Bagaimana Posisi Lengan Saat Melakukan Gerakan Lari Berkelok-Kelok?

Bagaimana Posisi Lengan Saat Melakukan Gerakan Lari Berkelok-Kelok
KELAS 4 SEMESTER 1 VARIASI GERAK DASAR BERLARI Tujuan Pembelajaran : Siswa dapat mempraktekkan gerakan variasi gerak dasar berlari dengan baik B. Variasi Gerak Dasar Berlari 1. Lari Pelan dan Lari Cepat Lari santai dikenal dengan istilah joging, sedangkan lari cepat dikenal dengan istilah sprint, Kedua jenis lari ini dapat divariasikan. Awalnya, sikap berdiri tegak. Melangkahlah untuk melakukan lari pelan (joging) sejauh 10 m. Kemudian, lakukan lari cepat dalam jarak tertentu.

  • Saat berlari, gunakan ujung telapak kaki.
  • Ayunkan lengan dengan kedua tangan dikepalkan atau dibuka.
  • Ayunan lengan dilakukan secara santai.
  • Posisi badan miring ke depan dan pandangan ke depan.
  • Saat berlari, ayunan lengan dan langkah kaki harus terkoordinasi dengan baik.
  • Langkah kaki kiri ke depan diikuti ayunan lengan kiri ke belakang.

Sebaliknya, saat kaki kanan melangkah ke depan, ayunan lengan kanan ke belakang.2. Lari Menyamping dan Lari Berkelok-kelok Bagaimana cara melakukan gerak lari menyamping dan lari zig-zag? Awalnya, sikap berdiri tegak. Langkahkan kaki kiri ke samping dalam gerakan berlari diikuti ayunan lengan. Lakukan kegiatan lari menyamping dalam jarak tertentu. Selanjutnya, lakukan lari berkelok-kelok melewati rintangan. Lakukan kegiatan ini dengan dengan semangat dan percaya diri.3. Lari Melompati Rintangan dan Lari Langkah Kuda Video Pembelajaran : TUGAS : MEMPRAKTIKKAN VARIASI GERAK DASAR BERLARI PRESENSI KLIK DISINI PENGUMPULAN TUGAS KLIK DISINI Sumber : Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IV SD/MI Cetakan 2019 Penulis : Berton Supriadi Simamora Tags : KELAS 4 SEMESTER 1

Apa keuntungan melakukan gerakan lari berkelok-kelok?

Manfaat Lari Zig-Zag – Selain meningkatkan kelincahan (agility) tubuh, lari zig-zag juga memberikan banyak manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika rutin Anda rutin lari zig-zag: 1. Meningkatkan Kekuatan Otot Kaki Salah satu manfaat dari lari zig-zag adalah meningkatkan kekuatan otot kaki.

Otot kaki yang kuat sangat diperlukan untuk menjaga keseimbangan dan koordinasi tubuh. Dengan keseimbangan ini, Anda pun dapat bergerak dengan leluasa tanpa khawatir terjatuh. Keseimbangan yang baik juga membuat Anda dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan lebih optimal. Di sisi lain, otot kaki yang kuat juga akan memberikan manfaat yang lebih baik dalam perbaikan postur tubuh.2.

Membakar Lemak Seperti yang Anda tahu, lari di lintasan lurus memang efektif untuk membakar lemak. Namun, lari secara zig-zag tentu saja lebih efektif lagi dalam melakukan hal tersebut. Alasannya sederhana, lari zig-zag membuat seluruh anggota tubuh bergerak lebih aktif, sehingga lebih efektif dalam membakar lemak di tubuh.

Hal ini tentunya berbeda jika hanya berlari pada lintasan lurus.3. Melatih Jantung Lari zig-zag adalah salah satu bentuk olahraga kardio yang menawarkan banyak manfaat untuk tubuh. Bisa dikatakan, jantung menjadi organ tubuh yang paling diuntungkan bila Anda rutin melakukan lari zig-zag. Ini karena ketika Anda lari zig-zag peredaran darah menjadi lancar, sehingga menyehatkan organ tersebut.

Selain itu, otot di jantung juga akan menjadi lebih kuat jika rutin melakukan olahraga tersebut. Alhasil, risiko Anda untuk terkena penyakit jantung pun akan semakin kecil.4. Kelincahan Tubuh Manfaat lari zig-zag lainnya adalah mampu meningkatkan kelincahan tubuh.

