Bagaimana Posisi Tangan Saat Melakukan Gerakan Melempar Setinggi Dada?

Bagaimana Posisi Tangan Saat Melakukan Gerakan Melempar Setinggi Dada
Cara Melakukan Chest Pass – Berikut adalah 4 urutan teknik melempar chest pass pada permainan bola basket, dilansir KOMPAS.com dari kanal YouTube DBL PLAY.

Pegang bola setinggi dada dengan menggunakan kedua tangan. Posisi telapak tangan ketika memegang bola adalah terbuka. Lemparkan bola secara lurus setinggi dada ke arah rekan setim (penerima). Saat mengumpan, posisikan salah satu kaki di depan. Gerakan kaki ini berfungsi menambah kekuatan saat melemparkan bola.

Bagaimana posisi tangan saat melakukan gerakan melempar setinggi dada jawab?

2) Gerakan melempar bola setinggi dada (chest pass): a) Dorongkan bola ke depan dengan meluruskan kedua lengan bersamaan kaki belakang dilangkahkan ke depan dan berat badan dibawa ke depan. b) Lepaskan bola dari kedua pegangan tangan setelah kedua lengan lurus. c) Arah bola lurus sejajar dada.

Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola yang benar?

2. Teknik Melempar Bola Melambung – Baca juga: Apa Itu Hong dalam Permainan Kasti? Teknik ini biasanya dilakukan dengan melambungkan bola sesuai dengan permintaan pemukul. Lemparan bola melambung bisa dilakukan jika jarak antar pelempar dengan pemukul bola cukup jauh. Berikut langkah-langkah melakukan teknik melempar bola dalam permainan kasti:

Badan berdiri tegak, namun posisinya menyamping. Arahkan pandangan mata fokus ke depan melihat ke arah pemukul. Kedua kaki dalam posisi dibuka selebar bahu. Kaki kanan berada di belakang kaki kiri. Lutut kaki kiri ditekuk dan kaki kanan diluruskan di belakang. Pegang bola dengan salah satu tangan. Tangan yang tidak membawa bola harus sejajar dengan bahu. Bola dilempar dengan mengayunkan tangan sekuat mungkin ke arah depan. Pada saat yang bersamaan langkahkan kaki kanan ke depan.

Bagaimana langkah awal melakukan variasi gerak spesifik melempar bola setinggi dada?

1) Berdiri dengan kedua kaki dibuka selebar bahu, lutut sedikit ditekuk.2) Kedua tangan agak ditekuk dan kedua telapak tangan menghadap ke depan serta jari-jari tangan terbuka.3) Kemudian suruh temanmu melempar bola setinggi dada ke arahmu.4) Lalu tangkap bola tersebut dan bawalah ke arah dada.

Bagaimana cara melempar bola pada permainan bola basket?

4 Cara Melempar Bola dalam Permainan Basket dan Teknik yang Benar Senin, 19 September 2022, 16:53 WIB Cara melempar bola dalam permainan bola basket menjadi salah satu kunci dalam permainan di pertandingan resmi seperti DBL 2022. (Foto: DBL) JAKARTA – Cara melempar bola dalam atau yang biasa disebut dengan passing perlu diketahui sebelum memulai permainan populer ini.

Passing merupakan teknik melempar bola dalam permainan basket. Setiap pemain bola basket perlu mengetahui teknik teknik wajib di permainan bola basket, diantaranya, passing, shooting, dribling, pivot, rebound. Namun, tulisan ini akan membahas seputar cara melempar bola dalam permainan bola basket. Terdapat macam macam jenis lemparan yang dapat diterapkan.

Bola basket adalah olahraga kelompok dan setiap tim terdiri dari 5 orang pemain. Kedua tim bermain dan harus berusaha mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara melempar bola ke ring lawan. Bola basket memiliki waktu permainan standar internasional 4 babak, waktu setiap babaknya adalah 10 menit (4×10 menit), dengan jeda waktu istirahat 10 menit.

Teknik passing depan dada dalam permainan bola basket disebut apa?

Menurut Afifkhoiru (2010:6) ‘Chest pass merupakan salah satu jenis operan dalam cabang olahraga bola basket yang dilakukan dengan cara melempar bola dari depan dada yang diarahkan ke dada dengan cepat dalam permainan ‘.

