Bagaimana Langkah-Langkah Membuat Rancangan Sebuah Miniatur Jembatan?

Bagaimana Langkah-Langkah Membuat Rancangan Sebuah Miniatur Jembatan
1.jelaskan prosedur pembuatan miniatur jembatan?​

  • Jawaban:
  • Prosedur Pembuatan Miniatur
  • Jembatan :
  • 1.Menyiapkan Alat dan Bahan
  • Alat dan bahan harus disipakan berdasarkan rancangan yang telah dibuat sebelumnya.
  • 2.Membuat Miniatur Jembatan Berdasarkan Rancangan

Sesudah rancangan, alat, dan materi siap, engkau sanggup mulai membuat miniatur jembaran. Proses pembuatan harus mengacu pada rancangan yang sudah dibentuk sebelumnya. Namun, bukan berarti tidah boleh menambah atau mengurangi langkah pengerjaan.3) Melakukan Penyelesaian Akhir (Finishing) Penyelesaian simpulan (finishing) diharapkan untuk mempercantik miniatur jembatan yang dibuat.sebelum memulai proses pembuatan, kita harus memerhatikan beberapa keselamatan kerja antara lain: 1.Keselamatan diri ketika bekerja.2.Keselamatan benda yang dipakai ketika bekerja.3.Keselamatan lingkungan kawasan bekerja tidak boleh hingga kotor.4.Jangan lupa, keselamatan orang lain atau mitra kita tidak boleh hingga menimbulkan kecelakaan pada ketika memakai alat-alat.5.Gunakanlah alat pelindung diri.

  1. Penjelasan:
  2. misal Langkah-Langkah Pembuatan Konstruksi Miniatur Jembatan
  3. A. Alat dan Bahan
  4. Stik es krim
  5. Gunting
  6. Cutter
  7. Penggaris
  8. Cat Warna
  9. Lem/Perekat dan Kuas
  10. Kertas Karton
  11. Selotip
  12. B.Langkah-Langkah Kerja Pembuatan Miniatur Jembatan

1. Buatlah denah atau gambar referensi tiang dan jalan dengan ukuran tertentu di atas kertas karton. Lalu potong referensi tersebut dengan memakai cutter supaya karenanya lebih rapi.2. Sambungkan pola-pola tersebut dengan memakai selotip.3. Pasangkanlah stik es krim sebagai tiang dan pondasi pada referensi yang sudah disambungkan dengan memakai perekat lem.4.

Berilah warna dengan mengecat seluruh bab sesuai dengan warna yang sudah direncakan sebelumnya. Gunakanlah cat air lantaran materi terbuat dari kertas. Jika materi utamanya dari kayu atau tripleks maka pengecetan sanggup memakai cat tembok.5. Konstruksi miniatur jembatan selesai dan siap didiberi hiasan.C.Melakukan Penyelesaian Akhir (Finishing) Tahap finishing, pasanglah konstruksi miniatur jembatan di atas bantalan karton dan diberilah hiasan pelengkap menyerupai pohon, lampu jalan, mobil, dll supaya menjadi lebih menarik dan unik.

: 1.jelaskan prosedur pembuatan miniatur jembatan?​

Dalam pembuatan miniatur jembatan Setelah membuat rancangan bentuk atau sketsa maka langkah selanjutnya adalah?

b) Rancangan Proses Pembuatan – Setelah membuat rancangan bentuk atau sketsa, maka langkah selanjutnya adalah tahap merancang proses pembuatan. Merancang proses pembuatan ini perlu agar dalam membuat konstruksi miniatur jembatan menjadi lebih terarah.

Sebelum kita membuat sebuah miniatur konstruksi jembatan terlebih dahulu kita harus mengenal apa?

Bagaimana caranya agar dapat membuat sebuah miniatur jembatan dengan biaya yang ekonomis Jawaban: Kegiatan membuat konstruksi miniatur jembatan tidaklah sulit. Kita dapat memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar lingkungan kita, sebagai contoh kayu atau ranting pohon, triplek, korek api kayu, stik es krim, sedotan, dus/karton, bambu dan lain-lain.

Namun sebelum membuat sebuah miniatur konstruksi jembatan terlebih dahulu harus mengenal bagian-bagian konstruksi jembatan. Setelah itu, lakukan identifkasi alat dan bahan, serta teknik pembuatan yang dapat mendukung saat proses pembuatan sebuah konstruksi miniatur jembatan. Hal yang juga tidak kalah penting dalam membuat sebuah karya konstruksi miniatur jembatan adalah mempersiapkan rancangan konstruksi jembatan, yang meliputi rancangan gambar/sketsa dan proses.