  • Seseorang bisa dibilang lincah bila ia mampu mengubah arah geraknya begitu cepat tanpa kehilangan keseimbangan.
  • Dengan rutin berlari zig-zag, membuat tubuh Anda bisa bergerak lincah ke sana kemari dengan sangat cepat.
  • Maka tak heran, jika banyak pemain sepak bola yang sering latihan zig-zag untuk meningkatkan kelincahan tubuhnya.

Perlu dipahami, tubuh yang lincah ini tidak hanya bermanfaat bagi atlet sepak bola saja, tapi bagi siapa saja, termasuk Anda. Itulah empat manfaat yang bisa Anda dapatkan dari olahraga lari zig-zag. Sebelum melakukan variasi lari satu ini, pastikan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk menghindari cedera.

Untuk membuat Anda tetap aktif berolahraga setiap hari, lengkapi kebutuhan nutrisi Anda dengan rutin mengonsumsi Anlene Actifit 3X yang mengandung formula MOVEMAX dengan kandungan nutrisi yang lengkap, dan kandungan tinggi kalsium yang akan membantu pembentukan tulang dan gigi, serta mempertahankan kekuatannya.Kemudian, kandungan proteinnya bermanfaat dalam membangun dan memperbaiki jaringan tubuh, ditambah dengan vitamin B6 yang merupakan faktor penting dalam metabolisme energi dan pembentukan jaringan.Selain itu, Anlene Actifit 3X dibuat dengan kandungan kolagen 100 mg/saji dan vitamin C yang akan membantu pembentukan dan pemeliharaan jaringan kolagen dan menjaga kelenturan sendi.Minum Anlene Actifit 3X dua kali sehari, setiap hari, dan rasakan manfaatnya dalam menjaga kesehatan!

You might be interested:  Apa Fungsi Dari Prototipe Rancangan Percobaan?

: Manfaat Lari Zig-Zag: Selain Untuk Kelincahan Tubuh, Apa Lagi?

Bagaimana cara melakukan gerakan lari dengan benar?

Teknik Dasar Lari Jarak Pendek atau Lari Cepat – Dikutip dari situs web Activeforlife.com, berikut ini adalah teknik dasar lari jarak pendek :

Posisi kepala dan leher rileks dan pandangan fokus ke depan. Ketika berlari, tekuk siku pada posisi 90 derajat. Saat lengan bergerak, jaga agar posisi bahu tetap stabil dan rileks. Ketika berlari, angkat lutut bagian depan serta luruskan kaki bagian belakang. Pelari jarak pendek saat berlari berupaya mengangkat paha secara maksimal dengan tujuan langkah kaki lebih lebar sekaligus meningkatkan kecepatan lari. Posisi kaki belakang yang benar saat menolak dari tanah pada prinsip dasar lari jarak pendek adalah tertendang lurus. Pada lari jarak pendek tumpuan kaki saat berlari adalah ujung jari kaki.

Baca juga: Teknik Start pada Lari Jarak Pendek Tujuan lari jarak pendek adalah untuk memaksimalkan kecepatan horizontal, yang dihasilkan oleh dorongan badan ke depan. Kecepatan lari ditentukan oleh panjang langkah dan frekuensi langkah (jumlah langkah per satuan waktu). KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 100 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018). Lalu Muhammad Zohri gagal persembahkan medali Baca juga: Hal-hal yang Dianggap Tidak Sah dalam Lari Jarak Pendek

Lari menyamping dan berkelok-kelok untuk melatih apa?

Lari zig zag adalah berlari dengan lintasan berkelok – kelok dan melewati rintangan. Lari jenis ini bermanfaat untuk melatih kelincahan tubuh atau agility.

Bagaimana posisi tangan ketika sedang berlari?

Olahraga lari kini tengah menjadi tren, Sebelum memulai, pastikan Anda berlari dengan posisi tubuh yang benar untuk menghindari cedera. Jika dilihat sepintas lalu, olahraga lari sepertinya mudah dilakukan. Anda hanya perlu menempatkan satu kaki di depan kaki sebelahnya secara berulang-ulang.

