Bagaimana Tahapan Awal Melakukan Gerak Umpan Atas Pada Permainan Voli?

Bagaimana Tahapan Awal Melakukan Gerak Umpan Atas Pada Permainan Voli
Cara Melakukan Passing Atas

  • Sikap sedikit badan jongkok, lalu lutut agak sedikit ditekuk.
  • Kedua tangan bersiap di atas kepala dengan telapak tangan membuka lebar.
  • Mengambil tumpuan kaki selebar bahu.
  • Ibu jari dan jari saling berdekatan membentuk segitiga.
  • Pandangan mata ke arah datangnya bola.

Bagaimana tahap awal melakukan gerak umpan atas pada permainan bola voli?

B e r i k u t m e r u p a k a n t a h a p a n melakukan passing atas adalah ssbagai berikut : –

  1. Jaga keseimbangan antara kedua kaki dan salah satu pusat gravitasi di depan.
  2. Pandangan ke bola, condongkan tubuh sedikit ke depan.
  3. Rentangkan tangan Anda di atas kepala dan tekuk siku ke samping.
  4. Dorong bola ke atas dengan ujung jari, lalu luruskan siku dan lutut untuk meluruskan tubuh.
  5. Postur terakhir adalah ditambah gerakan lengan, dan kemudian seluruh tubuh.

Gimana cara melakukan umpan passing atas?

2. Umpan atas – Passing atas (cerdika.com) Umpan atas biasanya dilakukan jika bola datang dengan cukup tinggi melewati kepala. Pada teknik ini, pemain mendorong bola dengan kedua tangan saat ada di atas kepala. Biasanya teknik ini dilakukan untuk mengumpan ke pemain yang akan melakukan spike ke area lawan.

Tuliskan teknik teknik apa saja yang terdapat pada permainan bola voli?

Jawaban ini terverifikasi. Teknik Dasar permainan bola voli adalah Service, Passing, Smash, dan Blocking.

Apa yang dimaksud umpan atas?

Pembahasan – Permainan bola voli adalah salah satu olahragayang paling populer di dunia. Permainan bola voli adalah permainan yang dimainkan secara beregu dan terdapat dua regu yang slaing berhadapan. Dalam permainan bola voli, pemain harus menguasai beberapa teknik dasar agar dapat memainkan permainan bola voli dengan baik.

  • Salah satu teknik dasar permainan bola voli yang harus di kuasai oleh setiap pemain yakni adalah teknik passing.
  • Teknik passing adalah teknik atau gerakan membarikan bola ke arah teman.
  • Dalam permainan bola voli, teknik passing terdiri dari dua jenis, yakni passing atas dan passing bawah.1.
  • Passing atas.

Passing atas adalah passing yang dilakukan ketika bola berada di atas kepala atau berada di depan muka pemain. Teknik passing atas biasa digunakan oleh seorang tosser untuk memberikan umpan kepada seorang smasher untuk dilakukan pukulan smash. Cara melakukan teknik passing atas adalah.

Posisi badan siap dan berada di bawah bola. Posisi kaki sedikit di tekuk.Badan sedikit condong ke depan, posisi tangan seditik di tekuk dan telapak tangan menghadap ke atas.Ibu jari dan jari lainnya saling berdekatan dengan jari-jari sedikit di tekuk dan dalam keadaan relaks.Ketika bola mengenai jari-jari tangan luruskan siku tangan dan dorong bola menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.Angkat kaki dan lakukan gerakan melompat untuk menambah dorongan bola.

2. Passing bawah. Passing bawah adalah gerakan memberi bola ke arah teman ketika bola berada di bawah. Passing bawah biasa digunakan oleh seorang defender untuk menerima da menahan bola serangan lawan. Cara melakukan gerakan passing bawah adalah.

Posisi badan agak condong ke depan, dengan siku sedikit di tekuk.Luruskan dan dekatkan kedua tangan, posisi kedua telapak tangan saling menindih dengan kedua ibu jari saling berdekatan.Ketika bola datang ayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas.Sebisa mungkin kenakan bola pada bagian tas pergelangan tangan.

You might be interested:  Rancangan Teknologi Yang Terinspirasi Dari Tumbuhan?

Bagaimana cara melakukan kombinasi umpan bawah dan umpan atas?

