contoh Mikrometer sekrup

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup Yang Baik dan Benar

gambar mikrometer sekrup
via@2.bp.blogspot.com

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup – Hallo sahabat disiniaja.net yang berbahagia, dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai alat ukur besaran panjang yaitu mikrometer sekrup, dari pengertian dan fungsi, jenis, bagian-bagian dan cara membaca atau menggunakan mikrometer sekrup.

Mudah-mudahan dapat memberikan sedikit pengetahuan bagi sobat yang sedang mencari informasi tentang mikrometer sekrup ini. Oke kalau begitu langsung saja kita bahas. Mungkin sebagian sudah tahu mengenai alat ukur ini tetapi lupa bagaimana cara menggunakannya. Tenang aja akan dibahas secara lengkap dibawah ini.

Pengertian Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup merupakan sebuah alat ukur yang mengukur benda yang memiliki satuan ukur yang dengan ketelitian hingga 0.01 mm. Dalam penggunaannya, alat ukur ini banyak digunakan untuk sebagai alat ukur besaran panjang, ketebalan benda serta diameter luar dalam sebuah benda.

Mikrometer juga memiliki fungsi yang sama dengan alat ukur sejenisnya yaitu jangka sorong. Jika kita bandingkan keduanya, mikrometer sekrup lebih dengan memiliki ketelitian 0.01 mm dibandingkan jangka sorong yang hanya memiliki ketelitian 0.1 mm

Jenis-Jenis Alat Ukur Mikrometer

Secara umum, mikrometer memiliki tiga jenis fungsi pengukuran yang berbeda, seperti mikrometer luar, mikrometer dalam dan mikrometer kedalaman;

  1. Mikrometer Luar, Mikrometer luar digunakan untuk mengukur benda seperti kawat, batang-batang, lapisan-lapisan, dan blok-blok.
  2. Mikrometer dalam, Mikrometer dalam digunakan untuk mengukur sebuah garis tengah dari lubang sebuah benda.
  3. Mikrometer kedalaman, Mikrometer kedalaman digunakan untuk mengukur kedalaman dan ketinggian dari sebuah benda.

Fungsi Mikrometer Sekrup

Fungsi Mikrometer yaitu sebagai alat untuk mengukur besaran panjang, tebal, diamater dan kedalaman sebuah benda yang memiliki ukuran cukup kecil seperti lempeng besi atau baja, diameter kabel dan kawat, lebar sebuah benda yang mempunyai tingkat presisi tinggi.

Dalam penggunaannya mikrometer memiliki fungsi utama yaitu mengukur besaran panjang suatu benda dengan presisi.

Bagian-Bagian dari Micrometer Sekrup dan Fungsinya

Secara standar bagian-bagian mikrometer sekrup terdiri atas beberapa bagian-bagian sebagai berikut :

contoh Mikrometer sekrup
via@1.bp.blogspot.com

1. Frame atau Bingkai

Frame ini memiliki bentuk yang menyerupai huruf  C, frame dibuat dari bahan logam tahan panas dan di buat dengan desain agak tebal serta kuat yang bertujuan untuk meminimalisir terjadinya peregangan yang dapat mengganggu proses pengukuran. Dalam Frame juga di lapisi dengan lapisan plastik guna meminimalisir terjadinya transfer panas dari tangan manusia terhadap baja ketika proses pengukuran.

2. Anvil atau poros tetap

Anvil mempunyai fungsi sebagai penahan saat sebuah benda yang akan diukur dan ditempatkan diantara anvil dengan spindle.

3. Spindle atau poros gerak

Spindle atau poros gerak yaitu sebuah silinder yang bisa dapat digerakan menuju anvil untuk menahan benda yang akan di ukur dengan spindle face.

4. Pengunci atau lock

Saat benda yang diukur telah benar-benar pas di anvil dan spindle, maka supaya spindle atau poros  tidak bergerak lalu dikunci dengan bagian lock tadi.

5. Sleeve

Tempat terletaknya skala utama / acuan angka dalam menentukan ukuran ( satuan milimeter ).

6. Thimble

Tempat skala nonius atau skala putar berada.

7. Ratchet Knob

Digunakan untuk memutar Spindle atau poros gerak saat ujung dari Spindle (spindle face) telah dekat dengan benda yang akan di ukur, kemudian untuk mengencangkan Spindle atau poros gerak hingga terdengar suara bunyi. Untuk memastikan benda yang akan diukur telah menempel sempurna dengan ujung spindle (spindle face) maka Ratchet diputar sebanyak 2 sampai 3 putaran.

Setelah kita mengetahui pengertian, jenis dan bagian-bagian dari mikrometer sekrup. Bahasan selajutnya yaitu membahas bagaimana cara membaca hasil pengukuran dan cara menggunakan alat mikrometer sekrup.