Bagaimana posisi tangan pada saat melempar bola?

Ilustrasi Contoh Gerakan Tangan saat Melempar Bola dengan Satu Tangan. Sumber: pexels.com Dalam berolahraga dibutuhkan berbagai macam teknik dan gerakan dalam melempar bola. Contohnya dalam olahraga kasti dan softball. Berikut ini adalah contoh gerakan tangan saat melempar bola dengan satu tangan dalam olahraga kasti dan softball.

Cara memegang bola yang baik adalah bola dipegang dengan jari-jari tangan di antara ruas-ruas jari dan ditahan dengan ibu jari dan kelingking. Pandangan harus ke sasaran. Bila melemparkan dengan tangan kanan, maka kaki kiri berada di depan dan kaki kanan berada di belakang. Lengan kanan ditarik ke belakang dan selanjutnya ayunkan lengan kanan yang memegang bola ke depan.

Melempar Bola dari Samping Caranya hampir sama dengan melempar bola dari bawah, bedanya hanya lengan yang mengayun dengan cara membengkokkan siku ke bagian luar sehingga bola dilemparkan secara mendatar. Caranya tidak jauh berbeda dengan kedua gerakan di atas, namun dalam gerakan ini, pada saat bola diayunkan ke belakang, bola diayun melewati atas kepala dan dilemparkan melalui samping kepala.

Jika ukuran tangan atau jari-jari pemain berukuran besar, maka bola dipegang dengan menggunakan dua jari. Jika tangan pemain kecil atau pendek, maka bola dipegang dengan tiga atau empat jari. Antara jari yang satu dengan yang lain harus direnggangkan agar dapat mengontrol jalannya bola dan memperoleh kekuatan lemparan.

Langkahkan kaki depan ke arah sasaran. Ayunkan lengan ke belakang, posisi lengan atas (siku), ke atas dan pinggang diputar ke belakang (ke arah tangan yang memegang bola). Mulailah dengan gerakan melempar, ayunkan lengan ke dapan, sementara itu putar pinggang ke depan, dan pindahkan berat badan ke kaki depan. Pada saat bola lepas diikuti oleh lecutan pergelangan tangan. Gerakan lecutan dan memindah berat badan ke depan akan menambah pula kekuatan lemparan dan kesemimbangan. Sebagai gerak lanjut, langkahkan kaki belakang ke depan hingga dalam posisi siap untuk menangkap bola.

Posisi lengan agak lurus dan sejajar dengan tanah. Putarkan badan ke belakang penuh dan diikuti oleh ayunan lengan ke belakang dan lurus.

Langkahkan kaki depan ke arah sasaran. Bersamaan dengan itu, ayunkan lengan ke bawah belakang (siku agak lurus). Bahu yang digunakan untuk melempar diputar ke bawah belakang. Mulailah dengan gerakan melempar. Ayunkan lengan ke depan, sambil memutar bahu ke depan dan memindahkan berat badan ke kaki depan. Pada saat bola terlepas diikuti dengan lecutan pergelangan tangan. Tangan yang tidak digunakan untuk melempar berada di depan dada kemudian lengan diputar ke belakang untuk menjaga keseimbangan.

Ilustrasi Contoh Gerakan Tangan saat Melempar Bola dengan Satu Tangan. Sumber: pexels.com Itulah penjelasan mengenai contoh-contoh gerakan tangan saat melempar bola dalam satu tangan dalam olahraga kasti dan softball. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. (IND)

You might be interested:  Bagaimana Sikap Kedua Kaki Saat Melakukan Gerakan Menekuk?

Bagaimana posisi kedua tangan saat melempar bola?

Cara melempar dan menangkap bola yang benar. GridKids.id – Pada artikel ini kita akan mempelajari materi kelas 6 tema 1, Nah, pada materi tersebut kita akan mempelajari cara melempar dan menangkap bola yang benar. Dalam suatu permainan, keterampilan melempar dan menangkap bola sangat menentukan keberhasilan dalam permainan, lo.