Cara Melakukan Kombinasi Passing Atas dan Passing Bawah – Ilustrasi hendak melakukan passing. Foto: Freepik Kegiatan pembelajaran olahraga voli dapat dilakukan dengan cara melakukan latihan kombinasi passing atas dan passing bawah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Dilakukan berpasangan, berdiri saling berhadapan dengan jarak kurang lebih 3 meter. Bola dilambungkan oleh teman dari depan. Pemain yang menerima bola melakukan passing bawah dengan mengayunkan kedua tangan dari bawah ke depan atas. Lakukan dengan sedikit kencang agar bola melambung tinggi. Usahakan mengarahkan bola tersebut ke teman. Teman yang menerima bola mendorong bola dari atas kepala menggunakan kedua tangan (passing atas) Lakukan gerakan tersebut secara berulang-ulang. Pada tahap awal latihan lakukan pola ini di tempat, kemudian setelah mulai lancar, lakukan sambil bergerak maju mundur dan samping kiri kanan untuk melatih keluwesan dalam bergerak.

Latihan ini dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kerja sama, keberanian, dan sportivitas.

Melakukan umpan dari atas kepala disebut apa?

Teknik Overhead Pass atau Umpan Melalui Atas Kepala – Dikutip dari Breakthrough Basketball, o verhead pass adalah teknik mengoper atau mengumpan bola dari atas kepala. Penggunaan overhead pass lebih tepat dilakukan ketika seorang pemain dijaga ketat oleh lawan atau saat jarak dengan penerima umpan cukup jauh.

  1. Teknik overhead pass digunakan untuk meloloskan diri dari penjagaan lawan dengan memanfaatkan keberadaan kawan di area low post,
  2. Baca juga: Pola Pertahanan Daerah dalam Bola Basket Untuk menggunakan teknik ini, pelempar harus waspada ketika bola di belakang kepala karena berpotensi direbut oleh pemain lawan dari belakang.

Bagaimana cara melakukan overhead pass yang benar? Teknik overhead pass dalam bola basket adalah sebagai berikut!

Saat menerapkan overhead pass, posisi awal badan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah menghadap arah lemparan. Kemudian, gerakan lengan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah mengayun ke arah lemparan sampai siku lurus. Lalu, pelepasan bola dari tangan saat melakukan passing atau lemparan bola basket melalui atas kepala adalah ketika lengan posisi lurus. Akhir gerakan posisi badan setelah passing atau lemparan bola saat melalui atas kepala adalah berat badan dibawa ke depan.

Baca juga: Assist dalam Bola Basket Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Langkah pertama pada saat melakukan latihan variasi teknik servis atas dalam bola voli adalah?

Servis – Mengutip dari Improve Your Volley, ada dua variasi keterampilan gerak dalam permainan voli dengan teknik serve, yaitu:

Servis bawah

Serve merupakan pukulan awal saat akan melakukan permainan voli. Bagi pemula, servis bawah wajib dikuasai. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan servis bawah:

  1. Posisikan tubuh seimbang dengan kaki kiri di depan kaki kanan. Berat badan bertumpu pada kaki belakang.
  2. Pegang bola dengan salah satu tangan dan posisikan tangan lainnya yang akan digunakan sebagai pemukul sejajar dengan tubuh.
  3. Ketika akan memukul bola, telapak tangan bisa dalam kondisi mengepal ataupun dibiarkan terbuka.
  4. Saat akan memukul bola, pindahkan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan.

Baca juga: Teknik Dasar Permainan Tenis Meja

Servis atas

Servis atas merupakan serangan awal dalam permainan bola voli. Berikut langkah-langkah untuk melakukan servis atas:

  1. Posisikan tubuh seimbang dengan salah kaki berada di depan.
  2. Letakkan bola pada tangan kiri.
  3. Posisikan tangan kanan di atas kepala dengan posisi siku di atas telinga.
  4. Lempar bola lalu ayunkan tangan untuk memukul bola.
You might be interested:  Apbd Yang Digunakan Daerah Adalah Rancangan Yang Telah Disetujui Oleh?

Selain teknik serve atau servis, terdapat variasi keterampilan gerak lainnya, yakni passing. Terdapat dua jenis passing, yakni forearm passing dan overhand passing,

Apa yang dimaksud dengan servis atas bola voli?

2. Servis Atas – Servis atas adalah servis dengan awalan melemparkan bola ke atas lalu dipukul mengarah ke area lawan. Saat melakukan servis atas, satu tangan akan memegang bola dan melemparkannya ke atas, lalu tangan satunya lagi akan memukul bola dengan cara mengayunkan tangan dari atas ke depan, sampai bola terlempar ke area lawan.

