Ciri-ciri hewan mamalian yang mempunyai kelenjar susu

11 Ciri-ciri Hewan Mamalia Secara Umum

Ciri-ciri Hewan Mamalia – Kembali lagi ke pembahasan mengenai hewan mamalia. Kalau sebelumnya kita membahas mengenai pengertian hewan mamalia, kali akan dijelaskan secara detail mengenai ciri hewan mamalia yang mudah-mudahan dapat membantu kamu yang sedang mencari informasi tentang mamalia.

Lalu seperti apakah ciri-ciri yang terdapat pada hewan mamalia, dan adakah ciri-ciri khusus hewan mamalia? Jawabannya bisa langsung kamu simak di bawah ini.

Ciri-ciri Hewan Mamalia

Bagi kamu yang belum tahu pengertian lengkap mengenai hewan mamalia, kamu bisa melihatnya di artikel sebelumnya.

BACA JUGA :

Mengenal Hewan Mamalia, Ciri Ciri dan Jenisnya

Yuk Mengenal Jenis Hewan Mamalia Darat dan Laut Yang Ada di Sekitar Kita

Karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai ciri-cirinya saja supaya lebih mudah dan lebih tepat dalam mencari informasi mengenai ciri mamalia.

Mamalia atau bisa disebut juga dengan hewan menyusui. Seperti sebutannya, mamalia adalah hewan dengan ciri khas yaitu mempunyai kelenjar susu (menyusui/mammae). Mamalia juga merupakan hewan dengan ciri khas rambut di bagian-bagian tubuh hewan nya. Selain itu, masih terdapat beberapa ciri hewan mamalia lainnya diantaranya;

Berikut ini merupakan ciri-ciri hewan mamalia secara umum.

1. Mempunyai Kelenjar Susu

Ciri-ciri hewan mamalia
[email protected]

Ciri utama dan khusus dari hewan mamalia yaitu memiliki kelenjar susu (glandula mammae). Kelenjar susu tersebut biasanya terletak pada bagian perut, dada, atau di ketiak. Seperti halnya dengan manusia, kelenjar susu yang terdapat pada mamalia betina akan keluar setelah kelahiran anaknya.

Kelenjar susu dihasilkan oleh mamalia betina, sedangkan untuk mamalia jantan tentu tidak menghasilkan kelenjar susu. Pada hewan mamalia berkantong (Marsupialia) dan Placentalia, keduanya adalah mamalia yang mempunyai puting pada kelenjar susunya.

Sedangkan pada hewan mamalia yang bertelur (Monotremata) mereka adalah mamalia yang tidak mempunyai puting pada kelenjar susunya.

2. Susunan Tubuh

Ciri-ciri mamalia
Susunan Tubuh [email protected]

Susunan tubuh pada hewan mamalia yaitu terdiri atas kepala, leher, badan, dan juga ekor. Perlu diketahui juga bahwa hewan mamalia merupakan hewan vertebrata (hewan yang memiliki tulang belakang).

Ciri tersebut bisa jadi menjadi ciri umum dari hewan mamalia yang tidak dimiliki jenis hewan lainnya. Karena hewan mamalia mempunyai anggota gerak pada bagian depan dan belakang.

Anggota gerak tersebut biasanya mempunyai jari-jari dan kuku-kuku serta cakar. Anggota gerak pada tubuh hewan mamalia tersebut biasanya digunakan untuk berlari, menggali, dan berenang ataupun memangsa.

3. Mempunyai Rambut

Ciri hewan
Monkey [email protected]

Ciri-ciri hewan mamalia selanjutnya yaitu mempunyai rambut. Rambut juga bisa jadi menjadi ciri utama hewan mamalia yang juga tidak dimiliki oleh jenis hewan lainnya. Karena hewan mamalia mempunyai rambut setidaknya dalam satu fase siklus hidup mamalia.

Rambut-rambut yang terdapat pada hewan mamalia tersebut akan tumbuh di kantong-kantong kulit yang menghasilkan minyak pada kulit hewan tersebut.

Kantong-kantong rambut tersebut terletak pada posisi yang miring, kemudian tidak heran bahwa rambut hewan mamalia akan mempunyai arah tertentu. apabila ada rambut yang berdiri, itu tidak lain karena ada otot di kulit mamalia tersebut.

4. Hewan Berdarah Panas

Mamalia hewan
Hewan Berdarah Panas [email protected]

Ciri khas lain hewan mamalia selanjutnya yaitu berdarah panas (homoiotern). Hewan mamalia mempunyai kemampuan untuk mempertahankan dan menjaga suhu tubuhnya hingga 36 derajat celcius. Bagi sebagian hewan mamalia lain juga melakukan hibernasi.