Baca Juga: Aturan Permainan Bola Kasti yang Dilakukan Beregu di Lapangan Terbuka Pemain harus mampu melempar dengan cermat, kuat, dan tepat. Nah, berikut ini ada tiga jenis lemparan bagi pemain di lapangan, yaitu: a. Lemparan melambung b. Lemparan mendatar c. Lembaran menyusur tanah Yuk, simak penjelasan berikut ini! Baca Juga: Mengenal Perbedaan Coding dan Programming, Ternyata Keduanya Tak Sama Teknik Melempar Bola Lemparan Melambung 1.

Bediri tegak sambil maju satu langkah ke depan, tangan yang memegang bola ditarik ke belakang atas, siku sedikit ditekuk sehingga badan agak condong ke belakang, lutut kaki belakang ditekuk sedikit, pandangan ke arah sasaran.2. Ayunkan lengan ke depan dan disertai dengan lecutan pergelangan tangan melalui atas bahu.

  • Lemparan Mendatar 1.
  • Berdiri tegak sambil maju satu langkah de depan, tangan yang memegang bola ditarik ke belakang melalui samping badan, badan sedikit diputar, lutut kaki belakang sedikit ditekuk sehingga badan agak condong ke belakang.
  • Pandangan ke arah sasaran.
  • Baca Juga: Teknik dalam Permainan Kasti, Yaitu Memukul, Menangkap dan Melempar 2.

Ayunkan tangan ke depan melalui samping badan secara mendatar. Setelah bola terlepas dari tangan, langkahkan kaki belakang ke depan sebagai gerak lanjut. Lemparan Menyusur tanah 1. Berdiri tegak sambil maju satu langkah ke depan, tangan yang memegang bola ditarik ke belakang melalui samping badan, badan sedikit diputar, lutut kaki belakang ditekuk sehingga badan agak condong ke belakang, pandangan ke arah sasaran.2. Pixabay.com Cara melempar dan menangkap bola yang benar. Pemain harus terampil, cermat dan cepat dalam menangkap bola, baik bola yang datangnya melambung, mendatar, maupun menyusur tanah. Cara menangkap bola yang datangnya melambung (vertikal) 1. Berdiri mengangkang, kedua tangan lurus e atas.

  1. Arah pandangan tertuju ke aarah datangnya bola.2.
  2. Edua telapak tangan direnggangkan dan lemas, membentuk setengah bola.3.
  3. Saat bola menyentuh telapak tangan, tarik kedua tangan ke arah dada.
  4. Cara menangkap bola yang datangnya mendatar 1.
  5. Berdiri mengangkang, kedua tangan diluruskan ke depan setinggi bahu.2.

Kedua telapak tangan dibuka dan saling berdekatan (menempel), arah pandangan tertuju ke arah datangnya bola.3. Saat bola menyentuh telapak tangan, tarik kedua tangan ke arah dada. Cara menangkap bola yang datangnya menyusur tanah 1. Sikap sambil berlutut kedua tangan diletakkan di depan lutut, telapak tangan menghadap ke depan.2.

Sikap sambil berdiri kaki rapat, badan dibungkukkan, kedua tangan diletakkan di depan kedua kaki.3. Sikap sambil berdiri pada salah satu lutut, sedang kaki yang lain di depan, dan kedua tangan diletakkan di antara kedua kaki tersebut. Baca Juga: Gerak Lokomotor, Non Lokomotor, Manipulatif pada Olahraga Kasti dan Contohnya – Ayo kunjungi adjar.id dan baca artikel-artikel pelajaran untuk menunjang kegiatan belajar dan menambah pengetahuanmu.

Makin pintar belajar ditemani adjar.id, dunia pelajaran anak Indonesia. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News Artikel ini merupakan bagian dari Parapuan Parapuan adalah ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Bagaimana sikap permulaan saat akan melakukan gerakan mengoper bola setinggi dada?

menguraikan Bagaimana cara mengoper bola setinggi dada pada permainan bola basket​ Jawaban: Chest pass Melempar bola basket dengan kedua tangan searah dada (chest pass). Lemparan searah dada disebut dengan chest pass. Cara melakukan chest pass adalah sebagai berikut:

  • Cara Melempar Bola dalam Permainan Bola Basket (1)
  • Sikap permulaan :
  • Pemain berdiri dengan kedua kaki dibuka lebar selebar bahu dan lututnya sedikit ditekuk, badan agak condong ke depan dan menghadap sasaran.
  • Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan.
  • Konsentrasikan diri pada latihan.

Gerakan melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.