Teknik passing apa saja yang digunakan untuk menerima smash keras?

Pada permainan bola voli terdapat beberapa teknik dasar diantaranya : Teknik dasar gerakan service, Teknik dasar gerakan passing atas, Teknik dasar passing bawah, Teknik dasar blocking, Teknik dasar smash atau spike. Pembahasan Permainan Bola Voli ini diciptakan oleh William G.

  1. Morgan pada tahun 1895 dengan nama minitonette yang saat ini kita kenal nama sebagai Volley Ball atau Bola Voli.
  2. Permainan Voli dapat dimainkan di lapangan indoor maupun outdoor dengan ukuran 18×9 meter dengan ukuran net pada putra 2,43 meter dan 2,24 meter untuk putri.
  3. Pada dasarnya setiap olah raga memili teknik dasar dalam setiap permainan.

Dalam permainan bola voli terdapat beberapa teknik dasar diantaranya : 1. Teknik dasar gerakan service Teknik service merupakan teknik dasar yang dilakukan saat permainan dimulai maupun setelah mendapatkan poin. teknik ini dilakukan di daerah luar garis lapangan permainan hingga melambung keatas net lalu mendarat di dalam daerah lawan.

  1. Teknik Service memili banyak macam diantaranya Service Bawah,Service mengapung atau Floating overhand,Overhand round-house service, dan jumping service.2.
  2. Teknik dasar gerakan atas Teknik Passing Atas merupakan teknik yang digunakan untuk memberikan umpan dan set up dari toser kepada pemain yang akan melakukan smash, teknik ini sangat berguna pada permainan bola voli.3.

Teknik dasar passing bawah Pada teknik merupakan teknik yang mudah untuk digunakan dan sering digunakan oleh pemain amatir tetapi teknik ini juga tidak kalah penting dari teknik yang lain. teknik ini biasanya digunakan untuk menerima smash dari lawan dan bola service.4.

Teknik dasar blocking Teknik blocking adalah teknik yang cukup sulit untuk dilakukan. Teknik ini biasanya digunakan saat menahan dan mencegah serangan dari lawan seperti smash. Pada dasarnya teknik ini hanya dilakukan pemain yang memiliki badan yang tinggi, namun tidak menutup kemungkinan apabila sudah menguasai teknik ini tidak dipermasalahkan ukuran badan.5.

Teknik smash Teknik smash merupakan teknik yang sulit dimana teknik ini dilakukan dengan gerakan melompat dan memukul bola voli dengan derajat kemiringan terkecil dan kekuatan terbesar kearah daerah lawan. Teknik Smash adalah teknik yang digunakan untuk menambah poin saat permainan dan teknik ini cukup menarik untuk dipelajari dari teknik dasar bola voli, karena teknik ini adalah teknik paling keren dan menjadi momok bagi tim lawan karena teknik dasar smash yang tepat dapat meningkatkan perolehan skor.

materi tentang smash pada permainan bola voli brainly.co.id/tugas/22409930 materi tentang permainan bola voli brainly.co.id/tugas/7318539 materi tentang pengertian bola voli brainly.co.id/tugas/3777581 materi tentang peraturan bola voli brainly.co.id/tugas/1101052

– Detil jawaban Kelas : 5 Mapel : Penjaskes Bab : Aktivitas Permainan dan Olahraga 1 Kode : 5.22.1 Kata Kunci : Voli, Pukulan, Bola, Teknik, Dasar.

Smash ada berapa?

KOMPAS.com – Pukulan keras tajam dan menukik dalam permainan bola voli adalah smash. Tujuan melakukan smash adalah mengirim bola ke area lawan dengan pukulan keras, tajam, dan menukik sehingga mendapatkan poin. Dikutip dari buku Pedoman Pelatihan Bola Voli karya Pranatahadi (2007), jenis smash terbagi menjadi empat macam berdasarkan umpan ketinggiannya.

Setelah melakukan servis Seorang server posisi di mana dan apa perannya?

Pembahasan – Permainan bola voli merupakan salah satu olahraga yang identik dengan permainan bola tangan. Tujuan dari permainan bola voli adalah untuk mematikan bola di area permainan lawan dan memenangkan pertandingan. Permainan bola voli dimainkan secara beregu.

