Contoh Teks Prisedur

Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat [Terbaru]

Contoh Teks Prisedur
Teks Prosedur Kompleks via@bangbiw.com

Contoh teks prosedur kompleks singkat – Dalam artikel kali saya akan menjelaskan secara singkat, padat dan jelas mengenai teks prosedur atau teks procedure. Dari mulai pengetian, struktur, ciri-ciri dan contohnya yang mudah-mudahan bisa memberikan informasi yang tepat dan memuaskan.

Pengertian Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks merupakan jenis teks yang menunjukkan ataupun menjelaskan sebuah proses atau langkah-langkah dalam membuat, menjalankan, mengoperasikan sesuatu yang akan dikerjakan dengan tahapan-tahapan yang sistematis dan juga teratur.

Struktur Teks Prosedur Kompleks

struktur teks prosedur yang baik dan benar
via@www.essen-gruppe.de

Agar memudahkan orang membaca teks prosedur dan memahami uturan kegiatan yang dilakukan, setelah kita mengetahui pengertiannya, bahasan selanjutnya yaitu struktur teks prosedur.

Walaupun tidak terdapat struktur bakunya, akan tetapi kebanyakan orang dalam membuat teks kompleks menggunakan susunan yang hampir sama.

Dalam pembuatannya, ada beberapa bagian dan tahap yang perlu diperhatikan. Yaitu bagian tujuan, bagian material dan bagian tahapan atau langkah-langkah.

Dalam teks prosedur kompleks, memiliki 3 struktur, antara lain :

1. Bagian Tujuan

Pada bagian awal dari teks prosedur biasanya diisi berupa penjelasan terkait tujuan dari pembuatan suatu kegiatan yang di jelaskan. Pada bagian ini dapat diisi dengan judul tujuan contohnya seperti “Cara Berwudhu”, “Tuntunan Sholat”, Dan lain sebagainya.

2. Bagian Material (alat dan bahan)

Adalah bagian yang berisi informasi mengenai alat-alat dan bahan yang dibutuhkan, akan tetapi tidak semua prosedur kompleks terdapat bagian yang menunjukkan bagian material.

3. Bagian Tahapan atau Langkah

Yaitu dalam bagian dijelaskan mengenai cara-cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan.

Dalam mempelajari struktur teks prosedur, kita juga harus mempelajari bagian penting lainnya yaitu ciri-ciri teks prosedur kompleks.

Ciri-Ciri Teks Prosedur Kompleks

Ciri-ciri teks prosedur kompleks yaitu terdiri dari dua macam;

1. Ciri-ciri secara umum

Ciri-ciri secara umum yaitu tahapan-tahapan atau langkah-langkah yang disusun secara informatif, dan djielaskan secara terperinci dan mendetail yang bersifat objektif, universal, juga tahapan berkelanjutan dengan penjelasannya menggunakan syarta atau pilihan, bersifat logis, aktual dan akurat.

2. Ciri-ciri kebahasan

Ciri-ciri kebahasan, yaitu dalam teks prosedur tersebut terdapat kalimat deklaratif, kalimat partisipan, introgatif manusia secara umum, verba tingkah laku, verga material  dan konjungsi temporal.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat (Bahasa Indonesia)

Setelah membaca penjelasan di atas, tentu saat ini kamu juga ingin mengetahui apa itu teks prosedur kompleks dan kalimat-kalimat apa saja yang selalu digunakan untuk membuatnya.

Jika masih belum yakin, mungkin kamu perlu membaca beberapa contoh teks prosedur kompleks di bawah ini. Ada banyak sekali teks prosedur yang sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari.

Yang paling sering tentu di berbagai fasilitas umum yang memberikan beberapa petunjuk penggunaan fasilitas tersebut. Berikut adalah contoh teks prosedur kompleks yang sederhana.

1. Contoh Teks Prosedur Kompleks Cara Menghidupkan Komputer

Komputer merupakan alat yang dipakai untuk memasukan data (input), mengolah (proses), dan mengeluarkan data (output) guna memudahkan pekerjaan manusia. Sebelum menggunakan dan mengoperasikan komputer, terdapat prosedur langkah-langkah yang benar.

Berikut adalah langkah-langkah menghidupkan perangkat komputer yang baik dan benar.

  • Pastikan saklar arus listrik sudah terhubung ke stabilizer atau CPU komputer.
  • Tekan tombol power pada monitor dan CPU.
  • Kemudian komputer akan booting selama beberapa saat, tunggu hingga selesai.
  • Setelah selesai komputer siap digunakan.