  1. Luruskan kedua siku tangan dan mengambil awalan, kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan cara meluruskan siku dan dibantu lecutan pergelangan tangan dan dorongan dari bahu.
  2. Penjelasan:
  3. maaf kalau salah ya

: menguraikan Bagaimana cara mengoper bola setinggi dada pada permainan bola basket​

Bagaimana sikap kita saat melempar bola datar setinggi dada Jelaskan dengan singkat?

bagaimana sikap kita sat melempar bola datar setinggi dada ?jelaskan!​ – Brainly.co.id Jawaban: Chest Pass dalam Bahasa Indonesia berarti umpan dada. Sesuai dengan namanya passing ini dilakukan dengan cara meletakkan bola didepan dada dengan posisi kedua kaki sedikit di tekuk ke depan lalu mengoper bola kearah dada teman sehingga umpan yang dihasilkan akan terlihat sejajar atau rata-rata air.

Bagaimanakah cara melakukan teknik dasar melempar bola dengan dua tangan didepan dada?

Jawaban: Kedua tangan memegang bola didepan dada dan, siku lengan dibengkokkan. Konsentrasikan diri pada latihan. Gerakan melempar bola basket diawali dengan menarik bola ke dada untuk mengambil awalan. Kemudian tolakkan bola lurus ke depan dengan dengan meluruskan kedua siku.

Tuliskan langkah langkah cara melakukan gerakan mengoper bola setinggi dada?

KOMPAS.com – Salah satu teknik mengumpan atau passing dalam permainan bola basket adalah chest pass, Ada empat teknik melempar bola atau mengumpan kepada rekan setim dalam bola basket yaitu chest pass, bounce pass, overhead pass, dan wrap around pass,

  1. Etiga teknik tersebut merupakan cara mengumpan variasi dasar dalam bola basket.
  2. Chest pass adalah teknik melempar dalam permainan bola basket di mana bola dilempar kepada rekan serim searah dada.
  3. Mengoper bola dengan dua tangan dari depan dada dengan arah bola lurus ke depan dalam bola basket disebut chest pass,

Baca juga: Macam-macam Passing dalam Permainan Bola Basket Sedangkan bounce pass merupakan jenis passing pada permainan bola basket yang dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai. Adapun, overhead pass adalah teknik melempar bola dari atas kepala. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Pebasket putra Indonesia Jamarr Andre Johnson saat bertanding melawan pebasket India saat laga final bola basket 18th Asian Games Invitation Tournament di Hall Basket Senayan, Jakarta, Senin (12/2/2018). Timnas basket Indonesia mengalahkan Timnas basket India dengan skor akhir 78-68 (21-20, 18-10, 19-15, 20-23).

Peganglah bola setinggi dada dengan menggunakan kedua tangan. Posisi telapak tangan ketika memegang bola adalah terbuka. Lemparkanlah bola secara lurus setinggi dada ke arah rekan setim (penerima). Pemain yang menerima bola harus menunjukkan telapak tangganya ( show your hand ) dan dalam posisi siap menerima bola. Hal ini berguna agar si pengumpan mengetahui target umpan atau lemparan bolanya. Saat mengumpan, posisikan salah satu kaki di depan. Gerakan kaki ini berfungsi menambah kekuatan saat melemparkan bola.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagaimana gerakan tangan pada saat menangkap bola?

gerakan tangan pada saaat menangkap bola dengan baik adalah Garakan tangan saat menangkap bola yaitu dengan menggunakan dua tangan, lalu tangan diangkat didepan dada. : gerakan tangan pada saaat menangkap bola dengan baik adalah

You might be interested:  Bagaimana Rancangan Percobaan Sampai Ditemukan Neutron?

Bagaimana cara melempar bola besar ke depan dalam permainan bola tangan?

1.Bagaimana cara melakukan gerakan melempar bola besar ke depan? Jawab:,2. Sebutkan gerak Jawaban: 1, •Posisi berdiri dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu serta lutut sedikit ditekuk.

  • •Sikap badan condong ke arah depan.
  • •Pegang bola dengan kedua telapak tangan dengan jari-jari dibuka.
  • •Kedua siku ditekuk, dan letakkan bola di depan badan setinggi dada.
  • •Langkahkan kaki kiri ke depan pada arah sasaran melempar bola.
  • •Dorong kedua lengan lurus ke depan pada sasaran.

