Cara Membuat Lamaran Lewat Email yang mudah dan efektif

Cara Membuat Lamaran Lewat Email Yang Mudah Dan Efektif

Cara Membuat Lamaran Lewat Email yang mudah dan efektif
Cara Membuat Lamaran Lewat Email

Cara Membuat Lamaran Lewat Email – Seiring dengan perkembangan jaman dan teknologi yang sangat maju dari masa ke masa. Mambuat orang-orang lebih mudah untuk mencari informasi lewat internet, dari  mulai pengetahuan, tips dan tutorial, resep makanan, sampai infomasi lowongan lapangan pekerjaan bisa kamu dapatkan di dunia maya atau bahasa kerennya internet.

Nah, hal itu juga dimanfaatkan oleh sebagian perusahaan-perusahan di Indonesia, sudah mulai memakai jasa internet, dengan melakukan perekrutan karyawan melalui internet, yaitu menggunakan email atau surat elektronik. Dalam artikel kali ini, akan dibahas bagaimana cara membuat lamaran lewat email yang baik dan benar sampai tuntas.

Cara Membuat Lamaran Lewat Email Yang Baik Dan Benar

Membuat lamaran lewat email memang tidak mudah dan sedikit ribet. Apalagi jika orang tersebut gaptek, dan baru pemula dalam menggunakan internet salah satunya membuat email. Nah, disini ada beberapa cara membuat email beserta cara mengirimnya, yang sangat mudah untuk pemula sekalipun.

1.  Membuat Email

Karena kita akan membuat surat lamaran lewat email, kamu harus punya akun email terlebih dahulu, atau jika kamu sudah mempunyai akun emailnya, tinggal mengikuti langkah berikutnya. Bagi kamu yang belum mempunyai email, bisa mendaftar di salah satu situs layanan email di bawah ini.

  • Gmail mail.google.com
  • Yahoo!Mail mail.yahoo.com
  • Outlook.com / MSN/ Hotmail www.outlook.com
  • Mail.com www.mail.com
  • iCloud www.icloud.com
  • INBOX.COM www.inbox.com
  • Zoho Mail www.zoho.com/mail.
  • FastMail https://www.fastmail.fm
  • TelkomNet Mail mail.telkom.net
  • Plasa.Com www.plasa.com

2. Menyiapkan Berkas-Berkas

Jika kamu sudah mendaftar dan memiliki email, langkah selanjutnya adalah menyiapkan berkas-berkas lamaran yang diminta oleh perusahaan. Karena dikirimnya lewat email, maka berkas tersebut harus kamu scan terlebih dahulu. Kamu bisa mencari tempat foto copy dan minta untuk di scan.

Bagusnya kamu minta file berkas tersebut yang sudah discan agar mempermudah dikemudian hari jika ingin melamar kerja lewat email lagi. Dibawah ini merupakan berkas-berkas yang biasanya diminta oleh perusahaan sebagai persyaratan lamaran pekerjaan.

  • Pas foto
  • KTP
  • Ijazah
  • Transkip nilai
  • NPWP
  • Surat Kuning
  • SKCK
  • KK

3. Mengcompres Gambar

Karena yang melamar buka kamu, tetapi dari seluruh Indonesia, kalau berkas hasil scan tadi ukurannya gede-gede, bukan tidak mungkin bagian personalia yang mengurusnya tidak akan mau mengunduh file berkas yang berukuran besar. Maka dari itu kamu harus mengcompres berkas-berkasmu tadi yang telah discan, agar resolusi dan ukuran gambar kecil.

4. Membuat Surat Lamaran Dan Daftar Riwayat Hidup (CV)

Tahap selanjutnya adalah membuat surat lamaran kerja dan daftar riwayat hidup atau CV. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana dan seperti apa surat lamaran kerja via email bisa melihat gambar dibawah ini. Selanjutnya kamu tinggal membuat daftar riwayat hidup.

cara membuat surat lamaran lewat email
Surat Lamaran

Kamu juga bisa melihat contoh daftar riwayat hidup disini.

Jika semua berkas sudah tersedia, langkah yang terakhir ialah mengirim semua berkas lamaran kerja tersebut melalui email. Disini saya menggunakan situs layanan email yakni GMAIL. Caranya tidak jauh berbeda dengan situs layanan email yang lain.

Kamu juga pasti bisa, masa dengan teknologi yang sekarang begitu mudah, canggih dan maju, kamu masih tidak bisa. Hehe.

Kemudian buka website gmail.com, kemudian login dan seperti biasa masukan email dan kata sandi.

Masuk Gmail
Masuk Gmail

Setelah masuk ke gmail, akan ada menu-menu yang terdapat di gmail. Kemudian  kamu klik Tulis Email, seperti pada contoh gambar di bawah ini.

klik tulis email

Tulis Alamat email perusahaan yang di mana kamu akan melamar ke perusahaan yang akan merekrut karyawan baru melalui email, kira-kira seperti pada gambar di bawah ini.

Contoh Penulisan
Contoh Penulisan

Jika kamu rasa surat lamaran tersebut sudah benar. Untuk selanjutnya kamu tinggal upload semua berkas yang sudah di persiapkan tadi. Dengan meng-klik gambar (seperti penitih) di bawah ini, yang sudah ada tanda merah pada contoh gambar di bawah ini.

Klik gambar upload file
Klik gambar upload file

Nanti akan muncul tab baru, kemudian cari file atau berkas yang sudah kamu scan tadi, dan cari berkas di komputer kamu, atau di flasdisk. Kemudian klik semua file tersebut (CTRL+A), dan klik open.

Berkas Lamaran
Berkas Lamaran

Selanjutnya kamu tinggal tunggu sampai proses upload file tersebut selesai, kemudian klik kirim.

Jadi itulah sekilas tips atau cara membuat lamaran lewat email. Kurang lebihnya bisa kamu tambahin. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kamu yang akan melamar pekerjaan lewat email. Semangat terus dan tetap semangat.

Leave a Comment