Barulah dapat memulai membuat sebuah konstruksi miniatur jembatan dengan memerhatikan keselamatan kerja serta potensi yang ada di lingkungan sekitarmu.

  • 1. Bagian-bagian Konstruksi Jembatan
  • Konstruksi jembatan terdiri atas dua bagian, antara lain bagian atas (superstructure) dan bagian bawah (substructure).
  • a. Bagian Atas (superstructure)
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Passing Bawah?

Bagian atas jembatan berfungsi untuk menampung beban-beban yang ditimbulkan oleh suatu lintasan orang-orang ataupun kendaran yang nantinya beban tersebut akan di salurkan kebagian bawah. Konstruksi bagian atas meliputi.

  1. 1) Trotoar, yaitu jalur pejalan kaki yang umumnya sejajar dengan jalan dan lebih tinggi dari jalan untuk menjaga keamanan dan keselamatan pejalan kaki. Bagian trotoar meliputi:
  2. Bagian sandaran dan tiang sandaran,
  3. Bagian peninggi trotoar, dan
  4. Bagian konstruksi trotoar.
  5. 2) Lantai kendaraan
  6. 3) Balok diafragma
  7. 4) Balok gelagar
  8. 5) Ikatan pengaku (ikatan angina, ikatan rem, ikatan tumbukan)
  9. 6) Perletakan (rol dan sendi)
  10. b. Bagian Bawah (substructure)
  11. Fungsi bagian bawah jembatan untuk menerima beban-beban yang diberikan bagian atas dan menyalurkannya ke pondasi, yang akhirnya disalurkan ke tanah. Konstruksi bagian bawah meliputi:
  12. 1) Pangkal jembatan
  13. 2) Pilar
  14. 2. Alat dan Bahan Untuk Membuat Miniatur Jembatan

Dalam membuat sebuah miniatur jembatan, tidak harus selalu dengan biaya yang mahal. Kita dapat memulai dengan memanfaatkan alat dan bahan yang ada di sekitar kita, sehingga lebih ekonomis. : Bagaimana caranya agar dapat membuat sebuah miniatur jembatan dengan biaya yang ekonomis

Pada langkah akhir pembuatan miniatur jembatan kita bisa?

Halo, Wahyu, terimakasih sudah bertanya di Roboguru. Kakak bantu jawab ya. Jawaban atas pertanyaan tersebut adalah A. Memberi cat pada miniatur jembatan. Berikut ini penjelasannya: Penyelesaian akhir dalam membuat miniatur jembatan dapat dilakukan dengan memberikan cat pada miniatur serta memberikan pernak-pernik atau hiasan, seperti mobil, pohom, dan lampu jalan.

Adapun langkah-langkah kerja dalam membuat sebuah miniatur jembatan sebagai berikut : -Buatlah sketsa atau gambar pola tiang dan jalan dengan ukuran tertentu di atas kertas karton. Kemudian potong pola tersebut dengan menggunakan cutter agar hasilnya lebih rapi. -Pola-pola tersebut dengan menggunakan selotip.

Pasang stik es krim sebagai tiang dan pondasi pada pola yang telah disambungkan dengan menggunakan perekat atau lem. -Konstruksi miniatur jembatan selesai dan siap diberi hiasan. pasanglah kontruksi miniatur jembatan di atas alas karton dan berilah hiasan tambahan seperti pohon, lampu jalan, mobil, dll agar menjadi lebih menarik.

  • Untuk tahap penyelesaian akhir, Memberi warna dengan mengecat seluruh bagian sesuai dengan warna yang telah direncanakan sebelumnya.
  • Gunakan cat air karena bahan terbuat dari kertas.
  • Jika bahan utamanya dari kayu atau tripleks maka pengecetan dapat menggunakan cat tembok.
  • Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Memberi cat pada miniatur jembatan. Semoga Membantu ya.

Jelaskan apa tujuan dari rancangan proses pembuatan pada miniatur jembatan?

Rancangan Proses Pembuatan – Setelah membuat rancangan bentuk atau sketsa, selanjutnya adalah tahap merancang proses pembuatan. Merancang proses pembuatan ini diperlukan agar pembuatan konstruksi miniatur jembatan menjadi lebih terarah. Rancangan proses pembuatan meliputi rancangan (memilih dan menentukan) alat dan bahan yang akan digunakan serta langkah kerja pembuatan konstruksi miniatur jembatan yang akan dibuat.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Variasi Menggiring Bola?