2, •melempar bola menyusur tanah. •melempar bola mendatar. •melempar bola melambung. •melempar bola memantul tanah.3, Pada posisi tubuh berdiri, tekuk kaki sehingga menjadi sedikit bengkok ke bawah dan arahkan glove ke depan pelempar. Gerakkan tubuh menuju arah datangnya bola.

  1. Segera tangkap bola dengan glove yang terpasang dan tarik menuju arah badan agar bola yang telah tertangkap tidak memantul ke arah luar.4,
  2. 1.) Posisi kepala tetap terangkat.
  3. Fokuskan pandangan kepada lapangan dan situasi sekitar, jangan melihat bolanya.
  4. 2,) Rentangkan tangan dan jentikkan pergelangan tangan untuk memantulkan bola ke lantai/lapangan.

( 3,) Gunakan jari untuk mengontrol bola, bukan telapak tangan. ( 4,) Jangan memantulkan bola terlalu tinggi saat melakukan dribble.

  1. 5, MENENDANG BOLA
  2. 1. Dengan punggung kaki
  3. Teknik-teknik dasar yang harus Anda kuasai dalam menendang bola dengan punggung kaki bagian luar antara lain:
  4. Tempatkan bola beberapa langkah di depan.
  5. Sebelum berlari untuk menendang bola, condongkan badan.
  6. Kunci ankle, posisikan jari kaki menghadap ke bawah.
  7. Pastikan menendang bola menggunakan punggung kaki bagian luar.
  8. Jika sudah menguasai cara menendang bola yang dasar di atas, tingkatkan level latihan dengan belajar memaksimalkan kekuatan tendangan. Teknik yang harus Anda pelajari ialah:
  9. Kekuatan saat menendang bola datang dari paha, bukan betis atau telapak kaki.
  10. Pastikan bahu sejajar dengan arah tendangan, bukan menyamping.
  11. Kepala dan arah pandangan harus berpusat pada bola, bukan gawang.

Jangan lupa juga untuk mempelajari sikap badan yang baik setelah menendang bola (follow-through). Sikap ini sangat penting untuk memastikan hasil tendangan mulus dan terkontrol sehingga hasil tendangan tidak hanya kuat, tapi juga akurat.

  • 2. Dengan punggung kaki bagian dalam
  • Langkah-langkah melakukannya adalah sebagai berikut ini.
  • Posisi badan berada di belakang bola dengan posisi agak ke samping dari garis lurus bola.
  • Letakkan kaki tumpu di samping belakang bola kurang lebih 30 cm, sedangkan kaki tendang berada di belakang bola.
  • Saat menendang, ayunkan kaki belakang sehingga mengenai bola tepat di punggung kaki bagian dalam dan tepat pada tengah bawah bola.
  • Pada saat kaki mengenai bola, pergelangan kaki ditegangkan.

Sebagai follow-through, tendangkan kaki dengan mengangkatnya dan arahkan ke depan, disertai pandangan yang mengikuti jalannya bola ke sasaran. Buka lengan di samping badan untuk keseimbangan.

  1. 3. Dengan kaki bagian dalam (inside foot)
  2. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:
  3. Berdiri tegak dengan lutut kaki sedikit ditekuk agar posisi badang seimbang.
  4. Posisi kaki yang digunakan sebagai penumpu badan berada di samping bola dengan posisi tidak terlalu jauh dengan bola.
  5. Badan agak condong ke depan.
  6. Posisi tangan bebas di samping badan.
  7. Kaki untuk menyepak bola berada pada posisi lurus agak sedikit ke belakang dengan posisi kaki mengarah ke depan.
  8. Setelah posisi badan dan kaki siap, ayunkan kaki yang digunakan untuk menendang bola tepat ke arah bola.
  9. Pusatkan konsentrasi pada arah gerakan kaki ke arah luar, agar bola dapat ditendang oleh permukaan kaki bagian dalam.
  10. 4, Dengan kaki bagian luar
  11. Langkah-langkahnya adalah dengan:
  12. Berdiri dengan tegak, pastikan keseimbangan tubuh dengan baik.
  13. Posisi kaki penumpu berada tidak terlalu jauh dari bola yang akan ditendang
  14. Tekuk lutut kaki.
  15. Badan agak condong ke depan.
  16. Kaki yang akan digunakan untuk menendang berada di posisi agak ke belakang lurus dari kaki penumpu.
  17. Bila posisi sudah siap untuk menendang, kaki yang digunakan untuk menendang digerakkan ke depan.
  18. Sebelum kaki menyentuh bola, pergelangan kaki digerakkan ke dalam sehingga bagian luar kaki bisa mengenai bola yang akan ditendang.
  19. Putar pergelangan kaki ke arah luar dengan cepat dan tepat.

