Rancangan Biaya Yang Dibutuhkan Dalam Sebuah Kegiatan Terdapat Pada?

Rancangan Biaya Yang Dibutuhkan Dalam Sebuah Kegiatan Terdapat Pada
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa rancangan biaya yang dibutuhkan dalam sebuah kegiatan terdapat pada bagian ‘ anggaran dana ‘.

Apa isi dari anggaran dalam proposal?

Isi Anggaran Biaya dalam Proposal dan Contohnya Cari soal sekolah lainnya KOMPAS.com – Keterampilan menulis proposal perlu dimiliki setiap insan berpendidikan, agar terbiasa berpikir sistematis dan logis. Dikutip dalam buku Pengajuan Proposal (2014) karya Huriyyah, proposal adalah rancangan dari suatu usulan sebuah penelitian yang kemudian dilaksanakan oleh peneliti terhadap bahan penelitiannya.

Tujuan dari proposal yaitu mendapatkan persetujuan dari suatu pihak mengenai rencana atau rancangan yang akan dilakukan. Salah satu unsur kerangka proposal adalah anggaran biaya kegiatan. Anggaran biaya dalam suatu proposal harus dicantumkan. perkiraan biaya, tarif, atau jumlah alokasi keseluruhan dana yang hendak digunakan.

Format Excel Rencana Anggaran Biaya (RAB)

Baca juga: Anggaran biaya mencakup administrasi, peralatan, piala, konsumsi, dan lain-lain. Isi dari anggaran biaya propsal disesuaikan dengan kebutuhan kegiatan yang akan dilakukan. Biasanya anggaran biaya dalam proposal di rancang dalam bentuk RAB (Rancangan Anggaran Biaya).

  • Di dalamnya terdapat besaran ongkos dan keperluan logistik yang diperlukan dalam satu kegiatan.
  • Sama seperti halnya menyusun unsur atau membuat kerangka proposal pada umumnya, dalam penulisan anggaran biaya juga memerhatikan bahasa dan tulisan yang resmi, padat, dan rinci.
  • Anggaran biaya disusun secara logis dan realistis, serta memperhatikan keseimbangan antara pengeluaran dan penghasilan.

Hal ini agar diterima secara logis oleh penyandang dana. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Rancangan Anggaran Biaya (RAB) sebuah proposal yang disadur dari buku Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian (2020) oleh Yuniati Sitorus, yaitu:

You might be interested:  Bagaimana Sikap Awal Melakukan Gerakan Kayang Sendiri Tanpa Bantuan?

Buat daftar khusus untuk menghitung seluruh biaya keperluan dan perlengkapan yang digunakan. Jika menggunakan sewa gedung sebagai lokasi acara atau kegiatan perlu dimasukkan ke data pembiayaan, beserta dengan penyediaan panggung dan dekorasi. Masukkan biaya konsumsi yang dihitung dari jumlah tamu, jenis konsumsi, dan intensif konsumsi. Buat anggaran biaya untuk para tamu yang ikut dalam kegiatan. Masukkan kebutuhan apa saja yang diperlukan bagi tamu undangan. Membuat daftar panitia, tugas panitia, dan besaran biaya transport yang digunakan selama kegiatan.

Baca juga:

Anggaran biaya memuat apa?

Anggaran biaya memuat sumber dana yang digunakan selama kegiatan dan rincian biaya pengeluaran untuk kegiatan. Pembahasan Proposal adalah suatu rancangan kegiatan yang ditulis kedalam sebuah susunan kegiatan kerja yang sudah terjadwal. Secara umum proposal dapat dibedakan dalam empat jenis yaitu Proposal kegiatan, Proposal Bisnis, Proposal Penelitian dan Proposal proyek.

Bagian-bagian proposal kegiatan adalah

  1. Judul
  2. Pendahuluan
  3. Dasar Kegiatan, menjelaskan keadaan atau kejadian yang menjadi alasan dilakukan suatu kegiatan
  4. Tujuan Kegiatan, menjelaskan sasaran yang ingin dicapai dengan adanya kegiatan dapat berupa manfaat atau keuntungan-keuntungannya
  5. Waktu dan tempat kegiatan, menjelaskan waktu dan tempat pelaksanaan beserta kepanitiaan penyelenggaranya
  6. Susunan acara kegiatan
  7. Susunan panitia kegiatan
  8. Anggaran kegiatan, menjelaskan perincian dana yang diperlukan untuk setiap sub kegiatannya
  9. Lampiran

Adapun Fungsi propsal adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai dasar untuk melakukan penelitian yangberhubungan dengan sosial, budaya, agama, ekonomi, dan bidang lainnya.
  2. Sebagai gambaran dalam mendirikan suatu usaha.
  3. Memberikan infrmasi mendetail tentang suatu kegiatan
  4. Sebagai dasar melakukan tender, baik dari lembaga pemerintah maupun swasta.
  5. Sebagai bahan pertimbangan bagi pihak luar dalam memberikan partisipasi akan suatu kegiatan

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian proposal : brainly.co.id/tugas/7411445
  2. Materi tentang rencana anggaran biaya : brainly.co.id/tugas/5959400
You might be interested:  Apa Fungsi Dari Prototipe Rancangan Industri?

Detil Jawaban Kelas : IX (SMA) Mapel : B.indonesia Bab : Menulis karya Ilmiah Kode : 9.1.12 Kata Kunci : Bagian-bagian dalam proposal

Mengapa dalam proposal kegiatan diperlukan anggaran biaya?

Anggaran biaya dapat digunakan sebagai alat ukur untuk semua pihak ketika melakukan perencanaan keuangan dalam pembelian barang maupun sebuah proyek. Untuk melihat seberapa besar biaya yang dihabiskan oleh suatu perusahaan pada pembangunan proyek. Dapat dijadikan sebagai satu alat acuan bagi otoritas keuangan.

Siapa yang membuat rancangan anggaran biaya?

Rancangan Biaya Yang Dibutuhkan Dalam Sebuah Kegiatan Terdapat Pada Ilustrasi kantor. ©2012 Merdeka.com Merdeka.com – Kepanjangan RAB adalah Rencana Anggaran Biaya, yang didefinisikan sebagai perkiraan perhitungan atas banyaknya biaya yang diperlukan untuk bahan, alat dan upah serta biaya-biaya lainnya yang berhubungan dengan pelaksanaan suatu pekerjaan atau proyek, dilansir dari bpsdm.pu.go.id. RAB umumnya dibuat oleh dinas atau instansi pemerintah, perencana proyek, atau kontraktor. Rencana Anggaran Biaya dihitung berdasarkan gambar-gambar rencana dan spesifikasi yang sudah ditentukan, upah tenaga kerja, harga bahan dan alat. Orang yang mengerjakan perhitungan dan pembuatan RAB disebut Estimator atau Quantity Engineer (QE) atau Quantity Surveyor (QS).