Bagaimana Sikap Akhir Melakukan Rangkaian Gerakan Guling?

Bagaimana Sikap Akhir Melakukan Rangkaian Gerakan Guling
1. Guling Depan – Gerakan mengguling atau menggelinding ke depan membulat dinamakan guling depan atau forward roll, Ada dua cara untuk melakukan guling depan yaitu dengan awalan berdiri dan awalan jongkok. Cara melakukan guling depan awalan berdiri:

  1. Sikap awal berdiri tegak dengan kedua tangan lurus di samping badan.
  2. Arahkanlah pandangan lurus ke depan melihat matras
  3. Ulurkanlah kedua tangan lurus memegang matras sambil membungkukkan badan
  4. Posisikanlah kepala masuk di antara dua tangan. Usahakan dagu menyentuh dada, agar bagian tengkuk menyentuh matras dengan baik
  5. Bahu disentuhkan ke matras dan mulailah berguling
  6. Setelah melakukan guling depan, posisi tubuh kembali berdiri tegak.

Cara melakukan guling depan awalan jongkok:

  1. Sikap awal jongkok dengan kedua kaki dalam posisi rapat dan lutut disentuhkan ke dada dengan posisi tangan berada di depan ujung kaki
  2. Kedua tangan dalam posisi bengkok. Posisikanlah dagu menyentuh dada dan pundak di matras
  3. Mulailah berguling lalu posisi tubuh sesudah berguling adalah jongkok
  4. Posisi tubuh saat sikap akhir dalam gerakan guling depan adalah jongkok dengan kepala menunduk, dan kedua tangan lurus ke depan.

Baca juga: Anggota Tubuh yang Menjadi Tumpuan Gerak Guling Depan

Bagaimana sikap awal dan sikap akhir Gerakan guling depan yang benar?

Guling Depan Sikap Awal Berdiri – Sikap awal dan akhir gerakan guling depan dengan posisi berdiri memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Resiko cidera pun terbuka lebar mengingat awalan yang kita lakukan dilkukan dari atas ke bawah. Oleh karenanya, kalian harus hati-hati ketika masuk ke tahap berguling. Sebagai refernsi silahkan simak ilustrasi pada gambar di bawah.

You might be interested:  Jelaskan Bagaimana Cara Melakukan Gerak Keseimbangan?
Gerakan Guling Depan Awalan Berdiri

Cara melakukan guling depan selanjutnya bisa kalian awali dengan sikap berdiri. Maka dari itu sikap akhir gerakan guling depannya dalam posisi berdiri pula. Dalam beberapa kasus saat perlombaan sedikit kesalahan bisa menyebabkan kita gagal. Oleh karenanya simaklah cara melakukan gerakan guling depan di bawah:

  1. Awali gerakan dengan posisi berdiri menghadap ke matras. Lalu luruskan kedua lengan ke atas sehingga posisinya terletak di samping telinga. Kemudian arahkan pandangan ke depan.
  2. Kedua tangan diletakkan di atas matras dan pertahankan kedua lutut tetap lurus.
  3. Masukkan kepala di antara kedua lengan, tekuk kedua sikut ke arah samping dan tempelkan pundak pada matras.
  4. Ketika punggung telah menyentuh matras, maka lakukan tolakan menggunakan tangan. Lalu luruskan tungkai dan dekatkan paha dengan dada.
  5. Lakukan gerakan guling depan yang disertai dengan tungkai yang dilemparkan ke depan diikuti dengan tangan yang menolak. Setelah itu tangan digunakan untuk menumpu di samping paha sehingga dekat dengan pantat.
  6. Lalu condongkan badan agar dagu dapat dekat dengan dada. Lakukan gerakan akhir dengan sikap berdiri sedikit membungkukkan badan.

Demikianlah penjelasan bagaimana sikap awal dan sikap akhir gerakan guling depan yang benar. Jika awalan dilakukan dengan sikap jongkok maka sikap akhiran pun juga dalam posisi jongkok, dimana pandangan ke arah depan dan tangan menempel pada tulang kering.

Bagaimana cara melakukan rangkaian Gerakan guling depan dan guling belakang?

Penjelasan – Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang ✅ Urutan melakukan rangkain Forward Roll dan Back Roll adalah pertama lakukan gerakan guling depan lalu lanjutkan guling belakang. 🥇 Dua gerakan yang berbeda yang dilakukan dengan beruntun menjadi rangkaian.