Hibernasi yaitu kegiatan mamalia untuk tidak aktif sementara (tidur) selama musim dingin berlangsung. Hewan mamalia juga mempunyai kemampuan khusus yaitu dapat menurunkan suhu tubuhnya jika cuaca terlalu panas. Suhu tubuh mamalia akan turun melalui keringat yang dikeluarkan oleh tubuh mamalia.

5. Mempunyai Tulang Belakang (Vertebrata)

Ciri Mamalia
Hewan Bertulang Belakang [email protected]

Mamalia yaitu pengelompokan hewan vertebrata (hewan yang mempunyai tulang belakang). Ruas tulang belakang pada leher hewan mamalia berjumlah tujuh ruas. Hewan mamalia juga mempunyai sekat yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Sekat tersebut disebut dengan diafragma.

6. Mempunyai Sistem Pencernaan yang Lengkap

ciri pada mamalia
Sistem Pencernaan Mamalia [email protected]

Berbeda dengan jenis hewan lainnya yang juga mempunyai sistem pencernaan yang tidak lengkap, hewan mamalia merupakan hewan yang mempunyai sistem pencernaan yang lengkap. Sistem pencernaan hewan mamalia terdiri atas mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, usus besar, dan juga anus.

Sistem pencernaan mamalia menyerupai sistem pencernaan pada manusia. Rahang bawah mulut pada hewan mamalia terbentuk oleh satu tulang tungga dan di pinggir rahangnya terdapat gigi. Hewan mamalia mempunyai 4 tipe gigi, yakni gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan, dan juga gigi geraham belakang.

Hewan mamalia bakal mengalami pergantian gigi sebanyak satu kali. Seperti halnya dengan manusia, hewan mamalia juga mempunyai usus buntu pada sistem pencernaannya. Usus buntu (sekum) tersebut terdapat pada pertemuan antara usus halus dengan kolon.

7. Paru-paru sebagai Alat Pernapasan

ciri-ciri mamalia
Alat Pernafasan Mamalia [email protected]

Sistem pernapasan hewan mamalia yaitu bernapas menggunakan paru-parunya. Terlebih meskipun hewan mamalia itu (ikan) hidup di laut, hewan mamalia tersebut dapat bernapas dengan paru-paru.

Paru-paru yang terdapat pada hewan mamalia terdiri atas dua lobus. Yakni Dua lobus tersebut berada di dalam ruang pleura dan pada dinding laring terdapat pada pita suara.

8. Sistem Ekskresi

Sistem ekskresi pada hewan mamalia mempunyai ginjal metanefros. Ginjal metanefros mempunyai dua ureter yang mengalirkan urin ke kandung kemih (vesika urinaria).

9. Alat Indera Mamalia

Alat indera pada hewan mamalia rata-rata hampir sama dengan manusia. Pada Alat indera mamalia terdiri atas hidung, mata, telinga, dan juga lidah. Mata pada hewan mamalia dilindungi oleh kelopak mata yang terdapat di bagian atas dan bawah.

Kelopak tersebut bisa dipejamkan kapan saja. Untuk indera pendengaran, hewan mamalia mempunyai tiga tulang pendengaran, yakni tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi.

Pada akhirnya, organ pendengaran hewan mamalia adalah berbentuk gelung yang disebut dengan koklea.
Untuk indera pengecap, lidah pada hewan mamalia mempunyai papila-papila sebagai pengecap rasa. Dan hidung pada hewan mamalia berhubungan dengan lubang tunggal yang terdapat di tengkorak kepala mamalia.

10. Ukuran Otak

ciri hewan mamalia mempunyai otak
Ukuran Otak Hewan Mamalia [email protected]

Hewan mamalia juga mempunyai otak yang berukuran besar. Otak pada seekor hewan mamalia, berkembang dengan sangat baik dan sangat berpengaruh pada kepandaian dan juga intelektual hewan mamalia tersebut. jadi jangan heran apabila hewan terpandai yaitu primata yang merupakan hewan mamalia paling cerdas.

11. Alat Kelamin

hewan mamalia
Alat Kelamin Mamalia [email protected]

Mamalia mempunyai alat kelamin yang terpisah antara mamalia jantan dan mamalia betina. Terjadinya proses fertilisasi  dengan cara internal dan bersifat vivipar (beranak). Hewan mamalia jantan mempunyai alat kopulasi berupa penis. Spermatozoid yang terdapat pada hewan mamalia diproduksi oleh testis yang disimpan di skrotum.

Untuk hewan mamalia betina, embrio akan berkembang di dalam uterus. Saat proses pertukaran metabolisme seperti respirasi dan nutrisi antara embrio dan induknya akan terpisah melalui placenta. Pada hewan mamalia, lubang genital terpisah dengan anus.

Sampai sini sudah mengerti bukan bagaimana ciri-ciri hewan mamalia. Mudah-mudahan bermanfaat bagi penulis terutama juga bagi pembaca sekalian. Jika berkenan sebelum meninggalkan komen, like & share, terimakasih.

Leave a Comment