Bagaimana posisi tangan saat melakukan permainan lempar bola?

Perhatikan dengan benar. –

Posisi badan berdiri dengan sikap kedua tangan membentuk mangkok besar di depan dada. Ketika bola datang, telapak tangan melekat disamping bola dengan jari-jari melekat lebar pada bola. Kedua Ibu jari melekat pada bagian tengah belakang bola.

Membentuk sikap kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong kedepan saat menerima bola.

Beberapa hal yang penting diperhatikan ketika melakukan gerak lempar tangkap bola Basket

Ketika melempar atau menangkap bola, usahakan posisi pemain terhindar dari serobotan lawan. Saat melempar atau menangkap bola, perhatikan timing yang benar agar bola tepat sasaran saat melempar atau pun menangkap. Ketika ingin mengumpan, pemain harus menggunakan feeling apakah timing nya tepat saat ingin mengumpan. Menghindari lemparan menyilang saat melakukan umpan terhadap rekan tim.

Itulah hal-hal yang perlu diperhatikan pemula ketika ingin melakukan gerak lempar tangkap pada permainan bola Basket. ( Leonardo Silitonga ) Editor : Maruf : Cara Melakukan Gerak Lempar Tangkap Bola pada Permainan Bola Basket yang perlu kamu ketahui

Bagaimana posisi lengan saat gerakan chest pass?

KOMPAS.com – Lemparan setinggi dada pada basket disebut chest pass, Jenis operan ini merupakan salah satu teknik mengumpan ( passing ) dalam permainan bola basket, Pada dasarnya, ada dua teknik passing dalam bola basket yaitu air pass (umpan tanpa menyentuh lantai) dan bounce pass yakni mengumpan ke arah rekan setim dengan cara memantulkan bola ke lantai.

  • Dari dua teknik dasar tersebut, passing kemudian dikembangkan dengan berbagai variasi.
  • Beberapa teknik mengumpan atau passing dalam bola basket selain chest pass adalah overhead pass, baseball pass, dribble pass, hingga pick and roll pass,
  • Baca juga: Cara Passing dalam Bola Basket Kali ini, kita akan membahas cara melakukan chest pass dalam permainan bola basket.

Mantan pebasket nasional, Dimaz Muharri, melalui kanal YouTube DBL PLAY menyampaikan bahwa melakukan passing dalam bola basket membutuhkan teknik dasar yang benar. Operan ke teman seregu dengan cara operan melalui dada dalam permainan bola basket disebut chest pass.

Saat melakukan chest pass, bola dipegang dengan menggunakan kedua tangan. Posisi telapak tangan adalah menghadap ke depan. Angkat bola dengan ketinggian hingga mencapai dada, lalu lemparkan lurus ke arah rekan setim. Ketika passing, posisikan salah satu kaki di depan. Fungsi gerakan kaki pada teknik ini adalah untuk menambah tenaga. Bagi pemain yang menerima bola, posisi tangan dalam kondisi siap untuk menangkap bola. Fungsi gerakan si penerima bola ini adalah agar si pengumpan tahu target passing. Ketika passing, telapak tangan dibuka lebar dan berikanlah ruang antara telapak tangan dan bola. Tidak boleh seluruh bagian telapak tangan menyentuh bola. Passing dilakukan dengan menggunakan jari-jari, bukan telapak tangan. Dalam chest pass, bola harus dalam kondisi memutar saat dilempar, bukan mengambang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

You might be interested:  Rancangan Dasar Negara Yang Diusulkan Oleh Soepomo?

Jelaskan apa yang dimaksud dengan teknik melempar bola pantul dan uraikan tahapan tahapan melempar bola pantul?