2. Contoh Teks Prosedur Kompleks Cara Mematikan Komputer

Jik a sudah selesai menggunakan komputer, maka matikanlah komputer. Sama seperti saat menghidupkan, saat mematikan komputer juga terdapat prosedur dalam mematikan komputer yang baik dan benar. Berikut langkah-langkah nya:

  • Tutup semua jendela program atau aplikasi yang masih aktif
  • Klik tombol “Start” pada desktop.
  • Lalu klik “Turn Off Computer” atau klik “Shutdown”
  • Tunggu beberapa saat hingga proses komputer off selesai.
  • Setelah benar-benar mati, cabut kabel pada saklar-saklar listrik
  • Bereskan meja dan tutup dengan kain.

3. Contoh Teks Prosedur Kompleks Cara Membuat Akun Email di Gmail

Gmail dimiliki oleh Google ini, merupakan website layanan pembuatan surel/email. Karena dijaman sekarang teknologi sudah sangat modern dan rata-rata dalam pekerjaan ataupun sekolahan para pegawai dan siswa sudah harus mempunyai akun email. Berikut langkah-langkah dalam membuat akun Gmail yang baik dan benar.

  • Langkah pertama yaitu hp atau komputer sudah terkoneksi ke internet.
  • Buka browser lalu ketikan url “www.gmail.com”
  • Setelah masuk, klik “Create An Account”
  • Kemudian isi form yang sesuai dengan data diri.
  • Setelah semua form diisi. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman verifikasi akun (biasanya melalui sms yang dikirimkan google). Kemudian tunggu hingga ada sms dari google yang berisi kode untuk verifikasi.
  • Lalu masukan kode tersebut dalam kotak dialog yang tersedia.

4. Contoh Teks Prosedur Kompleks Cara Mendaftar Akun Facebook Baru

Facebook adalah salah satu jaringan sosial yang dapat menghubungkan dengan semua sesama pengguna facebook. Karena merupakan jaringan sosial, melalui facebook kita bisa bermain game, chat dengan teman, mencari teman baru, membuat grup, berbagi status, foto, video dan lain sebagainya.

Berikut langkah-langkah pembuatan akun facebook yang baik dan benar.

  • Langkah pertama yaitu pastikan hp atau komputer sudah dalam koneksi internet.
  • Buka browser (mozilla, chrome, operamini, dll) lalu ketikan www.facebook.com.
  • Setelah masuk halaman facebook, kamu akan melihat form untuk mendaftar. Silahkan isi form tersebut sesuai dengan data diri yang lengkap.
  • Setelah semua diisi klik “daftar”
  • Setelah masuk halaman facebook, kamu akan diminta untuk mencari teman.
  • Lalu klik selesai.

5. Contoh Teks Prosedur Kompleks Cara Membuat Akun Twitter

Layaknya facebook, twitter juga merupakan jaringan sosial yang sangat banyak penggunanya. Dari kalangan bawah hingga kalangan menengah ke atas. Lalu bagaimanakah cara membuat akunnya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat akun twitter yang baik dan benar.

  • Langkah pertama, pastikan hp atau komputer sudah terkoneksi dengan internet.
  • Buka browser, lalu ketikan “www.twitter.com”
  • Setelah masuk, akan ada form / kolom-kolom pendaftaran. Silahkan isi sesuai dengan data diri yang lengkap.
  • Tahap selanjutnya yaitu tahap konfirmasi data pendaftaran, lalu masukan nama pengguna.
  • Lalu kamu akan diperkenalkan mengenai Twitter. Silahkan klik “Ayo” untuk menuju tahap selanjutnya.
  • Tahap selanjutnya kamu akan diminta untuk memilih minat, minat yang dipilih akan menentukan halaman-halaman yang akan kamu ikuti pertama kali.
  • Kamu akan diminat untuk melihat 40 daftar untuk kamu ikuti. Jika sudah selesai, klik “ikuti dan lanjtukan” untuk menuju tahap berikutnya.
  • Tahap berikutnya, kamu akan diminat untuk mengupload foto profil.
  • Next, kamu akan diminta untuk memasukan email untuk verifikasi email. Setelah itu akun twitter akan dapat kamu gunakan.

Seperti itulah penjelasan singkat mengenai contoh teks prosedur kompleks singkat. Mudah-mudahan memberikan manfaat bagi pembaca. Terimakasih 😀

Leave a Comment