  1. Smasher. Smasher adalah posisi pemain yang berada di area penyerangan. Tugas dari smasher adalah melakukan pukulan smash dan melakukan block.
  2. Tosser. Tosser adalah pemain yang berposisi paling dekat dengan net. Tugas dari tosser adalah mengatur serangan, memberikan umpan ke arah smasher, dan melakukan block.
  3. Libero. Libero adalah pemain yang memiliki posisi bebas dan dapat keluar masuk lapangan kapan saja. Namun tugas utama libero adalah sebagai pemain bertahan dan tidak boleh melakukan serangan.
  4. Defender. Defender adalah pemain yag berposisi di area belakang. Tugas defender adalah menahan serangan lawan dan menyusun serangan.
  5. Server. Server adalah pemain yang bertugas melakukan pukulan servis. Setelah melakuka servis, tugas server adalah sebagai pemain defender.
You might be interested:  Bagaimana Posisi Awal Badan Ketika Hendak Melakukan Gerakan Meliuk?

Posisi pemain bola voli selalu berpindah posisi ke arah manakah rotasi posisi pemain voli?

KOMPAS.com – Permainan bola voli mengenal adanya pukulan awal untuk memulai jalannya permainan yang disebut sebagai servis ( service ). Setiap tim mendapatkan giliran melakukan service apabila memperoleh angka melalui permainan ( rally ), yang pukulan awalnya dilakukan kubu lawan.

  1. Giliran melakukan servis juga dilakukan secara bergantian oleh masing-masing pemain, sembari melakukan pergeseran posisi atau disebut sebagai rotasi.
  2. Masing-masing tim dalam permainan beranggotakan tiga orang di lapangan bagian depan serta tiga lainnya menempati sisi belakang, sehingga jumlah pemain bola voli ada 6 orang.

Dalam sebuah permainan mereka bergeser searah jarum jam. Posisi awal pertandingan untuk pemain deret depan adalah 4-3-2. Sehingga, posisi pemain dalam permainan bola voli ditentukan berlawanan arah dengan putaran jarum jam, apabila posisi 1 bertugas servis, maka pemain yang bertugas melakukan pukulan smash menempati posisi 2 dan 4.

Maksud dari angka tersebut adalah urutan pemain yang mengambil giliran servis berikutnya, setelah posisi pemain yang berkewajiban melakukan servis (1) yang bermain di pojok kanan belakang lapangan. Baca juga: Mengenal Sistem Rally Point dalam Bola Voli Rotasi bola voli jika terjadi pindah bola adalah searah dengan jarum jam, sehingga pemain yang tadinya melakukan servis akan bergeser posisi ke sebelah kiri.

Putaran atau rotasi servis dalam permainan bola voli adalah seluruh pemain memiliki kesempatn untuk melakukan servis kecuali libero. Seluruh pemain harus berputar searah jarum jam untuk mendapatkan giliran servis. Seperti dilansir dari buku peraturan pertandingan Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), pergerakan posisi mengacu pada posisi awal setiap pemain pada awal set (game).

  • Alur rotasi ini berlaku kepada semua pemain di lapangan, dengan pengecualian pada posisi sebagai libero dalam sebuah tim.
  • Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Pemain Universal dalam Bola Voli? Umumnya, seorang libero bermain di posisi tengah belakang lapangan serta tidak memiliki kewajiban melakukan servis.

Oleh karena itu setiap pemain wajib memperhatikan posisi bermainnya ketika turun bertanding di lapangan bola voli. Bagaimana Tahapan Awal Melakukan Gerak Umpan Atas Pada Permainan Voli Dok. Ottawa Volley Posisi pemain dalam pertandingan bola voli. Sumber gambar: Tangkapan layar Ottawa Volley. Begitu juga bagi pemain yang berstatus sebagai pengganti, yang wajib bermain di posisi serupa dengan rekan setim yang ditarik keluar. Jika terjadi pelanggaran atau posisi rotasi yang tidak sesuai maka wasit atau perangkat pertandingan dapat menghentikan permainan.

  1. Baca juga: Pelanggaran-pelanggaran dalam Bola Voli Penilaian terhadap adanya pelanggaran rotasi diputuskan setelah sebuah alur permainan (rally) berakhir atau bola keluar lapangan permainan.
  2. Apabila pelanggaran kesalahan rotasi tersebut terbukti, maka giliran servis serta satu angka dapat diberikan kepada tim lawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.