KOMPAS.com – Salah satu teknik mengumpan dalam bola basket adalah melemparkan bola dengan cara dipantulkan ke lantai. Dalam permainan bola basket, melempar bola pantul dinamakan dengan istilah bounce pass, Pada dasarnya, ada dua teknik mengumpan atau passing dalam bola basket.

Edua teknik mengumpan tersebut adalah bounce pass dan air pass, Bounce pass adalah teknik memberikan umpan dengan cara memantulkan bola ke lantai menggunakan kedua tangan. Baca juga: Tugas dan Peran Playmaker dalam Bola Basket Jadi, melempar bola pantul dalam permainan bola basket dinamakan dengan istilah bounce pass,

Adapun, air pass adalah teknik mengumpan dengan cara melempar bola ke arah rekan satu tim di mana bola tidak menyentuh lantai. Dok. FIBA Timnas basket putri 3×3 tampil pada turnamen FIBA 3×3 Kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Jelaskan apa yang dimaksud dengan operan dada chest pass?

Aktivitas olahraga sering terasa membosankan bila dilakukan sendirian. Padahal, olahraga merupakan kegiatan yang penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Kalau Anda bosan berolahraga sendirian, sebaiknya Anda mencoba olahraga permainan yang bisa dilakukan dengan tim, salah satunya adalah basket.

Basket merupakan olahraga permainan yang pertama kali dilakukan di Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1891. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 5 orang. Setiap pemain harus berupaya memasukkan bola ke keranjang lawan untuk mencetak skor. Anda harus menguasai teknik dasar dalam permainan bola basket dengan baik agar dapat mengumpulkan skor sebanyak mungkin.

Mempelajari Berbagai Teknik Dasar dalam Permainan Bola Basket Beberapa teknik dasar permainan bola basket yang wajib Anda kuasai bila ingin menjadi pemain profesional adalah sebagai berikut: Memegang Bola Basket Berlatih permainan bola basket harus diawali dengan teknik memegang bola yang benar supaya bola tidak mudah lepas.

  1. Anda patut meletakkan bola di antara kedua telapak tangan.
  2. Telapak kiri berada di samping bola, sedangkan telapak kanan posisinya di bagian agak belakang.
  3. Tangan Anda harus luwes dan membentuk mangkuk besar supaya dapat menggenggam bola dengan baik.
  4. Mengoper Bola Basket ( Passing ) Teknik dasar dalam permainan bola basket yang berikutnya adalah mengoper atau passing,

Penguasaan teknik ini sangat penting untuk mencegah bola jatuh ke tangan lawan. Ada beberapa teknik mengoper yang dapat dilakukan ketika bermain basket, yaitu:

Chest pass : mengoper bola dengan kedua tangan berada di depan dada. Saat hendak mengoper bola, lengan harus diluruskan dan ibu jari dipindahkan ke belakang untuk mendorong bola. Sehingga bola akan berpindah secara lurus, tidak melambung atau menuju ke arah bawah. Bounce pass: mengoper bola dengan cara memantulkannya ke lantai. Cara mengoper ini mesti dilakukan ketika posisi kawan satu tim terletak jauh dari Anda. Overheard pass : mengoper bola dengan posisi tangan berada di atas kepala membentuk sudut 90 derajat. Back pass: mengoper bola dengan satu tangan dari posisi belakang punggung jika kawan satu tim berada dekat dengan Anda. Under pass: mengoper bola dari jarak sepinggang dengan arah lurus ke penerima.

Menangkap Bola Basket Penguasaan teknik menangkap bola basket juga penting dalam permainan yang satu ini. Ketika hendak menangkap bola basket, mata harus fokus ke arah bola sambil membuka telapak tangan untuk bersiap menerima bola. Posisi menangkap bola basket bisa dilakukan di sekitar dada atau di atas kepala.

Dribble rendah: kaki dibuka selebar bahu dengan tubuh condong ke depan sambil mengarahkan pantulan bola agar tidak melebihi pinggang. Teknik menggiring bola ini biasanya membuat lawan kesulitan merebut bola. Dribble tinggi: tubuh tegap dan kaki dibuka sejajar sambil menggiring bola. Teknik ini cocok dilakukan bila posisi Anda sedang jauh dari lawan.