Posisi kepala: Selalu tegakkan kepala Anda saat berlari. Pasalnya, posisi kepala menunduk ataupun menengadah terlalu lama bisa membuat urat pada leher Anda cedera. Selain itu, posisi menunduk juga dapat menghambat masuknya udara melalui jalur pernapasan yang bisa mengakibatkan Anda cepat merasa lelah. Posisi bahu: Tanpa sadar, terkadang kita berlari dengan posisi bahu terangkat. Padahal, sikap tubuh yang salah ini bisa mengakibatkan otot di sekitar bahu dan leher menjadi tegang sehingga muncul keluhan sakit kepala, leher nyeri, dan sebagainya. Untuk mengatasinya, setiap beberapa waktu sekali tariklah napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan dengan posisi tubuh rileks. Posisi lengan: Kala berlari, hindari mengayunkan kedua lengan Anda ke kanan dan kiri bagai peragawati. Pasalnya, gerakan ini bisa memboroskan energi dan menghambat laju tubuh Anda ke depan. Idealnya, tekuk kedua siku Anda hingga membentuk sudut 90° dan ayunkan lengan ke depan dan ke belakang mengikuti irama kaki saat berlari. Posisi tangan: Mengepalkan telapak tangan bisa membuat otot-otot lengan dan bahu terasa tegang sehingga Anda berisiko mengalami nyeri pada daerah tersebut. Untuk menghindarinya, biarkan kedua telapak tangan Anda membuka secara rileks saat berlari. Posisi perut: Banyak pelari mengeluhkan rasa nyeri pada punggung bagian bawah. Hanya saja, tak banyak yang tahu bahwa salah satu penyebabnya adalah otot perut yang kendur sewaktu berlari, sehingga menimbulkan beban pada tulang belakang yang mengakibatkan punggung terasa sakit. Untuk mengatasinya, tarik perut Anda ke dalam dan tahan posisi tersebut selama berlari. Dengan melakukan posisi ini Anda juga bisa sekaligus mengencangkan otot perut serta merampingkan perut yang membuncit. Posisi kaki: Saat berlari, bagian telapak kaki yang pertama kali menyentuh tanah amat menentukan besarnya tekanan yang diterima oleh pergelangan kaki dan lutut serta kekuatan tenaga yang diperlukan untuk menolakkan kaki kembali ke atas. Untuk menghindari cedera dan mengefisienkan gerakan berlari, pastikan bagian tengah telapak kaki Anda yang pertama kali menyentuh tanah, dan bukan ujung kaki ataupun tumit.

Kini Anda tentu sudah memahami bagaimana posisi tubuh yang ideal pada saat berlari. Kalau begitu, sekarang tiba waktunya memakai sepatu olahraga dan terjun ke jalan. Mari kita lari! Sumber: http://www.prevention.com/fitness/fitness-tips/running-tips-proper-running-form-advice http://news.bbc.co.uk/sport2/hi/health_and_fitness/4286146.stm

Pola gerak langkah berkelok-kelok disebut?

Variasi Gerak Lokomotor dalam Pencak Silat – Variasi gerak langkah pada pencak silat berfungsi sebagai tumpuan untuk berdiri kuat, dasar untuk serangan serta pembelaan, dan juga dasar menempatkan posisi yang kuat. Dalam pola gerak langkah ada beberapa macam, yaitu: Langkah lurus merupakan teknik dasar yang menggunakan gerakan lurus baik saat gerakan maju atau mundur.

Langkah lurus biasanya diawali dengan melakukan gerakan kuda-kuda tengah dan kuda-kuda depan. Langkah berkelok-kelok biasa disebut pola langkah zig zag adalah teknik dasar pencak silat yang menggunakan gerakan zig zag atau gergaji dalam melakukan gerakan maju ataupun gerakan mundur. Langkah zigzag biasa diawali dengan gerakan dari sikap berdiri lurus dan melangkah serong kiri atau kanan.

Cara melakukan pola langkah huruf U adalah diawali dari sikap berdiri dan kemudian menggerakkan kaki ke samping kanan sambil diikuti kaki kiri dan kemudian merapat kembali, dan begitu juga sebaliknya. Baca Juga : : Variasi Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor dalam Pencak Silat

You might be interested:  Bagaimana Cara Membuang Nafas Pada Saat Melakukan Gerak Mengambang?

Apa tujuan jalan berkelok-kelok dalam olahraga?