Mengapa sebuah membuat miniatur jembatan terlebih dahulu membuat rancangan proses pembuatan?

mengapa sebelum membuat miniatur jembatan terlebih dahulu membuat rancangan proses pembuatan​

Jawaban: Agar saat pembuatan tidak bingung atau ada yang salah Penjelasan: semoga membantu

Jawaban:

karena kalok tidak membuat rancangan proses pembuatan nanti nasil tidak sesuai dengan apa yang di ingin kan dan hasil berantakan dan tidak teratur

maaf kalok salah : mengapa sebelum membuat miniatur jembatan terlebih dahulu membuat rancangan proses pembuatan​

Setelah rancangan dibuat maka langkah selanjutnya adalah?

setelah membuat rancangan bentuk atau sketsa,maka langkah selanjutnya adalah tahap merancang​ – Brainly.co.id selanjutnya adalah tahap penggambaran atau penebalan sketsa yg sudah dibuat,setelah tahap itu selesai dilanjutkan ke tahap mewarnai,dan tahap terakhit ialah penjemuran(Bila pewarnaan basah),pendiaman (Bila pewarna mudah luntur),Perendaman (Bila bertujuan untuk mengolah kain atau sebagainya) Semoga Bermanfaat :)) Tahap setelah pembuatan sketsa adalah Tahap Peyempurnaan gambar yaitu Ditebalkan memakai spidol.Tahap terakhir yaitu penyelesaian gambar yaitu mewarnai. semoga membantu ya : setelah membuat rancangan bentuk atau sketsa,maka langkah selanjutnya adalah tahap merancang​ – Brainly.co.id

Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk membuat konstruksi miniatur jembatan adalah?

Pembahasan – Alat dan bahan yang perlu disiapkan guna membuat miniatur jembatan antara lain adalah :

  1. Stik es krim
  2. Gunting
  3. Cutter
  4. Penggaris
  5. Cat warna dan kuas
  6. Lem atau perekat
  7. Kertas karton
  8. Selotip

Adapun langkah-langkah kerja dalam membuat sebuah miniatur jembatan sebagai berikut :

  1. Buatlah sketsa atau gambar pola tiang dan jalan dengan ukuran tertentu di atas kertas karton. Kemudian potong pola tersebut dengan menggunakan cutter agar hasilnya lebih rapi.
  2. Sambungkan pola-pola tersebut dengan menggunakan selotip.
  3. Pasang stik es krim sebagai tiang dan pondasi pada pola yang telah disambungkan dengan menggunakan perekat atau lem.
  4. Berilah warna dengan mengecat seluruh bagian sesuai dengan warna yang telah direncanakan sebelumnya. Gunakan cat air karena bahan terbuat dari kertas. Jika bahan utamanya dari kayu atau tripleks maka pengecetan dapat menggunakan cat tembok.
  5. Konstruksi miniatur jembatan selesai dan siap diberi hiasan.
  6. Untuk tahap penyelesaian akhir, pasanglah kontruksi miniatur jembatan di atas alas karton dan berilah hiasan tambahan seperti pohon, lampu jalan, mobil, dll agar menjadi lebih menarik.

Apa yang dimaksud dengan teknik penguatan dalam pembuatan miniatur jembatan?

Hello Amiko S, Kak Fariz bantu jawab ya. Jawabannya adalah teknik persambungan dan teknik penguatan. Yuk simak pembahasan berikut. Teknik dasar yang digunakan untuk membuat sebuah miniatur jembatan adalah : 1. Teknik persambungan, merupakan teknik yang digunakan untuk menyambungkan atau menggabungkan dua buah benda atau lebih.2.

  • Teknik penguatan, merupakan teknik yang digunakan untuk memperkuat sebuah bangunan.
  • Ekuatan konstruksi miniatur jembatan dipengaruhi oleh bahan yang digunakan dan teknik pembuatan.
  • Jadi, teknik dasar yang digunakan untuk membuat sebuah miniatur jembatan adalah teknik persambungan dan teknik penguatan.

Semoga membantu ya.