Memutar Tubuh untuk Mengelabui Lawan ( Pivot ) Pivot adalah teknik dasar dalam permainan bola basket yang mengandalkan kaki sebagai poros saat tubuh berputar. Teknik ini bertujuan mengecoh lawan sekaligus melindungi bola dengan tubuh Anda. Biasanya teknik pivot sangat efektif dilakukan oleh para pemain basket bertubuh tinggi.

  • Menembak Bola Basket ( Shooting ) Membidik bola basket ke keranjang lawan sangat penting untuk mencetak skor dalam permainan.
  • Itulah sebabnya semua pemain basket harus berlatih menembak bola secara intensif agar dapat melakukannya secara akurat.
  • Etika akan memasukkan bola ke keranjang, kaki kanan harus berada di depan.

Kemudian, kedua lutut harus ditekuk sambil mengarahkan tangan kanan yang memegang bola menuju keranjang. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menembak bola basket, yaitu:

Free throw : berdiri dengan posisi kaki terbuka sejajar bahu sambil sedikit menekuk lutut dan melepaskan bola ke arah keranjang. Jump shot: diawali dengan posisi tubuh seperti free throw lalu dilanjutkan dengan gerakan melompat sambil mengarahkan bola ke atas kepala. Lay up : teknik menembak bola basket dari kiri atau kanan keranjang yang dilakukan dengan dua hitungan langkah kaki. Proses lay up tidak boleh dilakukan lebih dari dua langkah karena dianggap pelanggaran.

Mengambil Kembali Bola Basket ( Rebound ) Teknik mengambil kembali bola basket yang gagal masuk ke keranjang dikenal dengan istilah rebound. Ada dua jenis rebound dalam permainan basket, yaitu defensive rebound dengan tujuan merebut kembali bola yang gagal dimasukkan lawan dan offensive rebound dengan tujuan memasukkan kembali bola ke keranjang.

Zone defense : menggunakan strategi pertahanan wilayah. Man to man : setiap pemain bertugas menjaga masing-masing lawan. Fix defense : penggabungan teknik zone defense dan man to man,

Sementara itu, teknik pertahanan personal adalah sebagai berikut:

Standard defense : mengarahkan lawan pembawa bola ke samping sambil mengikuti pergerakannya. Deny defense : menghalangi lawan supaya tidak membawa bola dengan menutup passing line -nya. Triangle defense : merebut bola ketika lawan melakukan passing,

Teknik Screen Implementasi teknik screen bertujuan melawan teknik pertahanan man to man, Anda diperbolehkan bersentuhan dengan lawan saat melakukan screen tetapi tidak boleh sampai mendorong. Kaki harus dibuka lebar-lebar agar tubuh tidak bergerak selama melakukan teknik ini.

Slam Dunk Pemain basket bertubuh tinggi biasanya tidak kesulitan melakukan teknik yang satu ini. Ketika melakukan slam dunk, tubuh akan terlihat melayang di udara karena melakukan lompatan hingga mencapai keranjang lawan. Cara ini tentu membutuhkan proses latihan panjang agar berlangsung mulus. Tingkatkan Kemampuan Bermain Basket dengan Menonton Pertandingan NBA Menguasai teknik dasar dalam permainan bola basket memang tak bisa dilakukan secara instan.

Anda harus berlatih secara tekun agar kemampuan Anda semakin meningkat. Jangan lupa juga untuk melakukan pemanasan dan menyiapkan perlengkapan yang memadai untuk mendukung aktivitas bermain basket. Pakaian dan sepatu yang nyaman akan membuat Anda leluasa bergerak selama melakukan olahraga permainan ini.

Kemampuan bermain bola basket Anda juga akan meningkat jika Anda sering menonton pertandingan bola basket sambil mempelajari teknik-teknik yang digunakan para pemain profesional. Oleh sebab itu, jangan lewatkan keseruan pertandingan NBA di IndiHome TV. Anda bisa menyaksikannya dengan berlangganan add-on minipack IndiBasketball dari IndiHome.

Dengan biaya berlangganan hanya Rp15.000 per bulan, Anda bisa menyaksikan pertandingan seru NBA di channel NBA TV dan NBA TV HD. Mimpi menjadi pemain basket profesional akan terwujud jika Anda giat berlatih dan tak pernah bosan mempelajari teknik-teknik andalan atlet dunia.