Sejak awal, jalan di pegunungan memang sengaja berkelok -kelok. Alasan utamanya adalah membantu kendaraan yang naik atau turun menjadi jauh lebih untuk melaju.

Apa tujuan berlari lurus dan berkelok-kelok?

PEMBAHASAN : –

Dalam kasti, ada beberapa teknik lari yaitu lari lurus dan lari berbelok-belok. Lari berbelok belok bertujuan untuk menghindari lemparan bola dari pemain regu penjaga agar tidak mati, sedangkan lari lurus bertujuan untuk mendapatkan kecepatan dalam menuju base,

: tujuan berlari lurus cepat dan lari berbelok-belok dalam permainan bola kasti adalahA menuju pos

Bagaimana ayunan tangan saat lari ke segala arah?

Ayunan Lengan Saat Melakukan Lari Jarak Pendek yang Benar Basudiwa Supraja Sabtu, 29 Januari 2022, 20:45 WIB Ayunan lengan saat lari jarak pendek harus diperhatikan (Foto: PB PON XX PAPUA 2021) Saat berlari, lengan harus diayunkan ke atas membentuk sudut sekitar 85 derajat. Selanjutnya lengan diayunkan ke bawah membentuk sudut sekitar 100 derajat. Selama melakukan ayunan lengan tersebut, pastikan teknik tersebut dirasakan senyaman mungkin.

Gerakan tangan juga harus berada dalam garis lurus laju lari setara dengan pipi dan bokong. Gerakan tersebut dapat dilakukan berulang kali sembari berlari. Hal yang harus dihindari saat berlari adalah menghilangkan rasa tegang dalam tubuh. Biasanya saat berlari kondisi tangan terasa kaku dan tegang, maka dengan melakukan langkah rileks akan membantu mendorong kekuatan berlari.

Editor : Hendry Kurniawan : Ayunan Lengan Saat Melakukan Lari Jarak Pendek yang Benar

Bagaimana teknik lengan saat lari jarak pendek?

3. Teknik Memasuki Garis Finish – Teknik ini dapat dilakukan dengan mencondongkan dada ke depan. Kemudian, salah satu bahu dijatuhkan ke depan. Lalu, berlarilah dengan cepat. Demikian informasi mengenai cara melakukan ayunan lengan dalam lari jarak pendek beserta teknik dasarnya. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. Editor : Hafid Fuad : Cara Melakukan Ayunan Lengan dalam Lari Jarak Pendek

Bagaimana ayunan lengan dalam teknik gerakan lari jarak pendek?

Bagaimana Ayunan Lengan pada Lari Jarak pendek ? – Dikutip dari modul Lincahnya Gerakanku (2020) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, teknik dasar lari jarak pendek dibagi menjadi tiga yaitu teknik start, sikap tubuh saat berlari, dan teknik mencapai garis finis. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Pelari Indonesia Lalu Muhammad Zohri (no.400) beradu kecepatan dengan pelari lainnya saat babak final Lari 100 meter Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (26/8/2018).

  • Lalu Muhammad Zohri gagal persembahkan medali Adapun, ayunan lengan termasuk dalam teknik dasar sikap berlari.
  • Tiga hal yang wajib diperhatikan saat berlari adalah ayunan lengan, posisi tubuh, dan gerakan kaki.
  • Ayunan lengan saat melakukan lari jarak pendek adalah kuat dan cepat.
  • Baca juga: Lari Jarak Jauh bagi Putra Usia 13-15 Tahun Ayunan yang kuat dan cepat bisa didapatkan dengan menekuk siku sehingga membentuk sudut 90 derajat, dengan jari-jari lurus agar gerakan langkah kaki menjadi cepat dan kuat.

Pelaksanaan gerak pada gerakan lari jarak pendek yang benar adalah seperti berikut ini. Lengan diayunkan ke depan dengan siku sedikit ditekuk. Gerakan ayunan lengan berlawanan dengan erakan kaki.

Pada saat setelah start, segera tegakkan badan sampai dua kali langkah kaki. Setelah itu segera tegakkan badan saat berlari. Hal ini berguna untuk memberikan keseimbangan. Pada gerakan kaki, usahakan lutut diangkat sampai pinggang dengan paha lurus. Langkahkanlah kaki ke depan dengan jangkauan terjauh.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Posisi badan seperti apa yang membuat pelari semakin cepat?

