Bagaimana Rancangan Sebuah Pidato Yang Benar?

Bagaimana Rancangan Sebuah Pidato Yang Benar
Langkah-langkah menyusun pidato :

  1. Menentukan tema atau pokok pembicaraan (disesuaikan dengan tujuan pidato ).
  2. Menentukan tujuan pidato.
  3. Menyusun kerangka pidato.
  4. Mengumpulkan bahan-bahan yang dibutuhkan.
  5. Mengembangkan kerangka pidato menjadi naskah atau teks pidato dengan menggunakan kalimat yang menarik, mengajak.

Bagaimana Cara membuat pidato?

Langkah #2: Membuat Bagian Isi – Kemudian kita masuk ke bagian kedua dalam kerangka pidato, yaitu bagian isi atau pesan utama. Dalam bagian ini, kamu bisa menyampaikan pesan atau tujuan utama yang ingin disampaikan kepada para pendengar. Dalam membuat isi pidato, terdapat beberapa hal yang perlu kamu perhatikan diantaranya yaitu :

  • Pastikan isi pidato berhubungan dengan tema atau situasi ketika teks dibacakan.
  • Buat isi pidato dengan singkat, padat, dan jelas.
  • Gunakan kalimat awalan sebagai penanda poin-poin dalam isi pidato misalnya, “Pertama, saya ingin menyampaikan tentang,”, “Kedua, masalah,”, “Terakhir, saya ingatkan kembali tentang,” dan seterusnya.
  • Susun inti pidato dari topik atau masalah yang paling penting hingga ke yang paling ringan.
  • Usahakan untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baku dalam menulis isi pidato. Hal ini akan mempermudah pendengar dan tamu dalam memahami teks pidato yang kamu baca.

Apa yang dimaksud dengan pidato?

Bagaimana Cara Membuat Pidato? – Pidato merupakan penyampaian dan penanaman pikiran, informasi, atau gagasan dari pembicara kepada khalayak ramai. Pidato biasanya disampaikan dalam acara acara resmi, seperti peringatan hari bersejarah, perayaan hari besar, atau kegiatan kegiatan di masyarakat.

Bagaimana cara menyusun naskah pidato?

Membuat kerangka uraian Untuk memudahkan menyusun naskah pidato, kamu harus menyusun kerangkanya terlebih dahulu. Kerangka uraian tersebut sebaiknya terperinci dan tersusun baik mulai dari pembuka, isi, sampai penutup.6. Menguraikan secara mendetail

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Lompat Jongkok?

Bagaimana Cara membuat teks pidato yang baik?

1. Penggunaan Bahasa dan Penulisan – Cara membuat pidato yang baik adalah dengan menggunakan bahasa dan penulisan yang baku namun tidak kaku. Artinya, teks harus ditulis dengan tata bahasa yang benar sesuai dengan KBBI namun tetap terdengar santai dan mudah dimengerti.