Bagaimana Posisi Yang Benar Dalam Melakukan Pendaratan Gerakan Smash?

Bagaimana Posisi Yang Benar Dalam Melakukan Pendaratan Gerakan Smash
Anti Cedera, Ini Tips Serve dan Smash dari Si Cantik Berllian Marsheilla Dilansir dari laman tutorialolahraga.com dan volimaniak.com, untuk mempermudah dalam penjelasan bagaimana cara melakukan smash dalam bola voli, akan diberikan beberapa uraian tahap-tahap gerakan atau serangkaian gerakan yang biasa dilakukan sehingga pukulan smash bisa dilakukan dengan baik dan benar, seperti tahap awalan, tolakan, saat melompat, saat memukul, dan saat mendarat.

  • Awalan Awalan tergantung dari lintasan bola umpan, kira-kira 2,5 sampai 4 meter dari jatuhnya bola.
  • Langkah terakhir paling menentukan pada waktu mulai meloncat sehingga smasher harus memperhatikan baik-baik posisi kaki yang akan meloncat dan berada di tanah lebih dahulu, kaki lain menyusul di sebelahnya.

Arah yang diambil harus diatur sedemikian rupa, sehingga atlet akan berada di belakang bola pada saat akan meloncat. Tubuh saat itu berada pada posisi menghadap net, Kedua lengan yang menjulur ke depan diayunkan ke belakang dan ke atas sesudah langkah pertama, kemudian diayunkan ke depan sehingga pada saat meloncat kedua lengan itu tergantung ke bawah di depan tubuh atlet.

  • Meloncat Untuk memukul right hand, langkahkan kaki kiri ke depan dengan langkah biasa kemudian diikuti kaki kanan yang panjang, diikuti dengan segera oleh kaki kiri yang diletakkan samping kaki kanan ( untuk pemukul left hand sebaliknya).
  • Langkah pada waktu meloncat harus berlangsung dengan lancar tanpa terputus-putus.

Pada waktu meloncat kedua lengan yang menjulur digerakkan ke atas. Tubuh diteruskan, kaki yang digunakan untuk meloncat yang memberikan kekuatan pada saat meloncat. Lengan yang dipakai untuk memukul serta sisi badan diputar sedikit sehingga menjauhi bola, punggung agak membungkuk dan lengan yang lain tetap dipertahankan setinggi kepala yang berguna untuk mengatur keseimbangan secara keseluruhan.

You might be interested:  Rancangan Design Thinking Yang Pertama Kali Dilakukan Adalah?

Saat memukul bola Dalam gerakan memukul dapat disesuaikan dengan jenis smash yang ada. Gerakan memukul hasilnya akan lebih baik apabila menggunakan lecutan tangan, lengan dan membungkukkan badan. Suharno menyatakan setelah smash berada di udara dan lengan sudah terangkat ke atas dilanjutkan gerakan memukul bola dan hasil pukulannya akan lebih sempurna apabila smasher menggunakan lecutan tangan, lengan, dan membungkukkan badan merupakan kesatuan gerak yang harmonis.

Mendarat Cara mendarat dalam setiap smash sama yaitu pada saat tubuh bagian atas membungkuk ke depan, kaki diarahkan ke depan untuk mempertahankan keseimbangan. Atlet mendarat pada kedua kakinya dengan sedikit ditekuk. Berikut video teknik melakukan smash yang benar dalam olahraga voli.

Bagaimana cara melakukan pendaratan?

Keterampilan Smash – Smash dalam permainan bola voli adalah suatu usaha memukul bola untuk melakukan serangan keras yang ditujukan pada pertahanan lawan. Dalam melakukan Smash juga tidak asal-asaln, dibutukan cara yang benar agar smash bisa akuran dan menemui sasaran. Berikut cara melakukan keterampilan smash dalam permainan bola voli yang baik dan benar.

Berdiri menghadap net/jaring dengan jaran 2-3 langkah. Ambil awalan dengan langkah lebar dan datar, kemudian kedua lengan diayunkan ke belakang dan pandangan tertuju ke arah bola. Lakukan tolakan dengan menekuk kedua lutut, kemudian lanjutkan dengan loncatan. Ayunkan lengan yang akan memukul ke depan dan punggung melenting ke belakang. Bola dipukul dengan lengan terjulur, telapak tangan terbuka, dan menaungi bola dengan melecutkan pergelangan tangan. Lakukan pendaratan dengan menapakkan kedua kaki secara bersamaan dan lutut mengeper.

Kesalahan: Dalam beberapa kondisi, smash yang harusnya bisa dilakukan dengan baik malah berakhir dengan kegagalan. Diantaranya adalah sikap badan kaku, berdiri terlalu dekat net (jaring), awalan langkah terlalu banyak dan lebar, tolakan tidak menekuk lutut dan lengan tidak terayun ke depan pada saat akan memukul bola, serta pendaratan tidak dilakukan dengan lutut mengeper. Bagaimana Posisi Yang Benar Dalam Melakukan Pendaratan Gerakan Smash

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Bola Lewat Terowongan?

Apakah forehand Smash harus dipukul saat dalam posisi setinggi mungkin?

Backhand smash – Baca juga: 5 Jenis Peringkat dalam Dunia Bulu Tangkis Berikut adalah cara melakukan teknik backhand smash :

Saat menerapkan teknik ini gunakan jenis pegangan backhand, Teknik pukulan ini tergolong lebih sulit karena dilakukan dengan sedikit membelakangi net atau permainan lawan. Pindahkan berat badan ke kaki yang sama dengan posisi tangan sewaktu memegang raket. Misalnya jika memegang raket dengan tangan kanan maka pindahkah berat badan ke kaki kanan dan begitu pula sebaliknya. Sama seperti teknik forehand smash, kok harus dipukul saat dalam posisi setinggi mungkin dengan mengandalkan kekuatan pergelangan tangan guna memberi tenaga lebih saat memukul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana cara melakukan smash?

1. Gerakan Melangkah Kaki – Gerakan melangkah kaki perlu dilakukan dengan tepat dan pas. Dengan timing yang tepat, maka smash yang dilakukan pemain akan semakin optimal. Jika kamu berlari atau terburu-buru, justru akan membuat smash menjadi tidak maksimal dan tidak membuahkan hasil.