KOMPAS.com – Kegiatan olahraga berupa lari menarik minat masyarakat karena tergolong sederhana serta bisa dilakukan di berbagai tempat dan waktu. Pengertian dari olahraga lari adalah gerakan tubuh di mana pada saat semua kaki ada saat melayang di udara atau dalam suatu waktu kedua.

  1. Telapak kaki terangkat dari tanah.
  2. Dalam melakukan olahraga lari sendiri terdapat dua tahapan yakni topang dan melayang seperti dikutip dari buku Gerak Dasar Atletik (2007) karya Eddy Purnomo.
  3. Setiap tahapan dalam olahraga lari perlu mendapat perhatian dan dilakukan dengan posisi badan secara benar, yang membuat pelari semakin cepat.

Adapun penjelasan mengenai bagaimana postur badan serta cara melakukan setiap tahapan ketika berlari, adalah sebagai berikut:

Tahapan topang

Melalui tahapan topang ketika berlari, diharapkan seorang pelari mendapatkan dorongan besar ke depan serta hambatan kecil ketika menyentuh tanah. Adapun tahapan topang ketika melakukan olahraga lari dibagi menjadi dua bagian, yakni topang depan dan dorong.

Tahapan melayang

Fase melayang dalam olahraga berlari memiliki andil mengoptimalkan dorongan ke depan serta menyiapklan penempatan kaki secara efektif saat berada di permukaan tanah. Teknis dari tahapan melayang dalam lari terjadi saat lutut kaki diayun bergerak ke depan serta ke atas, sementara lutut kaki penopang sedikit pemulihan dari posisi menekuk, kemudian bergerak ke belakang.

Pada tahapan melayang dalam gerak olahraga lari, kondisi ayunan lengan aktif dengan sikap rileks atau santai. Adapun posisi badan yang membuat pelari semakin cepat yaitu dengan memposisikan lengan di sudut 90 derajat atau menjaganya tetap lurus. Baca juga: Teknik Mencapai Garis Finis dalam Lomba Lari Jika lengan dalam kondisi menyilang atau bagian siku menghadap ke luar, besar kemungkinan posisi tangan akan memberi hambatan ketika berlari.

Selain menjaga bentuk postur tubuh melalui dua tahapan tersebut, penting juga melakukan pemanasan untuk mengurangi risiko cedera saat berolahraga lari. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Pukulan Datar Ke Depan?

Apa yang dimaksud berlari berkelok-kelok?

Lari Zig-Zag adalah suatu bentuk latihan yang dilakukan dengan berkelok -kelok melewati suatu rintangan, dimana bertujuan untuk melatih kemampuan berubah arah tubuh dengan cepat.

Pada gerakan langkah berkelok-kelok ke depan dan ke belakang diawali dengan posisi?

Langkah Kaki berkelok – kelok ke Depan dan ke Belakang Awali dengan posisi berdiri tegak. Kemudian langkahkan kaki kiri serong ke kiri depan. Langkahkan kaki kanan ke arah kaki kiri.

Sikap awal pada saat akan melakukan langkah berkelok-kelok ke depan dan ke belakang adalah?

Bagaimana cara melakukan gerakan variasi langkah berkelok-kelok kedepan dan belakang dengan Berikut ini adalah cara melakukan gerakan variasi langkah berkelok-kelok ke depan dan ke belakang dengan kombinasi menekuk dan mengayun lengan ke samping:

Posisi awal adalah berdiri tegak dengan kedua kaki posisi rapat.Dalam posisi berdiri dan kaki rapat, kedua lengan ditekuk di samping badan dekat tulang rusuk dengan telapak tangan dihadapkan ke atas.Lanjutkan dengan gerakan melangkahkan kaki secara berkelok-kelok ke depan dan bergantian ke belakang.Variasi gerakan langkah kaki ke depan dan ke belakang dapat dikombinasikan dengan ayunan siku sambil posisi menekuknya di samping badan sesuai sikap pada awal pertama melakukan gerakan.

Bagaimana cara melakukan gerak langkah kaki berkelok berkelok-kelok?

Langkah Kaki berkelok – kelok ke Depan dan ke Belakang Langkahkan kaki kanan ke arah kaki kiri. Langkahkan kaki kanan serong ke kanan depan. Langkahkan kaki kiri ke arah kaki kanan. Lakukan gerakan yang sama ke arah belakang.

