cara membuat kliping

Cara Membuat Kliping Yang Baik Dan Benar Beserta Teknik Dan Contohnya

kliping yang baik dan benar
[email protected]

Cara Membuat kliping – Membuat kliping memang sudah tidak aneh lagi bagi seorang pelajar, yang mana pembuatan kliping itu sendiri adalah tugas yang diberikan oleh guru kepada muridnya. Bahkan dimasyarakat sendiri, aktivitas pembuatan kliping juga sering dilakukan oleh para ibu-ibu yang gemar memasak dengan tujuan sekedar mengkoleksi resep dari majalah ataupun koran.

Kliping itu sendiri merupakan sebuah aktivitas mengumpulkan bahan informasi beserta gambarnya dari majalah, koran, ataupun dari sumber lainnya yang bisa mendukung proses pembuatan kliping dengan cara menggunting artikel dan menempelkannya pada kertas yang sudah disiapkan sebagai dokumentasi. Potongan artikel dan gambar pada sebuah kliping haruslah berisikan tema yang sama.

Jika tema kliping adalah tentang aneka resep kue, maka artikel dan gambar yang ditempelkan membahas tentang resep kue. Manfaat dari kliping itu sendiri sebenarnya banyak sekali, misalnya ketika seorang guru memberikan tugas kepada muridnya, hal ini sebenarnya bermanfaat bagi murid tersebut untuk melatih kreativitas dan menambah wawasan mereka.

Nah, setelah mengetahui lebih jauh tentang kliping, tentu sudah terbayang bukan bagaimana yang harus kamu lakukan dalam pembuatan dan menyusun kliping. Lalu seperti seperti apa sih cara yang baik dan benar itu ? Yuk simak beberapa ulasan lengkap mengenai cara membuat kliping yang baik dan benar beserta contohnya.

Teknik Membuat Kliping

teknik mudah pembuatan kliping
Teknik Membuat Kliping [email protected]

Walaupun kliping bisa menjadi sebuah sumber informasi, tetapi dalam penggunaannya belum bisa dimaksimalkan seperti sumber informasi lain. Karena dalam sebuah artikel hanya membahas satu topik saja. Karenanya kliping biasa dijadikan sumber informasi yang lebih spesifik.

Untuk itulah dalam pembuatan kliping, harus dilakukan dengan baik, supaya infomasi yang diberikan akurat dan tersusun dengan baik. Cara dalam pembuatan kliping itu sendiri bisa kamu lakukan dengan dua teknik, diantaranya :

1. Sistem Ordner

Merupakan teknik pembuatan kliping dalam satu bundel kliping dan terdapat satu tema dengan mengabaikan tanggal, judul, dan sumber berita. Contoh kliping yang dibuat menggunakan teknik ordner adalah yang membahas tema khusus seperti; kliping olahraga, beladiri, seni, dan lain sebagianya.

2. Sistem Exive

Sistem exive yaitu kebalikan dari sistem ordner. Cara pembuatan kliping dengan teknik exive menitikberatkan pada bahan yang digunakan seperti; majalah, surat kabar, dan lain-lain secara kronologis dalam jangka waktu tertentu.Contoh kliping dengan teknik exive yaitu kliping dengan bahan majalah yang terbit pada tahun 2015 saja.

Tujuan dari pembuatan kliping ini untuk mempermudah melacak suatu informasi dalam suatu waktu tertentu. Disarankan dalam membuat kliping, dengan teknik exive karena hasilnya akan lebih profesional dan lebih tersusun.

Cara Membuat Kliping

persiapan pembuatan kliping
Cara Membuat Kliping [email protected]

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kliping biasanya berasal dari media cetak, surat kabar, majalah ataupun media cetak lainnya yang bisa mendukung. Akan tetapi dengan seiringnya perkembangan media elektronik seperti internet, kebanyakan orang beralih untuk mencarinya dari internet.

Karena saat ini, tidak sedikit para pelajar dari sekolah maupun perguruan tinggi dalam mengerjakan tugas-tugasnya mengambil sumber dari internet. Entah itu kliping, makalah ataupun tugas-tugas lainnya. Dibawah ini ada beberapa langkah dalam membuat kliping, diantaranya sebagai berikut :

1. Menentukan Tema

Sebelum kamu membuat kliping, ada baikmya kamu tentukan terlebih dahulu tema yang akan dicari, setelah pelajari dengan seksama pembahasan yang berhubungan dengan tema tersebut. Misalkan tema yang kamu pilih adalah tentang ikan, maka isi dari kliping tersebut membahas masalah ikan, jangan kamu masukan artikel tentang iguana, karena ikan dan iguana itu tidak setema. Sudah Jelaskan.

2. Pengumpulan Bahan Kliping

Langkah selanjutnya adalah pengumpulan bahan kliping, dalam mengumpulkan bahan kliping, kamu bisa mencarinya dari media cetak seperti majalah, surat kabar, ataupun dari internet. Jika kamu memilih media internet, sebaiknya kamu edit dahulu kemudian cetak, agar kliping terlihat bagus dan menarik.

3. Siapkan Alat-Alat

Setelah bahan kliping sudah terkumpul, langkan selanjutnya adalah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti gunting, lem, kertas,dan penggaris. Kamu juga bisa menambahkan beberapa aksesoris sebagai hiasan kliping supaya terlihat lebih menarik.

4. Membuat Jilid

Sebelum proses pengguntingan bahan, kamu buatkan jilid dari beberapa lembar kertas HVS ataupun Folio sesudah dengan kebutuhan.

5. Proses Pemotongan (Gunting)

Selanjutnya kamu gunting bahan yang sudah kamu pilih, lalu tempelkan dengan lem ke lembaran kertas HVS atau Folio. Lakukan hal yang sama pada lembaran HVS berikutnya.

