Bagaimana Cara Melakukan Latihan Daya Tahan Kaki?

Bagaimana Cara Melakukan Latihan Daya Tahan Kaki
Bentuk latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki adalah squat, lari, Side Leg Raises, Lunges dan High Jump. Lakukan beberapa gerakan tersebut untuk melatih kekuatan dan daya tahan otot kaki. Melakukan latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki merupakan hal penting.

Apa saja latihan untuk kekuatan dan daya tahan otot kaki?

• Berdiri sambil menjulurkan salah satu kaki dan tangan ke depan –

Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu. Angkat salah satu kaki perlahan tanpa ditekuk sehingga kaki terangkat lurus ke depan. Angkat sebisa Anda, dengan ketinggian yang memungkinkan untuk tetap berdiri seimbang. Saat kaki terangkat, ulurkan tangan dan pertemukan ujung jari tangan dengan ujung jari kaki sedekat mungkin. Sesuaikan dengan kemampuan Anda dan tetap jaga keseimbangan. Jika yang diangkat kaki kiri, maka yang dijulurkan adalah tangan kanan dan sebaliknya. Ulangi gerakan ini sebanyak 10 kali untuk masing-masing sisi.

Semua rangkaian gerakan di atas akan terhitung sebagai satu set. Lakukan gerakan-gerakan pemanasan di atas sebanyak dua set sebelum mulai latihan otot kaki. Setelah mengetahui bentuk latihan yang tepat untuk membangun kekuatan dan daya tahan otot kaki, maka Anda diharapkan untuk bisa melakukannya secara teratur.

Bagaimana cara memperkuat kaki?

Kaki merupakan jangkar tubuh yang bisa membuat Anda berjalan, berlari, lompat, dan menyeimbangkan tubuh. Kaki juga menopang sebagian besar bobot badan. Maka dari itu, Anda perlu menjaga kekuatannya dengan melakukan latihan otot kaki secara rutin. Selain memperkuat kaki, rutin berolahraga dengan cara yang baik dan benar juga akan membantu mengurangi risiko Anda mengalami cedera atau gangguan sendi lain di kaki, terutama seiring bertambahnya usia.

You might be interested:  Bagaimana Posisi Kaki Sebelum Melakukan Gerakan Melompat?

Bagaimana cara melatih otot kaki?

Pemanasan yang perlu dilakukan sebelum latihan otot kaki – Sebelum melatih otot-otot kaki, Anda perlu melakukan gerakan pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan sendi dan otot-otot di tubuh. Dengan begitu, risiko cedera saat berolahraga pun akan berkurang. Gerakan pemanasan yang bisa dilakukan sebelum latihan otot kaki termasuk sederhana. Berikut ini langkahnya.