Kalau kalian ingin yang lebih panjang bisa dengan menyalin kata gerakan langkah yang tertera pada buku, tentang peragaan guling depan, dilanjutkan gerakan Back Roll. Berarti jika kalian pake terbitan 2017, maka tinggal menyalin jawaban no 1 dan 5 dijadiin satu. Nah, demikian penjelasan mengenai serangkaian gerak 2 teknik senam yang berbeda yang dilakukan secara beruntun.

Rangkaian Gerakan Guling Depan dan Guling Belakang | #Sport05

Dalam buku PJOK terbitan 2017 kelas 7 yang juga menggunakan kompetensi dasar tahun 2013 yang masih digunakan sampai sekarang ini. Hanya menyuruh kita untuk mengamati gambar, tidak ada penjelasan secara spesifik. Gambar tersebut jika diperhatikan terdiri dari bagiamana melakukan guling depan kemudian dilanjutkan berguling belakang. Jawaban telah diverifikasi benar. : 9. Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling depan dan guling belakang (Jawabannya)

You might be interested:  Bagaimana Posisi Awal Badan Ketika Hendak Melakukan Gerakan Meliuk?

Apa yang harus diperhatikan dalam melakukan Gerakan guling lenting?

Sikap Akhir Gerakan Guling Lenting | EdukasiCenter Guling Lenting merupakan salah satu gerakan dalam senam lantai yang sering digunakan oleh pesenam, gerakan ini biasa dikombinasikan dengan gerakan lainnya sehingga menjadi suatu rangkaian gerakan yang indah.

Gerakan Guling Lenting atau disebut juga dengan Neck Keep adalah gerakan berguling diikuti dengan melentingkan tubuh ke depan atas dengan melemparkan kedua kaki dan menolakkan kedua tangan, gerakan guling lenting ini diawali dengan sikap berdiri ataupun berbaring. Informasi menarik lainnya tentang gerakan dalam senam lantai, bisa teman-teman baca dibawah ini.

Dalam melakukan gerakan guling lenting, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar gerakan ini sukses kita lakukan, salah satunya adalah akhiran dalam gerakan ini termasuk juga bagaimana sikap akhir dari gerakan guling lenting ini. Walaupun gerakan guling lenting dilakukan dengan awalan berdiri atau berbaring, akan tetapi sikap akhir dari gerakan ini tetap sama yaitu posisi kaki pada saat akhir gerakan lenting yang menempel satu sama lain atau tidak dilebarkan (lihat gambar diatas).

Berdiri dengan kedua kaki rapat dan tangan lurus keatas. Tempatkan kedua tangan sebagai tumpuan untuk melakukan gulingan ke depan. Setelah gerakan gulingan dimulai, kedua kaki lurus dan rapat. Posisikan kedua tungkai lurus ke belakang dekat kepala, siku dibengkokkan, serta telapak tangan bertumpu pada matras di samping telinga. Lakukan guling ke depan. Pada saat tungkai telah melewati kepala, tolakkan tungkai ke atas depan dan mendorong kedua tangan sehingga badan melayang seperti membuat busur. Sikap akhir guling lenting adalah: Lakukan pendaratan dengan kedua kaki rapat dan pinggul didorong ke depan, kemudian diikuti dengan gerakan badan mengikuti arah rotasi gerakan, sedangkan gerakan tangan pada sikap akhir dalam guling lenting berada di atas.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Latihan Gerak Sambil Meluncur Telentang?

: Sikap Akhir Gerakan Guling Lenting | EdukasiCenter

Bagaimana cara melakukan rangkaian gerakan senam lantai guling belakang dan guling lenting?

Jelaskan cara melakukan rangkaian gerakan guling belakang dan guling lenting – Cara melakukan rangkaian gerakan guling ke belakang dan guling lenting adalah dengan melakukan gerakan guling belakang, lalu pada posisi akhir guling belakang, dilanjutkan berdiri memutar 180°, setelah itu melakukan gerakan guling lenting. Kenapa kok terdapat gerak memutar badan 180 derajat? Jika dalam gambar pada posisi tersebut apabila dari sikap akhir guling belakang melanjutkan guling lenting maka akan kembali ke posisi awal, makanya mesti berputar, sehingga bisa melanjutkan gerakan.