Apa yang dimaksud dengan berlari berkelok-kelok?

Lari Zig-Zag adalah suatu bentuk latihan yang dilakukan dengan berkelok – kelok melewati suatu rintangan, dimana bertujuan untuk melatih kemampuan berubah arah tubuh dengan cepat.

Jelaskan tahap pembelajaran langkah kaki berkelok-kelok ke depan dan ke belakang pada gerak berirama?

Penjelasan: – Gerakan langkah kaki yang dilakukan secara berkelok-kelok ke depan serta ke belakang dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Pada tahap awal, posisi badan berdiri tegak.
  • Kemudian langkahkan kaki serong ke kiri depan.
  • Selanjutnya langkahkan kaki kanan ke arah kiri, lalu langkahkan kaki kanan serong ke arah kaki kiri.
  • Selanjutnya langkahkan kaki kiri ke arah kanan, lalu langkahkan kaki kiri serong ke arah belakang diikuti kaki kanan.
  • Lakukan dengan semangat serta percaya diri.

Apakah alat yang digunakan untuk melakukan gerakan berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok?

Lari zig-zag merupakan suatu bentuk lari yang dilakukan menggunakan arah berbelok-belok serta melewati rintangan. Tujuan lari zig-zag adalah buat melatih kelincahan. Lari lurus cepat adalah latihan kelincahan yang bertumpu di gerakan cepat dan sempurna dalam membarui arah melalui gerakan lari secara bolak-balik.

  1. Alat yang digunakan untuk melakukan gerak berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok​ ialah Cone atau tiang bendera.
  2. Pembahasan Kelincahan atau agility adalah kemampuan buat mengganti arah posisi tubuh dalam keadaan bergerak dengan kecepatan serta ketetapan yang tinggi tanpa kehilangan keseimbangan.

Cara melakukan gerak berlari lurus cepat dan lari berkelok-kelok

Posisi awal berdiri tegak pada garis start serta pandangan ke arah depan. saat berlari, pakai ujung telapak kaki. Ayunkan lengan menggunakan kedua tangan dikepalkan atau dibuka secara rileks. Posisi badan condong ke depan dan pandangan ke depan.Ketika berlari, ayunan lengan dan langkah kaki wajib terkoordinasi menggunakan baik. Langkah kaki kiri ke depan diikuti ayunan lengan kiri ke belakang. kebalikannya, waktu kaki kanan melangkah ke depan, ayunan lengan kanan ke belakang.Lakukan gerakan lari dengan cepat pada jarak tertentu. Gerakan ini dapat divariasikan dengan lari zig-zag / berkelok-kelok melewati rintangan.

Teknik Lari zig-zag

Berdirilah menggunakan posisi tegak. Letakkanlah kedua tangan pada samping badan serta lurus ke depan. Lakukanlah lari dengan gerakan berbelok-belok ke arah kanan serta kiri sesuai arah yang telah dipengaruhi. menjadi rintangan, mampu menggunakan alat bantu berupa cone atau tiang bendera. Lari zig-zag dilakukan sebesar dua-tiga kali di antara beberapa titik (ditandai dengan cone atau tiang bendera) dengan jarak kurang lebih 1-2 meter.

Teknik Lari Cepat

Tempatkan penanda berupa balok kayu atau kerucut yang diletakkan di titik tujuan sesuai jeda yakni 10, 20, serta 30 meter dari titik awal lari. Kemudian lari menuju titik 10 meter, menyetuh permukaan tanah, lalu pulang ke garis awal. Dilanjutkan dengan melakukan rangkaian gerakan serupa pada titik jeda 20 maupun 30 meter, kemudian balik lagi ke titik awal. Lakukan urutan gerak tersebut sebesar empat hingga enam kali dalam kurun waktu eksklusif, sinkron porsi latihan yang diinginkan.

Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang lari berkelok – kelok brainly.co.id/tugas/9310724 Materi tentang teknik lari cepat brainly.co.id/tugas/12187378 Materi tentang variasi dan kombinasi jalan cepat brainly.co.id/tugas/1703211

Detail Jawaban Kelas: 3 (Tiga) Mapel: Penjaskes Bab: 2 Kode: – #TingkatkanPrestasimu