6. Susun Artikel Secara Sistematis

Dalam proses penempelan, susunlah artikel secara sistematis mulai dari tanggal hingga tahun tebit. Hal tersebut akan membuat kliping kamu terlihat rapi. Dan jangan lupa untuk menempelkan sumber artikelnya, dari surat kabar ataupun dari internet. Untuk menghargai karya tersebut.

7. Proses Penempelan Artikel

Dalam proses penempelan, kamu bisa menambahkan hiasan pada kliping tersebut pada halaman kliping, entah hiasan ataupun karikatur lucu yang kamu inginkan agar terlihat menarik.

8. Membuat Cover

Setelah menempelkan semua isi kliping, langkah selanjutnya membuat cover atau sampul kliping. Buat cover semenarik mungkin agar membuat penasaran bagi si pembaca dan tertarik untuk membacanya.

9. Membuat Daftar Isi

Membuat daftar isi dan berikan nomor halaman di footer HVS untuk mempermudah bagi pembaca untuk menemukan halaman yang sesuai dengan daftar isinya.

Sistematika Penyusunan Kliping Yang Baik dan Benar

sistematika yang baik pembuatan kliping
Sistematika Penyusunan [email protected]

Dalam cara membuat kliping yang baik, harus menggunakan sistematika yang benar seperti halnya sebuah karya tulis, sehingga akan terlihat lebih tersusun rapi dan menarik. Perlu kamu perhatikan beberapa ulasan di bawah ini :

1. Cover

Dalam pembuatan kliping, sampul atau cover merupakan bagian yang harus ada dalam sebuah kliping, supaya kliping tersebut terlihat bagus dan menarik perhatian si pembaca. Buatlah cover yang sesuai dengan tema yang kamu pilih, supaya si pembaca dan guru tahu mengenai gambaran dari isi kliping tersebut. Buatlah semenarik mungkin.

2. Kata Pengantar

Kata pengantar memang tidak terlalu penting di dalam sebuah kliping, namun jika kamu ingin klipingnya terlihat lebih,, dan seperti sebuah karya tulisan, tentu tidak ada salahnya untuk kamu tambahkan. Buatlah kata pengantar yang baik dan benar seperti halnya sebuah karya tulisan.

3. Daftar isi

Untuk daftar isi sangatlah penting dalam sebuah kliping, karena dengan adanya daftar isi akan memudahkan bagi pembaca untuk mencari artikel dari halaman kliping tersebut.

4. Isi

Isi atau pembahasan kliping harus sesuai dengan apa yang menjadi judul pada cover kliping. Karena akan terasa aneh dan tidak nyambung ketika judul dan isi tidak sesuai. Jadi sarankan harus sesuai dengan judul akan kliping saling berkaitan.

Jangan lupa untuk menuliskan sumber artikel yang dibahas, misalkan sumbernya dari Pikiran Rakyat, Tanggal 25 Desember 2000. Dalam susunan isi juga harus tersusun mulai dari terbaru sampai artikel terlama, atau bisa juga sebaliknya.

5. Kesimpulan dan saran

Kesimpulan dan saran penting untuk kamu cantumkan dalam pembuatan sebuah kliping yang baik dan benar. Tujuannya agar pembaca tahu kesimpulan dari isi kliping tersebut.

6. Daftar Pustaka

Daftar pustaka juga sangat penting dalam sebuah kliping yang bisa kamu tulis dari berbagai sumber-sumber yang kamu dapatkan dalam penyusunan kliping yang kamu buat.

Rekomendasi Contoh Kliping Sebagai Referensi

cara membuat kliping
Contoh Kliping [email protected]

Di bawah ini ada beberapa contoh rekomendasi contoh kliping yang bisa menjadi referensi dalam membuat kliping. Ada beberapa kliping yang memang sering para guru dan dosen berikan, diantara seperti contoh kliping di bawah ini :

1. Contoh Kliping Resep Makanan

membuat kliping resep makanan
Contoh Kliping Resep [email protected]

Pembuatan kliping tidak hanya untuk para pelajar saja, karena para ibu-ibu rumah tangga juga bisa membuatnya untuk panduan dalam memasak ataupun hanya sekedar koleksi saja.

2. Contoh Kliping Agama

kliping agama yang bisa menjadi referensi
Contoh Kliping Agama [email protected]

Dalam kliping agama tentu berisikan semua hal yang berhubungan dengan keagamaan, ataupun berupa panduan belajar, contohnya seperti kliping belajar menghafal alquran, kliping tata cara sholat yang benar dan yang lain sebagainya.

3. Contoh Kliping Komputer

kliping komputer yang keren untuk tugas
Contoh Kliping Komputer [email protected]

Kliping komputer biasanya berisi panduan atau permasalahan yang terkait dengan komputer dalam software maupun hardware, kliping komputer biasanya dijadikan tugas siswa dan mahasiswa yang berjurusan komputer. Contohny seperti Panduan Menginstal Windows.

4. Contoh Kliping Olahraga

kliping olahraga indonesia
Kliping Olahraga [email protected]

Dalam kliping olahraga biasanya berisikan pembahasan mengenai sebuah jenis olahraga. Misalkan kliping tentang sepak bola. Isi dari kliping tersebut membahas semua yang mengenai sepak bola, dari mulai teknik, peraturan bermain, wasit dan lainnya.

Itulah pembahasan mengenai cara membuat kliping beserta contohnya. Semoga bermanfaat bagi kamu para pelajar, ibu-ibu ataupun bagi siapapun yang ingin membuatnya. Jangan lupa di- share ya. Terimakasih.

Leave a Comment