Cara Membaca Hasil Pengukuran Mikrometer Sekrup                                      

Sebelum itu kita harus ketahui dulu bagaimana skala pembacaan mikrometer sekrup.

Skala pada mikrometer dibagi menjadi dua jenis:

1. Skala Utama,

Sekala utama terdiri dari skala : 1, 2, 3, 4, 5 mm, hingga seterusnya yang berada pada bagian atas. Dan untuk nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, hingga seterusnya yang berada dibagian bawah.

2. Skala nonius atau skala Putar

Terdiri atas skala 1 hingga dengan skala 50. Setiap skala putar atau skala nonius berputar mundur 1kali putaran, jadi skala utama bertambah 0,5 mm. Sehingga dari logika tersebut bisa diperoleh 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

1. Posisikan mikrometer sekrup searah dengan pandangan kita. Sehingga kita bisa melihat dengan jelas skala hasil pengukuran.

2. Kemudian bacalah skala utama pada mikrometer sekrup tersebut. Pada bagian atas garis yang menunjukan angka bulat dalam mm contohnya 1 milimeter, 2 milimeter dan seterusnya. Sedangan pada garis skala bagian bawah menunjukan bilangan 0,5 milimeter.

pengukuran mikrometer sekrup
via@1.bp.blogspot.com

Perhatikan dengan baik gambar diatas. Dari gambar diatas, garis skala atas menunjukan angka 5 mm dan garis skala bagian bawah menunjukan 0,5 mm, lalu Jumlahkan kedua hasil diatas maka skala utama pada mikrometer diatas menunjukan angka 5,5 mm.

3. Kemudian bacalah skala nonius atau skala putarnya yaitu garis yang berada tepat segaris dengan garis pembagi pada skala utama. Perlu diingat, jika setiap satu garis di skala nonius menunjukan 0,01 milimeter. Pada gambar di atas, skala nonius menunjukan angka 30 dikalikan dengan 0,01 mm sehingga skala noniusnya menunjukan 0,30 mm.

4. Jumlahkan hasil pengukuran tersebut dari skala utama dengan hasil pengukuran dari skala nonius. Sehingga dari gambar diatas dapat diperoleh hasil pengukuran 5,5 mm + 0,3 mm = 5,8 mm.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Agar mendapatkan hasil pengukuran yang tepat dan maksimal, hendaknya kamu perhatikan beberapa hal dalam menggunakan micrometer sekrup. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan ataupun membaca alat ini.

1. Untuk memulai melakukan pengukuran, salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu cara memegang mikrometer sekrup serta memegang alat yang akan di ukur supaya hasil pengukurannya tepat dan benar.

Cara memegang Mikrometer Sekrup
via@sipolos.com

Perhatikan langkah-langkah berikut:

peganglah mikrometer sekrup dengan tangan kanan Anda. Usahakan agar tidak menutupi skala pada posisi pengukuran agar hasil pengukuran dapat terlihat dengan jelas.

Kemudian tahan bingkai (frame) mikrometer sekrup dengan telapak tangan dan jari kelingking tangan kanan.

Gunakan jari tengah untuk menahan bingkai pada bagian bawah selubung pengukur (thimble), untuk telunjuk dan Ibu jari digunakan untuk memutar selubung pengukur dan juga gigi geser (ratchet).

Jika tangan kanan kita untuk memegang mikrometer sekrupnya, maka tangan kiri kita gunakan untuk memegang benda yang akan diukur. Seperti contoh pada gambar berikut.

memegang mikrometer sekrup yang benar
via@sipolos.com

1. Setelah kita mengetahui dengan benar bagaimana cara memegang mikrometer sekrup tersebut, hal selanjutnya yang harus perhatikan yaitu dalam penggunaannya. Ketika melakukan putaran pada selubung (sekala putar), perhatikan lah pada bagian pengukur kunci (lock), pastikan dulu pengukuran kunci dalam keadaan terbuka.

Kemudian ketika telunjuk dan Ibu jari tangan kanan memutar selubung pengukur caranya yaitu dengan cara memutar gigi geser (ratchet). Pada saat melakukan pemutaran, lakukan secara perlahan dan harus dihentikan putarannya pada saat terdengar suara “klik”. Hal tersebut perlu dan harus diperhatikan supaya mikrometer sekrup tidak terjadi kerusakan.

Begitulah pembahasan lengkap mengenai cara menggunakan mikrometer sekrup yang mudah-mudahan dapat dipahami dan bisa menambah pengetahuan. Semoga bermafaat.

Terimakasi Telah Berkunjung 😀

 

Leave a Comment