiapkan segala peralatan yang dibutuhkan di atas panggung.

Dua minggu sudah berjalan, Ketika itu lagi uji coba di panggung, di tengah jalan kami pun mengalami masalah ditema tersebut. Mungkin Karena banyaknya dialog membuat tema tersebut agak kurang seru. Ya emang gak seru, temanya aja alay begitu (ucap gue di dalam hati).

Acaranya tinggal satu minggu lagi, tema nya gak seru, belum ada tema baru yang pas. Karena kalau nyari tema lagi besar kemungkinan gak akan kekejar, “ ya harus gimana lagi dong” ucap satu kelas.

Kemudian sang sutradara berfikir sambil bolak–balik.

Tak lama kemudian sang sutradara merekomendasikan idenya yang sambil bolak–balik tadi, “gimana temanya sangkuriang bro, dari peralatannnya mungkin kita cuman butuh kardus sama pohon–pohonan aja” ucap sang sutradara (Nendi).

“Tapi banyak dialognya gak, ntar gagal lagi bray” ucap salah satu teman.

“saya jamin yang sekarang gampang dan gak lama bikinnya” ucap lagi sang sutradara.

Singkat cerita sang sutradara mempraktekan temanya tersebut dan mulai mencari peralatan pendukung dan menentukan aktor dan pemain yang akan tampil.

Hanya waktu seminggu lagi, kami semua bekerja keras dan latihan setiap harinya sesudah pulang sekolah.

DSC00689
Fokus latihan drama

Tak terasa besok acara lomba nya akan di mulai. Kami pun bergegas menyiapkan peralatan dan semacamnya.

ACARA YANG DI NANTI – NANTI.. MULAI PENTAS!

Pagi hari yang cerah, kami berkumpul di kelas untuk persiapan dan berdo’a. Meskipun harap-harap cemas karena latihan yang terbatas cuma seminggu. Ya mungkin kalau di pikir-pikir sih latihan seminggu tidak cukup apalagi untuk sebuah drama. Tapi kita lihat saja nanti.

DSC00917
Persiapan tampil

Acara pun dimulai, seperti biasa di mulai dari acara pembukaan, sambutan dan seterusnya. Barulah acara inti yaitu “sebuah drama yang akan di pertunjukan oleh kelas TKJ 1” ucap moderator.

teng teng…..

DSC00974
Penampilan Drama kelas Tkj 1 SMKN 1Plered.

beginilah hasil kerja keras kami, kelas TKj 1 SMK Negeri 1 Plered. Acaranya berjalan dengan lancar dan luar biasa.

Semua tercapai karena hasil kerja keras semua teman-teman kelas TKJ terutama oleh sang sutradara yang bisa membuat tema yang instan, seru dan mudah untuk di tampilkan.

 

Leave a Comment