Bagaimana Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli?

Bagaimana Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli
Jenis-Jenis Passing Bawah – Dalam permainan bola voli, passing bawah terbagi lagi ke dalam beberapa jenis, antara lain sebagai berikut:

  1. Passing bawah ke depan pada bola rendah
  2. Passing bawah dengan bergeser diagonal ke depan
  3. Passing bawah pada bola jauh di samping badan
  4. Passing bawah dengan bergerak mundur
  5. Passing bawah dengan bergerak mundur diagonal
  6. Passing bawah ke belakang

Demikianlah penjelasan tentang Cara Melakukan Passing Bawah, Bagikan informasi ini agar orang lain juga bisa membacanya. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Apa itu passing dalam bola voli?

KOMPAS.com – Cabang bola voli membutuhkan kerja sama antar pemain dalam sebuah tim sebagai bentuk permainan bola besar yang dimainkan secara beregu di lapangan. Upaya melakukan kerja sama antar pemain dalam satu tim ketika bermain bola voli adalah dengan melakukan operan bola atau passing,

  • Seperti dilansir dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), passing adalah teknik mengoper bola kepada teman satu regu sebagai cara menguasai bola dalam permainan.
  • Bentuk operan bola atau passing dalam bola voli dibedakan berdasarkan posisi tangan seorang pemain ketika memberikan bola.

Adapun, jenis passing dalam permainan bola voli juga merujuk pada posisi bola ketika diberikan menggunakan teknik tertentu kepada rekan setim. Jenis passing bola voli yang dilakukan saat bola datang jatuh di depan maupun samping badan setinggi perut atau kurang disebut sebagai passing bawah.

  • Baca juga: Rotasi dalam Bola Voli Lantas bagaimana tahapan melakukan passing bawah kepada rekan setim dalam permainan bola voli di lapangan? Tahapan melakukan passing bawah dalam bola voli sendiri dibagi menjadi persiapan, perkenaan, hingga bagian akhiran.
  • Mengutip buku Teknik Dasar Bermain Bola Voli (2013) oleh Winarno dan kawan-kawan, persiapan melakukan passing bawah terletak pada posisi kaki serta tangan.
You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Gerakan Melewati Garis Finish Yang Baik?

Awali posisi kaki membuka selebar bahu sembari berdiri tegak, kemudian menekuk lutut sedikit saat hendak mengoper bola.

Bagaimana cara melakukan gerakan passing bawah dalam bola voli?

KOMPAS.com – Passing atau mengoper merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola voli, Dalam olahraga bola voli, terdapat beragam teknik passing atau mengoper, salah satunya adalah passing bawah. Passing bawah merupakan teknik dalam permainan bola voli yang diterapkan untuk menerima bola dari servis lawan, seperti dikutip dari buku Jago Bola Voli (2020) karya Ikbal Tawakal.

  1. Fungsi lain dari passing bawah ialah untuk mengambil bola rendah dengan bertujuan mengumpan.
  2. Etika melakukan passing bawah voli, seorang pemain bersiap dengan posisi kedua kaki terbuka, lutut ditekuk, kedua tangan direntangkan ke depan, dan kedua tangan disatukan.
  3. Baca juga: 4 Perbedaan Voli Lapangan dan Voli Pantai Gerakan passing bawah juga biasanya menggunakan dua tangan agar umpan lebih akurat.

Bentuk arah bola yang benar dari hasil melakukan passing bawah bola voli adalah berbentuk seperti parabola, yakni melambung ke atas dan mengarah ke rekan satu tim. Saat melakukan passing bawah kita harus memperkirakan ayunan tangan agar tidak melambung terlalu tinggi. Bagaimana Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli kemdikbud.go.id Gerakan passing bawah Baca juga: Pemain Serbaguna dalam Bola Voli Jelaskan cara melakukan passing bawah dalam bola voli. Berikut adalah cara melakukan gerakan passing bawah dalam bola voli:

Posisi tubuh tegak dengan kedua kaki yang dibuka selebar bahu. Kedua lutut agak sedikit ditekuk dan badan condong ke depan. Saat akan melakukan passing, pastikan untuk memajukan salah satu kaki ke depan, sebagai langkah persiapan. Sikap kedua kaki saat melakukan passing pada permainan voli adalah ditekuk ke depan seperti memasang kuda-kuda. Posisi lengan pada saat melakukan passing bawah adalah kedua tangan diluruskan ke depan bawah dan dirapatkan. Pastikan jika posisi ibu jari sejajar. Jika bola sudah hampir tiba, arahkan kedua tangan mengikuti arah datangnya bola. Ayunkan kedua tangan untuk memukul bola. Kedua siku tangan harus dipastikan dalam posisi lurus. Posisi perkenaan bola passing bawah terletak pada bagian lengan atau bagian atas pergelangan tangan. Ketika tangan memukul bola, luruskan kedua lutut kaki.

You might be interested:  Bagaimana Cara Melakukan Permainan Tebak Angka?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Mengapa teknik passing bawah bola voli penting?

Terkadang dengan teknik yang salah, passing yang dilakukan bisa melenceng sehingga tidak mengarah ke sasaran yang tepat. Maka dari itu, menguasai teknik passing bawah bola voli sangatlah penting agar bola bisa dikendalikan atau diarahkan.

Bagaimana cara bermain bola voli dengan baik?

Mas Pur Follow Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw! Home » Olahraga » Penjaskes » Cara Melakukan Passing Atas dan Bawah (Bola Voli) Yang Benar Agustus 5, 2020 1 min read Bagaimana Cara Melakukan Passing Bawah Bola Voli Passing Bola Voli,- Permainan bola voli masuk sebagai salah satu permainan bola besar. Untuk dapat bermain bola voli dengan baik terdapat beberapa keterampilan yang harus dikuasai. Seseorang mungkin akan memiliki spesialisasi pada satu keterampilan tersebut, misalnya sangat mahir dalam keterampilan smash, block atau keterampilan yang lain.

Namun, dalam sebuah permainan seseorang harus dapat melakukan semua keterampilan. Oleh karena itu, sangat penting bagi semua pemain untuk menguasai semua keterampilan dasar dalam permainan. Pada bab ini kita akan belajar tentang berbagai keterampilan dalam permainan bola voli. Dalam keterampilan Bola Voli terdapat beberapa keterampilan diantaranya adalah keterampilan servis, passing, smash dan block.

Untuk itu kita mulai dari keterampilan passing.