Apakah fungsi utama rancangan?

apakah fungsi utama rancangan miniatur jembatan? sebutkan rancangan yang harus dibuat! ​ Rancangan berfungsi sebagai gambaran umum dan pedoman seseorang dalam menghasilkan sebuah karya atau produk. Rancangan yang harus dibuat meliputi rancangan bentuk atau sketsa dan rancangan proses pembuatan : apakah fungsi utama rancangan miniatur jembatan? sebutkan rancangan yang harus dibuat! ​

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Pengukuran Gerak Pull Up?

Tuliskan dan jelaskan apa yang dimaksud dengan jembatan?

Bagaimana Langkah-Langkah Membuat Rancangan Sebuah Miniatur Jembatan Sebelum membahas mengenai konstruksi jembatan, kita terlebih dahulu harus mengerti pengertian jembatan. Jembatan adalah suatu konstruksi yang gunanya untuk meneruskan jalan melalui rintangan yang berada lebih rendah. Rintangan ini biasanya jalan lain berupa jalan air atau jalan lalu lintas biasa (Struyk dan Veen, 1984).

  1. Jembatan sendiri merupakan suatu struktur bangunan yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan yang terputus oleh adanya rintangan-rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, saluran irigasi dan pembuangan, jalan kereta api, waduk, dan lain-lain.
  2. Pembangun jembatan ini sendiri butuh perencanaan bidang konstruksi.

Desain dari jembatan bervariasi tergantung pada fungsi dari jembatan atau kondisi bentuk permukaan bumi dimana jembatan tersebut dibangun.

Langkah terakhir yang harus dilakukan untuk membuat konstruksi miniatur jembatan adalah?

Pembahasan – Alat dan bahan yang perlu disiapkan guna membuat miniatur jembatan antara lain adalah :

  1. Stik es krim
  2. Gunting
  3. Cutter
  4. Penggaris
  5. Cat warna dan kuas
  6. Lem atau perekat
  7. Kertas karton
  8. Selotip

Adapun langkah-langkah kerja dalam membuat sebuah miniatur jembatan sebagai berikut :

  1. Buatlah sketsa atau gambar pola tiang dan jalan dengan ukuran tertentu di atas kertas karton. Kemudian potong pola tersebut dengan menggunakan cutter agar hasilnya lebih rapi.
  2. Sambungkan pola-pola tersebut dengan menggunakan selotip.
  3. Pasang stik es krim sebagai tiang dan pondasi pada pola yang telah disambungkan dengan menggunakan perekat atau lem.
  4. Berilah warna dengan mengecat seluruh bagian sesuai dengan warna yang telah direncanakan sebelumnya. Gunakan cat air karena bahan terbuat dari kertas. Jika bahan utamanya dari kayu atau tripleks maka pengecetan dapat menggunakan cat tembok.
  5. Konstruksi miniatur jembatan selesai dan siap diberi hiasan.
  6. Untuk tahap penyelesaian akhir, pasanglah kontruksi miniatur jembatan di atas alas karton dan berilah hiasan tambahan seperti pohon, lampu jalan, mobil, dll agar menjadi lebih menarik.

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat miniatur rumah?

Rancangan membuat konstruksi miniatur rumah – Sebelum membuat miniatur rumah langkah pertama yang dilakukan adalah membuat rancangan. Baca juga: Wirausaha Kerajinan dengan Obyek Budaya Lokal Membuat rancangan sangat penting, di mana berfungsi sebagai gambaran umum dan pedoman dalam menghasilkan suatu karya.

Rancangan bentuk atau sketsa

Untuk menciptakan sebuah miniatur rumah terlebih dahulu harus membuat rancangan bentuk atau sketsa. Rancangan bentuk tersebut sebagai gambaran bentuk miniatur yang akan dibuat. Dikutip dari buku Panduan Membuat Desain Ilustrasi Busana (2004) karya Soekarno dan Lanawati Basuki, dalam membuat desain tidak hanya berlandaskan ide tapi harus juga mempunyai konsep rancangan bentuk dasar yang mudah dipahami.

Rancangan proses pembuatan

Tidak hanya rancangan bentuk atau sketsa yang dibutuhkan untuk membuat rancangan konstruksi miniatur rumah. Tapi juga rancangan proses pembuatan. Rancangan proses pembuatan sangat perlu dan penting dibuat, ini agar dalam proses pembuatan menjadi terarah.

Pada rancangan proses pembuatan berisi meliputi rancangan alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan miniatur rumah. Tidak hanya itu tapi juga langkah-langkah kerja pembuatan yang sesuai dengan gambar sketsa yang telah dibuat sebelumnya. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com.

Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.